Langsung ke konten utama

Mie Ongklok Instan : Inovasi Kuliner Tradisional di Era Milenial

Mie Ongklok Instan Pict by: @Mieongklokinstan

Kabupaten Wonosobo tak hanya terkenal akan wisata alamnya yang sangat indah, tetapi juga kaya akan kulinernya yang siap memanjakan lidah. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner milenial ada di Kabupaten Wonosobo. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kabupaten Wonosobo tidak menikmati aneka kuliner yang beraneka ragam dan pastinya membuat ketagihan. 

Salah satu kuliner tradisional yang paling terkenal di Kabupaten Wonosobo yaitu Mie Ongklok. Kuliner tradisonal yang satu ini hampir ada di semua sudut Kabupaten Wonosobo. Tak heran jika Mie Ongklok ini jadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wonosobo.


Mie Ongklok Lengkap dengan Tempe Kemul dan Sate Sapi
Pict by : @mieongklokinstan

Apalagi di Kabupaten Wonosobo udaranya sejuk nan dingin jadi sangat cocok untuk menikmati kuliner ini. Mie yang diracik dengan potongan kol dan daun kucai, lalu disiram dengan kuah kental yang panas serta berwarna kecoklatan membuat Mie Ongklok ini primadonanya kuliner di Kabupaten Wonosobo. Dan yang spesial Mie Ongklok di Kabupaten Wonosobo ini dilengkapi sate sapi dan tempe kemul sehingga menjadi lebih sempurna.

Kelezatan Mie Ongklok Instan
Pict by @mieongklokinstan
Karena begitu banyaknya wisatawan yang menyukai Mie Ongklok ini, sehingga seorang pemuda Wonosobo membuat inovasi kuliner tradisional Mie Ongklok dengan konsep instan, yang mana tak hanya bisa dinikmati ketika di Wonosobo saja, tetapi juga bisa dinikmati ketika para wisatawan pulang ke daerahnya masing-masing. Bahkan juga bisa membuat semua orang yang ingin menikmati kelezatan Mie Ongklok tak perlu lagi jauh-jauh datang ke Wonosobo.

Inovasi Mie Ongklok Instan Mas Desta
Mas Desta (Inovator Mie Ongklok Instan)
Pict by @mieongklokinstan
Inilah dia Mas Desta Hatmoko Adi, warga Kelurahan Mudal Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo yang semangat memajukan UKM di Kabupaten Wonosobo dengan inovasinya Mie Ongklok Instan. Salah satu alasan Mas Desta membuat sebuah inovasi Mie Ongklok Instan ini karena Mas Desta ingin memperkenalkan kuliner tradisional Kabupaten Wonosobo ke seluruh penjuru dunia. Karena Mie Ongklok Instan ini bisa bertahan lama dan bisa dinikmati oleh siapapun dan dimanapun, tanpa harus datang ke Kabupaten Wonosobo.

Mie Ongklok Instan Premium Pack
Pict by : @mieongklokinstan

Perlu kita ketahui bahwa semua bentuk bisnis jika ingin berkembang memang harus selalu melakukan kreatifitas terhadap bisnisnya. Dan kreatifitas inilah yang akan membantu untuk menciptakan inovasi. Seperti yang dilakukan Mas Desta dengan inovasinya Mie Ongklok Instan ini.

Mas Desta melakukan inovasi Mie Ongklok secara pelahan, mulai dari wujud Mie Ongkok yang menjadi instan, kemudian aneka bumbu pelengkap yang menjadi instan. Dan tak hanya itu saja, Mas Desta juga melakukan inovasi dari segi kemasannya juga. Sehingga tak hanya rasanya saja yang lezat tetapi juga kemasaannya cantik, karena banyak orang membeli sesuatu menilai dari kemasannya.

