Freeport Indonesia, Sejuta Asa Untuk Papua



Indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya membuat negeri ini dahulu dijajah ratusan tahun oleh para penjajah. Dan salah satu daerah yang kaya akan sumber daya alamnya yaitu Papua. Provinsi paling barat di Indonesia ini sangat kaya sekali, mulai dari hasil laut, hasil hutan hingga hasil tambangnya.

Pulau terbesar kedua di Indonesia ini juga kaya akan pesona keindahan alamnya, tak ayal jika Papua ini sangat cocok dijuluki Surga Dunia. Dan saking melimpahnya sumber daya alam di Papua membuat PT Freeport Indonesia membuka usaha tambang di daerah Mimika.

Apa itu PT. Freeport Indonesia? 



PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan tambang mineral afiliasi dari Freeport-McMoRan (FCC) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID). PT Freeport Indonesia menambang dan memproses bijih menghasilkan konsetrasi yang mengandung tembaga, emas, dan perak. PT Freeport Indonesia ini juga memasarkan konsentrat ke seluruh penjuru dunia.

PT Freeport Indonesia ini beroperasi di dataran tinggi terpencil di Pegunungan Sudirman, Mimika, Papua. Tambang di kawasan mineral Grasberg, Papua merupakan salah satu deposit tembaga dan bekas terbesar di dunia. Dan saat ini PT Freeport menambang pada fase akhir tambang terbuka Grasberg.

Bakti Freeport Indonesia Untuk Papua dalam Sektor Kesehatan


PT Freeport Indonesia menggelar program Pemberian Makanan Tambahan-Pemulihan (PMT-P) untuk bayi dan balita yang teridentifikasi kurang gizi atau stunting. Manager Departemen Kesehatan Masyarakat PT Freeport Indonesia Govert Waramori mengatakan, melalui program tersebut, Freeport memberikan layanan kesehatan bagi bayi dan balita yang komprehensif, meliputi pemberian makanan tambahan tinggi gizi dan nutrisi, monitoring atas pertumbuhan anak secara berkala, pendidikan gizi untuk ibu hamil, hingga memantau kesehatan bayi dan balita ke rumah-rumah.

Seluruh kegiatan ini dilakukan oleh bidan, kader posyandu dan tenaga promosi kesehatan yang ada di bawah Departemen Kesehatan Masyarakat PT Freeport Indonesia. Melalui program ini kami memberikan intervensi gizi kepada para bayi dan balita di tiga lokasi klinik, yaitu di SP (satuan pemukiman) XII, SP IX dan di Pomako. Intervensi gizi dilakukan dengan memberikan makanan tambahan, seperti susu formula, biskuit, bubur bayi, serta makanan olahan seperti bubur kacang hijau, telur rebus dan makanan lokal lainnya. Bilamana kami menemukan anak yang pertumbuhannya tidak sesuai dengan panduan di KMS (Kartu Menuju Sehat), kami akan langsung anjurkan mereka ke program ini,” kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta.

“Upaya penurunan angka kematian bayi adalah salah satu indikator intervensi pemerintah dan pemangku kepentingan dalam pencapaian agenda pembangunan berkelanjutan SDG's yang sudah di adopsi oleh pemerintah Republik Indonesia. Secara khusus PTFI juga mendukung program terkait upaya pencegahan kematian bayi dan anak melalui program PMT-P guna menyediakan dukungan perbaikan nutrisi bagi temuan bayi atau anak yang membutuhkan intervensi nutrisi," kata dia.

Di Indonesia sendiri, menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, diketahui bahwa angka stunting yang disebabkan oleh masalah gizi kronis mencapai 30,8 persen. Khususnya di Papua, angka stunting ditemukan cukup tinggi, yaitu mencapai 32,9 Persen. Terkait tingginya angka ini, Pemerintah Provinsi Papua telah mencanangkan program penanganan stunting yang meliputi pemberian obat-obatan dan makanan bergizi bagi anak-anak.

Tingginya angka stunting di Papua juga menjadi perhatian khusus bagi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yang telah menyiapkan dana sebesar Rp 1,3 miliar untuk mendukung upaya pencegahan dan penanganan stunting di Papua. Program ini dicanangkan sebagai upaya untuk mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDG), pemerintah Indonesia yangmenargetkan penurunan angka stunting hingga di bawah 20 persen pada 2024.


Bakti Freeport Indonesia dalam Sektor Pendidikan


Freeport Indonesia juga peduli terhadap pendidikan masyarakat Papua, karena tingkat pendidikan masyarakat Papua termasuk yang paling rendah di Indonesia. Makan dari itu Freeport Indonesia mengirimkan putra-putri Papua untuk belajar ke AS. FO Ciptakan Pekerja yang Kompeten dengan Bangun Pusat Pelatihan Teknik Industri dan MigasInstruktur berbicara dengan siswa pelatihan angkatan pertama P2TIM-TB di Kampung Deimes, Bintuni Timur, Papua Barat . Pemerintah bekerjasama dengan PT. Petrotekno adakan pelatihan teknik industri dan migas.

PT Freeport Indonesia bekerja sama dengan AMINEF kembali memberangkatkan empat orang peserta Program Community College Initiative (CCI) asal Papua dan Papua Barat, dari total 26 orang penerima beasiswa CCI dari seluruh Indonesia pada tahun ini. Adapun pada 2018 lalu, dari total 20 orang penerima beasiswa CCI, sembilan orang di antaranya adalah penerima beasiswa asal Papua.

Senior Advisor PT Freeport Indonesia, Michael Manufandu mengatakan, CCI ini merupakan program yang tepat untuk anak muda Papua, karena program tersebut tidak hanya memfasilitasi pengembangan akademik para penerima beasiswa, namun juga dapat mengasah keterampilan kepemimpinan mereka. Total dana yang dialokasikan PT Freeport Indonesia untuk turut mendukung Program CCI untuk periode 2016 hingga 2020 mencapai USD 1 juta.

“Freeport sudah ikut dalam program ini selama 12 tahun. Hal ini karena kami melihat, Program CCI tidak hanya menawarkan pendidikan teknis profesional bagi yang sudah bekerja, namun juga mereka memberikan pendidikan kepemimpinan yang baik, di mana mereka dilatih untuk memimpin dalam unit kecil maupun unit besar.

Direktur Eksekutif AMINEF Alan Feinstein mengungkapkan apresiasinya atas dukungan PT Freeport Indonesia selama ini dalam Program CCI. Menurut dia, PT Freeport Indonesia telah menjadi salah satu pendukung utama yang terlibat dalam keseluruhan program, mulai dari sosialisasi, rekrutmen, seleksi hingga orientasi pra-keberangkatan.

“PT Freeport Indonesia dengan jaringannya yang luas khususnya di Papua dan Papua Barat telah memungkinkan kami untuk mensosialisasikan program ini kepada mereka yang tinggal di kedua provinsi tersebut. Karena itu, kami sangat berterima kasih atas dukungan PT Freeport Indonesia selama ini,” kata dia.

Bakti Freeport Indonesia dalam Sektor Pertanian


Salah satu bakti Freeport Indonesia untuk Papua yaitu membantu masyarakat Papua dalam sektor pertanian, dengan adanya pendampingan kepada para petani kopi bertujuan untuk menjaga kualitas biji kopi Amungme kami terus berupaya memproduksi biji kopi varietas unggul bersama para petani kopi asli Papua ini. Membudidayakan kopi Amungme adalah komitmen Freeport Indonesia untuk membantu menjaga varietas kopi Indonesia yang mampu bersaing di pasar kopi dunia


0 Komentar