Semarak Gedong Songo Travel Mart 2020


Kabupaten Semarang pesona nya tak pernah hilang, karena Kabupaten Semarang mempunyai banyak destinasi wisata yang sangat indah. Udara yang sejuk nan damai membuat banyak wisatawan yang betah berwisata di Kabupaten Semarang. Salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Semarang yaitu Candi Gedong Songo, Candi yang dibangun pada abad ke-8 Masehi dan terletak di lereng Gunung Ungaran ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah.

Gedong Songo Travel Mart 2020 ini merupakan event travel mart pertama di Kabupaten Semarang yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari berbagai daerah hingga wisatawan mancanegara di Kabupaten Semarang. Nama Gedong Songo diambil sebagai event ini karena Candi Gedong Songo merupakan Ikon Kabupaten Semarang, sehingga dengan menggunakan nama Gedong Songo Travel Mart ini masyarakat akan lebih mudah mengingat event yang akan diadakan setiap tahun ini.


Kurang lebih ada 52 seller dan 130 buyer yang terlibat dalam acara keren ini, adapun untuk seller yaitu dari para pelaku wisata, hotel, restoran, desa wisata yang ada di Kabupaten Semarang seperti Hotel C3, Hotel Griya Persada, Aeo Hotel & Karaoke,  Hills Joglo Villa, The Wujil Hotel, Kusuma Hotel, Nuwis Hotel, Nugraha Lovina, Green Valley, Amanda Hills, Terra Casa, Citra Dewi Hotel Tamansari, Grand Panorama, Tlogo Resort & View, Hotel Kesambi Hijau dan masih banyak lagi.

Kemudian juga ada destinasi wisata seperti : Eling Bening, Umbul Sido Mukti, Taman Wisata Kopeng, Dusun Semilir, Saloka, Kampung Kopi Banaran, Cellosia, Iampel Gading Homeland, Wisata Apung Kampung Rawa, Banyumili, Taman Axelia, Sunrise Hill, Bukit Alam Sari, Desa Wisata Lerep, Ragentar Adventure, Zahra Outbond & Organizer dan masih banyak lagi.

Ada juga rumah makan dan pusat oleh-oleh yang turut memeriahkan Gedongsongo Travel Mart 2020 ini  seperti Rumah Makan Bawang Putih, Rumah Makan Cikal Gading, Gubug Makan Mang Engking, Restu Ibu  Catering dan Decoration, Rumah Makan Kudus Tempuran, Tahu Bakso Bu Puji,  UMKM Kabupaten Semarang dan masih banyak lagi. Adapun untuk buyer yaitu para pemilik tour dan travel dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat dan Jakarta.

Famtrip Gedong Songo Travel Mart 2020


Rangkaian acara Gedong Songo Travel Mart 2020 dimulai pada Tanggal 4 Februarai 2020 dengan famtrip mengelilingi destinasi wisata yang ada di Kabupaten Semarang, namun karena saking banyaknya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Semarang sehingga tidak cukup jika hanya satu hari saja. Dan rombongan peserta Gedong Songo Travel Mart 2020 ini dibagi menjadi 3 kelompok. Untuk kelompok pertama mengunjungi destinasi wisata yang berada di Kabupaten Semarang bagian selatan yaitu di daerah Kopeng yang meliputi Dusun Semilir Eco Park, Wisata Alam Kopeng, Kopeng Tree Top dan Desa Wisata Menari Tanon.

1.   Dusun Semilir Eco Park


Destinasi wisata yang pertama kami kunjungi yaitu Dusun Semilir Eco Park yang letaknya di Jl. Soekarno Hatta  No. 49 Bawen atau dekat Terminal Bawen dan Exit Tol Bawen Kabupaten Semarang. Destinasi wisata yang satu ini tergolong masih baru karena mulai dibuka pada tahun 2019 lalu, namun Dusun Semilir Eco Park ini sangat unik sekali karena mengusung konsep tradisional. Awal masuk kesini pasti kalian akan takjub dengan 5 kubah khas Dusun Semilir yang begitu instagaramable, dan didalamnya ada pusat oleh-oleh, pusat kerajinan, tempat makan yang tentunya sangat tradisional karena banyak sekali ornamen-ornemen yang ada disini yang terbuat dari bambu. 



