Langsung ke konten utama

Menjelajah Kuliner Purwokerto yang Menggoda Lidah


Lezatnya Kuliner Purwokerto

Purwokerto tak hanya terkenal akan wisata alamnya saja, tetapi juga kaya akan kulinernya yang siap memanjakan lidah kalian. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner kekinian ada di Purwokerto. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Purwokerto tidak menikmati aneka kuliner yang beraneka ragam dan pastinya membuat ketagihan. 

Aku sangat beruntung karena selama 3 hari di Purwokerto dalam acara “Juguran Blogger 2019”. Aku bisa mendapat kesempatan untuk menikmati beberapa kuliner Purwokerto yang menggoda lidah. Beberapa kuliner Purwokerto yang aku coba diantaranya :

1. RAJA SOTO LAMA

Raja Soto Lama

Salah satu kuliner tradisional Purwokerto yang sangat legendaris yaitu "Raja Soto Lama H. Suradi". Sebenarnya kuliner yang satu ini berasal dari daerah Sokaraja Banyumas. Dan Raja Soto Lama H. Suradi ini sudah ada sejak dulu,  jadi sudah dari generasi ke generasi.  Pada tahun 1978 Pak H. Suradi sudah mulai membantu orang tuanya untuk berjualan soto, dan dulu tempatnya sering berpindah-pindah, dan nama soto lama ini digunakan karena warungnya sudah ada sejak lama.

Lezatnya Raja Soto Lama

Kini seiring berjalannya waktu, dan raja soto lama semakin ramai dan para pengunjungnya banyak dari daerah Purwokerto, akhirnya salah satu anak dari Pak H. Suradi membuka cabang di Purwokerto, tepatnya di Jl. Mayjen Sutoyo No. 55 Sawangan Purwokerto. Telepon : 081226837272.

Raja soto lama ini dulunya hanya menggunakan daging ayam, tetapi sekarang sudah bervariasi, jadi banyak pilihan seperti daging sapi, babat iso, dan sekengkel urat. Dan salah satu keunikan dari Raja Soto Lama ini yaitu sambalnya menggunakan sambal kacang dan disajikan dengan ketupat. Dan ini pengalaman pertamaku menikmati lezatnya Raja Soto Lama H. Suradi. 

Suasana di Raja Soto Lama Purwokerto

Ternyata soto yang satu ini benar-benar luar biasa lezatnya, karena tekstur dagingnya yang empuk bercampur dengan segarnya taoge serta berpadu dengan kelembutan ketupat sebagai pengganti nasi. Ditambah lagi dengan kaldu di kuahnya yang berimbang dengan manis pedas sambal kacangnya membuat soto yang satu ini juaranya di Purwokerto. Dan untuk satu mangkok Soto kalian hanya cukup membayar Rp. 18.000.

2. BAKSO PEKIH 

Lezatnya Bakso Pekih

Dan kuliner Purwokerto yang tak kalah populernya yaitu Bakso Pekih. Jujur baru kali ini aku dengar nama Bakso Pekih ini, ternyata sebagai pecinta bakso aku merasa gagal karena tak mengenal bakso yang lezat ini dari dulu. Kebetulan aku ke warung Bakso Pekih ini bareng teman-teman. Jadi tidak perlu repot lagi mencari lokasi warungnya karena salah satu temanku sudah ada yang tau tempatnya.

Mungkin ada yang masih penasaran kenapa namanya Bakso Pekih? Jadi warung bakso ini berada di jalan pekih, sehingga namanya menjadi Bakso Pekih. Alamat lengkapnya yaitu di Jalan Pekih No.14, Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53115. Lokasinya dijangkau karena dekat Alun-Alun Purwokerto atau sebelah utara Masjid Agung Purwokerto. 

