4 curug terindah di Kabupaten Semarang yang wajib kalian kunjungi



CURUG LAWE pict by instagram @Ryansaff99




Halo sahabat klimis.....jika kalian membahas wisata di Kabupaten Semarang ,pastinya tidak akan ada habisnya.Mulai dari wisata alam,wisata budaya,wisata sejarah, dan wisata kuliner.Mungkin Jika kalian ingin menjelajahi semua destinasi wista di Kabupaten Semarang ,rasanya tidak cukup hanya satu hari akan tetapi butuh waktu berbulan-bulan,bahkan bertahun-tahun karena keindahan Kabupaten Semarang tidak akan pernah ada habisnya.


Kabupaten Semarang yang memiliki letak geografis di daerah pegunungan jadi banyak sekali terdapat wisata alam.Di Kabupaten Semaranag banyak sekali wisata alam air terjun yang mungkin hanya beberapa saja yang baru ditemukan dan masih banyak yang belum di explore.


Dan ini adalah 4 curug terindah yang berada di Kabupaten Semarang yang wajib kalian kunjungi.
1.CURUG LAWE KALISIDI
2.CURUG BENOWO
3.CURUG 7 CURUG BIDADARI
4.CURUG KLENTING KUNING



1.CURUG LAWE KALISIDI


Curug Lawe Kalisidi pict by instagram @Ryansaf99




Curug lawe berada dilereng Gunung Ungaran dan lebih tepatnya di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran barat Kabupaten Semarang, menyajikan suasana alam yang tenang dan udara yang sangat sejuk membuat Curug lawe menjadi wisata yang cukup favorit bagi wisatawan yang ingin menghilangkan rasa penat dan bosan akibat aktifitas sehari-hari.



Terakhir si klimis ke curug lawe pada akhir tahun 2015 dan itupun masih belum seramai saat ini
Untuk menuju curug lawe dibutuhkan tenaga yang extra karena tracking dari lokasi parkitr menuju curug lawe sekitar satu jam.Tapi di sepanjang perjalanan menuju curug lawe alian bakal disuguhi pemandangan yang sangat indah,ada berbagai jenis pohon yang masih tumbuh alami dan subur,tak hanya itu kalian juga bakal menjumpai sungai-sungai kecil yang airnya sangat jernih.



Akan tetapi sepanjang perjalanan kalian jangan terlena dengan keindahan alamnya,karena sebelum sampai jembatan merah jalannya sempit dan bersebelahan dengan jurang,jadi kalian harus extra waspada,jangan sampai salah fokus saat berjalan,agar kalian tidak terjatuh.



Setelah melewati perjalanan panjang kalian bakal di hadapkan dengan dua pilihan karena ada persimpangan yang ke kanan menuju curug lawe yang ke kiri menuju curug benowo.Kalian berangkat pagi kalian bisa menjelajahi dua curug tersebut karena butuh waktu agak lama jika mau menjelajahi kedua curug tersebut.
Setelah persimpangan kurang lebih 30 menit kalian akan sampai di curug lawe,kqalian pasti akan takjub dengan keindahan curug lawe yang sangat mempesona.




Curug lawe kalisidi termasuk curug yang tingi karena tingginya kurang lebih 25 meter,dan debit airnya pun cukup deras,jadi kalian harus bawa baju ganti karena percikan percikan air curug lawe bisa membuat pakaian kaian basah.




2.CURUG BENOWO
Curug Benowo pict by instagram @Agung_setyawan_mountain_wind





Curug benowo adalah slah satu curug yand berada di lereng gunung ungaran dan sanagat dekat dengan Curug lawe kalisidi kurang lebih setengah jam. perjalanan via jalan kaki.
Jadi curug benowo ini masih dalam satu kawasan dengan curug lawe,yaiutu masih berada di desa kalisidi kecamatan ungaran barat kabupaten Semarang.Untuk mencapai curug ini kita juga harus menyiapkan stamina yang prima karen treking menuju curug benowo cukup jauh & lumayan sulit,tapi tenang saja selama perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan yang sangat indah yang membuat dencak kagum sehingga lelah kalian jadi hilang.




 Curug benowo termasuk air terjun yang cukup tinggi akan tetapi debit air tidak begitu deras, dan air curug benowo sangat jernih dan udara di sini sangat sejuk sehingga membuat kalian rasanya ingin berlama-lama disini.Eh tapi disini juga ada waktu berkunjungnya sampai jam 5 sore ,jadi kalian gak boleh nginep di curug benowo nanti di cariin mamah kalian......heeheee.....




