Sensasi Kesegaran Air di Sendang Senjoyo


Kabupaten Semarang selalu memberikan cerita tersendiri, karena banyak destinasi wisata indah yang berada di Kabupaten Semarang yang bisa kita kunjungi. Berada di daerah lereng gunung Ungaran, Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo sehingga membuat Kabupaten Semarang mempunyai udara yang sangat sejuk dan suasana yang masih asri dan alami. Kali ini aku ingin mengajak kalian untuk menjelajahi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Semarang yang masih sangat alami  yaitu Sendang Senjoyo. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok buat kalian yang suka dengan tempat yang masih alami dan asri, karena Sendang Senjoyo ini berada di pedesaan.


Sendang Senjoyo ini merupakan sumber mata air yang masih sangat alami, dan terdapat beberapa kolam yang biasa digunakan masyarakat untuk kebutuhan mandi dan mencuci. Dahulu Sendang Senjoyo ini hanya dikunjungi oleh masyarakat kampung sekitar untuk kebutuhan mandi, mencuci dan ada juga digunakan sebagai sumber air untuk PDAM Kota Salatiga dan PDAM Kabupaten Semarang . Namun setelah beberapa foto tentang Senjoyo sempat viral di media sosial akhirnya banyak wisatawan  dari berbagai daerah yang berkunjung ke Sendang Senjoyo.

Lokasi Sendang Senjoyo


Mungkin sebagian orang mengetahui kalau lokasi Sendang Senjoyo ini berada di Kota Salatiga, namun sebenarnya secara letak geografis Sendang Senjoyo ini terletak di Kabupaten Semarang, lebih tepatnya di Desa Tegalwaton Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Karena letaknya di perbatasan antara Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang dan kebetulan pintu masuknya juga mudah lewat Kota Salatiga jadi banyak orang menganggap Sendang Senjoyo ini berada di Kota Salatiga.

Untuk menuju ke lokasi Sendang Senjoyo ini memang lebih mudah lewat Terminal Tingkir Salatiga atau dekat Exit Tol Salatiga. Kalian bisa lihat papan petunjuk ataupun memakai Goegle Maps. Jalan menuju Sendang Senjoyo juga sudah cukup bagus, setelah dari Terminal Tingkir kalian akan melewati perkampungan warga dan tidak jauh lagi kalian akan sampai di Sendang Senjoyo.

Sejarah dan Mitos Sendang Senjoyo


Sendang Senjoyo ini menurut kabar warga sekitar usianya sudah lama sekali, karena Sendang Senjoyo ini merupakan tempat yang sering digunakan oleh Jaka Tingkir atau Mas Karebet untuk bersemedi atau bertapa sebelum menjadi Abdi di Kerajaan Demak. Setelah itu Jaka Tingkir menjadi salah satu murid Sunan Kalijaga. Dan akhirnya Jaka Tingkir juga menjadi raja pertama di Kerajaan Pajang pada tahun 1549 -1582 dengan gelar Sultan Hadiwijaya. 


Sendang Senjoyo saat ini dianggap menjadi salah satu tempat yang cukup sakral karena banyak orang-orang dari berbagai daerah yang percaya jika mandi di Sendang Senjoyo akan mendapatkan berkah seperti sembuh dari penyakit ataupun keinginannya terkabulkan. Dan pada malam tertentu banyak orang yang berendam semalaman di Sendang Senjoyo agar mendapatkan berkah. Kepercayaan tersebut masih diyakini oleh beberapa orang agar terkabul keinginannya. Di kawasan Sendang Senjoyo ini juga terdapat juru kunci atau orang yang menjaga, karena di sini terdapat dua makan yaitu makam Ki Ageng Slamet dan Nyai Welas Asih. 


