Menjelajah Dusun Semilir Kabupaten Semarang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru



Sejak Covid-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret 2020, aku selalu berada di rumah, karena memang pada saat itu pemerintah menginstruksikan agar semua masyarakat selalu berada di rumah agar semua masyarakat tidak tertular Covid-19. Namun selalu berada di rumah rasanya pasti sangat membosankan, apalagi bagi orang-orang yang mempunyai hobi traveling, pasti rasanya sangat tersiksa, tetapi kita tetap harus bersabar untuk tidak berwisata dahulu demi kepentingan bersama. 

Hampir 6 bulan tak bisa melakukan kegiatan wisata, akhirnya pemerintah membuka lagi industri pariwisata di Indonesia, pastinya kita semua sudah sangat rindu untuk menjelajah ke berbagai destinasi wisata di Indonesia, namun kadang masih ada rasa takut untuk berwisata, nah jika di era adaptasi kebiasan baru ini kalian masih bingung ingin berwisata kemana? aku rekomendasikan agar kalian berwisata ke Kabupaten Semarang. Karena di Kabupaten Semarang sudah banyak destinasi wisata yang sudah menerapkan protokol kesehatan dan sudah lolos verifikasi yang diadakan Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang.

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Berwisata ke Kabupaten Semarang

Infografis by Siklimis.com

Inilah 7 alasan kenapa kamu harus berwisata ke Kabupaten Semarang :

1.     Aksesnya Mudah Dijangkau

Kabupaten Semarang yang berada di tengah-tengah antara kota-kota besar seperti Kota Semarang, Kota Solo, dan Kota Yogyakarta membuat Kabupaten Semarang mudah dijangkau dari segala arah. Meskipun Kabupaten Semarang tidak mempunyai bandara dan stasiun, namun tak perlu khawatir karena Kabuptaen Semarang sangat dekat dari Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Stasiun Poncol dan Stasiun Tawang Kota Semarang, kurang lebih 1 jam perjalanan. Apalagi saat ini di Kabupaten Semarang sudah terdapat jalan tol yang terhubung dari Jakarta dan Surabaya, sehingga mempermudah dan mempercepat perjalanan darat.

2.     Suasananya Sejuk dan Asri

Berada di daerah pegunungan membuat Kabupaten Semarang mempunyai udara yang sangat sejuk dan segar. Apalagi Kabupaten Semarang juga terdapat banyak gunung, seperti Gunung Ungara, Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo, sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk berwisata agar pikiran menjadi  lebih fresh dan  juga menghilangkan stress dari penatnya hiruk pikuk perkotaan dan kehidupan sehari-hari.

3.     Pemandangan Alamnya Sangat Indah

Keindahan alam Kabupaten Semarang memang tak perlu diragukan lagi, karena pesona alam Kabupaten Semarang sangat luar biasa. Apalagi di Kabupaten Semarang juga terdapat Rawa Pening, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, dan Gunung Telomoyo sehingga sangat cocok dijadikan tujuan berwisata.

4.     Banyak Destinasi Wisata yang Keren

Kabupaten Semarang memang sangat kaya akan destinasi wisata yang sangat keren, mulai dari wisata alam, wisata seni budaya, wisata sejarah, wisata kuliner hingga wisata buatan. Apalagi saat ini di Kabupaten Semarang juga terdapat  wahana permainan terbesar di Jawa Tengah, sehingga Kabupaten Semarang sangat rekomended untuk dikunjungi.

5.     Seni Budaya yang Beraneka Ragam

Kabupaten Semarang juga kaya akan seni budaya yang luhur, kurang lebih terdapat 595 kelompok kesenian yang tersebar di seluruh Kabupaten Semarang, selain itu Kabupaten Semarang juga mempunyai beberapa kesenian budaya seperti tari prajuritan, tari ning nong, tari reog krido santoso. Tak hanya itu saja, di beberapa desa juga masih sering diadakan kegiatan adat merti dusun, seperti di Desa Wisata Lerep, Desa Wiasata Sumogawe, Desa Wisata Tanon dan masih banyak lagi.

