Langsung ke konten utama

5 Cara Cerdas Memilih Kosmetik Ala Generasi Milenial




Sejak dari dulu hingga saat ini, penampilan menjadi hal yang sangat penting bagi seseorang, baik itu penampilan wajah ataupun pakaian. Karena pada dasarnya dengan penampilan yang baik akan menambah nilai bagi seseorang. Di era digital seperti saat ini, banyak orang berlomba-lomba untuk mempunyai tampilan yang istimewa, terutama penampilan wajah dan tubuh, sehingga banyak orang yang berani merogoh kocek dalam-dalam agar penampilannya sempurna.



Dan saat ini tak hanya wanita saja yang peduli dengan penampilannya, tetapi pria juga banyak yang sangat peduli dengan penampilannya, karena penampilan bisa menunjang karir dan menambah rasa percaya diri seseorang. Sehingga banyak produsen kosmetik baik untuk wanita ataupun pria yang berlomba-lomba memproduksi kosmetik dengan berbagai macam dan kegunaan.

Saat ini sudah banyak produk kosmetik yang menawarkan berbagai pilihan, mulai dari produk kosmetik untuk mempercantik diri seperti bedak, lipstik, eyeshadow, pensil alis, maskara, dan masih banyak lagi, selain itu juga ada produk kosmetik untuk perawatan diri seperti parfum, hand body lation, masker muka, facial foam, facial wash, dan masih banyak lagi.



Sebagai generasi milenial, jujur aku kurang percaya diri kalau penampilanku kurang maksimal, apalagi sering bertemu banyak orang dan sering exis di media sosial. Jadi aku selalu melakukan perawatan dengan menggunakan berbagai macam produk kosmetik. Karena memakai kosmetik itu banyak sekali manfaatnya, diantaranya :
1. Menjaga kebersihan diri
2. Meningkatkan daya tarik melalui make-up.
3. Meningkatkan rasa percaya diri.
4. Melindungi kulit dan rambut dari kerusakan sinar ultra violet dan polusi.
5. Mencegah penuaan dini.

Seiring meningkatnya kebutuhan kosmetik saat ini, membuat oknum-oknum yang tak bertanggung jawab memanfaatkan moment ini, dan terbukti saat ini banyak sekali produk kosmetik palsu dengan memakai bahan-bahan berbahaya yang beredar di pasaran.

Nah, maka dari itu kita harus lebih cerdas dalam memilih kosmetik, agar tidak membeli kosmetik yang ilegal dan palsu. Dan saat ini kalian tak perlu khawatir karena kosmetik yang aman itu salah satunya sudah memiliki izin dari BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan, jadi BPOM itu adalah lembaga negara yang mengurus tentang pengawasan keamanan makanan dan obat-obatan, termasuk kosmetik di Indonesia, dan BPOM ini selalu aktif berkampanye tentang produk kosmetik yang aman untuk digunakan.

Dan ini 5 CARA CERDAS MEMILIH KOSMETIK ALA GENERASI MILENIAL :

1. CEK KLIK DAHULU


Cara cerdas memilih kosmetik ala generasi milenial yang pertama yaitu CEK KLIK dahulu. Apa itu CEK KLIK ? CEK KLIK yaitu kita harus cek dahulu kemasan, label , izin edar dan kadaluarsa. Karena empat faktor itu yang disarankan oleh Badan POM sehingga sangat menentukan kosmetik kamu apakah aman digunakan atau tidak.

CEK KEMASAN

Langkah yang pertama yaitu CEK KEMASAN
Perhatikan kemasan produk kosmetik dalam keadaan baik (tidak rusak, cacatat atau jelek).
Jangan pilih produk kosmetik yang kemasannya rusak (penyok atau menggelembung).
- Pilihlah produk kosmetik yang memiliki warna, bau dan konsistensi yang baik.
- Pilihlah produk kosmetik dengan bentuk dan warna merata, stabil dan tidak ada bercak kotoran.