Mie Ongklok Instan Original
Pict by : @mieongklokinstan

Setelah inovasi Mas Desta berjalan dengan sukses, Mie Ongklok Instan ini semakin digemari oleh para konsumen karena mudah dibeli, mudah untuk dimakan dan tentunya rasanya lezat. Namun hal ini tidak membuat Mas Desta puas sampai disini saja. Yang awalnya hanya Mie Ongklok Instan rasa original khas Wonosobo, kini Mas Desta berinovasi lagi dengan membuat beraneka ragam cita rasa. Dan inovasi ini memang harus selalu dilakukan agar para konsumen tetap setia dengan produk kita.

 Aneka Rasa Mie Instan Mas Desta
Pict by : @mieongklokinstan

Selain inovasi, yang harus dilakukan oleh para pebisnis yaitu dengan memonitor market dan menyesuaikan target market agar bisa diterima oleh masyarakat luas. Dan ini yang sudah dilakukan oleh Mas Desta dengan menghadirkan cita rasa baru seperti Mie Ongklok Instan Rasa Lombok ijo dan Rasa Super Pedas, yang ditujukan untuk para konsumen yang menyukai rasa yang sangat pedas.

Kemudian ada juga Mie Ongklok Instan Rasa Black Papper yang terinspirasi dari ramen Korea dan Jepang yang mempunyai citarasa pedas lada hitam. Dan Mie Ongklok Instan Rasa Golden Cheezy yang memadukan pasta tradisional dengan sentuhan citarasa khas Eropa dan dipadukan butiran-butiran pada Mie Ongklok Instan. Ada juga Mie Ongklok Instan Premium Pack dengan Keripik Petos Khas Wonosobo dan Keripik Jamur Khas Wonosobo. Dan semakin banyak variasi rasa maka semakin memenuhi kebutuhan para konsumen.

Mie Ongklok Instan Cup For Traveller
Pict by : @mieongklokinstan

Tak hanya itu saja inovasi yang dilakukan oleh Mas Desta, namun seiring minat warga Indonesia untuk travelling, lalu Mas Desta juga menghadirkan Mie Ongklok Instan Cup For Traveller yang lebih praktis lagi karean bisa dinikmati ketika dalam perjalanan ataupun dalam keadaan di luar rumah. Dan untuk harga Mie Ongklok Instan Mas Desta ini juga masih cukup ekonomis mulai dari Rp. 8.500 sampai Rp. 12.500 per bungkusnya. 

Mas Desta juga melakukan inovasi dalam segi pemasaran juga, yanga mana di era milenial seperti saat ini semuanya serba digital. Mas Desta pun tidak mau ketinggalan untuk menjual produknya melelui online. Justru ini malah semakin membuat Mie Ongklok Instan Mas Desta semakin berkembang pesat karena penjualan secara online ini jangkauannya lebih luas hingga ke seluruh penjuru dunia.

Itulah inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemuda Kabupaten Wonosobo yang mengangkat kuliner tradisional menjadi lebih terkenal di era milenial, yang pastinya tetap mempertahankan kearifan lokal kuliner tradisional meskipun semuanya serba digital. 

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah 2019 dan saya melawan HOAX dengan cara membuat dan memberikan informasi melalui blog dan media sosial yang sesuai dan jelas dari sumbernya. 


#LombaBlogPPIJateng2019
#PPIJATENG2019WONOSOBO 
#20-22SEPTEMBER
#JawaTengahGayeng
#JawaTengahIndah