6.     Banyak Penginapan yang Nyaman

Tak hanya cukup sehari untuk menjelajahi keindahan Kabupaten Semarang karena banyak sekali destinasi wisata yang sangat istimewa di Kabupaten Semarang. Sehingga kalian harus menginap beberapa hari di Kabupaten Semarang, namun kalian tak perlu khawatir untuk urusan penginapan karena di Kabupaten Semarang terdapat banyak sekali penginapan yang bagus dan nyaman, mulai dari home stay, hotel biasa, hotel berbintang hingga resort.

7.     Kuliner Tradisionalnya Sangat Lezat

Wisata ke Kabupaten Semarang  tak lengkap rasanya jika tidak menikmati kuliner tradisional Kabupaten Semarang, apalagi kuliner tradisional Kabupaten Semarang beraneka ragam dan juga sangat lezat, diantaranya : Serabi Ngampin, Tahu Bakso, Kopi Sirap, Semur Enceng Gondok, Nasi Tonjok Desa Lerep dan masih banyak lagi.

Dusun Semilir Wisata Terbaru di Kabupaten Semarang

Dusun Semilir (Pict by : Siklimis.com)

Di era adaptasi kebiasan baru ini aku memilih jalan-jalan ke salah satu destinasi wisata terbaru di Kabupaten Semarang yaitu Dusun Semilir. Destinasi wisata yang sedang hits ini mulai buka pada akhir bulan Mei 2019. Bentuk bangunan Dusun Semilir ini juga sangat unik karena bangunannya mengusung konsep stupa Candi Borobudur dengan 7 buah stupa yang menjadi icon Dusun Semilir. Dan nama Dusun Semilir memiliki arti desa yang sejuk karena memang suasana di Dusun Semilir ini cukup sejuk dan asri.

Sebenarnya pada bulan Januari tahun 2020 sebelum pandemi masuk ke Indonesia aku sudah pernah main ke Dusun Semilir, namun pada waktu itu masih banyak wahana permainan dan spot foto yang belum jadi karena masih dalam proses pembangunan, jadi hanya ada pusat aneka kuliner, galeri aneka kerajinan dan pusat oleh-oleh. Dan setelah aku tanya ke petugas ternyata beberapa wahana permainan dan spot foto di Dusun Semilir akan jadi pada bulan Agustus.

Semenjak adanya pandemi COVID-19  yang masuk ke Indonesia, Dusun Semilir berhenti beroperasi karena memang harus mematuhi peraturan yang berlaku yaitu semua industri pariwisata tutup untuk sementara. Dan sebelum mulai dibuka kembali, Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang melakukan pemantauan dan verifikasi terkait kesiapan penerapan protokol kesehatan pada era adaptasi kebiasaan baru di beberapa destinasi wisata di seluruh Kabupaten Semarang termasuk Dusun Semilir, setelah itu diadakan uji coba operasional, akhirnya pada bulan Juli 2020 Dusun Semilir bisa beroperasi kembali dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat  dan Aman).

Lokasi Dusun Semilir

Dusun Semilir ini lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir jalan nasional penghubung Kota Semarang, Kota Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta No.49, Bawen, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Dusun Semilir juga dekat dengan pintu gerbang Tol Semarang-Bawen sehingga bisa mempercepat jarak tempuh jika kalian lewat jalan tol yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya.

Berwisata Aman di Dusun Semilir dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Infografis by : Siklimis.com

Protokol kesehatan di Dusun Semilir ini sangat diperhatikan karena demi keamanan dan kenyamanan wisatawan. Semua pengunjung yang ingin masuk ke Dusun Semilir ini diperiksa suhu tubuhnya satu demi satu pada saat masuk di pintu parkir, dan untuk antri tiket juga diterapkan jaga jarak dan dijaga sama petugas. Sebelum masuk ke dalam Dusun Semilir juga harus menggunakan hand sainitizer yang sudah disediakan di depan pintu utama.

Penerapan protokol kesehatan (Pict by : Siklimis.com)

Berbagai tulisan peringatan untuk mematuhi protokol kesehatan pun banyak dipasang di berbagai sudut, selain itu juga di setiap sudut terdapat banyak tempat untuk cuci tangan. Petugas pun melalui pengeras suara tak henti-hentinya memperingatkan kepada semua pengunjung untuk menjaga jarak dengan pengunjung yang lain dan juga memperingatkan kepada para pengunjung untuk tidak melepas masker selama berada di Dusun Semilir.