Aneka Menu Bakso Pekih

Di warung Bakso Pekih ini ada beberapa menu bakso yang bisa kalian pilih. Seperti bakso polos, bakso porsi kecil polos, bakso telur polos, bakso telur tetelan, bakso urat, bakso tetelan, bakso urat tetelan, bakso urat telur, bakso urat polos dan bakso tetelan biasa. Jadi banyak banget pilihan bakso di warung Bakso Pekih ini. Dan yang paling laris menurut penjualnya yaitu bakso urat tetelan. Tapi sayang sekali pas aku kesini bakso urat tetelannya sudah habis, karena aku kesini agak malam. 

Warung Bakso Pekih ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 wib sampai pukul 21.00 wib. Dan sekali lagi kalau mau datang kesini diusahakan jangan terlalu malam karena biasanya kalau malam sudah habis. Aku kemarin sangat beruntung karena masih kebagian meskipun bukan menu bakso yang paling favorit tetapi rasanya juga sangat lezat. 

Suasana di Warung Bakso Pekih

Dan yang paling menarik di Bakso Pekih ini yaitu harganya murah,untuk bakso porsi kecil polos cuma Rp. 12.000 dan yang lainnya cuma Rp. 14.000. Selain itu warung Bakso Pekih ini tak pernah sepi pengunjung, jadi setiap hari selalu ramai pengunjung baik warga lokal ataupun wisatawan dari luar kota. Bahkan ketika aku disana ada dua turis dari Eropa juga datang ke Bakso Pekih ini. 

Meskipun ramai tetapi pelayanan di Bakso Pekih ini luar biasa sekali, pokoknya para karyawannya sigap dan cepat melayani para pengunjung. Jadi tak perlu khawatir menunggu lama. Selain itu warung Bakso Pekih ini juga sangat bersih dan luas sekali, kira-kira muat 100 orang lebih, sehingga tak perlu antri menunggu tempat duduk. Secara keseluruhan mulai dari rasa, harga, pelayanan dan tempat. Aku sih YES. 

3. MENDOAN PURWOKERTO

Mendoan Purwokerto yang Legendaris

Selanjutnya kuliner Purwokerto yang paling legendaris dan sangat terkenal, dan kuliner yang satu ini menjadi santapan yang wajib dihidangkan dan dinikmati ketika berkunjung ke Purwokerto, apalagi kalau bukan Mendoan Purwokerto. Sebenarnya kuliner yang satu ini hampir ada diberbagai daerah di Indonesia, tetapi tidak tau kenapa Mendoan Purwokerto ini rasanya paling juara. 

Ingat Mendoan, Ingat Purwokerto

Kata Mendo menurut bahasa Purwokerto artinya lembek. Dan memang ciri khas Mendoan Purwokerto yaitu tempe goreng yang teksturnya lembek karena digoreng setengah matang. Meskipun digoreng setengah matang tetapi tempe mendoan Purwokerto ini tetap bisa matang karena tempe yang digunakan bukan tempe yang berukuran balik.  Tetapi tempe yang digunakan sudah diiris tipis-tipis dan dibungkus daun pisang. Dan tempe inilah yang membedakan Mendoan Purwokerto dengan mendoan yang lainnya. 

Menikmati Mendoan Purwokerto yang baru saja digoreng sungguh nikmatnya luar biasa, karena Purwokerto salah satu Kota dengan hawa sejuk dingin. Makan sangat cocok sekali makan kuliner yang masih panas seperti Mendoan Purwokerto. Apalagi ditemani dengan secangkir kopi panas, perpaduan kopi dan mendoan sangat serasi untuk dinikmati sambil bersantai menghirup udara segar di Kota Satria ini. 

4. GYUDAQ JAPANESE BBQ

Sushi di Qyudaq Japanese BBQ

Kota Purwokerto seakan terus memanjakan para wisatawan dengan berbagai macam kulinernya, tak hanya aneka kuliner tradisional saja yang ada di Purwokerto, tetapi juga banyak sekali aneka kuliner modern. Salah satunya yaitu kuliner khas Jepang yaitu Gyudaq Japanese BBQ. Lokasinya berada di Jalan. Kongsen No. 24, Karangbawang, Purwokerto Kulon, Kecamatan Purwokerto Selatan. Kabupaten Banyumas,  Jawa Tengah 53141.