Komentar

adipraa.com mengatakan…
Sukses terus buat Mas Desta, semoga mampu bersaing dengan mie2 lain yang lebih dulu populer. Semangaaaaaaat kakak!
Alannobita mengatakan…
wahh menarik, kalau yang belum kesampaian ke wonosobo bisa beli instannya ya.. baru tau ada yg instan
Ini harumi mengatakan…
Keren banget ini produknyaa, menyesuaikan jaman saat ini dengan packaging yang lebih eye catching. Yang pasti juga sudah melestarikan kuliner khas.
Darius Go Reinnamah mengatakan…
Wah, keren aekali inovasinya. Sudah masuk di waralaba minimarket Jakarta belum sih? Atau baru bisa dipesan lewat online saja?
Ariefpokto mengatakan…
Keren sekali inovasi Mas Desta. Jeli melihat Pasar. Btw kalau mau beli dimana Zain? Penasaran
Sri Untari mengatakan…
Aku mau dong cobain mie ongkloknya
SiKlimis mengatakan…
Kalau kalian mau beli langsung saja bisa hubungi 081392079944 atau DM ke Instagram nya @mieongklokinstant
Charis Fuadi mengatakan…
dulu kenal mie ongklok instan gini pas beli ke YUSA, nyoba lumayan juga buat obat kepingin mie ongkol. ya ini bisa dicoba ini
Nurul Sufitri mengatakan…
Mie ongklok instan? Wah, inovasi terbaru dari Wonosobo ya? Kita mesti beli nih sebagai turut memajukan kuliner asli Indonesia. Harganya juga terjangkau ya. Udah ada bumbu2 lengkap dengan gula merah, kucai dll. Mau coba ah :D
Dyah mengatakan…
Wah, ini keren banget. Saya selalu senang setiap kali mendengar info tentang orang-orang yang inovatif dan menciptakan peluang bisnisnya sendiri. Jadi pengin nyobain mie ongklok instan. Ntar harus nyari di mana bisa beli.
Ibadah Mimpi mengatakan…
Wahhh kerenn... Ini nih yang namanya inovasi tanpa batas. Memperkenalkan makanan khas daerah yang bisa dinikmati oleh semua orang..
Adit Tian mengatakan…
Wah, jadi pengen coba mie ongkok. Dimakan di atas ketinggian pasti syahdu sekali
hani mengatakan…
Bedanya dengan mie instan yang lain dikomposisi kuahnya yang kental ya? Penasaran nih kayak apa rasanya. Ada ga ya di supermarket di Bandung? Semoga tetap digemari penyuka mie yah. Maju terus UKM Indonesia.
Syaiful BS mengatakan…
Duh mas aku tetiba langsung ngiler ini liat mie ongkoknya. Enak banget ini kayaknyaa hehe. Btw, di Jogja udah ada belum sik mas? Penasaran akuu hehe
Dyah Ummu AuRa mengatakan…
Inovasinya keren.. jadi yang di luar daerah juga bisa nyicipin keenakkan mie ongklok.
LinRaNa Mom mengatakan…
saya blom pernah makan mie ongklok, dan baru kali ini dengar namanya.
maklum wonosobo jauh dari medan kali ya...

tapi saya penasaran gimana rasanya. harus beli online ya?
yang instant ini masih ada di seputaran wonosobo sajakah?
nurul rahma mengatakan…
Nah, gini dooong.
Super inovatif, dan berani berkompetisi dgn pabrikan mie raksasa :D
Semogaaaaa Indomie dan Mie Sedaap tdk ngeluarin varian mie ongklok yak
--bukanbocahbiasa(dot)com--
Ali Muakhir mengatakan…
Seneng deh, kalau makanan tradisional kayak Mie Ongklok ini dikemas kayak gini. Selain bisa beredar secara luas, bisa kapan pun menikmatinya.
blogger parenting mengatakan…
Jateng ya mas.. di Medan udah ada belum store yang kerja sama jualan mie ongklok ini? Lagi dingin nih di Medan, abis turun ujan, eeeeh liat postingan ini auto lapar. Hahaha
Gioveny mengatakan…
Boleh nih dicoba mi ongkloknya. Baru tau ada mi ini, jadi penasaran rasanya kaya gimana
Monda Siregar mengatakan…
waah keren inovasinya..., kemasannya pun cantik dan memikat..
mudah2an sukses ya.., senang deh kalau menemukan yang kreatif begini..

