Langsung ke konten utama

Pesona Air Terjun Curug Sewu Kabupaten Kendal



Pesona wisata alam di Provinsi Jawa Tengah memang sangat luar biasa, berananeka ragam destinasi wisata alam di Provinsi Jawa Tengah yang sangat membuat banyak wisatawan selalu ingin kembali ke Jawa Tengah.

Salah satu destinasi wisata alam yang sangat elok yang berada di Jawa Tengah yaitu Air Terjun Curug Sewu. Lebih tepatnya terletak di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Letaknya sekitar km dari pusat Kota Kendal dan kurang lebih 1 jam perjalanan.


Akses menuju ke destinasi wisata Air Terjun Curug Sewu inisangat mudah karena letaknya dekat dengan jalan raya Kendal-Temanggung. Kalian tak perlu khawatir karena ada angkutan umum yang bisa sampai kawasan Air Terjun CurugSewu.

Udara sejuk khas pegunungan sangat terasa sekali, saat pertama kali menginjakan kaki di Desa Curug Sewu ini. Dan kalian juga akan disambut oleh hijaunya pohon-pohon yang masih sangat alami. Suasana damai, asri nan sejuk menjadi ciri khas Air Terjun Curug Sewu ini.



Nama Air Terjun Curug Sewu ini berasal dari kata Curug yangdalam Bahasa Jawa artinya Air Terjun. Dan kata Sewu yang dalam Bahasa Jawa artinya Seribu. Karena saking tingginya dan saking derasnya aliran sungai ini sehingga masyarakat sekitar terbiasa menyebut sesuatu yang sangat banyak dengan sebutan Sewu (Seribu).


Air Terjun Curug Sewu ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kendal dan rhutani, dan untuk tiket masuknya sangat terjangkau yaitu Rp. 10.000/orang. Setelah melalui pintu loket, kalian akan disambut oleh repilka motor vespa raksasa yamg sudah ada sejak dulu dan juga replika buah Bisbul khas Kendal.


Destinasi wisata Air Terjun Curug Sewu ini tak hanya menyajikan pemandangan alam air terjun yang sangat elok saja, tetapi kalian juga bisa melihat indahnya hutan belantara yang masih alami dari atas gardu pandang. Dan dari atas gardu pandang ini kalian juga bisa melihat derasnya Air Terjun Curug Sewu dari ketinggian.

Salah satu keunikan yang ada di Air Terjun Curug Sewu ini, kalian kan menjumpai segerombolan monyet penghuni hutan di sekitar Air Terjun Curug Sewu, monyet-monyet ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena sangat lucu dan menggemaskan.


Jika kalian belum puas melihat keelokan Air Terjun Curug Sewu dari ketinggian, kalian bisa melihat langsung dan turun ke bawah, perjalanan ke bawah Air Terjun kurang lebih 15 menit jalan kaki menuruni anak tangga. Meskipun lumayan lelah, tetapi setelah sampai bawah, rasa lelah kalian akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Curug Sewu yang begitu menakjubkan dan beda dengan air terjun yang lainnya, karena Air Terjun Curug Sewu ini tinggi dan lebar, bisa dikatakan ini adalah Niagara versi Jawa Tengah. Keindahan Air Terjun Curug Sewu pasti akan membuat kalian ingin selalu kembali kesini, karena derasnya debit air dungai dan tingginya tebing, sehingga sering kali terlihat pelangi di Air Terjun Curug Sewu ini.


Selain bisa menikmati keelokan Air Terjun Curug Sewu dan pemandangan alam dari gardu pandang. Sobat Pesona juga bisa bermain-main karena di sini dilengkapi berbagai fasilitas seperti: Area Taman Bermain, Kebun Binatang, Kolam Renang
dan Panggung Hiburan.

