Travelling Asyik Tanpa Kantong Plastik

Mempunyai hobi menjelajah ke berbagai daerah merupakan sebuah anugerah yang harus disyukuri, karena dengan menjelajah ke berbagai daerah mulai dari pegunungan, pantai, pedesaan hingga perkotaan membuatku semakin mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang tak bisa dapatkan di bangku sekolah atau pun kuliah. Karena pada dasarnya aku selalu memegang prinsip “Bukan seberapa jauh perjalanan yang kau tempuh, namun seberapa banyak kau mendapatkan pelajaran dari perjalanan tersebut”.

Setiap kali mengunjungi berbagai daerah, aku selalu menjumpai satu masalah yang sampai saat belum bisa terselesaikan yaitu SAMPAH PLASTIK. Masalah sampah plastik ini tidak bisa terselesaikan hanya dengan peran pemerintah saja tanpa adanya kesadaran masyarakat, karena masyarakatlah yang sangat berperan penting dalam meminimalisir penggunaan plastik. Maka dari itu mari kita mulai dari diri sendiri, dari saat ini untuk berperan aktif dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia

Sampah plastik merupakan salah satu sampah terbanyak yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari penggunaan kantong plastik, botol plastik, sedotan plastik, bungkus makanan plastik dan masih banyak lagi. Dan yang paling menyedihkan, Indonesia menduduki peringkat kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia setelah Tiongkok. Pada tahun 2019 saja Indonesia menghasilkan 67 juta ton sampah plastik, hal ini seharusnya menjadi instrospeksi diri bagi kita semua karena sebagai warga Negara Indonesia tentunya kita juga terlibat sebagai penyumbang sampah plastik yang bisa merusak lingkungan hidup.

Tahukah kalian? Bahwa setiap tanggal 3 Juli diperingati “Hari Anti Kantong Plastik Sedunia” Hal ini bertujuan untuk mengajak seluruh warga di dunia agar mengurangi penggunaan kantong plastik karena saat ini sekitar satu juta ton kantong plastik digunakan di seluruh dunia setiap menit nya, sementara itu kantong plastik memerlukan waktu hingga ratusan tahun agar bisa terurai dan ini merupakan ancaman yang sangat besar bagi lingkungan.

Memang kehidupan manusia tidak bisa terlepas akan penggunaan plastik termasuk kantong plastik, namun setidaknya kita semua bisa meminimalisir penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari termasuk ketika sedang travelling. Dan inilah cara ku agar travelling tetap asyik tanpa kantong plastik dan sampah plastik :

      Membawa Tote Bag

Yang pertama yaitu selalu membawa tote bag setiap travelling, karena setiap kali travelling pasti kita selalu berbelanja baik itu belanja untuk kebutuhan saat travelling seperti makanan atau pun keperluan lain nya. Dengan selalu membawa tote bag tentunya bisa menjadi solusi agar kita tidak menggunakan kantong plastik ketika berbelanja. Cara ini sangat efektif untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik karena saat ini sampah plastik yang paling banyak diantaranya dihasilkan dari kantong plastik.

     Membawa Botol Minum Sendiri


Yang kedua yaitu selalu membawa botol air minum sendiri setiap kali travelling, karena ketika travelling pasti kita selalu membutuhkan air minum, apalagi jika kita melakukan perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan. Karena tubuh kita 70%  membutuhkan air. Membawa botol minum sendiri merupakan cara yang cukup efektif untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai, selain itu kita juga bisa menghemat uang dengan tidak membeli air minum yang menggunakan botol plastik, jika air yang ada di botol minum yang kita bawa habis, kita hanya perlu mengisi air lagi dengan membeli air saja di warung yang tentu harganya lebih murah.

    Membawa Sedotan Stainless

Yang ketiga yaitu selalu membawa sedotan stainless, sebenarnya ini berlaku buat kalian yang terbiasa minum dengan memakai sedotan, karena hampir di semua tempat makan atau pun warung biasanya hanya menyediakan sedotan plastik, maka dari itu kita harus selalu membawa sedotan stainless agar bisa mengurangi penggunaan sedotan plastik, selain itu jika kita malas membawa sedotan stainless, maka kita bisa minum langsung tanpa menggunakan sedotan sama sekali, dan cara ini biasanya sering aku pakai karena lebih sederhana dan tentunya juga bisa mengurangi penggunaan sedotan plastik.

Itulah cara ku dalam berperan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, karena sebagai manusia  yang peduli terhadap lingkungan kita harus melakukan hal yang sederhana namun mempunyai dampak yang luar biasa salah satunya dengan tidak menggunakan kantong plastik. Jika semua orang menggunakan kantong plastik ketika berwisata, pasti  tempat wisata tersebut tidak akan nyaman jika kita kunjungi karena terdapat banyak sampah plastik yang sangat merusak lingkungan.

 

 


2 Komentar

  1. IyaaZ, aku juga ngedukung banget gerakan meminalisir penggunaan plastik.

    Karena tau banget kalau limbah plastik sangat-sangat merusak alam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama dong kak, emang harus dimulai dari diri sendiri sih untuk mengurangi penggunaan plastik, dan mulai dari sedikit biar bisa menjadi kebiasaan yang baik.

      Hapus