btw waktu ke Wonosobo nggak dapat mi ongklok, jadi masih penasaran.., padahal banyak ya di setiap sudut?
waktu ke sana itu pasa ada pawai tujuhbelasan, jadi macet di mana2, jadi males muter2 nyari mi ongklok
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Wah, keren ini mas desta, inovatif... Saya pernah sekali mencicipi mie ongklok tapi bukan langsung dari tempat asalnya. Dulu pernah ada yang jual di dekat rumah. Kayak ada kuah kentelnya gitu ya...
Bambang Irwanto mengatakan…
Wonosobo itu sudah masuk daftar list saya, Mas. Hanya belum sempat ke sana. padahal tetanggaan dengan Kebumen hehehe. Dan soal mie Ongklok ini sudah sering saya baca. Pengin cobain hehehe.
Dan sekarang keren ada instannya juga ya, Mas. Jadi bisa buat oleh-oleh juga nih.
Khoirur Rohmah mengatakan…
Wuuhh Cakep banget mas, ide kreatifnya Mas Desta bener2 keren deh. Penasaran nyobain Mie Ongklok khas Wonosobo, mas,. Pesan online dari sosial medianya Mie Ongklok juga bisa kan ya
Dewi Rieka mengatakan…
Asli aku kagum berat nih dengan inovasinya, jadi yang kangen mi ongklok tapi jauh dari kampungnya bisa bernostalgia ya, kemasannya juga kece
donasaurus mengatakan…
Luar biasa memodifikasi kuliner lokal menjadi makanan instan yang siap dijual secara moderen .Semoga sukses dan bermanfaat untuk masyarakat Wonosobo
Matius Teguh Nugroho mengatakan…
Eh, kirain bikinan pabrik besar. Ternyata produk UKM, habis kemasannya bagus gitu! Salut buat mas Desta. Sukses terus, dan semoga distribusinya nyampe Bandung :D

Bulan lalu aku juga ke Dieng, seneng bisa makan mie ongklok Pak Muhadi di Wonosobo.

Tulisanmu rapi, mas. Aku suka.
Erfano mengatakan…
Mantap banget nih inovasi mie ongkloknya secara enggak banyak makanan tradisional yang dibuat versi instannya. Jadi yg belum sempat ke Wonosobo bisa nyobain mie ongklok ini. Keren... keren...
Nurhilmiyah mengatakan…
Pernah liat tayangan ttg mie ongklok ini juga lohh di tv. Sekarang sudah ada versi mie instannya ya. Wah bagus deh jd kita² yg jauh dr kota Wonosobo bisa sering² menikmati kuliner jagoan dr sana. Tfs yaa
kartika mengatakan…
Keren ya idenya! Aku blm pernah makan mi ongklok. Kalo di Surabaya gmn belinya ya? Apa harus dalam partai besar?
April Hamsa mengatakan…
Belum pernah nih makan mie ongklok asli, penasaran gmn rasanya :D
Menurutku inovasi mie instan mie ongkloknya bagus banget. Jadi kalau berkunjung ke Wonosobo kita bisa beli yang instan untuk dijadikan oleh2 buat keluarga di rumah ya mas :D
Selvijua31 mengatakan…
Belum pernah nih nyobain makan mi ongklok, dari lihat fotonya kelihatan yummy banget, apalagi sekarang ada yang instan, bisa dibawa oleh2 nih.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Salut untuk anak muda yang peduli akan ciri khas daerahnya seperti Mas Desta ini.
Btw, ini bisa dibeli online kah atau gimana?
Susindra mengatakan…
Mi ongklok instant ini, harganya tak jauh dari harga beli di jalan, ya.
Menarik sekali. Dan punya daya saing tinggi pastinya, karena tak harus ke lokasi jika mau menyicipi.
Mi ongklok ini kesukaanku kalau mampir Wonosobo
Kesih Latief mengatakan…
Sgt berinovasi sekali ya, mewariskan budaya kuliner bngsa Indonesia. Lebih praktis ya sdh ada dlm bemtuk kemasan. Sayang belom bs d temuin d supermarket2 sprt alfa, imdomaret ya. Semoga next bisa zerjalin kerjasama ya ..
Jalan-Jalan KeNai mengatakan…
Saya baru sekali nyobain mie ongklok. Ternyata rasanya manis banget. Jadi saya kurang suka. Harus dikasih sambal yang banyak untuk mengurangi rasa manis.

