Yuk Wisata Religi ke Islamic Center Nusa Tenggara Barat



Pulau Lombok memang sangat terkenal akan keindahan alamnya, mulai dari pantai-pantai yang cantik hingga gunung yang menjulang tinggi nan eksotik semua ada di Pulau Lombok. Namun siapa sangka, Pulau Lombok juga mempunyai destinasi wisata religi yang tak kalah indah dan memesona yaitu Islamic Center Nusa Tenggara Barat.

Pertama kali aku berkunjung ke Lombok pada bulan Februari 2020 lalu, dan aku sangat kagum dengan suasana Kota Mataram yang ternyata sangat religius sekali. Aku kira di daerah luar Jawa islamnya belum begitu kuat karena memang dahulu Walisongo lebih berpusat di tanah Jawa dalam menyebarkan agama islam. Namun ternyata perkiraan ku salah besar, karena di Lombok ternyata masyarakatnya mayoritas beragama islam yang sangat taat.


Pantas saja Pulau Lombok ini mendapatkan julukan “Pulau Seribu Masjid” karena di Lombok sangat banyak sekali masjid yang berdiri megah dan sangat indah, masjid-masjid besar yang megah ternyata tidak hanya berpusat di Kota Mataram saja, tetapi hingga sampai pelosok daerah di Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara hingga Lombok Timur terdapat masjid-masjid besar yang begitu megah.

Kota Mataram ternyata merupakan salah satu kota yang sangat religius, tak hanya masyarakatnya yang mayoritas beragama islam saja namun di sini juga banyak masyarakat yang beragama Hindu, dan mereka hidup saling berdampingan dan saling menghormati  kepercayaan masing-masing, nuansa damai dan toleransi yang tinggi sangat terasa ketika di Kota Mataram.

Jika kalian berkunjung ke Kota Mataram jangan lupa untuk berwisata religi ke Islamic Center Nusa Tenggara Barat, karena bangunan ini juga sebagai icon Nusa Tenggara Barat dan juga terdapat masjid terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, jadi belum lengkap rasanya jika ke Lombok namun belum mampir ke Islamic Center Nusa Tenggara Barat.

Lokasi Islamic Center Nusa Tenggara Barat


Untuk menuju ke Islamic Center Nusa Tenggara Barat ini sangatlah mudah karena lokasinya berada di pusat Kota Mataram tepatnya di jalan Langko atau Kelurahan Gomong, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jaraknya kurang lebih 34 km dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid yang berada di Kabupaten Lombok Tengah.

Keunikan dan Kemegahan Masjid Hubbul Wathan


Di kawasan Islamic Center Nusa Tenggara Barat ini terdapat sebuah masjid terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu Masjid Hubbul Wathan. Kawasan Islamic Center Nusa Tenggara Barat ini dibangun sejak masa kepemimpinan Gubernur NTB yaitu TGB Zainul Majdi dan diresmikan pada 15 Desember 2013. Islamic Center NTB ini juga digunakan sebagai tempat acara MTQ  Nasional Ke-26 pada tahun 2016.


Masjid dengan sebagian besar berwarna kuning ini berdiri megah dan sangat indah, berada di lahan seluas 7,6 hektar dan bangunan masjid seluas 3,6 hektar membuat Masjid Hubbul Wathan ini termasuk masjid terbesar dan termegah ke-6 di Asia Tenggara. Sungguh sangat istimewa sekali masjid yang satu ini sehingga menjadi tujuan destinasi wisata religi yang harus dikunjungi.


Masjid Hubbul Wathon ini juga sangat unik sekali, arsitektur bangunan ini sangat kaya akan nilai budaya Nusa Tenggara Barat, hal ini terlihat dari kubah utama yang di desain dengan motif  Batik Sasambo (Batik khas Lombok) dengan warna yang begitu cerah yang setiap malam bisa menyala berwarna-warni. Meskipun masjid ini mempunyai nuansa tradisional yang sangat kental namun tetap mempertahankan nilai-nilai filosofis agama Islam.


Tak hanya luarnya saja yang sangat indah karena perpaduan warna kuning dan hijau yang menyatu, tetapi di dalam Masjid Hubbul Wathan ini juga desain nya sangat elegan, di langit ruangan ini terdapat hiasan batik dengan warna putih biru, lalu di sekeliling tembok dan tiang dicat  dengan warna keemasan sehingga membuat masjid ini semakin mewah.


Masjid yang mempunyai 4 menara sedang dan satu menara besar dengan setinggi 99 meter ini selalu ramai dikunjungi oleh jama’ah, dan bagi masyarakat Non-Muslim juga bisa mengunjungi masjid yang megah ini dengan syarat harus menutup aurot dan berpakaian yang sopan. Nuansa syariah memang sangat terasa sekali di kawasan Islamic Center ini dan yang paling unik lagi jika bulan suci Ramadan yaitu imam sholat tarawih didatangkan dari Negara-negara timur tengah seperti : Maroko, Yordania, Mesir dan lainnya.

Melihat Keindahan Pulau Lombok dari Atas Menara


Keunikan Masjid Hubbul Wathan yang lainnya yaitu masjid ini mempunyai menara yang terletak di depan masjid yang tingginya 99 meter, yang mana 99 dipakai karena seperti asmaul husna yang berjumlah 99. Untuk bisa naik ke atas puncak menara kita harus naik lift dan hanya cukup membayar tiket seharga Rp.5000/orang.


Dari atas menara masjid kita tak hanya bisa melihat semua sudut Islamic Center NTB saja tetapi kita juga bisa melihat indahnya Pulau Lombok, di sisi barat kita bisa melihat indahnya pantai, di sisi timur kita bisa melihat Gunung Rinjani, selain itu kita juga bisa melihat ratusan masjid-masjid yang berada di Kota Mataram yang begitu indah.

Fasilitas yang Ada di Islamic Center Nusa Tenggara Barat


Islamic Center Nusa Tenggara Barat ini tak hanya dijadikan sebagai tempat untuk beribadah saja, tetapi juga sering digunakan untuk kegiatan pengkajian Islam dan studi sejarah islam di Nusa Tenggara Barat. Dan fasilitas di Islamic Center NTB ini tak hanya ada masjid yang bisa menampung 15.000 jama’ah saja tetapi juga ada ballroom, parkir yang sangat luas, tempat penitipan sepatu /sandal, perpustakaan, taman bermain, menara Asma'ul Husna, area pendidikan, area pengkajian, area komersial, hotel syariah, sekretariat Islamic Center, hingga lift dan eskalator.


Itulah keunikan dan kemegahan Islamic Center Nusa Tenggara Barat yang bisa kalian jadikan refrensi untuk berwisata religi ketika liburan di Lombok, tak hanya bisa belajar dan beribadah tetapi kita juga bisa berfoto-foto karena tiap sudut di Islamic Center ini sangat instagramable dan cocok dijadikan sebagai spot foto.

2 Komentar

  1. berkali kali ke lombok tapi belum coba masuk ke masjid ini hehe
    megah banget dari luar dan daya tampungnya besar juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang banget dong kak, padahal masjid ini termasuk icon Lombok. Next harus mampir kesana kak.. Heeheeh

      Hapus