Langsung ke konten utama

Karimun Jawa : Surga Terindah Di Jawa Tengah

Karimun Jawa

JAWA TENGAH, Siapa yang tidak kenal dengan Provinsi Jawa Tengah..? Provinsi yang berada di tengah-tengah pulau jawa ini mempunyai beraneka ragam tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya hingga wisata relegi. Provinsi yang ibukotanya berada di Kota Semarang ini juga mempunyai berbagai macam kesenian,budaya dan bahasa.

Salah satu destinasi wisata yang paling indah di Jawa Tengah yaitu Pulau Karimun Jawa, karena Karimun Jawa adalah satu-satunya pulau di Jawa Tengah yang mempunyai keindahan bawah laut yang sangat luar biasa. Pulau Karimun Jawa secara geografis masih ikut dalam wilayah Kabupaten Jepara, Pulau yang berada di utara Jawa Tengah ini bisa dikatakan surganya Jawa Tengah, karena di Kabupaten/Kota lain yang berada di Jawa Tengah tidak ada destinasi wisata yang seperti ini. Jadi destinasi wisata di Jawa Tengah yang menyajikan keindahan bawah laut dan keindahan pantai hanya ada di Karimun Jawa.

Di Pulau Karimun Jawa ini terdapat pulau pulau kecil disekitarnya, yang mana pulau-pulau kecil tersebut juga banyak menyimpan keindahan yang sangat luar biasa. Keindahan yang paling luar biasa yaitu alam bawah lautnya, karena Karimun Jawa memiliki 400 spesies fauna laut dan 242 jenis ikan hias. Terumbu karang di Karimun Jawa sangat mempesona sehingga setiap orang yang datang ke Karimun Jawa pasti tak bisa melupakannya dan pasti ingin kembali kesana.

AKSES MENUJU KARIMUN JAWA




Untuk menuju ke Pulau Karimun Jawa saat ini lebih mudah karena bisa ditempuh melalui dua jalur, yaitu jalur laut dan jalur udara. Dan untuk melalui jalur laut kalian bisa lewat pelabuhan Kartini Jepara dan pelabuhan Tanjung  Emas Semarang, dan untuk jalur udara kalian bisa lewat Bandara Ahmad Yani Semarang.


Pelabuhan Kartini Jepara



Untuk menuju Karimun Jawa melalui Pelabuhan Kartini Jepara kalian bisa menggunakan kapal cepat bahari express yang ditempuh dalam waktu 2 jam dengan harga Rp.150.000 ataupun menggunakan kapal feri siginjai yang ditempuh dalam waktu 5 jam dengan harga Rp.60.000. Kebetulan dua kali saya pergi ke Karimun Jawa selalu menggunakan kapal cepat bahari express melalui Pelabuhan Kartini Jepara karena untuk menghemat waktu. 

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Selain melalui Pelabuhan Kartini Jepara, untuk menuju Karimun Jawa kalian bisa melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menggunakan kapal Pelni Kelimutu dengan durasi perjalanan selama 6 jam. Akan tetapi kapal Pelni Kelimutu ini beroperasi 2 minggu sekali. Ada juga kapal cepat bahari express yang beroperasi seminggu sekali setiap hari Jum'at, durasi menggunakan kapal cepat bahari express ini kurang lebih 3 jam, jadi bisa menghemat waktu.

Bandara Ahmad Yani Semarang

Untuk menuju Karimun Jawa saat ini bisa lebih mudah dan cepat karena sudah ada pesawat yang menuju Karimun Jawa, Bandara Ahmad Yani Semarang saat ini sudah membuka penerbangan menuju Karimun Jawa dengan memakai maskapai penerbangan NAM AIR, dengan menggunakan pesawat kalian hanya butuh waktu 35 menit untuk sampai ke Karimun Jawa.

DESTINASI WISATA DI KARIMUN JAWA

Pesona Karimun Jawa sangatlah istimewa karena perpaduan pantai dengan pasir putih yang sangat bersih, warna warni ikan dan terumbu karang dengan air laut yang sangat jernih membuat Karimun Jawa menjadi sempurna dan sayang untuk dilewatkan, tak hanya itu saja Karimun Jawa juga memiliki bukit-bukit yang sangat indah yang mana dari atas bukit kita bisa melihat pulau-pulau cantik di sekitar Karimun Jawa. Di Karimun Jawa ini banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah, mungkin kalian perlu waktu satu atau dua minggu untuk bisa mengexplore seluruh destinasi wisata di Karimun Jawa. Dua kali pergi ke Pulau Karimun Jawa, saya pun hanya bisa mengexlore sebagian destinasi wisata di Karimun Jawa, diantarnya :

1. PANTAI TANJUNG GELAM

Sunset Di Pantai Tanjung Gelam

Salah satu pantai yang indah di Karimun Jawa yaitu Pantai Tanjung Gelam atau biasa juga disebut Pantai Ujung Gelam, pantai yang Tanjung Gelam ini memiliki pasir yang putih dan bersih serta ada bebatuan besar dan kecil yang menambah keindahan Pantai Tanjung Gelam ini, dan yang paling spesial di Pantai Tanjung Gelam ini kalian bisa melihat matahari tenggelam dengan sangat jelas.

