3 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Di Candi Gedong Songo


One Day Tour Bersama Blogger Milenial & Dinas Pariwisata Kab.Semarang


Aku sangat bersyukur bisa lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia sangat indah dan kaya raya, beraneka ragam flora dan fauna ada di Indonesia. Hamparan hutan hijau yang sangat indah, hamparan laut biru yang begitu megah, membuatku semakin cinta pada negeri ini. Tak hanya itu saja, Indonesia juga kaya akan seni dan budayanya, ratusan hingga ribuan seni, budaya, bahasa semuanya terangkum dalam indahnya Bhineka Tunggal Ika.

Rasa syukur itu tak hanya cukup diucapkan lewat kata-kata, dan rasa syukur yang ku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, menikmati keindahan yang ada di negeri ini dan belajar tentang sejarah negeri ini. Untuk menikmati keindahan alam di Indonesia itu mudah sekali, karena seluruh daerah di Indonesia ini sangat indah, salah satu daerah yang mempunyai keindahan alam yang istimewa yaitu Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.


Selasa, 27 November aku mendapatkan kesempatan untuk mengikuti FAMTRIP BLOGGER MILENIAL BERSAMA DINAS PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG. Acara ini diikuti 15 blogger dari Kabupaten Semarang, Kota Semarang dan Kabupaten Kendal. Rombongan kami mengunjungi dua destinasi wisata yaitu Candi Gedong Songo dan Desa Wisata Sepakung.

Sebenarnya aku sudah sering sekali berwisata ke Candi Gedong Songo ini, karena memang jarak dari rumahku ke candi ini tak begitu jauh, kurang lebih satu setengah jam perjalanan. Meskipun sering kesini hingga tak tahu sudah berapa kali, tetapi aku tak pernah merasa bosan, karena berwisata di Candi yang berada di Dusun Arum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang ini sensasi nya sangat luar biasa dan susah untuk dilupakan.



Kawasan Wisata Candi Gedong Songo ini selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara, dan untuk masuk ke Gedong songo kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.000 untuk wisatawan local dan Rp. 75.000 untuk wisatawan mancanegara. Destinasi Wisata Candi Gedong Songo ini memang cocok untuk berwisata baik bersama sahabat, keluarga ataupun pasangan. Nah buat kalian yang belum pernah ke Candi Gedong Songo, pasti kalian bingung bisa ngapain aja sih di Candi Gedong Songo. Dan inilah 3 HAL YANG BISA KAMU LAKUKAN DI CANDI GEDONG SONGO KABUPATEN SEMARANG.

1. BELAJAR TENTANG SEJARAH


     
Candi Gedong Songo ini adalah candi Hindu yang dibangun pada abad ke-8 Masehi pada masa Mataram Kuno dan dibangun oleh Raja Putera Sanjaya. Dan pada tahun 1740, Candi Gedong Songo ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Kemudian pada tahun 1908-1911, seorang arkeolog asal Belanda yang bernama Van Stein Callenfeis melakukan penelitian di Kawasan Candi Gedong Songo ini, dan menemukan dua bangunan candi lagi, sehingga total jumlahnya menjadi Sembilan candi.

Kenapa dinamakan Candi Gedong Songo? Karena menurut bahasa jawa, Gedong itu artinya gedung atau bangunan, dan Songo itu artinya Sembilan. Jadi Candi Gedong Songo ini adalah candi yang jumlahnya ada Sembilan.


2. MENIKMATI UDARA YANG SEJUK


Candi Gedong Songo ini berada di lereng Gunung Ungaran, dan terletak pada ketinggian sekitar 1200 meter diatas permukaan laut. Sehingga udara di Candi Gedong Songo ini sangat sejuk, selain hawanya yang sejuk, disini juga sangat asri dan nyaman karena banyak pohon-pohon di sekitar Candi Gedong Songo. Suasana sejuk,nyaman, dan damai di Candi Gedong Songo ini sangat cocok sekali untuk merefresh pikiran, menghilangkan penat akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari. Dan udara yang masih alami ini juga sangat cocok buat kalian yang hidup di kota yang setiap hari terkena polusi udara.

3. BERFOTO-FOTO KECE



Dan yang satu ini pasti tak boleh ketinggalan ketika kita pergi kemana saja dan bersama siapa saja. Karena berfoto-foto adalah kegiatan wajib ketika bepergian, selain bisa menambah koleksi foto juga bisa buat kenang-kenangan untuk masa depan. Pemandangan yang sangat indah di Candi Gedong Songo ini tak hanya cocok buat foto-foto selfi saja, tetapi buat para fotografer, Candi Gedong Songo ini adalah tempat yang pas untuk memotret, karena perpaduan budaya dan alam yang sangat serasi membuat Candi Gedong Songo ini sangat saying kalau tidak dikunjungi.

Itulah 3 hal yang bisa kalian lakukan di Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang. Sebenarnya banyak sekali yang bisa kalian lakukan di Candi Gedong Songo seperti camping di hutan pinus, bermain flyng fox, bermain outbond, mandi di pemandian air panas, keliling candi naik kuda, menikmati kuliner sate kelinci, berbelanja oleh-oleh dan masih banyak lagi.

Karena kebetulan rombongan kami hanya menjelajah sampai di candi nomor satu saja, jadi hanya inilah yang bisa dilakukan, pokoknya kalau berwisata ke Candi Gedong Songo ini kalian harus menjelajahi sampai candi yang paling atas agar kalian puas dan bahagia.





0 Komentar