Pesona Pantai Balekambang Malang yang Tak Pernah Hilang




Pantai-pantai di Kabupaten Malang yang begitu indah dan memesona membuatku selalu ingin kembali untuk mengunjungi nya. Apalagi di Kabupaten Malang terdapat puluhan pantai yang sangat eksotik dan menawan sehingga setiap wisatawan yang datang pasti tidak akan bisa move-on dan ingin kembali lagi. Setelah tahun lalu mengunjungi 5 pantai yang sangat memesona, kali ini aku ingin menjelajahi pantai lain yang juga tak kalah indahnya yaitu Pantai Balekambang.

Baca juga : 5 Pantai Terindah di Malang yang Harus Kalian Jelajahi 


Pantai yang satu ini memang sudah terkenal hingga ke seluruh pelosok nusantara, karena di pantai ini terdapat sebuah Pura yang terletak di atas batu karang sehingga sangat mirip dengan Tanah Lot yang ada di Bali. Pantai Balekambang ini juga termasuk salah satu pantai  pertama di Kabupaten Malang yang dijadikan tempat wisata. Pantai yang begitu eksotik ini mulai banyak dikunjungi masyarakat setelah adanya akses jalan masuk menuju Pantai Balekambang yang baru dibuka pada tahun 1978.


Secara resmi Pantai Balekambang dijadikan sebagai destinasi wisata oleh Pemerintah Kabupaten Malang pada tahun 1985, semakin tahun wisatawan yang datang ke Pantai Balekambang semakin meningkat sehingga menjadikan Pantai Balekambang sebagai salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Malang yang harus dikunjungi.

Rute & Lokasi Pantai Balekambang


Untuk menuju Pantai Balekambang ini sangatlah mudah karena Pantai Balekambang ini termasuk salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Kabupaten Malang sehingga banyak petunjuk arah menuju ke Pantai Balekambang. Dari pusat Kota Malang menuju ke Pantai Balekambang jaraknya kurang lebih 56 km atau 2 jam perjalanan. Untuk menuju ke sana kalian harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang bisa sampai ke Pantai Balekambang.

Buat kalian yang pergi ke Malang menggunakan pesawat, bus atau pun kereta api, kalian jangan khawatir karena di Kota Malang banyak persewaan motor dan mobil yang bisa kalian gunakan. Kebetulan aku kemarin sewa motor dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp.75.000 untuk 24 Jam, kalian bisa hubungi WA : 08999609267 untuk pesan terlebih dahulu, agar nanti bisa diantar di tempat sesuai perjanjian seperti di stasiun ataupun terminal.


Pantai Balekambang ini terletak di Dusun Sumber Jambe Desa Srigonco Kecamatan Bantur Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Dari pusat Kota Malang kalian bisa ambil arah selatan menuju Gondanglegi, sebenarnya ada beberapa jalur namun yang paling cepat dan efektif lewat Gondanglegi, setelah sampai Gondanglegi kalian tak perlu khawatir lagi karena jalur menuju pantai hanya satu jadi semakin mudah, setelah melewati Gondanglegi jalan yang akan kalian lewati sedikit berkelok dan ada satu tanjakan yang cukup  menikung tajam namun jalan sudah cukup bagus.

Eksotika Pantai Balekambang
                  
 

Pertama kali akau datang ke Pantai Balekambang aku langsung jatuh hati, karena Pantai yang satu ini mempunyai garis pantai yang sangat panjang yaitu sekitar 2 kilometer. Hamparan pasir putih yang sangat luas serta air laut yang begitu jernih menjadikan Pantai Balekambang ini sangat istimewa. Ombak yang tidak begitu besar sehingga aman untuk bermain air laut membuat pantai yang satu ini menjadi incaran para wisatawan di saat musim liburan.


Untuk tiket masuk ke Pantai Balekambang hari biasa yaitu Rp. 10.000/orang dan jika akhir pekan / libur nasional yaitu Rp. 15.000/orang. Kebetulan aku datang pas libur panjang, jadi banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Pantai Balekambang, meskipun ramai wisatawan namun kita tetap bisa bermain dan menikmati indahnya Pantai Balekambang karena lokasinya yang sangat luas dan panjang. Degradasi warna hijau dan biru pada air laut di Pantai Balekambang mampu menghipnotis para wisatawan sehingga ingin berlama-lama di sini sambil menikmati udara pantai yang sejuk serta suara deburan ombak yang syahdu.


Salah satu keunikan Pantai Balekambang yaitu di pesisir ini terdapat tiga batu karang besar batu karang tersebut atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya pulau karena memang mirip dengan sebuah pulau. Ada Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni dan Pulau Ismoyo. Dari sisi barat Pantai Balekambang terlihat sebuah jembatan panjang yang menghubungkan ke Pulau Ismoyo, yang mana di atas Pulau Ismoyo terdapat sebuah pura yang berdiri kokoh dan megah. Pura ini biasanya dijadikan tempat berlangsungnya Upacara Suro’an (Surohan) dan Upacara Jalanidhi Puja yang mana upacara tersebut merupakan upacara umat Hindu yang secara khusus dilaksanakan di Pantai Balekambang.


