Langsung ke konten utama

Menjelajahi Wisata Alam Goa Slandak


Goa Slandak,Dusun Grogol,Desa Munengwarangan,Kec.Pakis,Kab.Magelang


Haloo sahabat klimis.....Kali ini saya akan mengexplore salah satu wisata yang berada di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah,Siapa sih yang tidak tahu Kabupaten Magelang...?Hampir semua orang di pulau jawa bahkan di Indonesia pasti tau Kabupaten Magelang,Karena di Kabupaten Magelang ini terdapat Candi yang sangat besar dan indah,yaitu candi Borobudur yang tentunya sudah tersohor se pelosok negri ini bahkan hingga ke seluruh dunia.



Kabupaten Magelang yang secara geografis terletak di daerah pegunungan ,karena di Kabupaten Magelang terdapat beberapa gunung diantaranya gunung merapi,gunung merbabu,gunung sumbing dll.Sehingga kabupaten Magelang mempunyai udara yang sejuk dan suasana yang sangat nyaman.
Selain itu Kabupaten Magelang juga mempunyai banyak destinasi wisata alam yang sangat mempesona dan pastinya bikin kalian gak akan bisa move on dari Kabupaten Magelang.



Jika kalian masih berfikir di Kabupaten Magelang cuma ada Candi Borobudur saja .....kalian salah besar.Karena di Kabupaten Magelang mempunyai banyak distenasi wisata alam ataupun wisata budaya,dan jika kalian masih belum tau apa aja sih destinasi wisata yang berada di Kabupaten Magelang, kalian bisa cari refrensi di instagram @Wisata_Magelang atau fanspage Wisata Magelang atau twitter @WisataMagelang1,langsung aja di follow biar kalian tau destinasi wisata yang keren dan yang lagi HITS di Kabupaten Magelang.



Tepat tanggal 4 Desember kemarin Si Klimis main kerumah saudara Si Klimis di daerah Kecamatan Tegalrejo.Dikarenakan Si Klimis berangkat pukul 14.00 wib dari rumah (Kendal,Jawa Tengah) kalau yang gak tahu Kendal bisa di search aja di Google maps dan sampai di Magelang pukul 17.05 wib.Akhirnya Si Klimis menginap dulu dirumah saudara Si Klimis di Tegalrejo..Dan Kebetulan saya masih penasaran dengan beberapa tempat wisata di Kabupaten Magelang yang masih alami dan masih jarang di explore banyak orang,atau istilah zaman sekarang belum HITS.



Akhirnya saya mencari refrensi di instagramnya @Wisata_Magelang dan menemukan ada beberapa destinasi wisatayang masih sangat alami dan jarang di explore.Dan akhirnya saya memilih untuk mengexplore Goa Slandak karena menurut saya unik dan kebetulan juga dekat dengan rumah saudara saya yang berada di Kecamatan Tegalrejo,jarak antara Tegalrejo ke Goa Slandak tidak begitu jauh (kurang lebih 10 km atau 30 menit perjalanan)


RUTE MENUJU GOA SLANDAK

Untuk menuju ke Goa Slandak sangatlah mudah apabila menggunakan kendaraan pribadi ,yaitu lewat jalan raya Magelang - Kopeng dan apabila kalian dari arah Magelang,patokannya yaitu pasar Pakis, jadi setelah melewati pasar pakis kalian bisa pelan pelan karena sekitar 600 meter kalian akan melihat petunjuk Goa Slandak di sebelah kiri jalan.Setelah masuk jalan perkampungan kalian bisa tenang karena banyak petunjuk arah sampai ke Goa Slandak dan jarak antara jalan raya ke Goa Slandak kurang lebih 4 km.




Dan buat kalian yang naik angkutan umum jangan khawatir,karena kalian bisa naik bis dari terminal Kota Magelang ambil tujuan Kopeng dan turun di pasar Pakis,setelah itu kalian bisa naik ojek dari pasar Pakis sampai ke Goa Slandak.


Sebelum masuk Goa Slandak


Setelah melewati jalan perkampungan yang berliku dan naik turun kalian akan melihat tulisan ini,berarti kalian sudah sampai di Goa Slandak,kalian bisa parkir kendaraan di pinggir jalan,tetapi kalian jangan khawatir sama kendaraan kalian karena di Goa Slandak sudah ada petugas parkir yang akan menjaga kendaraan kalian dengan cukup membayar Rp.2000 kendaraan kalian akan aman.



Gerbang Wisata Alam Goa Slandak
Setekah sampai parkir kalian bisa masuk kawasan wisata Goa Slandak melewati gerbang ini,dan untuk maemasuki Goa Slandak kalian tidak usah khawatir karena tiket masuknya sangat murah yaitu Rp.3000 perorang.Akan tetapi kalian jangan khawatir meskipun tiket sangat murah tetapi pemandangan alam yang di sajikan akan membuat kalian terpesona dan ingin kesana lagi.



Dan pagi itu saya berangkat dari Tegalrejo pukul 07.35 wib dan sampai di Goa Slandak pukul 08.05 wib dan di lokasi Goa Slandak pagi itu sangat sepi karena saya kesana ada hari aktif.tetapi selang 10 menit menunggu di parkiran,datanglah seorang kakek membawa gerobak berisi jajanan,makanan dan minuman.Setelah saya tanya ternyata namanya Pak Sun dan beliau berjualan di area wisata Goa Slandak ini.