Komentar

lrdailyroutine mengatakan…
wuah, tidak seperti air air terjun yg biasa ya kak. ini beneran air terjunnya kyk niagara falls yg terkenal itu. mupeng, jdi pengen kesana. tfs kak
blogger parenting mengatakan…
Berarti curug sewu juga menyediakan wisata lain seperti tempat bermain buat anak juga ya mas zain. Jadinya, kalo anak-anak dilarang ngikut turun masih bisa mandi di kolam renang di atas.. hehe
Tiketnya terjangkau banget ya mbak cuma 10ribu tai dapat pemandangan dan fasilitas begini. MasyaAllah anak-anak pasti happy diajak ke sini.
dhenok hastuti mengatakan…
saya pengen banget berkunjung ke kota2 kecil atau desa2 di wilayah jawa tengah. semoga kesampaian suatu kali, termasuk ke kendal..
Banyak juga tempat wisata dinamai Curug ya,, mungkin krn dlm bahasa Sunda Curug itu artinya air terjun. Di Bengkulu juga ada Curug, ini di Kendal Jawa Tengah juga ada ya. Tfs Mas Zain
Bambang Irwanto mengatakan…
Ini wisatanya keren, Mas Zain, dan pasti ramai. Soalnya letaknya dekat jalan raya, dan ada angkutan umum ke sana. BIasanya kan, curug itu letaknya jauh dan harus jalan.
Pengin rasanya menjelalah Jawa Tengah termasuk mampir ke Curug Sewu.
citra mengatakan…
Duh, kenapa ya kalau melihat tempat wisata bawaannya mupeng dan pengen segera menginjakan kaki ke tempat wisata kece ini
donasaurus mengatakan…
Curug Sewu bisa jadi lokasi wisata andalan Kendal.Eh kapan - kapan tulis tentang buah yang jadi maskot kendal itu ya.
LinRaNa Mom mengatakan…
Saya suka gambar vespanya.
Buah Bisbul itu ada nama lainnya gak ya...
Kurang familiar juga sih sama bnetuknya.
Sri rahayu mengatakan…
curug selalu menawan..entah kenapa aku jatuh cinta sama air terjun dimanapun berada..merasakan dinginnya percikan air yang menghantam batuan
April Hamsa mengatakan…
Oh tadinya kupikir banyak aliran air terjunnya makanya disebut sewu, ternyata karena debit alirannya yang deres sekali yaaa. Aku dah lama sekali gak ke air terjun jadi pengen juga liat air terjun kyk gini. Biasanya kalau deket air terjun suasana dan udara masih enak dan sejuk :D
Susindra mengatakan…
Lama bangeeeeeet ga ke curug sewu lagi. Postingan ini membuatku rindu pada pelangi-pelangi yang tampak karena pantulan sinar matahari pada ait.
Faisol abrori mengatakan…
Salut banget mas, view yang ditawarkan lengkap dan indah banget. Apalagi wahana tambahannya yang lumayan komplit. Keren...
Selvijua mengatakan…
Belum banyak tahu tentang Kendal, dan baru kaki ini tahu tempat wisata alam yang masih asri dan alami ada air terjunnya. Dan tidak hanya berupa air terjun juga ada kolam renang buatan jadi cocok ngajak seluruh keluarga liburan kesini.
Ratri Anugrah mengatakan…
Ini kenapa pada bisa sih bikin artikel traveling gini :(((( Aku sering nggak mood nulis sepulang dari traveling. Rasanya males aja, entah kenapa. Padahal udah bikin banyak konsep dan materinya ada-ada aja. Lain kali bikin artikel tentang tips menulis artikel traveling dong hehe
Eni Rahayu mengatakan…
Kirain air terjunnya berjumlah seribu loh mbak. Ternyata saking besarnya ya. Keren banget ya kalau dilihat dari atas
Ilham Sadli mengatakan…
Sayangnya kemaren aku gak ikutan ke kendal bang, andaikan ikut pasti sudah mencoba untuk menikmati keindahan curung itu
jendelamamak mengatakan…
Keren curugnya, masih alami dan belum terlalu terjamah. Jadi inget air terjun sipiso2 di sumatera utara. Enaknya ada tempat bermain anak di atas ya mbak.
Dian Restu Agustina mengatakan…
Wah masih asri dan alami ya Air Terjun Curug Sewu. Tiket masuknya terjangkau pula. Oh ya, ada penjual makan minum juga kah di sini?
Primasari AndiMirati mengatakan…
bagus banget nih main2 air di sini.. kondisi alamnya sejuk banget, pemandangannya indah, ada waterparknya pula.. anak2 pasti seneng diajak berenang di sini.

Postingan populer dari blog ini

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

3 Desa Wisata di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi

Traveling itu gak selalu harus ke pantai, gunung ataupun ke tempat yang mempunyai pemandangan yang indah. Sesekali kita juga perlu traveling ke tempat yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Sejatinya banyak sekali tempat yang keren dan instagramable yang dapat menambah wawasan dan pengalaman kita, seperti museum, cagar budaya, desa wisata dan masih banyak lagi.

Selasa lalu aku bersama teman-teman mendapat undangan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten untuk mengikuti kegiatan jalan-jalan sambil mengexplore UMKM Unggulan Kabupaten Klaten, sebenarnya banyak sekali sentra UMKM di Kabupaten Klaten ini, tetapi karena waktu yang lumayan singkat akhirnya kami hanya mengunjungi tiga sentra UMKM Unggulan Kabupaten Klaten.

Nah jika kalian berkunjung ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah, kalian bisa mampir ke desa wisata  yang baru saja aku kunjungi kemarin, ini dia "3 Destinasi Wisata Edukasi di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi" :


1. Desa Wisata Melikan


Tempat yang pertama kami …

7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal, tanah kelahiranku yang selalu aku rindukan, karena banyak kenangan manis yang tak bisa dilupakan. Meskipun masih banyak orang yang belum tahu tentang Kabupaten Kendal, mungkin hanya orang - orang yang biasa mudik melewati jalur Pantura Jawa Tengah yang tahu. Namun Kabupaten Kendal ini memiliki banyak destinasi wisata alam ataupun buatan yang sangat indah dan menawan. 

Kabupaten Kendal ini letaknya di sebelah barat Kota Semarang, terletak di pinggir pantai utara Jawa dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Gunung Ungaran dan Gunung Prahu, membuat Kabupaten yang satu ini mempunyai banyak tempat wisata yang sangat memesona. Jika kalian lebaran tahun ini mudik lewat Kendal Jawa Tengah, kalian harus coba mampir untuk menjelajahi Kabupaten Kendal. Dan inilah 7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal Jawa Tengah:

1. CURUG SEWU

Destinasi wisata yang pertama yaitu Air Terjun Curug Sewu, sebenarnya di Kabupaten Kendal masih banyak sekali air terjun yang masih alami dan …