Jernihnya Air di Sendang Senjoyo


Berkunjung ke Sendang Senjoyo ini rasanya tak pernah membosankan karena tempatnya yang nyaman, sejuk dan airnya sangat jernih dan segar. Kali ini kedatanganku ke Sendang Senjoyo untuk kedua kalinya, dan pastinya kalau datang ke Sendang Senjoyo ini ada yang tak boleh dilewatkan yaitu mandi di kolam dengan air yang sangat jernih bersih dan menyegarkan.


Di Sendang Senjoyo ini ada 7 titik mata air dan ada beberapa kolam yang bisa digunakan untuk mandi, air di Sendang Senjoyo ini sangat jernih sekali, saking jernihnya sampai dasar kolamnya kelihatan tampak jelas dari permukaan. Beberapa kolam yang ada di Sendang Senjoyo ini juga mempunyai fungsi masing-masing, ada yang khusus untuk mandi, ada yang khusus untuk mencuci dan ada juga yang khusus untuk sumber air PDAM. Dan uniknya air di Sendang Senjoyo ini tidak pernah kering meskipun di saat musim kemarau panjang. 

                                            

Kolam paling selatan biasanya khusus untuk mandi, kolam nya cukup besar dan kedalamannya kurang lebih 150 cm, airnya sangat jernih sekali dan sangat segar, mandi di sini sangat menyenangkan karena kita bisa bisa menyelam dan  melihat dasar kolam dengan jelas, dasar kolam ini juga masih bebatuan jadi masih sangat alami sekali. Apalagi kawasan Sendang Senjoyo ini dikelilingi pohon-pohon yang sangat lebat sehingga menjadikan suasana semakin sejuk.

Bermain  Air dan Ikan di Sendang Senjoyo                            
                           
              
Di sebelah nya lagi ada kolam yang lebih luas, dan biasanya ini digunakan untuk mencuci. Yang spesial di kolam yang satu ini yaitu terdapat banyak ikan-ikan air tawar yang membuat semakin menarik, apalagi kita juga bisa berfoto-foto bersama ikan-ikan. Karena airnya sangat jernih membuat ikan-ikan di sini bisa terlihat secara jelas. Untuk bisa berfoto dengan kerumunan ikan syaratnya kalian harus memberi makanan, untuk itu kalian bisa membeli makanan ikan di warung-warung yang berada di kawasan Sendang Senjoyo. Ikan di sini sangat besar-besar sehingga sangat mengasyikkan jika bermain air sambil memberi makan ikan di sini.


Dan di sebelah barat kolam ikan ini terdapat kolam yang paling luas seperti danau, yang mana  kolam yang paling luas ini dijadikan sebagai tempat bermain karena ada sepeda air yang bisa kalian sewa untuk mengelilingi kola mini sambil menikmati pemandangan khas pedesaan yang masih sangat alami. Untuk bisa naik sepeda air kalian cukup membayar Rp. 10.000/15 menit.

      

Di kawasan Sendang Senjoyo juga terdapat sungai kecil yang airnya juga sangat bersih dan jernih, di sungai ini juga sering digunakan untuk mencuci dan mandi. Untuk fasilitas yang ada di Sendang Senjoyo ini sudah lumayan komplit, karena sudah tersedia warung-warung, toilet dan kamar mandi. Jika kalian mandi di Sendang Senjoyo diusahakan bungkus sabun atau bungkus shampo nya di buang di tempat sampah agar kawasan Sendang Senjoyo ini tetap bersih dan asri.



















47 Komentar

  1. Sendang senjoyo meskipun rame, tapi airnya tetap jernih ya mas. Gak butek sama sekali.. seru pastinya ya, mandi sambil dikelilingi ikan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di sini airnya jernih terus. Gak pernah butek sama sekali

      Hapus
  2. Kapan-kapan anterin aku lah ke sana, pengen berenang sama ikan-ikan juga. Kebayang sejuk dan alaminya kolam berendam ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaap, emang kapan mau ke Semarang lagi.