Untuk masuk ke kawasan Pura di Pulau Ismoyo ternyata tidak semua orang boleh masuk, karena tempat ini termasuk tempat yang sakral. Dan yang tidak boleh masuk ke kawasan Pura di Pulau Ismoyo ini yaitu “wanita yang sedang menstruasi dan keluarga ada yang meninggal sebelum 7 hari” Semoga para wisatawan bisa mematuhi peraturan tersebut.

Fasilitas di Pantai Balekambang


Berbagai macam fasilitas di kawasan Pantai Balekambang sudah tersedia, mulai dari kamar mandi, toilet, penginapan, restoran, warung, toko oleh-oleh, hingga mushola semuanya ada di sini. Jadi tak perlu khawatir lagi jika berwisata di Pantai Balekambang ini karena fasilitasnya sangat komplit sekali. Dan yang paling unik ketika akhir pekan ataupun libur nasional karena ada pasar rakyat yang mana para masyarakat sekitar berjualan aneka hasil laut, pertanian hingga perkebunan, jadi semakin ramai tentunya, dan harganya juga terjangkau sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Di Pantai Balekambang ini juga ada beberapa fasilitas permainan seperti ayunan, spot selfi, ATV dan Flying Fox. Uniknya flying fox di sini melintasi laut yang dimulai dari Pulau Ismoyo hingga daratan sehingga sangat menguji adrenalin. Flying Fox di Pantai Balekambang ini dibangun sejak tahun 2012 dan hanya buka setiap akhir pekan saja. Itulah keindahan dan fasilitas yang ada di Pantai Balekambang yang bisa kalian nikmati bersama keluarga atau pun sahabat.




























40 Komentar

  1. Suasananya kayak di Bali ya Zein, semoga situasi aman kembali, aku pengen banget ajak bocah main ke pantai ini..seru deh pasirnya putih dan bersih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin, iya mbak mirip di Bali. Cocok banget buat wisata bareng keluarga, kak Nailah pasti seneng kalo diajak ke sini

      Hapus
  2. Uhuiii senangnya sudah sampai sini
    Pantainya indah sekali Kakak, semoga ak bisa dolan rene ahh

    BalasHapus
  3. Cakepnyaaa.. Sudah lama ingin menikmati keindahannya tapi blm juga terwujud, dan siang ini makin mupeeeng setelah baca post ini. Thx Zain, sudah berbagi keindahannya..

    BalasHapus
  4. Malang banyak juga destinasi wisatanya, dan pantai balekambang ini salah satunya. Jadi ingin bermain di pantai lagi, semoga kondisi saat ini segera kondusif agar banyak lagi yang berwisata di pantai

    BalasHapus
  5. Wah larangannya jangan sampai dilanggar ya ini kadang takut lupa juga hahaha secara udah mau liat pantainya yang bersih itu.

    BalasHapus
  6. Pantainya amazinggg
    aku bolak/i denger cerita teman2 yg habis mantai ke sana
    sayangnyaaaa daku sampe detik ini blum pernah ke Balekambang

    BalasHapus
  7. aku belum pernah ke Malang tapi suka banget sama pantai, kapan-kapan boleh juga mampir kesini, ada tempat penjualan souvenir juga ya disini jadi mantai sambil belanja makin seru

    BalasHapus
  8. Indah banget weiiii. Harusnya April ini main-main ke Malang, syg ada corona. Semoga nanti bisa main ke pantai cantik ini luvvvv :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Corona segera hilang ya mbak biar bisa main ke Pantai Balekambang

      Hapus
  9. Aku baru tahu kalo Malang Ada pantai juga dan pantai nya memang benar-benar mempesona ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Malang itu pantainya banyak banget mbak, malah masih ada yg belum dikelola juga, masih alami bgt pokoknya

      Hapus
  10. Ya ampun.. auto kangen pengen ke pantai kak. Aku kalau ke Malang belum sampai pantainya huhu. Kalau keadaan sudah membaik aku mau banget ke sini. Unik banget pantainya, ada semacam puranya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin semoga keadaan segera membaik biar bisa main ke Pantai Balekambang

      Hapus
  11. Wuih, nanti kalau ke Malang harus ke sini nih, seru banget kayaknya. Saya biasanya ke Batu ke klu ke Malang, nanti ke sini ah... Makasih sharingnya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekali kali main ke Malang bagian selatan pasti gak akan nyesel.

      Hapus
  12. Udah pernah kesana, udah lama sih. Liat pantainya sekarang makin bagus dan terawat. Semoga selalu seperti ini ya biar kita jg bangga dengan wisata lokal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang makin tertata rapi dan peran masyarakat juga sangat penting dalam menjaga fasilitas dan kebersihan.

