Langsung ke konten utama

5 Tips Agar Jantung Sehat Ala Traveller


Mempunyai hobi travelling membuatku harus selalu menyiapkan energi yang banyak dan yang pasti harus sehat jasmani. Menempuh jarak yang jauh, melewati darat, laut hingga udara pasti menguras tenaga yang tidak sedikit, jadi kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting sekali. Nah biasanya kalau kelelahan sering kali menjadi awal mulanya jatuh sakit. Maka dari itu agar tetap bisa mempunyai fisik yang kuat dan bugar, aku selalu menerapkan pola hidup sehat.

Alhamdulillah selama tiga tahun terakhir ini aku berusaha untuk menerapkan hidup sehat, dan hasilnya memang terasa sekali, sekarang lebih bugar dan tidak khawatir kalau mau pergi jauh. Pastinya tidak akan asyik ketika traveling tiba-tiba jatuh sakit. Dan sakit memang tidak bisa direncanakan, tetapi setidaknya kita bisa mencegahnya agar tidak sakit. Dan salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat, untungnya aku belum pernah mengalami kejadian tiba-tiba sakit ketika travelling. 

Nah kali ini aku punya 5 Tips Agar Jantung Sehat Ala Traveler. Dan ini yang sudah aku lakukan selama 3 tahun belakangan, yuk mulai hidup sehat dengan melakukan lima tips ini biar ketika traveling tetap sehat dan bugar.

1. Jangan Makan Sembarangan
Jangan makan sembarangan

Tips agar jantung sehat yang pertama yaitu jangan suka makan sembarangan, karena sa
lah satu penyebab utama terjangkitnya berbagai macam penyakit, seperti sakit jantung, kanker, paru-paru, diabetes adalah makan sembarangan. Meskipun aneka menu makanan itu sangat menggiurkan, tetapi sejatinya itu sangat berbahaya, seperti opor dan rendang. Memang rasanya enak, tetapi makanan tersebut banyak mengandung lemak. Jadi mulai saat ini kalian harus selektif dalam makan agar tetap sehat. 

2. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup agar tetap bugar

Dan tips yang kedua 
yaitu istirahat yang cukup, nah ketika traveling pasti capek apalagi seperti naik ke puncak bukit ataupun puncak gunung. Pasti capek banget, biasanya aku istirahat kalau sudah capek atau pas jalan-jalan di kota kalau malam biasanya aku tidur lebih awal, biar besok pagi bisa fresh kembali. Tidur yang cukup sangat penting karena kalau capek dan daya tahan tubuh lemah itu mudah jatuh sakit. 

3. Olahraga Secara Rutin

Dan tips yang ketiga agar jantung sehat ala traveler yaitu olahraga yang cukup, nah olahraga yang sering aku lakukan yaitu jogging atau lari-lari. Kenapa aku pilih olahraga lari, karena olahraga lari adalah olahraga yang paling sederhana karena bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun, selain itu juga tidak membutuhkan alat olahraga yang banyak dan ribet, cukup pakai sepatu running aja.

Biasanya aku lari minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit setiap kali lari. Sebenarnya lari-lari sebentar asalkan konsisten dan sudah mengeluarkan keringat itu sudah cukup. Karena lari banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, makanya aku suka banget sama olahraga yang satu ini.

Salah satu manfaat olahraga lari yaitu memperkuat kaki, tulang dan sendi, ini cocok banget buat para traveler karena ketika piknik kita sering kali berjalan kaki jauh. Apalagi yang suka naik gunung, mempunyai kaki, tulang dan sendi yang kuat itu sangat dibutuhkan agar kuat ketika naik gunung. Selain itu manfaat olahraga lari yaitu mengurangi resiko kanker, membantu otak tetap bekerja optimal. 

4. Jauhi Rokok

Dan tips yang keempat yaitu jauhi rokok. Meskipun aku sendiri dari dulu tidak merokok tetapi aku selalu menjauhi orang-orang yang merokok. Dan buat kalian yang masih merokok sebisa mungkin berhenti merokok, karena penyakit jantung koroner merupakan bentuk penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan, diperkirakan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan non-perokok. Selain itu, menurut Institut Kanker Nasional, orang yang merokok 6 kali lebih rentan terhadap serangan jantung.

