Tahun 2020 Saatnya Terapkan Pola Makan Sehat




Sebagai seorang yang suka kulineran membuatku kadang lupa memikirkan kesehatan, karena setiap kali menemui kuliner yang lezat seperti gulai, sate, rendang, pasti kuliner tersebut kurang baik untuk kesehatan karena banyak mengandung lemak, minyak, santan. Mungkin saat ini aku belum merasakan beberapa penyakit seperti stroke, jantung, dan lain sebagainya yang bersumber dari makanan-makanan yang kurang sehat.

Banyak saudara dan tetanggaku yang sekarang sakit stroke, jantung , ternyata dulunya sering makan makanan yang berlemak dan kurang sehat. Dan aku takut jika itu terjadi pada diriku suatu saat nanti. Di tahun 2020 ini aku mempunyai resolusi untuk menerapkan pola makan dengan makanan yang sehat, karena dengan makanan yang sehat akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan kuat.

  1.    Pola Makan yang Teratur

Sebagai seorang blogger membuatku tidak mempunyai kebiasaan yang sama dengan orang-orang kantoran pada umumnya yang setiap pagi harus sarapan sebelum pergi ke kantor. Sudah sekitar 2 tahun terakhir ini aku jarang sarapan pagi dan pola makan ku juga sangat tidak teratur. Dan di tahun 2020 ini aku ingin memulai memperbaiki pola makan yang teratur agar bisa sehat, karena pola makan yang teratur sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita. Dan idealnya yaitu sehari 3 kali yaitu pagi mulai jam 06.00 – 09.00, siang pukul 12.00-14.00 dan malam pukul 18.00-20.00.

   2.   Mengurangi Makanan Berlemak dan Bersantan

Makanan yang mengandung lemak dan santan sebenarnya termasuk makanan-makanan yang paling lezat seperti opor, sate, rendang, gulai dan masih banyak lagi
Akan tetapi dibalik kelezatan makanan berlemak dan bersantan terdapat sisi yang kurang baik bagi kesehatan, karena makanan berlemak dan bersantan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kolesterol, jantung, stroke, kanker dan sebagainya. 

Lantas apakah kita tidak boleh mengkonsumsi makanan berlemak dan bersantan ? Tentu saja boleh kan tetapi dalam porsi yang wajar atau jangan berlebihan. Mungkin bisa seminggu atau dua minggu sekali makan makanan yang berlemak dan bersantan.

  3.   Sering Makan Buah dan Sayur 


 Dan selanjutnya yaitu kita harus memperbanyak makan buah dan sayur karena buah dan sayur banyak mengandung vitamin, gizi, mineral, protein sehingga sangat baik untuk kesehatan kita. Apalagi Indonesia memiliki iklim tropis sehingga banyak sekali buah dan sayur yang tumbuh di Indonesia, jadi kita tak perlu beli buah dan dengan harga yang mahal karena kita bisa menanamnya sendiri. Untuk mengkonsumsi sayur biasanya bisa dijadikan lauk ketika makan dan buah bisa kita jadikan cemilan, jadi tetap kenyang dan pastinya menyehatkan. 

  4.  Sering Minum Air Putih

Air putih adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh tubuh, sehingga kita harus sering minum air putih. Mungkin sebagian orang masih belum begitu paham tentang pentingnya air putih untuk kesehatan tubuh. Dan biasanya aku selalu membawa tumbler ketika keluar rumah karena dengan membawa tumbler akan lebih memudahkan untuk minum dan pastinya juga tidak menambah sampah plastik. Jadi ayo biasakan minum air putih dan membawa tumbler ketika bepergian. Dan kurangi minum minuman bersoda dan minuman yang mengandung gula caffein agar tubuh kita tetap sehat. 

  5.  Lakukan dengan Konsisten
  Yang terakhir yaitu lakukan dengan konsisten, meskipun agak berat karena kita harus mengurangi makanan yang lezat tetapi tidak sehat. Tetapi dengan konsisten menerapkan pola makan sehat akan membuat tubuh kita semakin sehat. Karena kesehatan adalah anugerah yang harus kita jaga dan kesehatan juga sumber kesehatan. Jadi ayo biasakan menerapkan pola hidup sehat. 

0 Komentar