Langsung ke konten utama

UKM Yogyakarta Handal di Era Milenial


Gelar Produk Pameran UKM
Di era milenial seperti saat ini, peran UKM sangat membantu sekali dalam perekonomian masyarakat, bahkan saat ini kehadiran dan pemberdayaan UKM mampu meningkatkan ekonomi negeri ini. Dan ada jutaan UKM di Indonesia yang sangat variatif dan inovatif seperti produk kuliner, fashion, kerajinan dan masih banyak lagi. Ini saatnya pemerintah mendukung penuh para pelaku UKM agar terus tumbuh dan berkembang sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan tentunya bisa mengurangi pengangguran. 

Salah satu Provinsi di Indonesia yang gencar memberikan dukungan kepada pelaku UKM yaitu Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu Provinsi yang sangat maju di bidang pariwisata, sehingga potensi ini dibidik secara serius oleh Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta dalam mengembangkan UKM seperti aneka kuliner, oleh-oleh dan aneka kerajinan. 

Banyak program yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas UKM yang ada di Jogja. Salah satunya dengan 
Salah satunya dengan adanya PLUT-KUMKM DI Yogyakarta. Yang telah menyediakan berbagai kegiatan seperti pelatihan, pendampingan, konsultasi dan masih banyak lagi. Dengan adanya PLUT Jogja ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas bisnis para pelaku UKM yang ada di Jogja. 

Gelar Produk UKM Yogyakarta

Salah satu kegiatan yang diadakan oleh Dinas Koperasi UKM Yogyakarta bersama PLUT Jogja yaitu dengan diselenggarakannya acara "Gelar Produk UKM Yogyakarta" yang diadakan di Alun-Alun Sewandanan Pakualaman pada tanggal 6-7 September 2019. Dengan diadakannya acara seperti ini diharapkan mampu mengenalkan aneka produk UKM Jogja kepada masyarakat luas. Sehingga bisa meningkatkan penjualan produk UKM. 


Acara Gelar Produk UKM Yogyakarta ini sangat meriah karena tidak hanya menampilkan aneka produk unggulan UKM Jogja, tetapi juga ada pertunjukan kesenian tradisional seperti singo barong dan kuda lumping dari sanggar lembayung senja Jombor. Masyarakat pun sangat antusias dan menikmati acara ini. 


Karena kebetulan acara ini diselenggarakan bersamaan acara "Upacara Ganti Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Pakualaman". Yang mana acara upacara ini biasanya dilaksanakan setiap 35 hari atau selapan dalam hitungan Jawa yaitu pada hari Sabtu kliwon. Upacara ini dilakukan sebagai upacara pergantian prajurit jaga Kadipaten Pakualaman. 

Setelah melihat pagelaran kesenian tradisional dan upacara ganti diajak Bregada jaga, lalu aku sempatkan untuk mengelilingi stand-stand UKM Unggulan Jogja, ternyata banyak sekali produk-produk UKM Jogja yang kreatif dan inovatif. Seperti ;

Bakmi Jawi Mbah Hardjo
Bakmi Mbah Hardjo Siap Saji
Dan stand UKM yang pertama aku kunjungi yaitu “Bakmi Jawa Pak Hardjo” Kebetulan aku ketemu langsung dengan pemiliknya yaitu Pak Bambang, menurut beliau, usahanya ini awalnya hanya buka warung Bakmi biasa, akan tetapi karena saking ramainya pembeli dan banyak pembeli yang berasal dari jauh yang ingin menikmati Bakmi iniini. 

Akhirnya Pak Bambang berinovasi agar bakminya bisa bertahan lama, akhirnya beliau membuat Bakmi tersebut dengan kemasan kedap udara, seperti kemasan sarden sehingga bisa bertahan berbulan-bulan. Dan bisa dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan yang berasal dari jauh. Bakmi Mbah Hardjo ini rasanya enak sekali dan memang menggunakan resep-resep tradisional dan tentunya tanpa bahan pengawet.
Kripik Jamur Tiram 
Selain Bakmi Jawa, Pak Bambang juga membuat Rica Ayam Kampung siap saji, dan sudah dikemas menggunakan kaleng sehingga kedap udara dan bisa bertahan lama. Untuk harga satu kaleng Bakmi Jawa ini yaitu Rp. 30.000 dan untuk Rica Ayam Kampung Rp. 40.000. Tak hanya itu saja, Pak Bambang juga memproduksi keripik jamur tiram dengan berbagai varian rasa seperti keju, BBQ, sapi panggang, jagung bakar, pedas manis dan masih banyak lagi. Rasa keripik jamur tiramnya rental dan enak banget, sangat cocok sebagai oleh-oleh ketika liburan di Jogja.

Pak Bambang terus berinovasi agar produk UKM nya semakin baik dan damai pembeli. Pak Bambang juga memanfaatkan era milenial ini dengan mempromosikan produknya melalui digital, seperti promosi lewat sosial media facebok, instagram, youtube dan website. Dan ternyata promosi digital sangat membantu sekali dalam mempromosikan produk Pak Bambang sehingga jangkauannya bisa lebih jauh.