      Hapus
  3. Wah dapat info destinasi tambahan nih kalau pas ke Semarang.. Btw airnya jernih banget ya mas, ternyata ada kawasan asri jg di Semarang, selama ini kalau kesana koq ya hawanya panas

    BalasHapus
  4. Wah..Senjoyo makin cantiiik.. sudah lama nggak ke sana. Dulu jaman SMA sering kemping di sana.

    BalasHapus
  5. Seru banget nih mandi2 di sendang senjoyo, tempatnya juga memang masih asri ya, belum pernah ke Semarang sih, tapi jadi penasaran pengen kesana.

    BalasHapus
  6. Ya ampyun kak, liatnya bening ampe ikan ikan itu bermunculan. Kok kayak fans kamu itu ya pada datang hahahaha

    BalasHapus
  7. Melihat jernihnya air di Sendang Senjoyo, jadi berharap saat ini semoga cepat berlalu dari virus agar bisa ke sana

    BalasHapus
  8. Tempat yang harus aku datangin nih saat ke Semarang pas banget aku sering datang ke Semarang jenguk anakku ..tempat wisatanya alami bngt penuh keindahan alam yang asri

    BalasHapus
  9. Bakal jadi wishlist akhir taun nih, ya semoga corona mendukung dgn cara pergi jauh2 dr muka bumi.

    BalasHapus
  10. Semoga segera mendapatkan perhatian dari pemerintah ya, sehingga bisa dipercaintik dan menarik perhatian banyak pengunjung

    BalasHapus
  11. Wih airnya seger dan ada bisa berenang ma kikan pula. Anak2 kecil boleh nyemplung juga gak sih di sana?
    Jadi ini lokasinya di pinggiran Semarang gtu ya?
    Ternyata cukup bersejarah ya tempat wisata ini?

    BalasHapus
  12. seger banget ini.. kapan2 aku diajak kesini yaa.. rame2 kayak yang kemarin itu.. hehe

    BalasHapus
  13. Pemandangannya sangat alami sekali ya, Mas. Saya jadi pengin ke sana. Apalagi saya suka mandi-mandi tampan rupawan manjah hahaha. Jujur saya baru tahu wisata sendang Senjoyo ini. Apalagi makin mupeng ke sana, kerena baca riwayatnya.

    BalasHapus
  14. Baru tahu di Semarang ada yang bening-bening kayak gini dong, tahunya yang di pusat kota aja. Itu bawah sendangnya apa Kak? Lumpur apa udah dibeton?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heehe main ke Kabupaten Semarang dong banyak wisata alam nya jgn yg Kota Semarang terus. Itu bawahnya bebatuan kak

      Hapus
  15. Masha Allah jernih dan indah sekali Sendang Senjoyo ini, dengan berkunjung kesini kita jadi tau sejarah juga ya mba, smoga bisa ke Salatiga saat sikon sudah membaik

    BalasHapus
  16. Ya allah liat ini jadi pengen mandi hahaha. Kaya mandi di sungai jernih gitu ya mas, tapi kolam gak ada arus air yg bikin takut tenggelam
    Pasti asyik banget air jernih giniii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang aja disini gak bakal tenggelam soalnya gak dalam kok

      Hapus
  17. setuju, jangan lupa selesai seger-segeran mandi di Sendang Senjoyo, bungkus sabun dan shamponya dibawa pulang atau dibunga ke tempat sampat terdekat. Biar tetap bersih dan asri tempat ini. Ku melihatnya saja merasakan kesegaran airnya...wah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehee betul tetap menjaga kebersihan itu yg penting

      Hapus
  18. Saya udah kebayang itu mata airnya sesegar dan sejernih apa. Enak banget pasti mandi di sana. Apakah di sana juga ada penyulingan air minum? Mengingat sumber mata airnya sepertinya jernih dan bersiih banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya disini ada penyulingan air minum, jadi mandi disini serasa mandi pake air mineral.

