Langsung ke konten utama

Menjelajahi Wisata Alam Goa Slandak


Goa Slandak,Dusun Grogol,Desa Munengwarangan,Kec.Pakis,Kab.Magelang


Haloo sahabat klimis.....Kali ini saya akan mengexplore salah satu wisata yang berada di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah,Siapa sih yang tidak tahu Kabupaten Magelang...?Hampir semua orang di pulau jawa bahkan di Indonesia pasti tau Kabupaten Magelang,Karena di Kabupaten Magelang ini terdapat Candi yang sangat besar dan indah,yaitu candi Borobudur yang tentunya sudah tersohor se pelosok negri ini bahkan hingga ke seluruh dunia.



Kabupaten Magelang yang secara geografis terletak di daerah pegunungan ,karena di Kabupaten Magelang terdapat beberapa gunung diantaranya gunung merapi,gunung merbabu,gunung sumbing dll.Sehingga kabupaten Magelang mempunyai udara yang sejuk dan suasana yang sangat nyaman.
Selain itu Kabupaten Magelang juga mempunyai banyak destinasi wisata alam yang sangat mempesona dan pastinya bikin kalian gak akan bisa move on dari Kabupaten Magelang.



Jika kalian masih berfikir di Kabupaten Magelang cuma ada Candi Borobudur saja .....kalian salah besar.Karena di Kabupaten Magelang mempunyai banyak distenasi wisata alam ataupun wisata budaya,dan jika kalian masih belum tau apa aja sih destinasi wisata yang berada di Kabupaten Magelang, kalian bisa cari refrensi di instagram @Wisata_Magelang atau fanspage Wisata Magelang atau twitter @WisataMagelang1,langsung aja di follow biar kalian tau destinasi wisata yang keren dan yang lagi HITS di Kabupaten Magelang.



Tepat tanggal 4 Desember kemarin Si Klimis main kerumah saudara Si Klimis di daerah Kecamatan Tegalrejo.Dikarenakan Si Klimis berangkat pukul 14.00 wib dari rumah (Kendal,Jawa Tengah) kalau yang gak tahu Kendal bisa di search aja di Google maps dan sampai di Magelang pukul 17.05 wib.Akhirnya Si Klimis menginap dulu dirumah saudara Si Klimis di Tegalrejo..Dan Kebetulan saya masih penasaran dengan beberapa tempat wisata di Kabupaten Magelang yang masih alami dan masih jarang di explore banyak orang,atau istilah zaman sekarang belum HITS.



Akhirnya saya mencari refrensi di instagramnya @Wisata_Magelang dan menemukan ada beberapa destinasi wisatayang masih sangat alami dan jarang di explore.Dan akhirnya saya memilih untuk mengexplore Goa Slandak karena menurut saya unik dan kebetulan juga dekat dengan rumah saudara saya yang berada di Kecamatan Tegalrejo,jarak antara Tegalrejo ke Goa Slandak tidak begitu jauh (kurang lebih 10 km atau 30 menit perjalanan)


RUTE MENUJU GOA SLANDAK

Untuk menuju ke Goa Slandak sangatlah mudah apabila menggunakan kendaraan pribadi ,yaitu lewat jalan raya Magelang - Kopeng dan apabila kalian dari arah Magelang,patokannya yaitu pasar Pakis, jadi setelah melewati pasar pakis kalian bisa pelan pelan karena sekitar 600 meter kalian akan melihat petunjuk Goa Slandak di sebelah kiri jalan.Setelah masuk jalan perkampungan kalian bisa tenang karena banyak petunjuk arah sampai ke Goa Slandak dan jarak antara jalan raya ke Goa Slandak kurang lebih 4 km.




Dan buat kalian yang naik angkutan umum jangan khawatir,karena kalian bisa naik bis dari terminal Kota Magelang ambil tujuan Kopeng dan turun di pasar Pakis,setelah itu kalian bisa naik ojek dari pasar Pakis sampai ke Goa Slandak.