5. Perbanyak Makan Buah

Dan tips yang terakhir agar jantung sehat yaitu perbanyak mengkonsumsi buah - buahan. Karena manfaat buah - buahan itu banyak sekali, seperti : memiliki kadar gula dan lemak yang rendah, serta menjadi sumber serat yang baik. Mengkonsumsi buah - buahan setiap hari adalah langkah yang tepat dalam menunjang gaya hidup sehat. 

Aneka buah-buahan ini selain rasanya segar dan enak. Tentunya juga mempunyai kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti : vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folat, magnesium, zinc dan kalium. Selain itu buah-buahan juga berguna bagi tubuh karena kandungan fitonutrein dan antioksidan di dalamnya.

Aneka buah - buahan

Dan berikut ini adalah beberapa manfaat buah - buahan bagi kesehatan diantaranya :

1. Menurunkan tekanan darah
2. Menurunkan kadar kolesterol
3. Membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan
4. Menjaga berat badan agar tetap ideal
5. Menjaga kesehatan mata 
6. Menurunkan resiko berbagai penyakit seperti: stroke, diabetes, hipertensi, kanker dan penyakit jantung. 

Dan itulah tips-tips agar jantung kita sehat, karena penyakit jantung bisa mengincar siapa saja, tanpa pandang usia. Jadi mari kita biasakan hidup sehat.



Komentar

Vicky Cahyagi mengatakan…
Info kesehatan yang bermanfaat. Memang kalau sudah kena penyakit jantung pun tidak semua olahraga diperbolehkan, apalagi yang memompa jantung secara cepat seperti futsal dihindarkan. Amannya sih jalan kaki, berenang, dan sebagainya.

Postingan populer dari blog ini

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

3 Desa Wisata di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi

Traveling itu gak selalu harus ke pantai, gunung ataupun ke tempat yang mempunyai pemandangan yang indah. Sesekali kita juga perlu traveling ke tempat yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Sejatinya banyak sekali tempat yang keren dan instagramable yang dapat menambah wawasan dan pengalaman kita, seperti museum, cagar budaya, desa wisata dan masih banyak lagi.

Selasa lalu aku bersama teman-teman mendapat undangan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten untuk mengikuti kegiatan jalan-jalan sambil mengexplore UMKM Unggulan Kabupaten Klaten, sebenarnya banyak sekali sentra UMKM di Kabupaten Klaten ini, tetapi karena waktu yang lumayan singkat akhirnya kami hanya mengunjungi tiga sentra UMKM Unggulan Kabupaten Klaten.

Nah jika kalian berkunjung ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah, kalian bisa mampir ke desa wisata  yang baru saja aku kunjungi kemarin, ini dia "3 Destinasi Wisata Edukasi di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi" :


1. Desa Wisata Melikan


Tempat yang pertama kami …

7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal, tanah kelahiranku yang selalu aku rindukan, karena banyak kenangan manis yang tak bisa dilupakan. Meskipun masih banyak orang yang belum tahu tentang Kabupaten Kendal, mungkin hanya orang - orang yang biasa mudik melewati jalur Pantura Jawa Tengah yang tahu. Tetapi Kabupaten Kendal ini memiliki banyak destinasi wisata alam ataupun buatan yang sangat indah dan menawan. 

Kabupaten Kendal letaknya di sebelah barat Kota Semarang, terletak di pinggir pantai utara Jawa dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Gunung Ungaran dan Gunung Prahu. Membuat Kabupaten yang satu ini mempunyai banyak tempat wisata yang sangat memesona. Jika kalian lebaran tahun ini mudik lewat Kendal Jawa Tengah, kalian harus coba mampir untuk menjelajahi Kabupaten Kendal. Dan inilah 7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal Jawa Tengah:

1. CURUG SEWU

Destinasi wisata yang pertama yaitu Air Terjun Curug Sewu, sebenarnya di Kabupaten Kendal masih banyak sekali air terjun yang masih alami dan ind…