Jam operasional Dusun Semilir Eco Park ini kalau weekdays mulai pukul 09.00 – 19.00 wib dengan tiket masuk Rp. 15.000, adapun untuk weekend mulai pukul 08.00-21.00 wib dengan tiket masuk Rp. 20.000. Agak masuk ke dalam kalian akan melihat lorong yang dihiasi dengan bambu dan di pinggirnya ada berbagai macam lapak pedagang yang menjual aneka kuliner tradisional hingga kuliner milenial. Suasana sejuk dan santai sangat terasa disini sehingga membuat betah para pengunjung.



Ternyata di bagian belakang sedang ada pembangunan wahana wisata terbaru yang kemungkinan akan selesai bulan Agustus 2020. Salah satu wahana wisata yang paling unik yaitu prosotan yang sangat tinggi sehingga bisa menguji adrenalin para pengunjung, dan untuk naik prosotan tersebut para pengunjung cukup membayar Rp. 10.000. Sepertinya sudah tak sabar menunggu semua wahana wisata di Dusun Semilir Eco Park ini resmi dibuka, jadi harap bersabar dan tunggu kejutan-kejutan dari Dusun Semilir Eco Park Bawen Kabupaten Semarang.

2.  Taman Wisata  Kopeng


Destinasi wisata yang kedua yang kami kunjungi yaitu Taman Wisata Kopeng, destinasi wisata yang satu ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Berada di ketingginan 1450 mdpl tepatnya di lereng Gunung Merbabu membuat Taman Wisata Kopeng mempunyai udara yang sangat sejuk sehingga sangat cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga ataupun teman-teman.

Secara geografis Taman Wisata Kopeng ini berada di Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Jawa Tengah, namun untuk menuju kesini ada dua jalur yaitu lewat Kabupaten Magelang dan Kota Salatiga. Karena Taman Wisata Kopeng ini terletak di pinggir jalan raya Provinsi penghubung Kota Salatiga – Kabupaten Magelang.


Taman Wisata Kopeng yang luasnya sekitar 4 hektar ini menyediakan berbagai macam wahana permainan yang bisa membuat liburan menjadi lebih menyenangkan seperti Taman Outbond, Water Park, ATV, Taman Bunga, Taman Bermain, Camping Ground, Paint Ball. Tak hanya itu saja, Taman Wisata Kopeng ini juga dilengkapi Penginapan, Coffe Shop & Restoran, Karaoke Family, Billiard, Gedung Pertemuan. Jadi Taman Wisata Kopeng ini sangat rekomended untuk acara outbond sekolah ataupun gathering kantor. 

3.   Kopeng Tree Top Adventure Park


Destinasi wisata yang ketiga yang kami kunjungi yaitu Kopeng Tree Top Adventure Park yang masih berada di kawasan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Hamparan pohon pinus yang sangat indah menjadi ciri khas Kopeng Tree Top Adventure Park karena destinasi wisata ini berada di kawasan hutan pinus lereng Gunung Merbabu. Kopeng Tree Top tak hanya menyajikan keindahan hutan pinus saja tetapi juga menyajikan aneka permainan yang bisa menguji adrenalin seperti Outbond, Zipcoster, Zorbing, Skiban, Caving, ATV, dan masih banyak lagi.




Di Kopeng Tree Top Adventure Park ini tak hanya menyajikan aneka permainan saja tetapi kita juga bisa melakukan camping bersama keluarga ataupun teman-teman, dan yang paling seru di Kopeng Tree Top Adventure Park yaitu ada kafe diatas pohon pinus. Ini sangat unik karena kita bisa makan dan minum di atas pohon pinus, tentunya sangat pesial sekali karena jarang ada café di atas pohon. Jadi bisa makan sambil menikmati pemandangan dari atas pohon pinus.

