Langsung ke konten utama

Tahun 2020 Saatnya Terapkan Pola Makan Sehat




Sebagai seorang yang suka kulineran membuatku kadang lupa memikirkan kesehatan, karena setiap kali menemui kuliner yang lezat seperti gulai, sate, rendang, pasti kuliner tersebut kurang baik untuk kesehatan karena banyak mengandung lemak, minyak, santan. Mungkin saat ini aku belum merasakan beberapa penyakit seperti stroke, jantung, dan lain sebagainya yang bersumber dari makanan-makanan yang kurang sehat.

Banyak saudara dan tetanggaku yang sekarang sakit stroke, jantung , ternyata dulunya sering makan makanan yang berlemak dan kurang sehat. Dan aku takut jika itu terjadi pada diriku suatu saat nanti. Di tahun 2020 ini aku mempunyai resolusi untuk menerapkan pola makan dengan makanan yang sehat, karena dengan makanan yang sehat akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan kuat.

  1.    Pola Makan yang Teratur

Sebagai seorang blogger membuatku tidak mempunyai kebiasaan yang sama dengan orang-orang kantoran pada umumnya yang setiap pagi harus sarapan sebelum pergi ke kantor. Sudah sekitar 2 tahun terakhir ini aku jarang sarapan pagi dan pola makan ku juga sangat tidak teratur. Dan di tahun 2020 ini aku ingin memulai memperbaiki pola makan yang teratur agar bisa sehat, karena pola makan yang teratur sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Dan idealnya yaitu sehari 3 kali yaitu pagi mulai jam 06.00 – 09.00, siang pukul 12.00-14.00 dan malam pukul 18.00-20.00.

   2.   Mengurangi Makanan Berlemak dan Bersantan

Makanan yang mengandung lemak dan santan sebenarnya termasuk makanan-makanan yang paling lezat seperti opor, sate, rendang, gulai dan masih banyak lagi
Akan tetapi dibalik kelezatan makanan berlemak dan bersantan terdapat sisi yang kurang baik bagi kesehatan, karena makanan berlemak dan bersantan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kolesterol, jantung, stroke, kanker dan sebagainya. 

Lantas apakah kita tidak boleh mengkonsumsi makanan berlemak dan bersantan ? Tentu saja boleh kan tetapi dalam porsi yang wajar atau jangan berlebihan. Mungkin bisa seminggu atau dua minggu sekali makan makanan yang berlemak dan bersantan.

  3.   Sering Makan Buah dan Sayur 


 Dan selanjutnya yaitu kita harus memperbanyak makan buah dan sayur karena buah dan sayur banyak mengandung vitamin, gizi, mineral, protein sehingga sangat baik untuk kesehatan kita. Apalagi Indonesia memiliki iklim tropis sehingga banyak sekali buah dan sayur yang tumbuh di Indonesia, jadi kita tak perlu beli buah dan dengan harga yang mahal karena kita bisa menanamnya sendiri. Untuk mengkonsumsi sayur biasanya bisa dijadikan lauk ketika makan dan buah bisa kita jadikan cemilan, jadi tetap kenyang dan pastinya menyehatkan. 

  4.  Sering Minum Air Putih

Air putih adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh tubuh, sehingga kita harus sering minum air putih. Mungkin sebagian orang masih belum begitu paham tentang pentingnya air putih untuk kesehatan tubuh. Dan biasanya aku selalu membawa tumbler ketika keluar rumah karena dengan membawa tumbler akan lebih memudahkan untuk minum dan pastinya juga tidak menambah sampah plastik. Jadi ayo biasakan minum air putih dan membawa tumbler ketika bepergian. Dan kurangi minum minuman bersoda dan minuman yang mengandung gula caffein agar tubuh kita tetap sehat. 

  5.  Lakukan dengan Konsisten
  Yang terakhir yaitu lakukan dengan konsisten, meskipun agak berat karena kita harus mengurangi makanan yang lezat tetapi tidak sehat. Tetapi dengan konsisten menerapkan pola makan sehat akan membuat tubuh kita semakin sehat. Karena kesehatan adalah anugerah yang harus kita jaga dan kesehatan juga sumber kesehatan. Jadi ayo biasakan menerapkan pola hidup sehat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

3 Desa Wisata di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi

Traveling itu gak selalu harus ke pantai, gunung ataupun ke tempat yang mempunyai pemandangan yang indah. Sesekali kita juga perlu traveling ke tempat yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Sejatinya banyak sekali tempat yang keren dan instagramable yang dapat menambah wawasan dan pengalaman kita, seperti museum, cagar budaya, desa wisata dan masih banyak lagi.

Selasa lalu aku bersama teman-teman mendapat undangan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten untuk mengikuti kegiatan jalan-jalan sambil mengexplore UMKM Unggulan Kabupaten Klaten, sebenarnya banyak sekali sentra UMKM di Kabupaten Klaten ini, tetapi karena waktu yang lumayan singkat akhirnya kami hanya mengunjungi tiga sentra UMKM Unggulan Kabupaten Klaten.

Nah jika kalian berkunjung ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah, kalian bisa mampir ke desa wisata  yang baru saja aku kunjungi kemarin, ini dia "3 Destinasi Wisata Edukasi di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi" :


1. Desa Wisata Melikan


Tempat yang pertama kami …

7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal, tanah kelahiranku yang selalu aku rindukan, karena banyak kenangan manis yang tak bisa dilupakan. Meskipun masih banyak orang yang belum tahu tentang Kabupaten Kendal, mungkin hanya orang - orang yang biasa mudik melewati jalur Pantura Jawa Tengah yang tahu. Namun Kabupaten Kendal ini memiliki banyak destinasi wisata alam ataupun buatan yang sangat indah dan menawan. 

Kabupaten Kendal ini letaknya di sebelah barat Kota Semarang, terletak di pinggir pantai utara Jawa dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Gunung Ungaran dan Gunung Prahu, membuat Kabupaten yang satu ini mempunyai banyak tempat wisata yang sangat memesona. Jika kalian lebaran tahun ini mudik lewat Kendal Jawa Tengah, kalian harus coba mampir untuk menjelajahi Kabupaten Kendal. Dan inilah 7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal Jawa Tengah:

1. CURUG SEWU

Destinasi wisata yang pertama yaitu Air Terjun Curug Sewu, sebenarnya di Kabupaten Kendal masih banyak sekali air terjun yang masih alami dan …