Menilik Wisata Alam Guci Kabupaten Tegal



Kabupaten Tegal merupakan salah satu daerah yang cukup sering aku kunjungi, karena di Kabupaten Tegal ada kakakku yang sekarang tinggal di sana. Kabupaten yang terkenal akan bahasa ngapaknya ini juga identik dengan teh poci dan dan tahu aci. Selain itu Kabupaten Tegal yang letaknya strategis di pinggir pantai utara hingga lereng Gunung Slamet ini membuat Kabupaten yang satu ini kaya akan destinasi wisata. 

Salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Tegal yaitu Destinasi Wisata Guci. Tempat yang satu ini menjadi wisata unggulan Kabupaten Tegal karena menyimpan banyak pesona yang luar biasa. Diantaranya yaitu Pemandian Air Panas, air terjun, hutan pinus, kebun strawberry, taman bunga dan masih banyak lagi. Namun yang selalu menjadi tujuan utama jika berkunjung ke Destinasi Wisata Guci yaitu pemandian air panasnya.

Akses Menuju Destinasi Wisata Alam Guci

Pemandian air panas Guci terletak di Kabupaten Tegal bagian selatan atau di lereng Gunung Slamet. Secara geografis Destinasi Wisata Guci ini berada di dua desa yaitu Desa Guci Kecamatan Bumijawa dan Desa Rembul Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.

Untuk menuju Destinasi Wisata Guci kita bisa lewat Kota Tegal yang jaraknya sekitar 42 km dari Guci, lalu melewati Kota Slawi yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Tegal yang jaraknya sekitar 29 km dari Guci. Selain itu ada juga jalur alternatif jika kita dari arah timur atau Kota Semarang yaitu melewati jalur Pemalang – Moga, lalu Moga – Guci. Untuk jalur alternatif ini medan jalannya sudah baik dan petunjuk jalan juga sudah lengkap.

Sejarah Pemandian Air Panas Guci


Pemandian air panas Guci ini ternyata menyimpan cerita sejarah yang sangat menarik. Menurut info dari masyarakat sekitar, sejarah nama Guci berasal pada zaman Walisongo saat menyebarkan agama islam di daerah Jawa Tengah bagian barat, diantaranya di daerah Tegal. Pada saat itu diutuslah seorang wali untuk membawa air yang diletakkan di dalam Guci, yang mana air tersebut berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga mendatangkat berkah.

Akhirnya kabar tentang air di alam guci ynag berkhasiat ini menyebar ke berbagai daerah yang mana menjadikan banyak orang berbondong-bondong datang untuk memnita air tersebut, karena jumlahnya yang terbatas, maka pada malam Jumat kliwon, seorang wali menancapkan tongkat saktinyanya ke dalam tanah dan atas izin Allah, keluarlah aair panas dari dalam tanah yang mana sampai saat ini air panas tersebut masih terus mengalir. Dan setiap malam Jumat kliwon selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah karena dipercaya bisa mendatangkan berkah dan mengobati berbagai penyakit.

Sejuknya Udara di Destinasi Wisata Alam Guci


Udara sejuk khas pegunungan akan memenjakan kita ketika mulai memasuki Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal. Karena daerah ini berada di lereng Gunung Slamet. Semakin dekat dengan Kawasan wisata  alam Guci udara sudah mulai agak dingin karena sudah sangat dekat dengan Gunung Slamet. Dan udara sejuk agak dingin ini justru yang membuat kawasan wisata alam Guci ramai dikunjungi wisatawan. Buat kalian yang dari luar kota tak perlu khawatir karena di kawasan wisata alam Guci ini banyak sekali terdapat hotel, villa dan homestay yang fasilitasnya lengkap dan harganya juga terjangkau.


Jujur aku juga sangat suka dengan nuansa sejuk khas pegunungan karena bisa membuat pikiran menjadi fres, selain itu juga pemandangan alam yang sangat indah, seperti kebun-kebun strawberry dan aneka sayur yang menawan, pohon-pohon pinus yang berjejer-jejer rapi, dan bukit-bukit yang hijau semakin menyehatkan mata. Untuk bisa masuk ke wisata alam Guci kalin cukup membayar tiket masuk Rp.

