Langsung ke konten utama

Inilah Caraku Mencintai Diri Sendiri


‌Katanya bulan Februari itu bulan penuh cinta, tapi menurutku bulan Februari sama saja dengan bulan yang lainnya karena setiap bulan bahkan setiap hari sebenarnya juga penuh cinta. Ngomongin cinta jadi pengen banyak curhat tentang kisah cintaku, tetapi asal kalian tahu bahwa cinta itu tak hanya sekedar bersenang-senang bersama pasangan. Tetapi cinta itu global, ada cinta terhadap sang Pencipta, cinta terhadap sesama manusia, cinta terhadap anak alam dan makhluk ciptaan Tuhan lainnya hingga cinta terhadap diri sendiri.

Sudahkah kita mencintai diri sendiri?

‌Sebuah pertanyaan yang mungkin kita sendiri masih bingung untuk menjawabnya. Karena mencintai diri sendiri itu sangat rumit. Hanya orang-orang yang peduli akan dirinya sendiri yang mampu melalukan nya. Jadi kalian sudah termasuk orang yang peduli akan diri kalian sendiri apa belum? 

Bagaimana cara mencintai diri sendiri?

‌Sebenarnya banyak cara untuk mencintai diri kita sendiri, seperti melakukan hal-hal yang kita minati juga sudah termasuk mencintai diri sendiri. Tetapi jangan asal melakukan sesuatu yang kita sukai yang bisa membuat kita menderita seperti minum alkohol narkoba free sex dan sebagainya, namun apa yang kita lakukan juga harus kita pikirkan manfaatnya untuk diri kita sendiri. 

‌Inilah Caraku mencintai diri sendiri 

‌Setiap orang pastinya memiliki kecintaan pada sesuatu yang berbeda-beda, karena manusia diciptakan dengan selera yang berbeda-beda. Dan inilah caraku mencintai diri sendiri dengan melakukan hal-hal berikut ini : 

1. Travelling

‌Salah satu cara mencintai diri sendiri yang sering aku lakukan yaitu dengan travelling, karena menurutku dengan travelling aku bisa menenangkan jiwa dan membuat pikiran menjadi tenang, apalagi  travelling ke alam bebas, ini sangat baik untuk merefresh pikiran yang terbiasa dengan penatnya aktivitas sehari-hari. Dengan travelling aku juga bisa mendapatkan banyak inspirasi dan tentunya berbagai pengalaman yang sangat luar biasa.

‌Salah satu tujuan travelling yang sering aku kunjungi yaitu pantai, karena Indonesia negara kepulauan sehingga mempunyai banyak pantai yang cantik dan masih alami. Di pantai juga banyak hal yang bisa kita lakukan seperti bermain air, snorkeling, hingga melihat sunset dan sunrise. Dengan travelling kita juga bisa menjadi lebih mandiri dan tidak ketergantungan pada sesuatu, karena travelling mengajarkan diri kita untuk menjadi pribadi yang tangguh dan pantang menyerah. 

2. Menulis


Menulis merupakan salah satu kegiatan yang aku sukai, karena dengan menulis kita bisa mengolah rasa, pikiran dan hati. Selain itu menulis juga bisa membuat kita menjadi lebih pintar, sehingga menulis termasuk kegiatan yang paling aku sukai. Selain itu dengan menulis, waktu yang kita punya akan menjadi semakin bermanfaat, kita juga jadi terhindar dari hal-hal negatif karena waktu yang kita gunakan untuk hal-hal yang positif. Dan saat ini menulis juga tidak hanya bisa menjadi sekedar hobi, tetapi juga bisa menambah penghasilan kita karena sekarang banyak orang mencari informasi lewat tulisan di internet. 

3. Olahraga
‌ 

Mencintai diri sendiri itu susah, karena kita harus peduli dengan diri kita sendiri. Kita tidak bisa melakukan hal-hal yang kita cintai jika tubuh kita tidak sehat. Dan salah satu wujud cinta terhadap tubuh ini yaitu dengan olahraga, karena olahraga banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita. Banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan mulai dari yang sederhana seperti lari,senam, bersepeda hingga renang. Ataupun olahraga yang membutuhkan tenaga dan biaya yang extra seperti gym, sepak bola, futsal, badminton dan masih banyak lagi. 