Memangnya mie ongklok rasanya manis banget gitu atau hanya kebetulan mie yang saya makan aja? Kalau mie yang ini rasanya gimana? Tetapi, saya suka dengan inovasinya. Jadi yang di luar daerah pun bisa ikut mencoba
Yanti Ani mengatakan…
Kelihatannya enak banget. Dari kemasannya sudah menggugah selera. Apakah mie ongkloknya sudah ada di supermarket?
Belgie mengatakan…
Wah baru tahu nih ada nama mie ini, skrg dibuat instan malah, pingin coba, aplg kuliner Indonesia, wajib utk dicoba nih
diane mengatakan…
wahh ada Mie Ongklok Instan...ada yang cup pula ya...Pengen banget ihh cobain..Apalagi waktu ke Dieng gak sempat kulineran mie ongklok..Wajib banget nih dicoba ongklok instantnya.
Chaycya O Simanjuntak mengatakan…
Keren banget ini. Yang beginian yang layak didukung terus. Sukses selalu dengan bisnis mie ongklok instannya mas Desta.

Btw,rasa mi ongklok ini gimana tah? Sudah ada di shopee belom?

Postingan populer dari blog ini

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

3 Desa Wisata di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi

Traveling itu gak selalu harus ke pantai, gunung ataupun ke tempat yang mempunyai pemandangan yang indah. Sesekali kita juga perlu traveling ke tempat yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Sejatinya banyak sekali tempat yang keren dan instagramable yang dapat menambah wawasan dan pengalaman kita, seperti museum, cagar budaya, desa wisata dan masih banyak lagi.

Selasa lalu aku bersama teman-teman mendapat undangan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten untuk mengikuti kegiatan jalan-jalan sambil mengexplore UMKM Unggulan Kabupaten Klaten, sebenarnya banyak sekali sentra UMKM di Kabupaten Klaten ini, tetapi karena waktu yang lumayan singkat akhirnya kami hanya mengunjungi tiga sentra UMKM Unggulan Kabupaten Klaten.

Nah jika kalian berkunjung ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah, kalian bisa mampir ke desa wisata  yang baru saja aku kunjungi kemarin, ini dia "3 Destinasi Wisata Edukasi di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi" :


1. Desa Wisata Melikan


Tempat yang pertama kami …

7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal, tanah kelahiranku yang selalu aku rindukan, karena banyak kenangan manis yang tak bisa dilupakan. Meskipun masih banyak orang yang belum tahu tentang Kabupaten Kendal, mungkin hanya orang - orang yang biasa mudik melewati jalur Pantura Jawa Tengah yang tahu. Tetapi Kabupaten Kendal ini memiliki banyak destinasi wisata alam ataupun buatan yang sangat indah dan menawan. 

Kabupaten Kendal letaknya di sebelah barat Kota Semarang, terletak di pinggir pantai utara Jawa dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Gunung Ungaran dan Gunung Prahu. Membuat Kabupaten yang satu ini mempunyai banyak tempat wisata yang sangat memesona. Jika kalian lebaran tahun ini mudik lewat Kendal Jawa Tengah, kalian harus coba mampir untuk menjelajahi Kabupaten Kendal. Dan inilah 7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal Jawa Tengah:

1. CURUG SEWU

Destinasi wisata yang pertama yaitu Air Terjun Curug Sewu, sebenarnya di Kabupaten Kendal masih banyak sekali air terjun yang masih alami dan ind…