Sebelum masuk Goa Slandak


Setelah melewati jalan perkampungan yang berliku dan naik turun kalian akan melihat tulisan ini,berarti kalian sudah sampai di Goa Slandak,kalian bisa parkir kendaraan di pinggir jalan,tetapi kalian jangan khawatir sama kendaraan kalian karena di Goa Slandak sudah ada petugas parkir yang akan menjaga kendaraan kalian dengan cukup membayar Rp.2000 kendaraan kalian akan aman.



Gerbang Wisata Alam Goa Slandak
Setekah sampai parkir kalian bisa masuk kawasan wisata Goa Slandak melewati gerbang ini,dan untuk maemasuki Goa Slandak kalian tidak usah khawatir karena tiket masuknya sangat murah yaitu Rp.3000 perorang.Akan tetapi kalian jangan khawatir meskipun tiket sangat murah tetapi pemandangan alam yang di sajikan akan membuat kalian terpesona dan ingin kesana lagi.



Dan pagi itu saya berangkat dari Tegalrejo pukul 07.35 wib dan sampai di Goa Slandak pukul 08.05 wib dan di lokasi Goa Slandak pagi itu sangat sepi karena saya kesana ada hari aktif.tetapi selang 10 menit menunggu di parkiran,datanglah seorang kakek membawa gerobak berisi jajanan,makanan dan minuman.Setelah saya tanya ternyata namanya Pak Sun dan beliau berjualan di area wisata Goa Slandak ini.


SEJARAH GOA SLANDAK

Goa Slandak berada di dusun desa Keamatan Pakis Kabupaten Magelang Jawa Tengah.Goa Slandak mungkin masih begitu familiar bagi para wisatawan ,karena memang objek wisata Goa Slandak masih tergolong baru.Goa Slandak diresmikan pada bulan Agustus 2016 akan tetapi sebelum itu juga sudah ada beberapa wisatawan yang berkunjung kesini



Menurut cerita dari Pak Sun nama Goa Slandak ini di pilih karena goa tersebut dulunya sebagai tempat bersembunyi hewan landak. Akan tetapi saat ini sudah jarang ada hewan landak di goa tersebut karena banyaknya pemburu.Landak adalah salah satu hewan yang hampir punah,jadi kita harus menjaga dan melindungi dari para pemburu liar.

Gardu Pandang


Spot Selfie dan patung Landak
PERAN PEMUDA MEMBANGUN WISATA GOA SLANDAK

Dulu Goa Slandak belum di kelola dan di tata seperti saat ini,dan atas inisiatif mas Yuli akhirnya mengajak para pemuda dusun grogol untuk mengelola dan menata Goa Slandak agar menjadi lebih indah,selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan penghasilan warga sekitar.Para pemuda disini juga sangat semangat sekali dalam membangun wisata Goa Slandak,dari mulai bergantian menjaga parkir dan menjaga tiket,dan uang hasil dari uang parkir dan tiket mereka gunakan untuk membangun fasilitas yang belum ada di Goa Slandak,sepaerti Kamar mandi,gardu pandang dan tempat tempat selfie.



Dan sekarang berkat dikelola oleh para pemuda Goa Slandak bisa menjadikan perekonomian warga Grogol menjadi lebih baik,karena banyak warga yang berjualan di area wisata Goa Slandak dan para pemuda juga bisa mendapatkan pemasukan  dari obyek wisata Goa Slandak tersebut


HutanPinus
PESONA HUTAN PINUS

Untuk menuju ke Goa Slandak kalian harus berjalan kaki sekitar 300 meter.Dan dalam perjalanan menuju Goa Slandak kalian akan di suguhi pemandangan indah hutan pinus,yang akan membuat perjalanan kalian terasa menyenangkan & menghilangkan lelah.Kawasan hutan pinus ini dulunya dikelola oleh perhutani akan tetapi sekarang pengelolaannya sudah di ambil alih oleh Taman Nasional Gunung Merbabu.



Air Terjun Goa Slandak


SEGARNYA AIR TERJUN GOA SLANDAK

Setelah sampai di bawah kalian akan dikejutkan dengan aliran sungai yang airnya sangat jernih.Dan sampai di Goa Slandak kalian bisa melihat Air Terjun Goa Slandak yang sangat indah,jarak antara air terjun dan goa berdampingan sehingga membuat tempat wisata ini menjadi lebih special dan beda dari tempat lainnya.


