Mie Ongklok Instan : Inovasi Kuliner Tradisional di Era Milenial

Mie Ongklok Instan Pict by: @Mieongklokinstan

Kabupaten Wonosobo tak hanya terkenal akan wisata alamnya yang sangat indah, tetapi juga kaya akan kulinernya yang siap memanjakan lidah. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner milenial ada di Kabupaten Wonosobo. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kabupaten Wonosobo tidak menikmati aneka kuliner yang beraneka ragam dan pastinya membuat ketagihan. 

Salah satu kuliner tradisional yang paling terkenal di Kabupaten Wonosobo yaitu Mie Ongklok. Kuliner tradisonal yang satu ini hampir ada di semua sudut Kabupaten Wonosobo. Tak heran jika Mie Ongklok ini jadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wonosobo.


Mie Ongklok Lengkap dengan Tempe Kemul dan Sate Sapi
Pict by : @mieongklokinstan

Apalagi di Kabupaten Wonosobo udaranya sejuk nan dingin jadi sangat cocok untuk menikmati kuliner ini. Mie yang diracik dengan potongan kol dan daun kucai, lalu disiram dengan kuah kental yang panas serta berwarna kecoklatan membuat Mie Ongklok ini primadonanya kuliner di Kabupaten Wonosobo. Dan yang spesial Mie Ongklok di Kabupaten Wonosobo ini dilengkapi sate sapi dan tempe kemul sehingga menjadi lebih sempurna.

Kelezatan Mie Ongklok Instan
Pict by @mieongklokinstan
Karena begitu banyaknya wisatawan yang menyukai Mie Ongklok ini, sehingga seorang pemuda Wonosobo membuat inovasi kuliner tradisional Mie Ongklok dengan konsep instan, yang mana tak hanya bisa dinikmati ketika di Wonosobo saja, tetapi juga bisa dinikmati ketika para wisatawan pulang ke daerahnya masing-masing. Bahkan juga bisa membuat semua orang yang ingin menikmati kelezatan Mie Ongklok tak perlu lagi jauh-jauh datang ke Wonosobo.

Inovasi Mie Ongklok Instan Mas Desta
Mas Desta (Inovator Mie Ongklok Instan)
Pict by @mieongklokinstan
Inilah dia Mas Desta Hatmoko Adi, warga Kelurahan Mudal Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo yang semangat memajukan UKM di Kabupaten Wonosobo dengan inovasinya Mie Ongklok Instan. Salah satu alasan Mas Desta membuat sebuah inovasi Mie Ongklok Instan ini karena Mas Desta ingin memperkenalkan kuliner tradisional Kabupaten Wonosobo ke seluruh penjuru dunia. Karena Mie Ongklok Instan ini bisa bertahan lama dan bisa dinikmati oleh siapapun dan dimanapun, tanpa harus datang ke Kabupaten Wonosobo.

Mie Ongklok Instan Premium Pack
Pict by : @mieongklokinstan

Perlu kita ketahui bahwa semua bentuk bisnis jika ingin berkembang memang harus selalu melakukan kreatifitas terhadap bisnisnya. Dan kreatifitas inilah yang akan membantu untuk menciptakan inovasi. Seperti yang dilakukan Mas Desta dengan inovasinya Mie Ongklok Instan ini.

Mas Desta melakukan inovasi Mie Ongklok secara pelahan, mulai dari wujud Mie Ongkok yang menjadi instan, kemudian aneka bumbu pelengkap yang menjadi instan. Dan tak hanya itu saja, Mas Desta juga melakukan inovasi dari segi kemasannya juga. Sehingga tak hanya rasanya saja yang lezat tetapi juga kemasaannya cantik, karena banyak orang membeli sesuatu menilai dari kemasannya.

Mie Ongklok Instan Original
Pict by : @mieongklokinstan

Setelah inovasi Mas Desta berjalan dengan sukses, Mie Ongklok Instan ini semakin digemari oleh para konsumen karena mudah dibeli, mudah untuk dimakan dan tentunya rasanya lezat. Namun hal ini tidak membuat Mas Desta puas sampai disini saja. Yang awalnya hanya Mie Ongklok Instan rasa original khas Wonosobo, kini Mas Desta berinovasi lagi dengan membuat beraneka ragam cita rasa. Dan inovasi ini memang harus selalu dilakukan agar para konsumen tetap setia dengan produk kita.