Aneka Kuliner di Qyudaq Japanese BBQ

Resto dengan konsep All You Can Eat ini menyediakan berbagai macam menu buffet ini sangat cocok sekali bagi para pecinta kuliner Jepang. Dan disini ada 3 pilihan paket yang bisa kalian pilih, seperti standart buffet, regular buffet dan premium buffet. Untuk menu standart buffet dengan harga Rp.101,000,- kalian sudah bisa menikmati makanan berupa chicken filler, chicken wings, short plate, all vegetables, all additional, sushi standart, all furay, all appetizer, all dessert dan all beverages. 

Suasana di Qyudaq Japanese BBQ

Di Qyudaq Japanese BBQ ini tak hanya aneka kulinernya saja yang lezat, tetapi tempatnya juga nyaman. Aneka pernak pernik ala Jepang menghiasi setiap sudut ruangan di Qyudaq Japanese BBQ ini. Membuat seakan akan pengunjung sedang berada di Jepang. Selain itu pelayanan di sini juga sangat ramah dan cepat. Jadi buat kalian yang akan ke Purwokerto, wajib mencoba Qyudaq Japanese BBQ. 

5. KOPI LANGGONGSARI 



Gubuk Kopi Langgongsari

Minuman kopi dari dulu hingga saat ini masih menjadi primadona bagi sebagian orang di Indonesia, banyak sekali aneka jenis kopi asli Indonesia yang berasal dari seluruh pelosok Nusantara. Dan tentunya rasa kopi asli Indonesia sangat luar biasa dan terbukti sudah terkenal hingga mancanegara. Kabupaten Banyumas adalah salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Jawa Tengah. Tepatnya di Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Meskipun lokasinya lumayan jauh dari pusat Kota Purwokerto. tetapi tak ada salahnya untuk mencoba Kopi Langgongsari ini. Dan pastinya kopi yang satu ini tak kalah nikmat dengan kopi - kopi dari daerah lain.. 

Biji Kopi Langgongsari

Di Kampung Langgongsari ini kita bisa banyak belajar tentang dunia kopi, mulai dari proses dari menanam kopi, memetik kopi, menjemur kopi hingga sudah mengolah menjadi kopi yang siap diminum semuanya bisa kalian lihat dan pelajari disini. Dan yang paling unik di Langgongsari ini ada sebuah kedai kopi yang letaknya di tengah-tengah kebun,  namanya Lo.lana_Coffea. Kedai ini sangat unik karena tempatnya yang jauh dari keramaian dan tentunya membuat suasana menjadi damai. Dan disini menjual berbagai macam jenis kopi dari petani kopi Langgongsari, diantaranya ada Kopi Langgongsari, Kopi Lanang,  Kopi Liberica, Kopi Robusta, Kopi Wine Arabica Langgongsari dan juga jenis kopi - kopi dari daerah lain ada disini. Tempat ini seakan menjadi surga pagi pecinta kopi. 
Menanam Kopi Langgongsari

Dan ini adalah pengalaman pertama kali menanam pohon kopi, rasanya sangat bahagia dan bangga bisa ikut menanam kopi. Karena ini adalah salah satu cara untuk melestarikan kopi asli Langgongsari agar tetap terus bertahan dan semakin dikenal banyak orang.


Dan itulah perjalananku selama Juguran Blogger 2019 menjelajahi kuliner Purwokerto yang menggoda lidah. Dan tentunya masih banyak lagi Kuliner Purwokerto yang siap memanjakan lidah kalian. Ayo Berburu Kuliner di Purwokerto. 