      Hapus
  19. Jernih banget air Sendang Senjoyo ini ya mas, apalagi mandi sambil ditemani ikan. Duh, jadi pengen ke sana juga soalnya ini bakal jadi pengalaman baru banget bagi aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah kesini pasti gak bisa move on. Heeee hee

      Hapus
  20. Sendang Senjoyo cantik banget yak.Bener bener mesti dikunjungi kalo ada kesempatan ke semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuuus lah mampir ke Kabupaten Semarang karena banyak wisata alamnya, klo yg Kota Semarang lebih banyak bangunan heritage

      Hapus
  21. hwiiii keceee...dr tembalang jauh ga, mas? ada temen di tembalang, kali bisa dipaksa temani nanti kl ada kesempatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan deket klo dari Tembalang, apalagi lewat tol paling cm 30 menit.

      Hapus
  22. Hits banget ya gambar tol dengan latar gunung di Salatiga. Wah wisata airnya asik banget, kayanya sejuk dan seger banget kalau abis lelah nyemplung ke sana boleh nih kapan-kapan jadi pilihan jalan-jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejuk banget disini dan airnya seger banget kayak air mineral

      Hapus
  23. keren bangetzzz, sambil main air sambil dikelilingi ikan.
    Serasa penguasa kolam ya
    Anak-anak pasti suka nih wisata begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget buat anak2 dan orang dewasa ini mbak.

      Hapus
  24. Kok aku nembe ngerti tempat ini ya ampun kudet banget diriku. Airnya asli jadi enak ga kaya kolam renang ya bau kaporit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun bun kamu harus kesini, pasti Aito seneng apalagi banyak ikan. Ini dari sumber mata air jadi jernih No Kaporit

      Hapus
  25. Pastinya seru dan segar banget bisa main air sekaligus berenang bareng ikan-ikan. Airnya itu juga beniing banget. Bagus nih buat rekomendasi tempat wisata saat mudik lebaran.

    BalasHapus
  26. Pastinya seru dan segar banget bisa main air sekaligus berenang bareng ikan-ikan. Airnya itu juga beniing banget. Bagus nih buat rekomendasi tempat wisata saat mudik lebaran.

    BalasHapus
  27. Itu kolam dan pemandangan sekitarnya hijau semua ya? Bikin mata sejuk. Tinggal diperkotaan cari tempat yang kayak gini langka banget

    BalasHapus
  28. Waduduh melihat air bening di kolam dan sungainya, jadi pingin langsung nyebur. Apalagi udah lama social distancing nih nahan2 pengen liburan. Sendang ini artinya mata air kah Bang?

    BalasHapus
  29. Mas Zain... saya lihat foto masnya nyemplung di Sendang Senjoyo ini kok ngikut ngerasain kesegarannya...wahwah... semoga Covid-19 ini segera berlalu agar kita smua bisa berliburan lagii

    BalasHapus
  30. Main di sendang tuh emang asyik yaa. Apalagi airnya jernih dan segar.
    Asik ya skrg hampir semua tempat sendang/umbul ada ikannya, hahaha

    BalasHapus
  31. Bagus banget Sendang nya kak jernih gitu ya airnya bisa buat mandi lagi haduh kangen ngebolang liat yg seger dan hijau kayak Sendang Joyo nih ..efek dirumah aja wkwkk

    BalasHapus
  32. Jernih banget airnya. Ikannya aja pada keliatan gitu.
    Jujur suka takjub kalau baca-baca tentang sejarah terutama kerajaan di Indonesia.

    BalasHapus
  33. Kapan aku mbok jak rene well, apik meni akeh iwake meneh
    segerrr. Ndang sehat ndang waras.

    BalasHapus
  34. Duuhhh ... Jd kangen pengen plesiran. Liat bening nya air sendang senjoyo jd auto pengen nyebur. Semogs pandemic ini cepat berlalu yaa ..

    BalasHapus