Bakmi Jawa Mbah Hardjo 
Alamat : Jalan Keloran No. 8 Senggotan
Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
Telepon : 087 839 304 961

Thiwul Panggang Mbak Rub
Inovasi kuliner thiwul
Salah satu produk yang ada di pameran produk UKM Yogyakarta yang menarik perhatianku yaitu “Thiwul Panggang”. Sebuah produk UKM kategori kuliner tradisional yang dikemas secara milenial. Thiwul Panggang Mbak Rub ini sangat kreatif dan inovatif sekali karena dikemas dengan kemasan yang menarik dan tentu rasanya juga enak, karena ini bukan thiwul biasa. Usaha yang berawal dari tahun 2015 ketika mertua Bu Rubikem (owner thiwul panggang) yang berada di Sumatera meminta untuk mengirimkan thiwul.

Tetapi karena thiwul ini tipe kuliner yang tidak bisa bertahan lama, akhirnya Bu Rubikem mencari cara agar thiwul ini bisa bertahan lama dan bisa dijadikan sebagai makanan oleh-oleh khas Yogyakarta, karena memang thiwul sendiri adalah kuliner khas daerah Yogyakarta. Akhirnya Bu Rubikem menemukan resep thiwul dengan cara di panggang sehingga bisa bertahan lama.

Thiwul Panggang yang Lezat
Aneka olahan thiwul milik Bu Rubikem ini beraneka ragam, mulai dari thiwul Panggang berbagai rasa, ada rasa original, cokelat, BBQ, pedas manis, balado dan keju. Ada juga thiwul kukus dengan beraneka macam rasa. Selain itu ada juga thiwul instan dan gathot instan yang siap saji tinggal dimasak sebentar. Dan inilah inovasi yang harus dilakukan para pelaku UKM agar bisa bersaing dan berkembang.

Thiwul Panggang Mbak Rub 
Alamat ; Cempluk RT 05 Mangunan, Bantul
Telepon ; 081 904 034 217

Coklat Omah Jogja

Dan ada lagi produk UKM Jogja yang sangat keren yaitu "Coklat Omah Jogja". Coklat bubuk siap saji yang dibuat dengan komposisi coklat bubuk asli, gula pasir, gula aren, krimer nabati, susu dan tanpa bahan pengawet.

Coklat omah jogja ini mempunyai berbagai varian rasa, seperti greentea, cappucino, mocha dan masih banyak lagi. Untuk harga satu pics coklat bubuk ini hanya Rp. 25.000. Produk ini bisa disajikan panas ataupun dingin.


Kesegaran Coklat Omah Jogja ini sangat terasa sekali  dan rasanya sangat mantap sehingga sangat cocok dinikmati sambil bersantai. Coklat Omah Jogja ini kemasannya juga menarik dan juga sudah dijual secara online di media sosial ataupun marketplace. Jadi buat kalian yang mau beli bisa hubungi instagram @Coklat_omah_jogja.

Coklat Omah Jogja
Alamat : Jalan Pedes-Godean Km. 4 Kemusuk, Bantul 
Telepon : 082 136 034 277

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

3 Desa Wisata di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi

Traveling itu gak selalu harus ke pantai, gunung ataupun ke tempat yang mempunyai pemandangan yang indah. Sesekali kita juga perlu traveling ke tempat yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Sejatinya banyak sekali tempat yang keren dan instagramable yang dapat menambah wawasan dan pengalaman kita, seperti museum, cagar budaya, desa wisata dan masih banyak lagi.

Selasa lalu aku bersama teman-teman mendapat undangan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten untuk mengikuti kegiatan jalan-jalan sambil mengexplore UMKM Unggulan Kabupaten Klaten, sebenarnya banyak sekali sentra UMKM di Kabupaten Klaten ini, tetapi karena waktu yang lumayan singkat akhirnya kami hanya mengunjungi tiga sentra UMKM Unggulan Kabupaten Klaten.

Nah jika kalian berkunjung ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah, kalian bisa mampir ke desa wisata  yang baru saja aku kunjungi kemarin, ini dia "3 Destinasi Wisata Edukasi di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi" :


1. Desa Wisata Melikan


Tempat yang pertama kami …

Festival Karimun Jawa 2018 : Semarak Indah Alam Dan Budaya

Sepertinya diri ini belum bisa move on dari kemeriahan FESTIVAL KARIMUNJAWA 2018. Ya gimana lagi, ini pertama kalinya aku hadir di acara yang super keren ini, Banyak sekali kenangan manis di pulau terindah se Jawa Tengah ini. Ternyata Karimunjawa tak hanya mempunyai keindahan alam dan bawah lautnya saja, tetapi juga memepunyai keseinan dan budaya yang sangat memesona. Jadi memang pantas jika Karimunjawa mendapat predikat ''THE PARADISE OF CENTRAL JAVA'' atau surganya Jawa Tengah.

Pagi itu Jumat 28 September, suasana di pelabuhan Kartini Jepara tak seperti biasanya, kali ini lebih ramai dan penuh sesak. Dalam hatiku berkata ''mungkin mereka ingin menyaksikan Festival Karimunjawa 2018''.Seperti biasa aku selalu naik kapal Express Bahari karena lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu. Dan pukul 08.49 wib, aku dan para penumpang lainnya meninggalkan pelabuhan Kartini Jepara, setelah hampir 2 jam perjalanan mengarungi laut yang biru dengan ombak yang cukup …