CEK LABEL 

Langkah yang kedua yaitu CEK LABEL jadi pilihlah kosmetik dengan label penandaan yang baik, tidak lepas ataupun luntur sehingga informasi dapat terbaca dengan jelas. Pastikan label mencantumkan informasi yang benar, jelas dan lengkap. Yang meliputi:
1. Nama kosmetik
2. Komposisi
3. Nama dan negara produsen
4. Nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi
5. Nomor bets
6. Ukuran, isi atau berat bersih
7. Peringatan dan keterangan lain yang dipersyaratkan.

CEK IZIN EDAR

Langkah yang ketiga yaitu CEK IZIN EDAR , pilihlah kosmetik yang telah memiliki izin edar berupa nomor notifikasi dari BPOM. Nomor notifikasi BPOM ditandai dengan kode diiikuti 1 huruf dan 11 digit angka seperti contoh : NA 12345678910. Pastikan nomor notifikasi kosmetik di website BPOM www.pom.go.id atau www.notifikasi.pom.co.id

CEK KADALUWARSA


Dan langkah yang keempat yaitu CEK KADALUARSA. Jadi sebelum membeli kosmetik kalian harus teliti masa kadaluarsa kosmetik, jangan sampai masa kadaluarsa terlewat. Untuk masa kadaluarsa biasanya ditulis dengan urutan tanggal, bulan dan tahun atau juga cuma bulan dan tahun.

2. JANGAN TERGIUR DENGAN HARGA MURAH

Cara cerdas yang kedua yaitu jangan mudah tergiur kosmetik dengan harga murah, karena saat ini banyak sekali kosmetik palsu & ilegal yang beredar dengan harga yang sangat murah yang tidak sesuai dengan harga pada umumnya. Biasanya produk kosmetik ini banyak dijumpai di toko online. Jadi lebih baik membeli kosmetik dengan harga yang sewajarnya atau lebih mahal sedikit tetapi kualitas terjamin, supaya kalian tidak menyesal setelah membeli.

3. PILIH PRODUK KOSMETIK YANG SUDAH TERPERCAYA

Cara cerdas yang ketiga yaitu pilihlah produk kosmetik yang sudah terpercaya, dan ciri-ciri produk kosmetik yang sudah terpercaya biasanya produk yang sudah mempunyai brand yang sudah terkenal, seperti produk kosmetik Wardah, Sari ayu, Mirrabela, Maybelline, Pods dan lainnya. Karena produk kosmetik dari brand yang sudah terkenal biasanya sudah melalui tahapan yang sangat ketat, mulai dari bahan baku, proses pembuatan dan uji laboratorium. Yang pastinya produk kosmetik tersebut sudah melengkapi semua ijin dari BPOM dan sudah memenuhi standart kosmetik sehingga aman digunakan dan banyak yang memakainya.

4. LIHAT REAKSI SETELAH MEMAKAI

Cara cerdas yang ketiga yaitu lihat reaksi setelah memakai, alangkah baiknya jika sebelum membeli coba diolehkan ke tangan dahulu, apakah ada rasa gatal atau nyeri kulit. Kalau tidak ada efek apapun berarti aman untuk digunakan. Akan tetapi jika ada rasa gatal ataupun nyeri kulit berarti kosmetik tersebut mengandung bahan yang tidak aman.

5. WASPADA TERHADAP KOSMETIK PALSU

Cara cerdas yang kelima yaitu waspadalah terhadap kosmetik palsu, karena kosmetik palsu biasanya mengandung bahan- bahan yang berbahaya seperti merkuri, timbal, paraben, hidroquino dan lainnya.


Ciri-ciri kosmetik palsu :

1. Kemasan tidak sesuai gambar
2. Nomor seri tidak ada
3. Warna kosmetik beda
4. Aroma menyengat
5. Tekstur kosmetik aneh.

Itulah 5 cara cerdas memilih kosmetik ala generasi milenial yang bisa membuat kalian lebih teliti dalam memilih kosmetik sehingga tidak tertipu lagi dengan kosmetik palsu yang bisa membahayakan kesehatan.

#CaraCerdasMemilihKosmetik



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…