5 Buah Lezat untuk Daya Tahan Tubuh Semakin Kuat



Akhir-akhir ini cuaca mulai tak menentu, tak seperti dahulu kala setiap bulan Januari hingga Februari pasti selalu hujan. Namun saat ini cuaca memang seperti tidak begitu bersahabat, kadang panas banget kadang hujan deras sehingga membuat orang mudah sakit. Meskipun cuaca kurang begitu bersahabat tetapi jangan sampai aktivitas kita menjadi terhambat, dan untuk tetap bisa beraktifitas tentunya kita harus mempunyai daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terkena virus, bakteri dan berbagai macam penyakit. Banyak cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar kuat, dan tentunya cara itu juga sangat mudah dan hemat.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan cara sering melakukan olahraga karena dengan olahraga otot akan semakin kuat serta bisa meningkatkan hormon-hormon yang ada di tubuh maupun yang ada di otak seperti  hormon adrenalin, serotin, dopamin,  dan endorphin.

Selain olahraga, ada lagi cara mudah dan hemat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar kuat yaitu dengan cara memperbanyak makan buah-buahan, karena buah-buahan mengandung banyak gizi, vitamin, mineral yang sangat baik untuk kesehatan. Namun tidak semua buah bisa meningkatkan daya tahan tubuh, kita harus mengetahui buah apa saja yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Inilah 5 buah yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh ;

1.           Jeruk

Yang pertama yaitu Buah Jeruk, buah yang satu ini sangat mudah kita jumpai baik di pasar, toko buah atau pun swalayan. Buah Jeruk juga tidak mempunyai waktu musim tertentu sehingga setiap saat bisa kita jumpai dan harganya juga sangat ekonomis. Keunggulan Buah Jeruk yaitu rasanya yang manis tetapi ada juga yang asam yang mana buah jeruk ini mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu sifat antioksidan yang terkandung dalam vitamin C juga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

2.           Apel

Apel
Pict by instagram @info.fruits
Yang kedua yaitu Buah Apel, buah yang satu ini mempunyai banyak jenis dan salah satunya yaitu Apel Washington. Buah dengan tekstur agak keras ini selain rasanya enak juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mempunyai serat yang sangat tinggi dan mempunyai kandungan  antioksidan yang tinggi yang mana berasal dari kandungan senyawa flavonoid yang cukup besar, terutama terletak pada kulit buah apel. Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah apel ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena virus, bakteri dan berbagai macam penyakit.

3.           Pepaya

Pepaya
 pict by instagram @pandu.prima.studio

Yang ketiga yaitu Buah Pepaya, buah ini juga sangat mudah kita jumpai, bahkan kita juga bisa menanamnya sendiri dan buahnya bisa kita konsumsi. Buah Pepaya termasuk buah tropis yang banyak sekali manfaatnya karena buah pepaya mengandung antioksidan  yang bisa mengurangi peradangan dan bisa menangkal berbagai virus, bakteri dan penyakit. Selain itu buah pepaya juga mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan untuk system kekebalan tubuh. Buah pepaya juga mempunyai enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Buah dengan warna jingga ini juga mempunyai jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

4.            Mangga


Mangga
Pict by instagram @pandu.prima.studio

Yang ke empat yaitu Buah Mangga, buah dengan rasa manis ada juga yang asam serta mempunyai berbagai macam jenis. Buah Mangga merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk menambah kekebalan  tubuh. Buah Mangga juga mengandung Vitamin A sehingga  sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, karena membantu melawan infeksi. Selain itu buah mangga juga mengandung vitamin C yang mana hamper tiga perempat dari kebutuhan vitamin C harian. Tak hanya itu saja, buah mangga  juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan vitamin B yang sangat membantu untuk meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh.

5.            Jambu Biji

Yang terakhir yaitu Buah Jambu Biji, buah dengan tekstur keras ini di daerah ku lumayan banyak, bahkan dulu di depan rumahku juga terdapat pohon jambu biji. Namun saat ini sudah tidak ada karena roboh terkena angina dan hujan. Buah Jambu Biji ini rasanya enak dan biasanya aku suka kalau dibuat jus. Buah ini juga sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena buah jambu biji termasuk salah satu buah yang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram jambu biji saja terdapat vitamin C sebanyak 228,3 mg. Dan buah jambu biji yang banyak mengandung vitamin C ini jenis jambu biji yang dalamnya berwarna merah.

Dan itulah 5 buah lezat yang bisa membuat daya tahan tubuh semakin kuat, buah-buahan ini juga sangat mudah kita jumpai dan harganya juga sangat ekonomis, karena untuk sehat itu sebenarnya murah dan mudah tetapi tergantung dengan diri kita sendiri, Jadi ayo mulai konsumsi buah-buahan terutama yang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan agar daya tahan tubuh kita semakin kuat sehingga tidak mudah terkena virus dan berbagai macam penyakit.


5 Komentar

  1. Ya Allah, apelnya menggoda banget! Aku lebih suka apel sama jeruk sih. Mangga belum musim kan. Kalau Jambu, enak yang jambu hutan, ckckck. Yang penting jaga kesehatan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bangart mbak, yang penting jaga kesehatan dengan memperbanyak makan buah-buahan

      Hapus
  2. Aku penyuka pepaya...
    Enak dan gak mahal hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka pepaya, manis dan harganya murah meriah

      Hapus
  3. Ada sih yang kurang manis. Pepaya variant lama..
    Sedikit bergetah. Konon katanya getah di buah jadi obat malaria juga Kak.

    BalasHapus