Jika kita masih malas dan enggan untuk berolahraga berarti kita belum bisa peduli dan mencintai lesehan kita sehingga kita termasuk orang yang tidak mencintai diri kita sendiri. Ingat, bahwa kesehatan adalah kunci kebahagiaan, jika tubuh kita sehat tentunya kita akan bisa melakukan hal-hal yang kita sukai sehingga bisa membuat kita bahagia. Akan tetapi sebaliknya jika tubuh kita tidak sehat, kita tidak bisa apa-apa bahkan hingga membutuhkan biaya yang besar untuk berobat. 
4. Menjaga pola makan

Untuk bisa memiliki tubuh yang sehat sepertinya olahraga saja tidak cukup, kita juga harus mengatur pola makan yang sehat. Karena sebenarnya sumber penyakit itu datang dari makanan-makanan yang tidak sehat seperti makanan yang banyak mengandung lemak jahat, minyak, kolesterol dan santan. Jadi kita harus mengatur pola makan yang baik dengan cara memperbanyak minum air putih, memperbanyak makan bini-bijian karena banyak mengandung karbohidrat, selain itu kita juga harus memperbanyak makan buah dan sayur. Karena buah dan sayur banyak mengandung vitamin, gizi, protein dan mineral sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Jadi mulai saat ini, mari kita lebih peduli dengan diri kita sendiri terutama lebih peduli terhadap kesehatan tubuh kita. Karena peduli dengan kesehatan tubuh sudah termasuk mencintai diri kita sendiri. 

Komentar

Anugrahni mengatakan…
Aku setuju banget, Mas. Melakukan hal-hal positif yang kita sukai bisa jadi bentuk cara kita mencintai diri sendiri. Aku biasanya juga traveling, nulis, dan sesekali olahraga. Efeknya ke kesehatan fisik dan mental kerasa banget. Nah, menjaga pola makan nih yang masih sulit. Suka banyak godaannya, haha...

Postingan populer dari blog ini

Pesona Desa Wisata Malahayu dalam Ekowisata dan Edukasi

Aku sangat bersyukur lahir dan besar di Indonesia, karena Indonesia memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam, alam dan laut yang sangat indah, seni budaya yang sangat megah dan aneka kuliner yang siap memanjakan lidah.

Rasa syukur itu tak cukup hanya diucapkan lewat kata-kata, tetapi juga harus kita realisasikan. Dan wujud rasa syukur yang aku lakukan yaitu dengan menjelajahi negeri ini, melihat keindahan alam, menikmati kuliner tradisional, dan belajar tentang sejarah, seni dan budaya negeri ini. 



Perjalanan kali ini aku sangat tertarik untuk menjelajahi sebuah desa wisata di salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Brebes. Ini adalah pengalaman pertama ku menjelajahi Kabupaten Brebes, sebuah Kabupaten yang berada di ujung barat Pantura Jawa Tengah, yang selama ini hanya aku lewati ketika pergi ke Jakarta. 

Desa wisata yang akan aku jelajahi yaitu Desa Wisata Malahayu, sebuah desa yang memiliki keindahan alam yang memesona dan kearifan alam yang bersahaja. Desa Wisata Ma…

3 Desa Wisata di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi

Traveling itu gak selalu harus ke pantai, gunung ataupun ke tempat yang mempunyai pemandangan yang indah. Sesekali kita juga perlu traveling ke tempat yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Sejatinya banyak sekali tempat yang keren dan instagramable yang dapat menambah wawasan dan pengalaman kita, seperti museum, cagar budaya, desa wisata dan masih banyak lagi.

Selasa lalu aku bersama teman-teman mendapat undangan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten untuk mengikuti kegiatan jalan-jalan sambil mengexplore UMKM Unggulan Kabupaten Klaten, sebenarnya banyak sekali sentra UMKM di Kabupaten Klaten ini, tetapi karena waktu yang lumayan singkat akhirnya kami hanya mengunjungi tiga sentra UMKM Unggulan Kabupaten Klaten.

Nah jika kalian berkunjung ke Kabupaten Klaten Jawa Tengah, kalian bisa mampir ke desa wisata  yang baru saja aku kunjungi kemarin, ini dia "3 Destinasi Wisata Edukasi di Klaten yang Harus Kalian Kunjungi" :


1. Desa Wisata Melikan


Tempat yang pertama kami …

7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal, tanah kelahiranku yang selalu aku rindukan, karena banyak kenangan manis yang tak bisa dilupakan. Meskipun masih banyak orang yang belum tahu tentang Kabupaten Kendal, mungkin hanya orang - orang yang biasa mudik melewati jalur Pantura Jawa Tengah yang tahu. Namun Kabupaten Kendal ini memiliki banyak destinasi wisata alam ataupun buatan yang sangat indah dan menawan. 

Kabupaten Kendal ini letaknya di sebelah barat Kota Semarang, terletak di pinggir pantai utara Jawa dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Gunung Ungaran dan Gunung Prahu, membuat Kabupaten yang satu ini mempunyai banyak tempat wisata yang sangat memesona. Jika kalian lebaran tahun ini mudik lewat Kendal Jawa Tengah, kalian harus coba mampir untuk menjelajahi Kabupaten Kendal. Dan inilah 7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal Jawa Tengah:

1. CURUG SEWU

Destinasi wisata yang pertama yaitu Air Terjun Curug Sewu, sebenarnya di Kabupaten Kendal masih banyak sekali air terjun yang masih alami dan …