Langsung ke konten utama

5 Keseruan Yang Bisa Kamu Dapatkan Di Festival Karimun Jawa 2018



Hampir sepekan Festival Karimunjawa 2018 telah berlalu, tetapi keseruannya tak pernah bisa dilupakan. Karena di pulau terindah di Jawa Tengah ini tak hanya kaya akan keindahan alamnya tetapi juga kaya akan kesenian dan budayanya.

Aku sangat bersyukur sekali bisa hadir di festival yang diadakan oleh dinas pemuda olahraga dan pariwisata Provinsi Jawa Tengah ini. Acara yang digelar sejak Selasa 25 September 2018 sampai Minggu 30 September 2018 ini sangat menarik dan meriah sehingga sayang untuk dilewatkan. di Festival Karimunjawa 2018 kalian bisa mendapatkan keseruan yang sangat luar biasa, dan ini 5 keseruan yang bisa kalian dapatkan di Festival Karimunjawa 2018.
1. FESTIVAL PERAHU HIAS



Salah satu keseruan di Festival Karimunjawa 2018  yaitu Festival Perahu Hias, di Pulau indah ini perahu termasuk alat transportasi yang paling utama, karena untuk menuju pulau-pulau kecil disekitar Karimunjawa yang jumlahnya sekitar 27 pulau ini, peran perahu sangatlah penting sekali diantaranya untuk mengantar para wisatawan berkeliling pulau dan snorkeling. 

Lomba perahu hias ini diadakan pada hari Kamis 27 September 2018, disana kalian bisa melihat perahu-perahu yang cantik karena sudah dihiasi oleh pemiliknya, bagi para fotografer acara ini sangat tepat sekali untuk mengabadikan moment yang jarang ada, jadi acara ini sayang banget untuk dilewatkan. Lomba perahu hias ini diikuti oleh 20 peserta, dan untuk tahun ini juaranya yaitu juara 1 perahu milik pak Anto juara 2 perahu milik pak Munawar dan juara 3 perahu milik pak Azibin.


2. LOMBA MANCING TINGKAT NASIONAL





Karimunjawa yang memiliki beraneka ragam species ikan, membuat pulau ini menjadi salah satu surga bagi mereka yang hobi mancing. Sehingga lomba mancing sering diadakan disini. Dan kebetulan tahun ini lomba mancing tingkat nasional diadakan untuk ke 18 kalinya. Wah peserta nya dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Ada yang dari Semarang, Pati, Sidoarjo, Boyolali, Jogja, Kendal, Pekalongan, Tegal dan yang paling jauh dari Bandung.

Tak tanggung-tanggung hadiah untuk lomba mancing ini totalnya 20 juta rupiah, selain itu juga merebutkan piala bupati Jepara. Lomba mancing tingkat nasional ini berlangsung sejak Jumat 28 sampai Sabtu 29 September 2018

Dan untuk tahun ini juara nya yaitu :  
Juara 1 : Herry (Tungkem-Tegal)
Juara 2 : Slamet Riyadi (Bluk Rakapok-Boyolali)
Juara 3 : Ali Wahyudi (Bluk Rakapok-Boyolali)
Juara Harapan 1 : Kholiq Idris (Bluk Rakapok-Boyolali)
Juara Harapan 2 : Ahmad Kholiq (Manse-Jepara)
Juara Harapan 3 : Abda Alier (Muldoma-Jepara)
Juara Kategori khusus : Bintaro (Mijen 1- Semarang)


3. PERTUNJUKAN SENI DAN BUDAYA




Kalau ngomongin Karimunjawa biasanya pasti tentang keindahan alamnya saja, tetapi kali ini Karimunjawa menunjukan pesona keindahan seni dan budaya lewat Festival Karimunjawa 2018. Ternyata Karimunjawa juga mempunyai kesenian dan budaya yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Malam itu di alun-alun Karimunjawa menjadi saksi bisu pertunjukan kesenian dan budaya. Ribuan pasang mata menyaksikan nya, baik itu warga lokal, wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara berkumpul menjadi satu menikmati keindahan pertunjukan kesenian dan budaya Karimunjawa. Malam itu ada penampilan tari reog barongan, tari egreg pesisiran, tari kuda kepang, tari padupa, tari mapagdendang yang membuat festival Karimunjawa 2018 ini menjadi lebih seru.


4. FESTIVAL MUSIK





Keseruan Festival Karimunjawa 2018 semakin bertambah karena ada penampilan dari musisi Kota Semarang dan Kota Jepara. Untuk malam Sabtu ada festival musik dangdut yang bertema "Karimunjawa Bergoyang'', wah benar-benar berasa bergoyang.

Karena mulai anak kecil hingga orang dewasa pun sangat terhibur sekali dengan musik dangdut ini, bahkan banyak juga yang ikut bergoyang, terlebih lagi ada Bapak wakil bupati Jepara yaitu Bapak H. Dian Kristiandi S.Sos yang ikut bernyanyi diatas panggung. 

Tak tanggung-tanggung pak wakil bupati Jepara ini membawakan dua lagu yang salah satunya berjudul KANGGO RIKO. Dan selain musik dangdut, di malam Minggu 29 September 2018 juga ada penampilan dari CONGROCK 17 salah satu band Keroncong Rock dari Kota Semarang yang sangat terkenal. Penampilan Congrock pun tak kalah meriah dengan musik dangdut.


5. FUN WALK BEACH




Dan keseruan yang terakhir yaitu FUN WALK BEACH, Minggu 30 September 2018 acara ini berlangsung. Pukul 06.00 wib dihalaman kantor kecamatan Karimunjawa sudah ramai berdatangan para peserta fun walk beach. Acara ini bertujuan supaya masyarakat bisa hidup sehat dengan olahraga. Semakin siang acara ini juga semakin seru karena ada hiburan campur sari dan pengundian doorprize, warga pun sudah tak sabar ingin menunggu pengumuman doorprize.

Itulah 5 keseruan yang bisa kalian dapatkan di Festival Karimunjawa 2018, jangan lupa tahun depan festival ini akan digelar lagi, jadi persiapkan diri kalian untuk bisa merasakan keseruan di festival karimunjawa tahun depan.




Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Festival Karimun Jawa 2018 : Semarak Indah Alam Dan Budaya

Sepertinya diri ini belum bisa move on dari kemeriahan FESTIVAL KARIMUNJAWA 2018. Ya gimana lagi, ini pertama kalinya aku hadir di acara yang super keren ini, Banyak sekali kenangan manis di pulau terindah se Jawa Tengah ini. Ternyata Karimunjawa tak hanya mempunyai keindahan alam dan bawah lautnya saja, tetapi juga memepunyai keseinan dan budaya yang sangat memesona. Jadi memang pantas jika Karimunjawa mendapat predikat ''THE PARADISE OF CENTRAL JAVA'' atau surganya Jawa Tengah.

Pagi itu Jumat 28 September, suasana di pelabuhan Kartini Jepara tak seperti biasanya, kali ini lebih ramai dan penuh sesak. Dalam hatiku berkata ''mungkin mereka ingin menyaksikan Festival Karimunjawa 2018''.Seperti biasa aku selalu naik kapal Express Bahari karena lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu. Dan pukul 08.49 wib, aku dan para penumpang lainnya meninggalkan pelabuhan Kartini Jepara, setelah hampir 2 jam perjalanan mengarungi laut yang biru dengan ombak yang cukup …

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…