 Aneka Rasa Mie Instan Mas Desta
Pict by : @mieongklokinstan

Selain inovasi, yang harus dilakukan oleh para pebisnis yaitu dengan memonitor market dan menyesuaikan target market agar bisa diterima oleh masyarakat luas. Dan ini yang sudah dilakukan oleh Mas Desta dengan menghadirkan cita rasa baru seperti Mie Ongklok Instan Rasa Lombok ijo dan Rasa Super Pedas, yang ditujukan untuk para konsumen yang menyukai rasa yang sangat pedas.

Kemudian ada juga Mie Ongklok Instan Rasa Black Papper yang terinspirasi dari ramen Korea dan Jepang yang mempunyai citarasa pedas lada hitam. Dan Mie Ongklok Instan Rasa Golden Cheezy yang memadukan pasta tradisional dengan sentuhan citarasa khas Eropa dan dipadukan butiran-butiran pada Mie Ongklok Instan. Ada juga Mie Ongklok Instan Premium Pack dengan Keripik Petos Khas Wonosobo dan Keripik Jamur Khas Wonosobo. Dan semakin banyak variasi rasa maka semakin memenuhi kebutuhan para konsumen.

Mie Ongklok Instan Cup For Traveller
Pict by : @mieongklokinstan

Tak hanya itu saja inovasi yang dilakukan oleh Mas Desta, namun seiring minat warga Indonesia untuk travelling, lalu Mas Desta juga menghadirkan Mie Ongklok Instan Cup For Traveller yang lebih praktis lagi karean bisa dinikmati ketika dalam perjalanan ataupun dalam keadaan di luar rumah. Dan untuk harga Mie Ongklok Instan Mas Desta ini juga masih cukup ekonomis mulai dari Rp. 8.500 sampai Rp. 12.500 per bungkusnya. 

Mas Desta juga melakukan inovasi dalam segi pemasaran juga, yanga mana di era milenial seperti saat ini semuanya serba digital. Mas Desta pun tidak mau ketinggalan untuk menjual produknya melelui online. Justru ini malah semakin membuat Mie Ongklok Instan Mas Desta semakin berkembang pesat karena penjualan secara online ini jangkauannya lebih luas hingga ke seluruh penjuru dunia.

Itulah inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemuda Kabupaten Wonosobo yang mengangkat kuliner tradisional menjadi lebih terkenal di era milenial, yang pastinya tetap mempertahankan kearifan lokal kuliner tradisional meskipun semuanya serba digital. 

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah 2019 dan saya melawan HOAX dengan cara membuat dan memberikan informasi melalui blog dan media sosial yang sesuai dan jelas dari sumbernya. 


#LombaBlogPPIJateng2019
#PPIJATENG2019WONOSOBO 
#20-22SEPTEMBER
#JawaTengahGayeng
#JawaTengahIndah

40 Komentar

  1. Sukses terus buat Mas Desta, semoga mampu bersaing dengan mie2 lain yang lebih dulu populer. Semangaaaaaaat kakak!

    BalasHapus
  2. wahh menarik, kalau yang belum kesampaian ke wonosobo bisa beli instannya ya.. baru tau ada yg instan

    BalasHapus
  3. Keren banget ini produknyaa, menyesuaikan jaman saat ini dengan packaging yang lebih eye catching. Yang pasti juga sudah melestarikan kuliner khas.

    BalasHapus
  4. Wah, keren aekali inovasinya. Sudah masuk di waralaba minimarket Jakarta belum sih? Atau baru bisa dipesan lewat online saja?