Air Terjun Goa Slandak

Air Terjun Goa Slandak ini tingginya kurang lebih 6 meter,dan arus sungai nya juga lumayan deras jadi masih terbilang aman jika kalian ingin bermain air disana.Air disini sangat jernih dan segar sehingga cocok sekali buat kalian yang senang bermain air.



Dan sayang sekali saya tidak bisa masuk ke dalam Goa karena pada waktu itu saya kesana sendirian dan keadaan sangat sepi,jadi daripada terjadi hal yang tidak diinginkan saya urungkan niat saya untuk masuk ke dalam goa,mungkin lain kali kalau kesana lagi bisa di coba masuk kedalam goa.



Perjalanan menjelajahi Goa Slandak ini sangat amazing sekali,karena ini pengalaman pertama kali datang kesini.Keindahan alam yang disajikan di Goa Slandak sangat komplit sekali karena ada hutan pinus,air terjun dan goa,jadi ibarat sambil menyelam minum air,kita bisa menikmati keindahan hutan pinus, air terjun yang sangat jernih dan goa yang sangat menarik.



Wisata Alam Goa Slandak ini sangat recommended sekali buat kalian yang lagi mencari tempat wisata ataupun para fotografer yang lagi mencari spot foto yang menarik.Jadi segeralah atur jadwal kalian untuk berwisata ke Goa Slandak.



#GoaSlandak
#WisataMagelang
#KabupatenMagelangPenuhKenangan
#LombaBlogWisataMagelang
#PesonaIndonesia


























Komentar

Nyi Penengah Dewanti mengatakan…
ajak aku ke sini dong kak Klimissssssss

Postingan populer dari blog ini

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

3 Desa Wisata di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi

Traveling itu gak selalu harus ke pantai, gunung ataupun ke tempat yang mempunyai pemandangan yang indah. Sesekali kita juga perlu traveling ke tempat yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Sejatinya banyak sekali tempat yang keren dan instagramable yang dapat menambah wawasan dan pengalaman kita, seperti museum, cagar budaya, desa wisata dan masih banyak lagi.

Selasa lalu aku bersama teman-teman mendapat undangan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten untuk mengikuti kegiatan jalan-jalan sambil mengexplore UMKM Unggulan Kabupaten Klaten, sebenarnya banyak sekali sentra UMKM di Kabupaten Klaten ini, tetapi karena waktu yang lumayan singkat akhirnya kami hanya mengunjungi tiga sentra UMKM Unggulan Kabupaten Klaten.

Nah jika kalian berkunjung ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah, kalian bisa mampir ke desa wisata  yang baru saja aku kunjungi kemarin, ini dia "3 Destinasi Wisata Edukasi di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi" :


1. Desa Wisata Melikan


Tempat yang pertama kami …

7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal, tanah kelahiranku yang selalu aku rindukan, karena banyak kenangan manis yang tak bisa dilupakan. Meskipun masih banyak orang yang belum tahu tentang Kabupaten Kendal, mungkin hanya orang - orang yang biasa mudik melewati jalur Pantura Jawa Tengah yang tahu. Tetapi Kabupaten Kendal ini memiliki banyak destinasi wisata alam ataupun buatan yang sangat indah dan menawan. 

Kabupaten Kendal letaknya di sebelah barat Kota Semarang, terletak di pinggir pantai utara Jawa dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Gunung Ungaran dan Gunung Prahu. Membuat Kabupaten yang satu ini mempunyai banyak tempat wisata yang sangat memesona. Jika kalian lebaran tahun ini mudik lewat Kendal Jawa Tengah, kalian harus coba mampir untuk menjelajahi Kabupaten Kendal. Dan inilah 7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal Jawa Tengah:

1. CURUG SEWU

Destinasi wisata yang pertama yaitu Air Terjun Curug Sewu, sebenarnya di Kabupaten Kendal masih banyak sekali air terjun yang masih alami dan ind…