Menjelajah Dusun Semilir

Untuk bisa masuk ke Dusun Semilir ini kita harus membeli tiket seharga Rp. 20.000 dan ada juga tiket tiket terusan pada waktu itu Rp. 35.000 dengan fasilitas (free naik prosotan pelangi, naik kereta, diskon makanan dan satu botol air minum) Di era digital seperti saat ini, Dusun Semilir sudah menerapkan tiket online dan pembayaran secara non tunai guna mempermudah pengunjung dan tentunya agar mengurangi kontak secara langsung agar semakin aman dari berbagai virus. Sedangkan untuk jam operasional weekdays pukul 10.00-20.00 wib dan jika weekend atau libur nasional pukul 09.00-20.00 wib.

Pertama masuk ke dalam Dusun Semilir, mata kita kan disambut oleh pohon raksasa buatan yang begitu rindang yang dihiasi beberepa pernak-pernik properti foto, baru masuk saja sudah disambut spot foto yang instagramable, rasanya sudah tak sabar ingin berfoto-foto. Dusun Semilir ini memang sangat terkenal akan spot-spot foto yang unik dan instgramable, selain itu juga banyak wahana permainan dan fasilitas pendukung lainnya yang bisa membuat liburan kita menjadi lebih menyenangkan. Dan inilah beberapa wahana permainan dan fasilitas yang ada di Dusun Semilir

Galeri Warisan Indonesia

Selanjutnya aku melewati Galeri Warisan Indonesia yang mana disini terdapat berbagai kerajinan warisan nenek moyang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, seperti kain batik, kain tenun, kain lurik dan aneka kerajinan seperti tas, sepatu, baju yang terbuat dari kain-kain tradisional.  Melihat produk-produk yang keren ini membuat jiwa berbelanjaku meronta-ronta, apalagi aku sangat suka dengan aneka wastra nusantara.

Jembatan Senggol

Jembatan Senggol (Pict by : Siklimis.com)

Area Dusun Semilir ini sangat luas, dan aku pun melanjutkan untuk menjelajah Dusun Semilir bagian bawah, yang mana kita akan melewati jembatan jenggol, bangunan jembatan senggol menjadi penghubung antara bangunan satu dengan bangunan yang lain, jembatan senggol ini cukup unik  karena lantainya terbuat dari kayu dan atapnya terbuat dari anyaman bambu, tak lupa aku pun menyempatkan untuk foto-foto dahulu karena spot ini sangat unik dan menarik.

Perosotan Pelangi

Perosotan pelangi (Pict by : Siklimis.com)

Salah satu wahana permaianan yang menjadi favorit di Dusun Semilir yaitu Perosotan Pelangi, permainan yang bisa menguji adrenalin ini sempat viral di media sosial karena tingginya 30 meter dan panjangnya 150 meter serta ada 6 perosotan dengan warna yang berbeda, ada merah, ungu, hijau, kuning, jingga dan satu perosotan besar berwarna-warni. 


Untuk bisa naik perosotan pelangi ini kita cukup membayar Rp. 10.000 saja jika masuk tanpa tiket terusan, namun jika kita masuk dengan tiket terusan maka gratis untuk naik perosotan pelangi satu kali. Oh ya untuk naik perosotan pelangi ini batas maksimal berat badan yaitu 90 kg. Ternyata naik perosotan pelangi ini rasanya seru sekali karena dari atas kita bisa melihat semua arean Dusun Semilir, dan ketika perosotan meluncur ke bawah rasanya sangat menegangkan namun tetap asyik. Aku pun rasanya ingin naik perosotan pelangi lagi karena memang sangat menyenangkan.