    BalasHapus
  5. Keren sekali inovasi Mas Desta. Jeli melihat Pasar. Btw kalau mau beli dimana Zain? Penasaran

    BalasHapus
  6. Aku mau dong cobain mie ongkloknya

    BalasHapus
  7. Kalau kalian mau beli langsung saja bisa hubungi 081392079944 atau DM ke Instagram nya @mieongklokinstant

    BalasHapus
  8. dulu kenal mie ongklok instan gini pas beli ke YUSA, nyoba lumayan juga buat obat kepingin mie ongkol. ya ini bisa dicoba ini

    BalasHapus
  9. Mie ongklok instan? Wah, inovasi terbaru dari Wonosobo ya? Kita mesti beli nih sebagai turut memajukan kuliner asli Indonesia. Harganya juga terjangkau ya. Udah ada bumbu2 lengkap dengan gula merah, kucai dll. Mau coba ah :D

    BalasHapus
  10. Wah, ini keren banget. Saya selalu senang setiap kali mendengar info tentang orang-orang yang inovatif dan menciptakan peluang bisnisnya sendiri. Jadi pengin nyobain mie ongklok instan. Ntar harus nyari di mana bisa beli.

    BalasHapus
  11. Wahhh kerenn... Ini nih yang namanya inovasi tanpa batas. Memperkenalkan makanan khas daerah yang bisa dinikmati oleh semua orang..

    BalasHapus
  12. Wah, jadi pengen coba mie ongkok. Dimakan di atas ketinggian pasti syahdu sekali

    BalasHapus
  13. Bedanya dengan mie instan yang lain dikomposisi kuahnya yang kental ya? Penasaran nih kayak apa rasanya. Ada ga ya di supermarket di Bandung? Semoga tetap digemari penyuka mie yah. Maju terus UKM Indonesia.

    BalasHapus
  14. Duh mas aku tetiba langsung ngiler ini liat mie ongkoknya. Enak banget ini kayaknyaa hehe. Btw, di Jogja udah ada belum sik mas? Penasaran akuu hehe

    BalasHapus
  15. Inovasinya keren.. jadi yang di luar daerah juga bisa nyicipin keenakkan mie ongklok.

    BalasHapus
  16. saya blom pernah makan mie ongklok, dan baru kali ini dengar namanya.
    maklum wonosobo jauh dari medan kali ya...

    tapi saya penasaran gimana rasanya. harus beli online ya?
    yang instant ini masih ada di seputaran wonosobo sajakah?

    BalasHapus
  17. Nah, gini dooong.
    Super inovatif, dan berani berkompetisi dgn pabrikan mie raksasa :D
    Semogaaaaa Indomie dan Mie Sedaap tdk ngeluarin varian mie ongklok yak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  18. Seneng deh, kalau makanan tradisional kayak Mie Ongklok ini dikemas kayak gini. Selain bisa beredar secara luas, bisa kapan pun menikmatinya.

    BalasHapus
  19. Jateng ya mas.. di Medan udah ada belum store yang kerja sama jualan mie ongklok ini? Lagi dingin nih di Medan, abis turun ujan, eeeeh liat postingan ini auto lapar. Hahaha

    BalasHapus
  20. Boleh nih dicoba mi ongkloknya. Baru tau ada mi ini, jadi penasaran rasanya kaya gimana

    BalasHapus
  21. waah keren inovasinya..., kemasannya pun cantik dan memikat..
    mudah2an sukses ya.., senang deh kalau menemukan yang kreatif begini..

    btw waktu ke Wonosobo nggak dapat mi ongklok, jadi masih penasaran.., padahal banyak ya di setiap sudut?
    waktu ke sana itu pasa ada pawai tujuhbelasan, jadi macet di mana2, jadi males muter2 nyari mi ongklok

    BalasHapus
  22. Wah, keren ini mas desta, inovatif... Saya pernah sekali mencicipi mie ongklok tapi bukan langsung dari tempat asalnya. Dulu pernah ada yang jual di dekat rumah. Kayak ada kuah kentelnya gitu ya...

    BalasHapus
  23. Wonosobo itu sudah masuk daftar list saya, Mas. Hanya belum sempat ke sana. padahal tetanggaan dengan Kebumen hehehe. Dan soal mie Ongklok ini sudah sering saya baca. Pengin cobain hehehe.
    Dan sekarang keren ada instannya juga ya, Mas. Jadi bisa buat oleh-oleh juga nih.

