Langsung ke konten utama

5 #AksiSehatCeria Ala Traveler


Traveling Tetap Sehat & Kuat

Travelling adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan energi, dan yang pasti harus sehat jasmani. Menempuh jarak yang jauh, melewati darat, laut hingga udara pasti menguras tenaga yang tidak sedikit, jadi kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting sekali. Nah biasanya kalau kelelahan sering kali menjadi awal mulanya jatuh sakit. Maka dari itu agar tetap bisa mempunyai fisik yang kuat dan bugar, aku selalu menerapkan pola hidup sehat.


Aku sangat bersyukur karena tiga tahun belakangan aku jarang sakit, paling cuma sakit gigi aja sih. Alhamdulillah selama tiga tahun terakhir ini aku berusaha untuk menerapkan hidup sehat, dan hasilnya memang terasa sekali, sekarang lebih bugar dan tidak khawatir kalau mau pergi jauh. Nggak asyik kan pas lagi traveling tiba-tiba jatuh sakit, pasti nggak enak banget. 


Memang sih sakit itu tak bisa direncanakan, tetapi setidaknya kita bisa meminimalisir agar tidak mudah sakit, ya salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Dan untungnya aku belum pernah mengalami kejadian tiba-tiba sakit pas lagi piknik pasti bisa merusak suasana piknik yang asyik jadi nggak asyik. 


Nah kali ini aku punya 5 #AKSISEHATCERIA ALA TRAVELER. Dan ini yang sudah aku lakukan selama 3 tahun belakangan, yuk mulai hidup sehat dengan melakakun #AKSISEHATCERIA biar ketika traveling tetap sehat dan bugar.

1. OLAHRAGA YANG CUKUP
Jogging Sore Di Stadion Bahurekso

Salah satu #AKSISEHARCERIA ala traveler yaitu olahraga yang cukup, nah olahraga yang sering aku lakukan yaitu jogging atau lari-lari (bukan lari dari kenyataan ya). Kenapa aku pilih olahraga lari, karena olahraga lari adalah olahraga yang paling sederhana karena bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun, selain itu juga tidak membutuhkan alat olahraga yang banyak dan ribet, cukup pakai sepatu running aja.


Biasanya aku lari minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit setiap kali lari. Sebenarnya lari-lari sebentar asalkan konsisten dan sudah mengeluarkan keringat itu sudah cukup. Karena lari banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, makanya aku suka banget sama olahraga yang satu ini.


Salah satu manfaat olahraga lari yaitu memperkuat kaki, tulang dan sendi, ini cocok banget buat para traveler karena ketika piknik kita sering kali berjalan kaki jauh. Apalagi yang suka naik gunung, mempunyai kaki, tulang dan sendi yang kuat itu sangat dibutuhkan agar kuat ketika naik gunung. Selain itu manfaat olahraga lari yaitu mengurangi resiko kanker, membantu otak tetap bekerja optimal.

2. ATUR POLA MAKAN 
Photo by @Siklimis.com

Ketika traveling aku sering menemui kuliner yang enak-enak, kadang kuliner yang enak itu tidak bagus untuk kesehatan seperti kuliner yang berlemak, berminyak, bersantan, pedas ataupun yang lainnya, tetapi nggak apa-apa sih kalau sedikit dan tidak terus menerus.


Agar bisa tetap sehat dan bugar, biasanya aku makan teratur, mulai sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Selain itu aku juga makan makanan yang mengandung gizi, karbohidrat, dan protein yang cukup. Ya standarnya yang 4 sehat 5 sempurna. 


Biasanya aku sering mengkonsumsi buah dan sayur, karena dengan memperbanyak makan buah dan sayur bisa mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Buah dan sayur termasuk sumber nutrisi, banyak sekali vitamin yang terkandung didalamnya seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E.
 
3. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH
Photo by @Siklimis.com

Selain olahraga dan makan makanan yang bergizi, aku juga sering minum air putih, baik dirumah ataupun saat traveling. Kalau pas lagi traveling biasanya aku bawa air putih sendiri, tapi kalau lupa ya paling beli air mineral kemasan. Jarang banget aku beli minuman kemasan yang ada rasanya, menurutku air putih itu lebih menyegarkan ketika dahaga, dan tentunya juga menyehatkan.


Banyak sekali manfaat minum air putih gaes, diantaranya meningkatkan metabolisme, mencegah dehidrasi, mencegah batu ginjal, memeperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Nah banyak banget kan manfaatnya, yakin kalian nggak mau minum air putih setiap hari. Yuk perbanyak minum air putih minimal 2 liter setiap hari.

4. DONOR DARAH
Jangan Takut Untuk Donor Darah

Golongan darahku "O"

Nah #AKSISEHATCERIA yang satu ini mungkin bagi kalian yang belum pernah donor darah pasti agak takut untuk melakukannya. Dulu aku juga nggak berani donor darah karena takut sakit pas ditusuk jarum, tapi akhirnya aku berani kan diri, ternyata nggak sakit-sakit banget kok (lebih sakit ditinggalin pas lagi sayang-sayangnya), malah setelah donor darah badan jadi lebih segar.

Sekarang aku malah rutin donor darah setiap 3 bulan sekali, karena ternyata MANFAAT DONOR DARAH itu banyak sekali, diantaranya mengurangi risiko terkena penyakit jantung, mengurangi risiko kanker,mendeteksi penyakit serius dan juga bisa menurunkan berat badan.

5. ISTIRAHAT YANG CUKUP
Photo by @Siklimis.com

Dan #AKSISEHATCERIA yang terakhir yaitu istirahat yang cukup, nah ketika traveling pasti capek apalagi seperti naik ke puncak bukit ataupun puncak gunung. Pasti capek banget, biasanya aku istirahat kalau sudah capek atau pas jalan-jalan dikota kalau malam biasanya aku tidur lebih awal, biar besok pagi bisa fresh kembali. Tidur yang cukup sangat penting karena kalau kecapekan dan daya tahan tubuh lemah itu mudah jatuh sakit. 

Itulah 5 #AksiSehatCeria Ala Traveler, yang aku lakukan selama ini, sehingga ketika traveling aku selalu sehat dan kuat, dan setelah traveling pikiran jadi fresh dan tidak stres. Nah saat ini ada Dokter Sehat  yang memberikan informasi tentang kesehatan. Apa sih Dokter Sehat itu ?  Dokter Sehat adalah sebuah portal kesehatan yang menyediakan informasi tentang kesehatan, panduan kesehatan dan konsultasi kesehatan secara online. Jadi kalian bisa lebih banyak mengetahui tentang dunia kesehatan melalui Dokter Sehat.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…