SEJARAH GOA SLANDAK

Goa Slandak berada di dusun desa Keamatan Pakis Kabupaten Magelang Jawa Tengah.Goa Slandak mungkin masih begitu familiar bagi para wisatawan ,karena memang objek wisata Goa Slandak masih tergolong baru.Goa Slandak diresmikan pada bulan Agustus 2016 akan tetapi sebelum itu juga sudah ada beberapa wisatawan yang berkunjung kesini



Menurut cerita dari Pak Sun nama Goa Slandak ini di pilih karena goa tersebut dulunya sebagai tempat bersembunyi hewan landak. Akan tetapi saat ini sudah jarang ada hewan landak di goa tersebut karena banyaknya pemburu.Landak adalah salah satu hewan yang hampir punah,jadi kita harus menjaga dan melindungi dari para pemburu liar.

Gardu Pandang


Spot Selfie dan patung Landak
PERAN PEMUDA MEMBANGUN WISATA GOA SLANDAK

Dulu Goa Slandak belum di kelola dan di tata seperti saat ini,dan atas inisiatif mas Yuli akhirnya mengajak para pemuda dusun grogol untuk mengelola dan menata Goa Slandak agar menjadi lebih indah,selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan penghasilan warga sekitar.Para pemuda disini juga sangat semangat sekali dalam membangun wisata Goa Slandak,dari mulai bergantian menjaga parkir dan menjaga tiket,dan uang hasil dari uang parkir dan tiket mereka gunakan untuk membangun fasilitas yang belum ada di Goa Slandak,sepaerti Kamar mandi,gardu pandang dan tempat tempat selfie.



Dan sekarang berkat dikelola oleh para pemuda Goa Slandak bisa menjadikan perekonomian warga Grogol menjadi lebih baik,karena banyak warga yang berjualan di area wisata Goa Slandak dan para pemuda juga bisa mendapatkan pemasukan  dari obyek wisata Goa Slandak tersebut


HutanPinus
PESONA HUTAN PINUS

Untuk menuju ke Goa Slandak kalian harus berjalan kaki sekitar 300 meter.Dan dalam perjalanan menuju Goa Slandak kalian akan di suguhi pemandangan indah hutan pinus,yang akan membuat perjalanan kalian terasa menyenangkan & menghilangkan lelah.Kawasan hutan pinus ini dulunya dikelola oleh perhutani akan tetapi sekarang pengelolaannya sudah di ambil alih oleh Taman Nasional Gunung Merbabu.



Air Terjun Goa Slandak


SEGARNYA AIR TERJUN GOA SLANDAK

Setelah sampai di bawah kalian akan dikejutkan dengan aliran sungai yang airnya sangat jernih.Dan sampai di Goa Slandak kalian bisa melihat Air Terjun Goa Slandak yang sangat indah,jarak antara air terjun dan goa berdampingan sehingga membuat tempat wisata ini menjadi lebih special dan beda dari tempat lainnya.


Air Terjun Goa Slandak

Air Terjun Goa Slandak ini tingginya kurang lebih 6 meter,dan arus sungai nya juga lumayan deras jadi masih terbilang aman jika kalian ingin bermain air disana.Air disini sangat jernih dan segar sehingga cocok sekali buat kalian yang senang bermain air.



Dan sayang sekali saya tidak bisa masuk ke dalam Goa karena pada waktu itu saya kesana sendirian dan keadaan sangat sepi,jadi daripada terjadi hal yang tidak diinginkan saya urungkan niat saya untuk masuk ke dalam goa,mungkin lain kali kalau kesana lagi bisa di coba masuk kedalam goa.



Perjalanan menjelajahi Goa Slandak ini sangat amazing sekali,karena ini pengalaman pertama kali datang kesini.Keindahan alam yang disajikan di Goa Slandak sangat komplit sekali karena ada hutan pinus,air terjun dan goa,jadi ibarat sambil menyelam minum air,kita bisa menikmati keindahan hutan pinus, air terjun yang sangat jernih dan goa yang sangat menarik.



Wisata Alam Goa Slandak ini sangat recommended sekali buat kalian yang lagi mencari tempat wisata ataupun para fotografer yang lagi mencari spot foto yang menarik.Jadi segeralah atur jadwal kalian untuk berwisata ke Goa Slandak.



#GoaSlandak
#WisataMagelang
#KabupatenMagelangPenuhKenangan
#LombaBlogWisataMagelang
#PesonaIndonesia


























Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…

Festival Karimun Jawa 2018 : Semarak Indah Alam Dan Budaya

Sepertinya diri ini belum bisa move on dari kemeriahan FESTIVAL KARIMUNJAWA 2018. Ya gimana lagi, ini pertama kalinya aku hadir di acara yang super keren ini, Banyak sekali kenangan manis di pulau terindah se Jawa Tengah ini. Ternyata Karimunjawa tak hanya mempunyai keindahan alam dan bawah lautnya saja, tetapi juga memepunyai keseinan dan budaya yang sangat memesona. Jadi memang pantas jika Karimunjawa mendapat predikat ''THE PARADISE OF CENTRAL JAVA'' atau surganya Jawa Tengah.

Pagi itu Jumat 28 September, suasana di pelabuhan Kartini Jepara tak seperti biasanya, kali ini lebih ramai dan penuh sesak. Dalam hatiku berkata ''mungkin mereka ingin menyaksikan Festival Karimunjawa 2018''.Seperti biasa aku selalu naik kapal Express Bahari karena lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu. Dan pukul 08.49 wib, aku dan para penumpang lainnya meninggalkan pelabuhan Kartini Jepara, setelah hampir 2 jam perjalanan mengarungi laut yang biru dengan ombak yang cukup …