Earth Day : Mari Jaga Bumi Agar Tetap Lestari


Setiap peristiwa pasti  mempunyai  sisi positif dan sisi negatif, seperti saat ini di tengah merebak nya pandemic COVID-19 tentunya banyak sekali yang terkena dampak dari COVID-19. Diantaranya banyak orang yang sakit, banyak orang dirumahkan dari pekerjaan, banyak orang yang usahanya sepi bahkan ada yang sampai gulung tikar. Namun itu hanya beberapa sisi negatif dari dampak COVID-19.

Kita juga tak boleh hanya melihat suatu peristiwa dari satu sisi saja, tentunya juga harus dari berbagai sisi. Dan dampak lain dari COVID-19 yang sangat positif yaitu terhadap lingkungan. Salah satunya yaitu berkurangnya polusi udara terutama di kota-kota besar sehingga kualitas udara menjadi semakin baik.

Selain itu juga emisi karbon dioksida turun secara drastis, dan menurut teori, polusi dan emisi karbon dioksida yang turun secara drastis ini merupakan perkembangan positif bagi bumi dan manusia yang hidup di dalamnya. Karena sejatinya bumi ini sudah lelah dengan semua efek yang dilakukan oleh manusia. Jadi menurunnya polusi dan emisi karbon dioksida ini merupakan sebuah hal yang sangat baik untuk kelestarian bumi.

Sejarah Peringatan Hari Bumi Se-Dunia

Pict by : @Hutanituid

Bumi yang kita tinggali saat ini dari tahun ke tahun keadaan nya kini sangat memprihatinkan, banyak hutan yang gundul, ekosistem laut yang rusak hingga kualitas udara yang sangat buruk. Hal ini membuat seorang pengajar lingkungan dari Amerika Serikat yaitu Gaylord Nelson turut prihatin dan akhirnya pada tahun 1970 dia membuat sebuah gerakan yang mana bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dan menjaga bumi.

Gaylord Nelson tergerak pada lingkungan setelah melihat daerah sekitarnya rusak karena tumpahan minyak besar-besaran pada tahun 1969 di Santa Barbara, California. Kemudian dia ingin memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang lingkungan.


Maka pada setiap tanggal 22 April diperingati sebagai “Hari Bumi Se-Dunia” . Peringatan Hari Bumi ini sebagai refleksi bagi kita semua agar kita semua lebih sadar untuk menjaga dan melestarikan Bumi. Dengan menjaga Bumi, kita akan bisa hidup dengan tenang dan aman, karena jika Bumi rusak maka akan banyak bencana alam yang akan terjadi seperti ; longsor, banjir, dan kekeringan.

Maka dari itu mulai ajarkan tentang kesadaran menjaga dan merawat Bumi sejak dini kepada keluarga dan orang-orang terdekat kita, kemudian kepada masyarakat luas. Agar Bumi yang kita tempati ini bisa tetap lestari sampai anak cucu kita nanti.

Inilah beberapa tips untuk menjaga dan merawat Bumi :

1. Menanam Pohon


Salah satu cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan merawat bumi yaitu dengan cara menanam pohon. Karena pohon sangat banyak sekali manfaatnya untuk Bumi diantaranya; menghasilkan oksigen, mengurangi polusi udara, mencegah banjir dan longsor, tempat menyimpan air hujan, mencegah perubahan iklim, sebagai tempat tinggal satwa dan masih banyak lagi.

Sebagai seorang yang peduli terhadap lingkungan aku juga ingin mengajak banyak orang untuk menanam pohon, karena semakin banyak pohon yang ditanam maka nantinya Bumi akan semakin baik, jadi mulai berinvestasi menanam pohon untuk masa depan.


Dan kegiatan yang pernah aku lakukan bersama teman-teman Karang Taruna yaitu menanam pohon bersama anak-anak sekolah dan para pemuda di kampung. Aku sengaja mengajak anak-anak dan para pemuda agar memberikan kesadaran terhadap lingkungan sejak dini, karena jika sejak dini diberikan edukasi yang baik maka nantinya jika dewasa kesadaran menjaga lingkungan itu tetap melekat di hati dan pikiran mereka.
      