    BalasHapus
  24. Wuuhh Cakep banget mas, ide kreatifnya Mas Desta bener2 keren deh. Penasaran nyobain Mie Ongklok khas Wonosobo, mas,. Pesan online dari sosial medianya Mie Ongklok juga bisa kan ya

    BalasHapus
  25. Asli aku kagum berat nih dengan inovasinya, jadi yang kangen mi ongklok tapi jauh dari kampungnya bisa bernostalgia ya, kemasannya juga kece

    BalasHapus
  26. Luar biasa memodifikasi kuliner lokal menjadi makanan instan yang siap dijual secara moderen .Semoga sukses dan bermanfaat untuk masyarakat Wonosobo

    BalasHapus
  27. Eh, kirain bikinan pabrik besar. Ternyata produk UKM, habis kemasannya bagus gitu! Salut buat mas Desta. Sukses terus, dan semoga distribusinya nyampe Bandung :D

    Bulan lalu aku juga ke Dieng, seneng bisa makan mie ongklok Pak Muhadi di Wonosobo.

    Tulisanmu rapi, mas. Aku suka.

    BalasHapus
  28. Mantap banget nih inovasi mie ongkloknya secara enggak banyak makanan tradisional yang dibuat versi instannya. Jadi yg belum sempat ke Wonosobo bisa nyobain mie ongklok ini. Keren... keren...

    BalasHapus
  29. Pernah liat tayangan ttg mie ongklok ini juga lohh di tv. Sekarang sudah ada versi mie instannya ya. Wah bagus deh jd kita² yg jauh dr kota Wonosobo bisa sering² menikmati kuliner jagoan dr sana. Tfs yaa

    BalasHapus
  30. Keren ya idenya! Aku blm pernah makan mi ongklok. Kalo di Surabaya gmn belinya ya? Apa harus dalam partai besar?

    BalasHapus
  31. Belum pernah nih makan mie ongklok asli, penasaran gmn rasanya :D
    Menurutku inovasi mie instan mie ongkloknya bagus banget. Jadi kalau berkunjung ke Wonosobo kita bisa beli yang instan untuk dijadikan oleh2 buat keluarga di rumah ya mas :D

    BalasHapus
  32. Belum pernah nih nyobain makan mi ongklok, dari lihat fotonya kelihatan yummy banget, apalagi sekarang ada yang instan, bisa dibawa oleh2 nih.

    BalasHapus
  33. Salut untuk anak muda yang peduli akan ciri khas daerahnya seperti Mas Desta ini.
    Btw, ini bisa dibeli online kah atau gimana?

    BalasHapus
  34. Mi ongklok instant ini, harganya tak jauh dari harga beli di jalan, ya.
    Menarik sekali. Dan punya daya saing tinggi pastinya, karena tak harus ke lokasi jika mau menyicipi.
    Mi ongklok ini kesukaanku kalau mampir Wonosobo

    BalasHapus
  35. Sgt berinovasi sekali ya, mewariskan budaya kuliner bngsa Indonesia. Lebih praktis ya sdh ada dlm bemtuk kemasan. Sayang belom bs d temuin d supermarket2 sprt alfa, imdomaret ya. Semoga next bisa zerjalin kerjasama ya ..

    BalasHapus
  36. Saya baru sekali nyobain mie ongklok. Ternyata rasanya manis banget. Jadi saya kurang suka. Harus dikasih sambal yang banyak untuk mengurangi rasa manis.

    Memangnya mie ongklok rasanya manis banget gitu atau hanya kebetulan mie yang saya makan aja? Kalau mie yang ini rasanya gimana? Tetapi, saya suka dengan inovasinya. Jadi yang di luar daerah pun bisa ikut mencoba

    BalasHapus
  37. Kelihatannya enak banget. Dari kemasannya sudah menggugah selera. Apakah mie ongkloknya sudah ada di supermarket?

    BalasHapus
  38. Wah baru tahu nih ada nama mie ini, skrg dibuat instan malah, pingin coba, aplg kuliner Indonesia, wajib utk dicoba nih

    BalasHapus
  39. wahh ada Mie Ongklok Instan...ada yang cup pula ya...Pengen banget ihh cobain..Apalagi waktu ke Dieng gak sempat kulineran mie ongklok..Wajib banget nih dicoba ongklok instantnya.

    BalasHapus
  40. Keren banget ini. Yang beginian yang layak didukung terus. Sukses selalu dengan bisnis mie ongklok instannya mas Desta.

    Btw,rasa mi ongklok ini gimana tah? Sudah ada di shopee belom?

    BalasHapus