Komentar

fanny_dcatqueen mengatakan…
purwokerto itu memang enak2 makanannya mas. trakhir kali ksana aku nyobain soto di jalan bank ya kalo ga salah. itu manteeep, pake sambel kacang gt juga. kayaknya rmg ciri khas di sana yaaa... ayamnya ayam kampung.. trus nyobain juga mendoan ama gulai ikan gt.. lupa namanya, tp enak sih. kapan2 kesana lg aku mau coba bakso pekih nya deh :). kliatan bgt enaaak
SiKlimis mengatakan…
Emang juara banget deh Purwokerto ini soal kuliner... Oh iya soto yg di jalan Bank itu juga enak, tp sayang bgt kemarin gak sempat mampir. Dan pokoknya harus cobain bakso Pekih kalau ke Purwokerto. Pasti gak nyesel deh.
Tira Soekardi mengatakan…
wah banyak juga ya, aku mah cuma mendoan saja kalau ke sana
Ella Fitria mengatakan…
Soto sm bakso pekihnya langgananku kl pas tanggal muda zaman kuliah dlu. Wkwkwk
Dian Restu Agustina mengatakan…
Ya ampuun ini enak semua yaak
Mesti siapin lerut kalau ke Purwokerto
Kalau dompet aman karena terjangkau harganya. Sampai laper lihat foto soto dan baksonya.
Apalagi bayangin ngopi di tengah kebun kopi.
Duh mesti singgah ke Purwokerto nih saya pas mudik nanti
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
BAksonya sungguh menggiurkan. emang ya kalau berkunjung ke suatu daerah gak lengkap kalau gak nyobain makanan khasnya.
Erfano mengatakan…
Luar biasa nih kuliner Purwokerto. Saya jadi pengen packing tas terus menjelajah kuliner di sana. Ngelihat sotonya, auto jadi pengen makan soto. Terus baksonya dan mendoannya. Ah surga banget ini....
nurul rahma mengatakan…
Kopi
Bakso
Gorengan/Mendoan

Haduuuhhh enak2 buangeett sik kuliner di mariii
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Bambang Irwanto mengatakan…
Saya baca postingan Mas Ini, jadi melow lagi. Soalnya, saya juga diundang ke acara itu. Hanya.. mendadak ada urusan keluarga hehehe.

Jadi memang Purwokerto banyak kuliner enak, Mas. Jadi ngiler saya. Semoga las ke Purwokerto, bisa menikmati semua kuliner ini.
blogger parenting mengatakan…
Asli bikin ngiler yq postingannya mas. Apalagi bakso pekih itu.
Kalo di Medan, gak ada mendoan, yang ada tempe goreng. Tapi saya tau mendoan ini karena dulu ada temen asal solo yang tinggal di rumah. Jadi dia sering bikinin. Enaaaak
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Wah, mupeng dengan sotonya.. Kalau saya pilih yang daging sapi, pakai sambel kacang pasti segar sekali. Bakso pekih tertarik juga. Itu bedanya dengan bakso pada umumnya apa? Kok pengunjungnya sampai sntre gitu?
Nuniek KR mengatakan…
Saya pengen nyoba Baso Pekihnya, ngilerr
dulu saya sering ke Purwokerto pas mamah (hafizahullah) kemoterapi, tapi gak nyobain kulinernya huhu
April Hamsa mengatakan…
Aku taunya mendoan doank yang khas sana haha. Dulu suamiku kuliah di PWT, kutanyain khasnya apaan dia bilang gtu2 aja hahaha. Tapi katanya emang Purwokerto makin rame ya, apalagi pilihan kulinerannya, mulai yang tradisional dan khas sana, sampai yang rest0 dan kafe kekinian :D
Baksonya bikin ngiler :D
Vivi mengatakan…
Saya suka semuanyaaaaa....
Apalagi potonya bagus bagus, jadi menggiurkan..

Nanti klo saya mudik ke mertua d pekalongan, mau tak ajak jalan jalan ke purwokerto ah..