4.  Desa Wisata Menari Tanon


Destinasi Wisata yang keempat yang kami kunjungi yaitu Desa Wisata Menari Tanon, letaknya di Lereng Gunung Telomoyo atau lebih tepatnya di Dusun Tanon, Desa Ngrawan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Desa wisata yang satu ini sangat unik karena di sini para pengunjung akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman karena Desa Wisata Tanon konsep nya adalah laboratorium social yang mana memberikan edukasi tentang kehidupan di desa.


Nama Desa Wisata Menari ini diambil karena hampir kebanyakan warga disini adalah pelaku seni budaya dan para pengunjung ketika datang ke Desa Wisata Menari Tanon ini bisa melihat langsung aneka tari tradisional yang dilakukan oleh warga Tanon mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain itu para pengunjung juga bisa belajar menari sehingga bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang luar biasa. Tak hanya itu saja, para pengunjung bisa belajar tentang bertani dan berternak karena mayoritas warga Desa Wisata Tanon ini profesi nya adalah petani dan peternak.

5.   Saloka Theme Park 


Destinasi yang terakhir yang kami kunjungi  yaitu Saloka Theme Park. Destinasi wisata yang satu ini letaknya  di Jalan Fatmawati No. 154 Lopait, Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Saloka Theme Park ini resmi dibuka pada tahun 2019. Banyak sekali wahana permainan yang ditawarkan mulai dari permainan yang biasa hingga permainan yang extreme. Dan Saloka Theme Park ini merupakan wahana permainan terbesar di Jawa Tengah.

Untuk jam operasional Saloka Theme Park ini hari Senin-Kamis buka mulai pukul 10.00-18.00, hari Jumat buka mulai pukul 14.00-20.00 dan Weeken buka mulai pukul 10.00-20.00. Dan untuk tiket masuknya yaitu Weekdays Rp. 120.000 dan Weekend Rp.150.000 para pengunjung sudah bisa mencoba berbagai macam wahana permainan yang ada di Saloka Theme Park.


Selain bisa menikmati aneka wahana permainan, para pengunjung juga bisa melihat Rawa Pening dari ketiinggian wahana permainan Bianglala, dan yang special para pengunjung setiap weekend dan libur nasional bisa menyaksikan pertunjukan air mancur “Baru Klinthing Show” yang menceritakan Legenda Rawa Pening. Dan pertunjukan air mancur dengan tekhonlogi terkini ini merupakan yang pertama yang ada di Indonesia.

Table Top


Acara “Gedong Songo Travel Mart 2020” ini resmi dibuka di Saloka Theme Park oleh Bupati Kabupaten Semarang yaitu Dr. H. Mundjirin ES, Sp. OG dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah yaitu Bapak Sinung Nugroho Rachmadi. Setelah hari pertama para peserta Gedong Songo Travel Mart mengunjungi berbagai destinasi wisata di seluruh Kabupaten Semarang. Dan di hari kedua dilanjutkan acara Table Top (Transaksi antara seller dan buyer) yang bertempat di Geen Valey Villa Bandungan Kabupaten Semarang. Acara Table Top ini sangat meriah karena para seller banyak memberikan diskon dan bonus bagi para seller sehingga transaksi bisa berhasil. 

Acara travel mart ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Dan menurut Ibu Dewi selaku ketua panitia Gedong Songo Travel Mart 2020, acara travel mart yang diadakan di Kabupaten Semarang ini sangat sukses karena peserta yang ikut melampaui dari ekpekstasi. Dan sampai jumpa di Gedong Songo Travel Mart tahun selanjutnya.




2 Komentar

  1. Waaah lokasinya wisatanya banyak, jadi pengen ke sana juga. Huhuhu... Yang wisata Kopeng sepertinya menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuylah kesini lagi, 3 hari pasti bisa jelajahi banyak wisata.

      Hapus