Oke sebelum perjalanan kalian jangan lupa baca doa dan bawa bekal tentunmya....karena selama perjalanan gak ada ind*maret....heehee adanya sih warung warung warga sekitar akan tetapi jumlahnya juga sangat minim gak seperti di perkotaan....ya iyalah namanya di hutan....Dan ditengah perjalanan kalian akan menemukan persimpangan...nah kalau belok kanan kalian akan sampai ke curug lawe dan kalau belok kiri kalain akan sampai ke curug benowo.Dari persimpang itu kurang lebih 30 menit kalian akan sampai ke curug benowo.





3.CURUG 7 BIDADARI


Curug 7 Bidadari pict by instagram @Hardiantono_p



Curug 7 Bidadari berada di Dusun Keseneng Desa Keseneng Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang.Curug yang satu ini tidak hanya darinamanya saja yang unik, akan tetapi keindahannya juga tak kalah menarik.Karena curug 7 bidadari ini mempunyai 3 tingkatan ,setiap tingkatan berjarak 6-7 meter dan dibawah masing masing curug juga ada kolamnya, jadi cocok banget buat mandi....apalagi kayak saya ini yang jarang mandi tapi tetap wangi.
Air di curug 7 bidadari sangat jernih dan segar,jadi kalau kalian haus bisa langsung meminumnya.



Air terjun Curug 7 Bidadari tergolong curug yang tidak begitu tinggi kaena tingginya kurang lebih 10 meter,jadi disini kalian bisa menikmati pemandangan air terjun curug 7 bidadari dari dekat.Di Curug 7 Bidadari selain menyajikan pemandangan yang indah kalian juga bisa mandi di sungai & bermain air, kalian juga bisa berfoto selfie ceria karena disini banyak sekali spot foto menarik yang bisa kalian abadikan.



Untuk menuju kesini kalian bisa lewat Bandungan lalu pasar Sumowono dan ikuti petunjuk arah,bisa juga lewat Kabupaten Kendal karena Curug 7 bidadari berda di perbatasan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kendal via Boja lalu Limbangan dan ikuti petunjuk arah,jadi kalian tdak perlu khawatir karena banyak petunjuk arah menuju Curug 7B Bidadari.Akses jalan menuju Curug 7 Bidadari sudah cukup bagus tapi agak menanjak dan menurun ....(ya namanya juga di daerah lereng pegunungan),



Di Curug 7 bidadari ini kalian jangan khawatir karena treking daritempat parkir menuju loaksi air terjun 7 bidadari tidak begitu jauh,kurang lebih 500 meter.Dan untuk fasilitas di curug 7 bidadri juga sudah cukup lengkap, ada toilet,warung,mushola.Jadi kalian tidak perlu khawatir kalau bermain ke curug 7 bidadari.
Yang penting bawa baju ganti kalau kalian mau mandi di sungai dan jangan lupa bawa kamera atau hp yang ada kameranya eh sama aja.....pokoknya bakalan nyesel kalau gak bawa kamera soalnya view di curug 7 bidadari sangat indah sekali,cocok banget buat di upload di medsos kalian.



4.CURUG KLENTING KUNING 
CURUG KLENTING KUNING pict by instagram @Danarsibolang



Curug Klenting Kuning berada di Desa Kemawi Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang.Curug ini juga dekat dengan curug 7 bidadari jadi kalian bisa mampir kesini kalau datang ke curug 7 bidadari....lumayan kan sekali layar dua curug terlalui.....Dan perjalanan menuju curug klenting kuning juga lumayan mudah,jadi kalian tak perlu menguras tenaga lebih.



Untuk menuju kesana rutenya hampir sama dengan curug 7 bidadari,karena letak desa kemawi (curug klenting kuning) itu berada di sebelah utara desa keseneng (curug 7 bidadari).Dan curug klenting kuning ini sangat unik....sangat berbeda dengan curug curug pada umumnya,karena curug klenting kuning memiliki dinding batu berwarna kuning dan tingginya pun cuma 4 meter,akan tetapi airnya sangat jernih dan di bawah curug terdapat kolam yang sangat indah....jadi cocok banget untuk berenang sambil menikmati indahnya curug klenting kuning.




Okey....itulah 4 curug di Kabupaten Semarang yang sangat indah, yang harus kalian kunjungi.Jadi jangan tunggu lama lagi,langsung aja ajak teman atau keluarga kalian berkunjung ke Curug yang berada di Kabupaten semarang.Dan tiket masuk ke 4 curug tersebut sangat murah rata -rata tiap curug  sekitar 3 ribu-5 ribu perorang,sangat murah sekali jika dibandingkan dengan pemandandangan indah yang kita dapat disana.Dan jangan lupa kalian jangan buang samapah sembarangan agar alam ini tetap indah dan lestari.



*TULISAN INI DIBUAT UNTUK MENGIKUTI LOMB BLOG PESONA KABUPATEN SEMARANG

1 Komentar