    
     2. Menjaga Kebersihan Lingkungan


Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu kegiatan untuk menyelamatkan bumi, karena saat ini bumi sudah menampung banyak sampah yang dihasilkan oleh manusia. Dan salah satu wujud cintaku terhadap lingkungan aku juga mengajak teman-teman pegiat wisata untuk membersihkan sampah yang ada di sungai, karena kalau sampah-sampah ini tidak dibersihkan maka akan hanyut sampai ke laut dan bisa merusak ekosistem yang ada di dalam laut. 

3. Naik Kendaraan Umum 

Naik Bus Bersama Teman-teman

Naik kendaraan umum sepertinya terlihat sepele tetapi sebenarnya banyak sekali manfaatnya, diantaranya mengurangi kemacetan, selain itu ada lagi manfaat naik kendaraan umum untuk lingkungan yaitu mengurangi polusi udara. Karena saat ini banyaknya polusi udara yang disebabkan oleh maraknya penggunaan kendaraan pribadi, sehingga salah satu bentuk menjaga lingkungan yaitu dengan naik kendaraan umum.

4. Mengurangi Penggunaan Plastik


Belanja dengan membawa tas sendiri

Plastik sampai saat ini masih menjadi masalah yang paling krusial dalam urusan lingkungan, karena plastik sangat  susah untuk teruraikan, butuh waktu yang lama agar plastik bisa terurai bahkan harus menunggu hingga puluhan tahun, maka dari itu, untuk menyelamatkan bumi kita harus mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari seperti dengan berbelanja membawa tas sendiri, membawa tempat minum sendiri dan masih banyak lagi. Karena untuk mengurangi penggunaan plastik kalau bukan dimulai dari diri kita sendiri lalu siapa lagi.

Merawat Bumi dan Merawat Diri Sendiri


Merawat bumi memang hal yang sangat penting karena bumi adalah tempat tinggal kita yang harus dijaga dengan baik supaya bumi tetap aman dan nyaman untuk ditinggali. Namun selain merawat bumi, ada satu hal yang juga sangat penting yaitu merawat diri kita sendiri.

Dan ada beberapa cara untuk merawat diri sendiri diantaranya dengan olahraga, karena dengan olahraga tubuh kita akan tetap sehat dan daya tahan tubuh juga kuat sehingga tidak mudah terkena virus, meskipun di saat pandemic COVID-19 seperti saat ini tetapi tidak menghalangi kita untuk tetap berolahraga karena kita juga tetap bisa berolahraga di rumah seperti, push up, senam dan masih banyak lagi.

Selain itu untuk merawat diri kita sendiri agar tetap sehat, kita juga harus memperbanyak makan buah-buahan. Dan salah satu buah yang baik untuk kesehatan yaitu Kurma Medjool karena banyak mengandung vitamin, mineral, dan protein untuk tubuh kita. Dan inilah manfaat buah Kurma Medjool.


1. Meningkatkan metabolisme karena Kurma Medjool mengandung vitamin B.

2. Meningkatkan Pertumbuhan karena Kurma Medjool mempunyai tingkat protein yang tidak terlalu tinggi tetapi kombinasi kalsium, kalium, dan magnesium bisa meningkatkan pertumbuhan.

3. Membantu pencernaan karena Kurma Medjool mempunyai kandungan serat yang tinggi bayangkan satu porsi Kurma Medjool mengandung lebih dari 6 gram serat makanan.

4. Mengatur tekanan darah karena Kurma Medjool mengandung kalium yang mana kalium adalah obat yang digunakan untuk melebarkan pembuluh darah agar aliran darah dapat mengalir dengan lancar.



2 Komentar

  1. Bumi mulai lelah karena tercemar polusi. Mngkin saat ini bumi adalah hal yg paling bersyukur akan adanya pandemi ini.

    Manusia kadang lupa, bumi juga butuh istirahat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak, ternyata pandemi ini membawa hikmah juga, bumi sekarang semakin membaik keadaannya dibandingkan sebelumya.

      Hapus