      Hapus
  13. Wah keliatan ramai ya..Aku saat ke sana lagi ga begitu padat. Cukup puas menikmati panoramanya
    Tapi jaraknya cukup lumayan kalau dari pusat kota Malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan jauh kalau dari Kota, tapi meskipun jauh akan terbayarkan oleh indahnya Pantai Balekambang

      Hapus
  14. Ampuunnn kangennya sama jalan-jalan hihihi.
    Saya baru sekali ke pantai Balekambang, itupun sudah lama, 6 tahun lalu deh kalau nggak salah dan udah kangen banget pengen ke sana lagi.
    Sayang virus ini masih betah berkeliaran :)

    BalasHapus
  15. Duuh indah banget pantainya. Makin ngidam vitamin sea deh baca artikel ini. Btw kak kalau boleh saran, ini kan saya baca artikelnya dari laptop. Foto=fotonya terlalu kecil, padahal pemandangannya sangat indah untuk dinikmati. Mungkin bisa diatur jadi "X-large". ^_^

    BalasHapus
  16. Wah jadi kangen mantai nih.Emang bener mantai tuh vitamin SeA banget ya ..
    Semoga wabah ini cepat berlalu dan bisa mantai lagi

    BalasHapus
  17. Saya sering nih denger tentang indahnya Pantai Balekambang tapi saya sendiri belum pernah ke sana, kayanya bisa banget ini ya buat masuk list untuk jalan-jalan kalau lagi ke Malang

    BalasHapus
  18. Di beberapa foto, bangunan latarnya ada yang seperti bangunan-bangunan pura di Bali ya mas?
    Berasa di Bali hehe

    BalasHapus
  19. Mirip Tanah Lot. Saya kira destinasi wisata di Malang cuma ke arah Batu yang merupakan wisata pegunungan. Ternyata pantai juga ada ya. Komplit ini mah.

    BalasHapus
  20. Mas Zein, kukira malang itu cuma ada wisata dataran tinggi kayak batu malang . Rupanya ada pula pantai di malang. Lengkap banget wisata malang ya mas Zein

    BalasHapus
  21. Ya ampun mas, pas liat foto sekilas tadi aku kira lagi di bali. Eh ternyata Pantai Balekambang ini di Malang. Btw masuknya masih murah ya 10rb di weekday dan 15rb weekend.

    BalasHapus
  22. Karena aku asli Kediri, maka sudah pernah ke Pantai Balekambang ini. Tapi waktu SD dan SMP dulu... Dah puluhan tahun berlalu...huhuhu. Sekarang sudah sekeren ini. Nanti pas mudik Kediri pengin ah ke Balekambang lagi. Penasaran!

    BalasHapus
  23. Wow indah sekali Pantai Balekambang di Malang inii... pantainya aduduuh bikin pingin nyemplungin kaki-kaki yg udah lama gabut #dirumahaja deh hihi... eitt patuhi seruan pemerintah ya... hihi... nice share Mas Zain

    BalasHapus
  24. Saya kok baru tahu ya, di Malang ada pantai. Saya pikir nggak ada lho. Ini mirip di Bali ya pantainya. Jadi pengin ke sana.

    BalasHapus
  25. Wah, lintasan flying fix-nya berarti panjang banget, ya. Seru, nih. Melewati air juga dong, ya. Kayaknya jarang nih ada pantai yang memanfaatkan flying fox sebagai permainan tambahan.

    BalasHapus
  26. Pantainya indah banget ya, airnya juga tampak jernih, duh jadi pengen mantai nih, blom pernah ke Malang, biar sekalian jelajah Malang ya

    BalasHapus
  27. Astaga. Saya kurang piknik berarti. Selama ini cuma tahu kota Malang kalau bukan Bromo yah air terjun. Tidak tahu kalau ada pantainya. Semoga pas ke Malang lagi bisa ke pantai Balaikambang.

    BalasHapus
  28. Wah saya baru tahu nih ada pantai Balekambang di Malang... Boleh deh jadi wishlist saat nanti tiba waktunya berkunjung ke kota wisata yang satu ini

    BalasHapus
  29. aku sering ke malang, tapi belum ke pantai ini. lebih tepatnya belum sempat mampir situ

    BalasHapus
  30. saya pikir di bali
    kece banget
    apalagi ada puranya gt
    persis mirip ya

    jd penasaran ke sana langsung tuk liat keindahannya

    BalasHapus
  31. Pantai Balekambang ini emang populer ya, sayangnya pas liburan ke Malang yang lalu gak ssmpat main ke pantai. Hanya ke Batu saja, soalnya waktunya gak cukup

    BalasHapus
  32. Aku ke malang udha pernah tapi belum eksplor terlalu jauh apalagi ke pantai2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau ke Malang lagi harus jelajahi pantainya, keren keren banget.

      Hapus