SEMBUTOPIA : 3 Kekayaan Indonesia Untuk Mencapai Kejayaan Di Tahun 2020


Sharing with Sembutopia



Hallo sahabat Si Klimis.......
Hari Senin, 4 Juni 2018 kemarin Si Klimis diundang di acaranya SEMBUTOPIA di Aston Hotel Semarang, Jl. MT. Haryono No.01 Semarang. Nah kalian pasti masih agak asing dengan SEMBUTOPIA kan...??? Nih biar tidak penasaran tak kasih tau deh.


Jadi SEMBUTOPIA adalah sebuah platform digital yang dibentuk oleh Kafi Kurnia dan teman-temannya pada bulan November 2017. Yang mana tujuannya yaitu untuk memotivasi dan menginspirasi Indonesia agar kita bersama-sama menciptakan sebuah lingkungan yang lebih sehat dan terbebaskan dari semua penyakit dan konflik baik secara kejiwaan dan keragaan.Dan sejak SEMBUTOPIA terbentuk hingga saat ini ternyata antusias masyarakat sangat positif, itu terbukti dengan akun Instagram @Sembutopia sudah diikuti oleh 55 ribu Followers.


Sebagai generasi muda kita harus punya cita-cita ya gaes agar Indonesia bisa berjaya di tahun yang akan datang, nah apalagi Indonesia juga sudah mempunyai modal yang sangat besar yaitu kekayaan alam, dan kekayaan budaya. Jadi tergantung anak muda zaman now nasib Indonesia dimasa yang akan datang.


3 Kekayaan Indonesia Yang Harus Kita Jaga Untuk Mencapai Kejayaan Di Tahun 2020.


1.Indonesia negara kepulauan terbesar


Pulau Karimunjawa

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau sekitar 17.508 pulau......wow banyak sekali ya gaes, dan baru 7870 pulau yang sudah diberi nama dan sisanya belum diberi nama. Dan Indonesia juga mempunyai garis pantai yang sangat panjang, kurang lebih 81.000 km atau 25% panjang pantai yang ada di dunia.


Selain itu Indonesia juga kaya akan hasil lautnya, wow kaya banget ya Indonesia ini gaes, ribuan spesies hewan laut ada di Indonesia dan sekitar 500 jenis terumbu karang yang hidup di laut Indonesia. Kekayaan bawah laut Indonesia ini adalah salah satu kekayaan yang harus kita jaga agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.


2.Rempah - Rempah


Aneka Rempah Rempah (pict by : @warungnasideeasgar)

Sahabat Si Klimis harus tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbesar didunia, karena Indonesia memiliki tanah yang sangat subur sehingga berbagai macam tanaman rempah-rempah bisa tumbuh di Indonesia. Zaman dahulu banyak sekali negara-negara asing yang ingin menguasai rempah-rempah Indonesia dengan cara menjajah  Kegara Kesatuan Republik Indonesia ini.


Rempah-rempah merupakan tumbuhan yang mempunyai rasa dan aroma yang sangat kuat, dan kalian harus tahu ya gaes bahwa Indonesia mempunyai beberapa macam rempah-rempah yang sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara, diantaranya :

1. Cengkeh
2. Pala
3. Lada
4. Andaliman
5. Kapulaga
6. Kayu secang
7. Kayu manis
8. Mesoyi 
9. Kemukus
10. Pulosari
11. Kecombrang
12. Daun Gedi
13. Bunga talang
14. Bunga Lawang
15. Serai
16. Adas manis
17. Mrica 
18. Lengkuas
19. Kencur 
20. Kemiri


Dan itulah beberapa rempah-rempah yang sudah sangat terkenal hingga sampai mancanegara, dan kalian sebagai warga negara Indonesia yang baik ya gaes, kalian harus bangga dan jangan lupa untuk melestarikan tumbuhan rempah-rempah agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti. Karena rempah-rempah sangat banyak sekali manfaatnya.


3.Beraneka ragam suku, budaya dan bahasa.


Kesenian Tradisional


Dan kalian harus tahu juga ya gaes, bahwa Indonesia juga merupakan negara yang memiliki suku bangsa, bahasa dan budaya yang sangat banyak sekali, ada 1340 suku bangsa dan 300 kelompok etnik, Indonesia juga mempunyai 742 bahasa, wow banyak sekali ya gaes.
Semua suku,budaya, bahasa yang ada di Indonesia ini tersebar di seluruh pelosok negeri ini. Meskipun penuh keberagaman budaya, suku, bahasa, dan agama, tetapi Indonesia itu tetap satu sesuai dengan semboyan "Bhineka Tunggal Ika" .


Nah sahabat Si Klimis.....  Kalian sebagai generasi muda bangsa Indonesia mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. Maka dari itu mulai sekarang sahabat Si Klimis harus hindari memandang perbedaan sebagai suatu hal yang bisa menjadi penghalang untuk kita bersatu. Jangan jadikan perbedaan sebagai pemicu konflik ya gaes. Ayo jadikan perbedaan ini sebagai kekayaan yang khas yang tak dimiliki oleh negara-negara lain di dunia.


#Sembutopia
#WorldNoTobaccoDay2018
#Indonesia2020

4 Komentar

  1. Ulala.. .. Kepulauan indonesia emg de best ya 😍😍😍😍
    Itu aku kok mupeng sama gambar pulau d karimun 😍

    BalasHapus
  2. kaya bgt kak..... semuanya ada di Indonesia

    BalasHapus