Inilah Caraku Mencintai Diri Sendiri


‌Katanya bulan Februari itu bulan penuh cinta, tapi menurutku bulan Februari sama saja dengan bulan yang lainnya karena setiap bulan bahkan setiap hari sebenarnya juga penuh cinta. Ngomongin cinta jadi pengen banyak curhat tentang kisah cintaku, tetapi asal kalian tahu bahwa cinta itu tak hanya sekedar bersenang-senang bersama pasangan. Tetapi cinta itu global, ada cinta terhadap sang Pencipta, cinta terhadap sesama manusia, cinta terhadap anak alam dan makhluk ciptaan Tuhan lainnya hingga cinta terhadap diri sendiri.

Sudahkah kita mencintai diri sendiri?

‌Sebuah pertanyaan yang mungkin kita sendiri masih bingung untuk menjawabnya. Karena mencintai diri sendiri itu sangat rumit. Hanya orang-orang yang peduli akan dirinya sendiri yang mampu melalukan nya. Jadi kalian sudah termasuk orang yang peduli akan diri kalian sendiri apa belum? 

Bagaimana cara mencintai diri sendiri?

‌Sebenarnya banyak cara untuk mencintai diri kita sendiri, seperti melakukan hal-hal yang kita minati juga sudah termasuk mencintai diri sendiri. Tetapi jangan asal melakukan sesuatu yang kita sukai yang bisa membuat kita menderita seperti minum alkohol narkoba free sex dan sebagainya, namun apa yang kita lakukan juga harus kita pikirkan manfaatnya untuk diri kita sendiri. 

‌Inilah Caraku mencintai diri sendiri 

‌Setiap orang pastinya memiliki kecintaan pada sesuatu yang berbeda-beda, karena manusia diciptakan dengan selera yang berbeda-beda. Dan inilah caraku mencintai diri sendiri dengan melakukan hal-hal berikut ini : 

1. Travelling


‌Salah satu cara mencintai diri sendiri yang sering aku lakukan yaitu dengan travelling, karena menurutku dengan travelling aku bisa menenangkan jiwa dan membuat pikiran menjadi tenang, apalagi  travelling ke alam bebas, ini sangat baik untuk merefresh pikiran yang terbiasa dengan penatnya aktivitas sehari-hari. Dengan travelling aku juga bisa mendapatkan banyak inspirasi dan tentunya berbagai pengalaman yang sangat luar biasa.

‌Salah satu tujuan travelling yang sering aku kunjungi yaitu pantai, karena Indonesia negara kepulauan sehingga mempunyai banyak pantai yang cantik dan masih alami. Di pantai juga banyak hal yang bisa kita lakukan seperti bermain air, snorkeling, hingga melihat sunset dan sunrise. Dengan travelling kita juga bisa menjadi lebih mandiri dan tidak ketergantungan pada sesuatu, karena travelling mengajarkan diri kita untuk menjadi pribadi yang tangguh dan pantang menyerah. 

2. Menulis



Menulis merupakan salah satu kegiatan yang aku sukai, karena dengan menulis kita bisa mengolah rasa, pikiran dan hati. Selain itu menulis juga bisa membuat kita menjadi lebih pintar, sehingga menulis termasuk kegiatan yang paling aku sukai. Selain itu dengan menulis, waktu yang kita punya akan menjadi semakin bermanfaat, kita juga jadi terhindar dari hal-hal negatif karena waktu yang kita gunakan untuk hal-hal yang positif. Dan saat ini menulis juga tidak hanya bisa menjadi sekedar hobi, tetapi juga bisa menambah penghasilan kita karena sekarang banyak orang mencari informasi lewat tulisan di internet. 

3. Olahraga
 ‌



Mencintai diri sendiri itu susah, karena kita harus peduli dengan diri kita sendiri. Kita tidak bisa melakukan hal-hal yang kita cintai jika tubuh kita tidak sehat. Dan salah satu wujud cinta terhadap tubuh ini yaitu dengan olahraga, karena olahraga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita. Banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan mulai dari yang sederhana seperti lari,senam, bersepeda hingga renang. Ataupun olahraga yang membutuhkan tenaga dan biaya yang extra seperti gym, sepak bola, futsal, badminton dan masih banyak lagi. 

Jika kita masih malas dan enggan untuk berolahraga berarti kita belum bisa peduli dan mencintai lesehan kita sehingga kita termasuk orang yang tidak mencintai diri kita sendiri. Ingat, bahwa kesehatan adalah kunci kebahagiaan, jika tubuh kita sehat tentunya kita akan bisa melakukan hal-hal yang kita sukai sehingga bisa membuat kita bahagia. Akan tetapi sebaliknya jika tubuh kita tidak sehat, kita tidak bisa apa-apa bahkan hingga membutuhkan biaya yang besar untuk berobat. 
4. Menjaga pola makan



Untuk bisa memiliki tubuh yang sehat sepertinya olahraga saja tidak cukup, kita juga harus mengatur pola makan yang sehat. Karena sebenarnya sumber penyakit itu datang dari makanan-makanan yang tidak sehat seperti makanan yang banyak mengandung lemak jahat, minyak, kolesterol dan santan. Jadi kita harus mengatur pola makan yang baik dengan cara memperbanyak minum air putih, memperbanyak makan bini-bijian karena banyak mengandung karbohidrat, selain itu kita juga harus memperbanyak makan buah dan sayur. Karena buah dan sayur banyak mengandung vitamin, gizi, protein dan mineral sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Jadi mulai saat ini, mari kita lebih peduli dengan diri kita sendiri terutama lebih peduli terhadap kesehatan tubuh kita. Karena peduli dengan kesehatan tubuh sudah termasuk mencintai diri kita sendiri. 




1 Komentar

  1. Aku setuju banget, Mas. Melakukan hal-hal positif yang kita sukai bisa jadi bentuk cara kita mencintai diri sendiri. Aku biasanya juga traveling, nulis, dan sesekali olahraga. Efeknya ke kesehatan fisik dan mental kerasa banget. Nah, menjaga pola makan nih yang masih sulit. Suka banyak godaannya, haha...

    BalasHapus