2.PANTAI BATU TOPENG

Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng ini juga tidak kalah keindahannya, hamparan pasir putih yang luas dan bersih menambah kecantikan pantai yang satu ini, Pantai Batu Topeng ini masih satu garis dengan Pantai Tanjung Gelam, jaraknya pun juga berdekatan. Untuk menuju Pantai Batu Topeng ini kalian bisa lewat laut ataupun lewat daratan.

3.PANTAI SUNSET


Pantai Sunset

Pantai Sunset ini juga masih satu garis dengan Pantai Batu Topeng dan Pantai Tanjung Gelam, jaraknya juga berdekatan sehingga bisa main-main ke pantai sebelah. Di Pantai Sunset ini kalian juga bisa melihat sunset dengan jelas sehingga dinamakan Pantai Sunset.

4.PANTAI ANORA


Pantai Anora

Pantai Anora ini juga kalah indah , meskipun agak jauh dari pantai-pantai yang lain tetapi Pantai Anora memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat bukit indah di samping Pantai Anora. Di dekat Pantai Anora ini juga terdapat spot yang biasa digunakan untuk snorkling ataupun diving karena terumbu karangnya yang beraneka ragam dan airnya jernih dan tenang.

5.PULAU GELEYANG


Pulau Geleyang

Pulau Geleyang adalah salah satu pulau yang biasa dikunjungi oleh wisatawan, karena pulau ini sangat indah dan masih alami sekali, di pulau ini tidak ada penghuninya dan hanya ada satu warung yang berjualan makanan dan minuman. Pulau Gleyang ini biasanya digunakan untuk transit setelah tour laut, jadi di Pulau ini para pengunjung bisa makan siang dengan menu aneka hasil laut dari para nelayan.

6.PULAU MENJANGAN BESAR



Di Pulau Menjangan Besar ini terdapat tempat penangkaran hiu jadi kalian bisa melihat langsung ikan-ikan hiu yang secara langsung. Kalian juga bisa berfoto dengan ikan-ikan hiu disana.

7.PULAU CILIK 


Pulau Cilik

Pulau Cilik ini juga menjadi destinasi favorit bagi wisatawan karena pulaunya yang bersih dan indah. Pulau ini juga tidak berpenghuni tetapi ada beberapa warung disini, di dekat Pulau Cilik ini ada banyak terumbu karang yang indah dan habitat ikan-ikan kecil yang cantik diantaranya banyak ikan nemo.

8.BUKIT CINTA

Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah salah satu tempat paling hits bagi para wisatawan karena di bukit cinta ini kita bisa melihat laut dan pulau-pulau dari atas bukit, dan disini juga ada spot foto yang menjadi icon Karimun Jawa, yaitu bangunan bertuliskan Karimun Jawa dan Love. Bahkan banyak orang bilang kalau pergi ke Karimun Jawa belum lengkap kalau belum ke bukit cinta.

AKOMODASI DAN FASILITAS DI KARIMUN JAWA

Di Pulau Karimun jawa kalian tidak perlu khawatir karena semua fasilitas sudah lumayan lengkap, disini sudah ada alun-alun, masjid, puskesmas, bank, pasar, cafe dan toko oleh-oleh, listrik juga sudah 24 jam disini. Untuk penginapan di Karimun Jawa sekarang sudah banyak sekali mulai dari homestay, hotel hingga resort. Jadi kalian tidak perlu khawatir lagi, tinggal pilih sesuai budget kalian, beberapa hotel dan resort yang keren di Karimun Jawa yang bisa kalian pilih diantaranya hotel DSeason, Java Paradise, Karimun Inn, Nirwana resort, Escape Resort, Wisma apung dan masih banyak lagi.

TIPS – TIPS BERWISATA KE KARIMUN JAWA

1. Ikutlah paket tour yang sudah berpengalaman dan terpercaya.
2. Bawalah uang tunai yang agak lebih karena disana hanya ada satu Bank dan ATM
3. Bawalah pakaian renang karena kebanyakan di Karimun Jawa adalah wisata air
4. Bawalah kartu telpon seluler yang jangkauannya luas seperti simpati, meskipun di homestay atau hotel sudah ada wiffi.







Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…

Festival Karimun Jawa 2018 : Semarak Indah Alam Dan Budaya

Sepertinya diri ini belum bisa move on dari kemeriahan FESTIVAL KARIMUNJAWA 2018. Ya gimana lagi, ini pertama kalinya aku hadir di acara yang super keren ini, Banyak sekali kenangan manis di pulau terindah se Jawa Tengah ini. Ternyata Karimunjawa tak hanya mempunyai keindahan alam dan bawah lautnya saja, tetapi juga memepunyai keseinan dan budaya yang sangat memesona. Jadi memang pantas jika Karimunjawa mendapat predikat ''THE PARADISE OF CENTRAL JAVA'' atau surganya Jawa Tengah.

Pagi itu Jumat 28 September, suasana di pelabuhan Kartini Jepara tak seperti biasanya, kali ini lebih ramai dan penuh sesak. Dalam hatiku berkata ''mungkin mereka ingin menyaksikan Festival Karimunjawa 2018''.Seperti biasa aku selalu naik kapal Express Bahari karena lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu. Dan pukul 08.49 wib, aku dan para penumpang lainnya meninggalkan pelabuhan Kartini Jepara, setelah hampir 2 jam perjalanan mengarungi laut yang biru dengan ombak yang cukup …