5 Cara Mencegah Kanker Payudara


Memiliki tubuh yang sehat adalah impian semua orang, karena sehat sangat mahal harganya. Percuma jika harta kita banyak tetapi tubuh kita tidak sehat, pasti semua harta itu akan sia-sia. Jadi kebahagian itu tidak hanya mempunyai harta yang banyak tetapi kebahagian yang sebenarnya yaitu mempunyai tubuh yang sehat. Karena dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan kegiatan apapun dengan bebas, menikmati makanan apapun pasti juga terasa enak.

Dan kali ini aku akan sedikit memberikan tips untuk mencegah kanker payudara. Karena kebetulan  pada bulan Oktober ini adalah bulan dimana diperingati hari kanker payudara dunia. Dan aku baru tahu bahwa penyakit kanker payudara ternyata tidak hanya bisa menyerang kaum hawa saja, tetapi kaum adam juga bisa terserang penyakit kanker payudara.

Dari sini aku semakin semangat untuk mengajak teman-teman agar lebih memperhatikan kesehatan, karena penyakit kanker payudara bisa menjangkiti siapa saja, kapan saja dan dimana saja tanpa pandang umur, gender, dan derajat manusia. Saat ini kanker payudara masih menjadi salah satu penyakit yang mematikan bagi manusia khususnya kaum hawa.

APA ITU KANKER PAYUDARA ?

Kanker payudara adalah pertumbuhan abnormal sel jaringan payudara yang tidak terkontrol. Kanker payudara ini biasanya dimulai dengan ukurang kecil di daerah kelenjar atau saluran yang menghasilkan susu yang dapat berkembang di daerah putingd dan jaringan payudara yang lainnya.

Sebenarnya belum diketahui jelas apa penyebab kanker payudara, tetapi setidaknya kita semua bisa meminimalisir agar tidak terkena kangker payudara. Meskipun memang penyakit kanker payudara tidak bisa kita ketahui kapan datangnya tetapi setidaknya kita berusaha agar tidak terkena kanker payudara.

Maka dari itu kita semua harus membiasakan hidup sehat agar tubuh kita sehat.Sebelum jatuh sakit sebaiknya kita harus sering memeriksa diri kita ke puskesmas atau rumah sakit, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Dan inilah 5 Cara Mencegah Kanker Payudara :

1.   Olahraga Secara Rutin



Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, karena dengan olahraga, tubuh akan banyak bergerak dan mengeluarkan keringat sehingga tubuh semakin sehat. Banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan dan tentunya harus sesuai dengan minat kita dan kemampuan kita. Seperti berlari,senam, bersepeda ataupun berenang.

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penyakit tertentu, tetapi dengan olahraga semua penyakit bisa kita cegah. Salah satunya yaitu penyakit kanker payudara. Menurut penelitian, wanita yang sering olahraga secara teratur minimal 30 menit per hari akan mempunyai resiko lebih rendah terkena penyakit kanker payudara. Dan olahraga dengan durasi sebentar tetapi rutin dilakukan itu lebih baik daripada olahraga dengan durasi lama tetapi jarang dilakukan.

2.   Perbanyak Makan Buah dan Sayur



Buah dan sayur adalah makanan yang sangat banyak sekali manfaatnya karena buah dan sayur kaya akan vitamin, serat dan nurtisi. Selain itu buah dan sayur juga tidak mengandung berbagai macam bahan pengawet jadi sangat alami dan menyehatkan. Jadi tidak ada alas an lagi untuk tidak memperbanyak makan buah dan sayur.

Dan salah satu buah yang berkhasiat untuk mencegah kanker payudara yaitu buah apel.  Karena buah apel kaya akan zat-zat fitokimia yang sangatberkhasiat melawan sel kanker. Selain itu buah apel juga memiliki kandungan glukoronat yang bisa menghambat perkembangan sel kanker payudara.

3.   Hindari Minum Alkohol

Minuman beralkohol memang termasuk salah satu minuman yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Karena alkohol adalah senyawa karsinogen yang sangat mudah mempengaruhi bagian sekitar kepala dan leher. Selain itu juga terkandung berbagai zat yang bisa meningkatakan sel kanker dalam tubuh. Jadi harus lebih berhati-hati lagi karena minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko terkena kanker mulut, kanker leher dan kanker payudara.

4.   Aktif Menyusui Bayi

Bagi ibu-ibu yang sudah menikah dan mempunyai bayi, menyusui bayi secara teratur bisa menjadi salah satu cara mencegah kanker payudara. Meskipun belum diketahui benar faktor apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Tetapi dengan menyusui bayi secara teratur bisa membantu men urunkan resiko kanker payudara hingga 22 persen karena dengan menyusui bayidapat membantu menyeimbangkan hormon, mencegah paparan zat kanker, dan menghindari kerusakan sel payudara.

5.   Periksa Sejak Dini

Sering kita jumpai hal-hal yang jarang kita duga, salah satunya yaitu tiba-tiba terserang penyakit yang parah. Hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran kita untuk memeriksakan diri kita ke puskemas ataupun rumah sakit. Karena kita sering tidak menyadari bahwa tubuh kita yang sehat luarnya ini ternyata organ dalamnya tidak sehat.

Dan ternyata masih banyak orang, khususnya kaum hawa yang tidak menyadari terkena penyakit kanker payudara pada stdium awal sehingga banyak nyawa melayang karena penyakit kanker payudara. Jadi mari kita sering periksa secara berkala agar kita tahu dan bisa mendeteksi sejak dini, karena ketika penyakit belum begitu parah itu akan lebih mudah diobati.

Itulah beberapa cara untuk mencegah penyakit kanker payudara, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan mari kita budayakan hidup sehat agar tubuh kita sehat selalu.


1 Komentar