Langsung ke konten utama

3 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Di Candi Gedong Songo


One Day Tour Bersama Blogger Milenial & Dinas Pariwisata Kab.Semarang

Aku sangat bersyukur bisa lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia sangat indah dan kaya raya, beraneka ragam flora dan fauna ada di Indonesia. Hamparan hutan hijau yang sangat indah, hamparan laut biru yang begitu megah, membuatku semakin cinta pada negeri ini. Tak hanya itu saja, Indonesia juga kaya akan seni dan budayanya, ratusan hingga ribuan seni, budaya, bahasa semuanya terangkum dalam indahnya bhineka tunggal ika.

Rasa syukur itu tak hanya cukup diucapkan lewat kata-kata, dan rasa syukur yang ku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, menikmati keindahan yang ada di negeri ini dan belajar tentang sejarah negeri ini. Untuk menikmati keindahan alam di Indonesia itu mudah sekali, karena seluruh daerah di Indonesia ini sangat indah, salah satu daerah yang mempunyai keindahan alam yang istimewa yaitu Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.


Selasa, 27 November aku mendapatkan kesempatan untuk mengikuti FAMTRIP BLOGGER MILENIAL BERSAMA DINAS PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG. Acara ini diikuti 15 blogger dari Kabupaten Semarang, Kota Semarang dan Kabupaten Kendal. Rombongan kami mengunjungi dua destinasi wisata yaitu Candi Gedong Songo dan Desa Wisata Sepakung.

Sebenarnya aku sudah sering sekali berwisata ke Candi Gedong Songo ini, karena memang jarak dari rumahku ke candi ini tak begitu jauh, kurang lebih satu setengah jam perjalanan. Meskipun sering kesini hingga tak tahu sudah berapa kali, tetapi aku tak pernah merasa bosan, karena berwisata di Candi yang berada di Dusun Arum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang ini sensasinya sangat luar biasa dan susah untuk dilupakan.



Kawasan Wisata Candi Gedong Songo ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara, dan untuk masuk ke Gedong songo kalian cukup membayar tiket masuk Rp. 8.000 untuk wisatawan local dan Rp. 75.000. Destinasi Wisata Candi Gedong Songo ini memang cocok untuk berwisata baik bersama sahabat, keluarga ataupun pasangan. Nah buat kalian yang belum pernah ke Candi Gedong Songo, pasti kalian bingung bisa ngapain aja sih di Candi Gedong Songo. Dan inilah 3 HAL YANG BISA KAMU LAKUKAN DI CANDI GEDONG SONGO KABUPATEN SEMARANG.

1.BELAJAR TENTANG SEJARAH



     

Candi Gedong Songo ini adalah candi Hindu yang dibangun pada abad ke-8 Masehi pada masa Mataram Kuno dan dibangun oleh Raja Putera Sanjaya. Dan pada tahun 1740, Candi Gedong Songo ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Kemudian pada tahun 1908-1911, seorang arkeolog asal Belanda yang bernama Van Stein Callenfeis melakukan penelitian di Kawasan Candi Gedong Songo ini, dan menemukan dua bangunan candi lagi, sehingga total jumlahnya menjadi Sembilan candi.

Kenapa dinamakan Candi Gedong Songo? Karena menurut bahasa jawa, Gedong itu artinya gedung atau bangunan, dan Songo itu artinya Sembilan. Jadi Candi Gedong Songo ini adalah candi yang jumlahnya ada Sembilan.

2.MENIKMATI UDARA YANG SEJUK


Candi Gedong Songo ini berada di lereng Gunung Ungaran, dan terletak pada ketinggian sekitar 1200 meter diatas permukaan laut. Sehingga udara di Candi Gedong Songo ini sangat sejuk, selain hawanya yang sejuk, disini juga sangat asri dan nyaman karena banyak pohon-pohon di sekitar Candi Gedong Songo. Suasana sejuk,nyaman, dan damai di Candi Gedong Songo ini sangat cocok sekali untuk merefresh pikiran, menghilangkan penat akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari. Dan udara yang masih alami ini juga sangat cocok buat kalian yang hidup di kota yang setiap hari terkena polusi udara.

3.BERFOTO-FOTO KECE




Dan yang satu ini pasti tak boleh ketinggalan ketika kita pergi kemana saja dan bersama siapa saja. Karena berfoto-foto adalah kegiatan wajib ketika bepergian, selain bisa menambah koleksi foto juga bisa buat kenang-kenangan untuk masa depan. Pemandangan yang sangat indah di Candi Gedong Songo ini tak hanya cocok buat foto-foto selfi saja, tetapi buat para fotografer, Candi Gedong Songo ini adalah tempat yang pas untuk memotret, karena perpaduan budaya dan alam yang sangat serasi membuat Candi Gedong Songo ini sangat saying kalau tidak dikunjungi.

Itulah 3 hal yang bisa kalian lakukan di Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang. Sebenarnya banyak sekali yang bisa kalian lakukan di Candi Gedong Songo seperti camping di hutan pinus, bermain flyng fox, bermain out bond, mandi di pemandian air panas, keliling candi naik kuda, menikmati kuliner sate kelinci, berbelanja oleh-oleh dan masih banyak lagi.

Karena kebetulan rombongan kami hanya menjelajah sampai di candi nomor satu saja, jadi hanya inilah yang bisa dilakukan, pokoknya kalau berwisata ke Candi Gedong Songo ini kalian harus menjelajahi sampai candi yang paling atas agar kalian puas dan bahagia.





Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Festival Karimun Jawa 2018 : Semarak Indah Alam Dan Budaya

Sepertinya diri ini belum bisa move on dari kemeriahan FESTIVAL KARIMUNJAWA 2018. Ya gimana lagi, ini pertama kalinya aku hadir di acara yang super keren ini, Banyak sekali kenangan manis di pulau terindah se Jawa Tengah ini. Ternyata Karimunjawa tak hanya mempunyai keindahan alam dan bawah lautnya saja, tetapi juga memepunyai keseinan dan budaya yang sangat memesona. Jadi memang pantas jika Karimunjawa mendapat predikat ''THE PARADISE OF CENTRAL JAVA'' atau surganya Jawa Tengah.

Pagi itu Jumat 28 September, suasana di pelabuhan Kartini Jepara tak seperti biasanya, kali ini lebih ramai dan penuh sesak. Dalam hatiku berkata ''mungkin mereka ingin menyaksikan Festival Karimunjawa 2018''.Seperti biasa aku selalu naik kapal Express Bahari karena lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu. Dan pukul 08.49 wib, aku dan para penumpang lainnya meninggalkan pelabuhan Kartini Jepara, setelah hampir 2 jam perjalanan mengarungi laut yang biru dengan ombak yang cukup …

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…