Faisol abrori mengatakan…
suasana di raja soto lama juga kekinian ya mas, jadi bisa buat spot foto juga sambil ngisi perut.... nice rekomendasi, bikin ngiler. Food fotografinya ini kece abis mas...
Desi mengatakan…
Ada soto, baso, dan mendoan yang udah ngiler bgt di lidah pas liatin pictnya ajah. hoho.. nyobain nyeruput kopinya jg deh klo lg ada rezeki dsana
Yanti Ani mengatakan…
Saya penggemar soto, nengok foto-foto soto diartikel ini bikin ngiler. Bener deh!
Pringadi mengatakan…
Jadi mendoan itu artinya lembek toh atau setengah matang ya. Aku asli Banyumas.juga suka makan mendoan dan sate bebek di tambak. Hehe
Annisa mengatakan…
Ini sih fix ya, bikin mgiler semuanya. Bakso, soto, mendoan, duh kebayang enaknya hehehe. Btw, aku penasaran sama sotonya. Kok kayaknya seger banget ya
Ilham Sadli mengatakan…
biji kopinya gede gitu bang, kayaknya bagus nih buat tester kopinya. Aku penikmat kopi, karena bisa buat teman ketika kerjaan
jendelamamak mengatakan…
Gyudag Barbeque nya murah euy, cuma 101 ribu. Kalo aku lebih suka mendoan jawa daripada mendoan sumatera. Lebih enak aja menurutku.
@blogger_eksis mengatakan…
Oalah.. pantes banyak blogger yang menulis tentang Purwokerto. Ternyata ada acara Juguran Blogger 2019.

Kalau boleh tau, acara ini hanya untuk blogger domisili sana saja atau bebas dari seluruh Indonesia ya?
Aini dian mengatakan…
Wisata kuliner yang asik dan berhasil membuat pembaca nya ngiler nih mas. Bisa jadi referensi kalau nanti main ke Purwokerto. Thanks infonya
Eka Mustika Sari mengatakan…
Saya tuh kadang suka gak tahan baca yang kulineran gini. Auto lapar dan pengenn beli baso dan soto juga. hahaha

Postingan populer dari blog ini

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

3 Desa Wisata di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi

Traveling itu gak selalu harus ke pantai, gunung ataupun ke tempat yang mempunyai pemandangan yang indah. Sesekali kita juga perlu traveling ke tempat yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Sejatinya banyak sekali tempat yang keren dan instagramable yang dapat menambah wawasan dan pengalaman kita, seperti museum, cagar budaya, desa wisata dan masih banyak lagi.

Selasa lalu aku bersama teman-teman mendapat undangan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten untuk mengikuti kegiatan jalan-jalan sambil mengexplore UMKM Unggulan Kabupaten Klaten, sebenarnya banyak sekali sentra UMKM di Kabupaten Klaten ini, tetapi karena waktu yang lumayan singkat akhirnya kami hanya mengunjungi tiga sentra UMKM Unggulan Kabupaten Klaten.

Nah jika kalian berkunjung ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah, kalian bisa mampir ke desa wisata  yang baru saja aku kunjungi kemarin, ini dia "3 Destinasi Wisata Edukasi di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi" :


1. Desa Wisata Melikan


Tempat yang pertama kami …

7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal, tanah kelahiranku yang selalu aku rindukan, karena banyak kenangan manis yang tak bisa dilupakan. Meskipun masih banyak orang yang belum tahu tentang Kabupaten Kendal, mungkin hanya orang - orang yang biasa mudik melewati jalur Pantura Jawa Tengah yang tahu. Tetapi Kabupaten Kendal ini memiliki banyak destinasi wisata alam ataupun buatan yang sangat indah dan menawan. 

Kabupaten Kendal letaknya di sebelah barat Kota Semarang, terletak di pinggir pantai utara Jawa dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Gunung Ungaran dan Gunung Prahu. Membuat Kabupaten yang satu ini mempunyai banyak tempat wisata yang sangat memesona. Jika kalian lebaran tahun ini mudik lewat Kendal Jawa Tengah, kalian harus coba mampir untuk menjelajahi Kabupaten Kendal. Dan inilah 7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal Jawa Tengah:

1. CURUG SEWU

Destinasi wisata yang pertama yaitu Air Terjun Curug Sewu, sebenarnya di Kabupaten Kendal masih banyak sekali air terjun yang masih alami dan ind…