Asyiknya Berendam di Pemandian Air Panas Guci


Salah satu alasan yang membuatku tak pernah bosan untuk mengunjungi destinasi wisata Guci yaitu pemandian air panasnya yang sangat luar biasa. Ada 13 pancuran air utama dan 7 pancuran air panas yang mengeluarkan air panas yang alami. Pancuran air panas alami ini berasal dari sumber mata air di lereng Gunung Slamet yang mana sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Berendam di pemandian air panas Guci ini sangat asyik sekali karena bisa menghangatkan tubuh, air panas di kolam pemandian ini mengandung belerang yang bisa mengobati penyakit kulit. Biasanya setelah mandi air panas alami ini badanku langsung jadi fresh kembali, rasa pegal dan  capek langsung hilang seketika. Dahulu untuk bisa mandi di kolam air panas tak perlu membayar karena kita sudah membayar di loket pintu gerbang, namun saat ini jika ingin mandi di kolam air panas kalian harus membayar tiket Rp.


Selain bisa berendam di kolam air panas, kita juga bisa bermain di sungai, karena di dekat kolam air panas terdapat sungai dengan air yang sangat bersih dan airnya juga sangat segar. Nah jadi ada dua pilihan mandi di sungai dengan air yang segar agak dingin atau di kolam air panas. Dan di sisi selatan kolam air panas juga terdapat air terjun yang tingginya kurang lebih 5 meter.

Taman Bermain Anak, Berkuda & Kereta Gantung


Di kawasan wisata alam Guci ini kita tak hanya bisa mandi di kolam air panas, tetapi kita juga bisa bermain di taman bermain, buat yang datang kesini membawa anak-anak sangat cocok untuk bermain di taman bermain ini karena ada beberapa fasilitas permainan yang bisa digunakan tanpa harus membayar atau gratis, diantaranya ada ayunan, prosotan dan masih banyak lagi.


Kawasan wisata alam Guci ini cukup luas, dari tempat parkir hingga samapi kolam air panas kalian jalan kaki kurang lebih 500 meter, namun buat kalian yang malas jalan kaki jangan khawatir karena ada alternatif naik kuda, jadi kalian bisa berkeliling sambil naik kuda. Dan untuk biaya naik kuda yaitu Rp.


Jika kalian ingin melihat kawasan wisata alam Guci dari atas, kalian bisa naik kerata gantung, tetapi untuk naik kereta gantung kalian harus membayar Rp. 25.000 dengan jarak 250 meter dan dengan beban maksimal 2 ton, kalian akan merasakan sensasi yang cukup menegangkan namun seru karena bisa melihat pemandangan wisata alam Guci dari sudut yang berbeda.

Aneka Kuliner & Oleh-oleh Khas Tegal


Di sepanjang jalan mulai dari tempat parkir hingga atas banyak sekali penjual kuliner khas Tegal seperti tahu aci, sate kelinci, tak hanya itu saja aneka kuliner lain juga banyak dijual disini seperti jagung bakar, mendoan, nasi pecel, mie goreng dan masih banyak lagi. Dijamin kalian akan puas karena banyak pilihan menu yang bisa dinikmati, yang lebih asyik jika habis berendam di kolam air panas karena biasanya perut terasa lapar, jadi sangat cocok untuk menikmati aneka kuliner di wisata alam Guci.


Tak hanya itu saja karena masih banyak lagi penjual souvenir khas wisata alam Guci berupa kaos, baju, topi gantungan dan masih banyak lagi, sangat cocok buat kalian yang hobi berbelanja. Dan disini juga banyak penjual oleh-oleh khas Tegal seperti manisan pepaya, tahu aci,teh poci dan aneka sayuran dan buah-buahan, karena di daerah Guci ini memang banyak tanaman sayuran.

Nah gimana? Kalian tertarik untuk berwisata ke destinasi wisata alam Guci Kabupaten Tegal? Dijamin perjalanan wisata kalian di wisata alam Guci akan seru dan asyik.

 


0 Komentar