Warna-warni Jalan Kenangan

Suasana di jalan kenangan (Pict by : Siklimis.com)

Setelah puas bermain perosotan pelangi, aku melanjutkan perjalanan, dan seketika aku takjub karena mata ini melihat sepanjang jalan dengan atap warna-warni dengan berjejer-jejer toko yang menjual souvenir dan kuliner di kanan kiri. Jalan kenangan ini mengusung konsep street market yang mana para wisatawan bisa berbelanja sambil menikmati kuliner di sepanjang jalan kenangan yang penuh warna-warni, bangunan toko-tokonya juga sangat unik, antara satu toko dengan toko yang lain berbeda bentuk sehingga bisa dijadikan spot foto juga.

Plataran Gunung

Suasana di Plataran gunung (Pict by : Siklimis.com)

Perjalanan selanjutnya aku menuju ke plataran gunung, aku pun kembali takjub karena di area plataran gunung ini aku bisa melihat pemandangan gunung-gunung yang sangat indah seperti Gunung Ungaran dan Gunung Telomoyo. Wah rasanya semakin bahagia karena di plataran gunung ini terdapat kursi duduk yang bisa kita gunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah, di plataran gunung ini juga terdapat panggung utama yang biasa digunakan untuk pentas musik.

Alun-alun Eropa

Indahnya alun-alun Eropa (Pict by : Siklimis.com)

Setelah bersantai sejenak sambil istirahat, aku lanjut jalan lagi menuju salah satu spot yang paling terbaru yaitu Alun-alun Eropa. Area yang satu ini memang sangat mirip dengan bangunan-bangunan di Eropa sehingga dinamakan Alun-alun Eropa, aku sangat bahagia karena serasa berada di Eropa karena ada bangunan seperti di Santorini Yunani, sungai seperti di Venisia Italia, rumah-rumah khas penduduk Belanda dan masih banyak lagi.

Aku tak akan melewatkan momen ini untuk berfoto-foto karena spot foto di Alun-alun Eropa ini sangat instagramable, saking asyiknya berfoto sampai aku tak tersadar jika kartu memoru di kamera ku sudah penuh, untung aku membawa kartu memori cadangan sehingga momen yang indah ini tidak terlewatkan begitu saja.

Sepoi-sepoi Pusat Aneka Kuliner

Tak terasa aku sudah 3 jam menjelajahi Dusun Semilir, dan rasa lapar pun mulai datang, tetapi tak perlu khawatir karena di bagian atas menuju jalan keluar ada area sepoi-sepoi pusat aneka kuliner, aku pun langsung menuju ke area tersebut dan menikmati aneka kuliner, dan kuliner disini sangat beraneka ragam, mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner internasional semua ada disini.

Pusat Oleh-oleh dari Berbagai Daerah

Pusat oleh-oleh (Pict by : Siklimis.com)

Sebelum pulang kita akan melewati area pusat oleh-oleh yang mana menyediakan berbagai produk jajanan dan minuman dari berbagai daerah di Jawa Tengah, hal ini  menurutku sangat efektif sekali untuk membantu para pelaku UMKM agar produknya bisa semakin laris terjual. Produk-produk UMKM yang ada di Dusun Semilir ini kemasannya sudah bagus-bagus dan tentunya juga sudah memiliki PIRT dan sertfikasi HALAL dari MUI.

Itulah keseruanku menjelajahi Dusun Semilir, sepertinya tidak cukup jika kita menjelajahi Dusun Semilir hanya satu atau dua jam saja, karena lokasinya yang sangat luas serta banyak spot-spot foto yang menarik dan aneka wahana permaianan yang keren. Pastinya berwisata ke Dusun Semilir ini tidak akan pernah membosankan, apalagi nantinya juga masih akan ada beberapa wahana permainan dan spot foto yang lebih spektakuler. Jadi ayo berwisata ke Dusun Semilir Kabupaten Semarang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Untuk informasi lebih jelas bisa hubungi :

www.dusunsemilir.com atau instgram @dusunsemilir WA :62811289068

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog “Wisata Kabupaten Semarang di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”
















25 Komentar

  1. Ya Allah.. Kangen ke Semarang. Hiks..
    Udah 6 bulan juga nggak piknik ke mana-mana
    Tapi saat lihat ini kok jadi ingin ke Semarang lagi,, apalagi belum pernah ke dusun Semilir. Memasuki era New Normal gini ternyata wisata-wisata di Kabupaten Semarang sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat ya.



    BalasHapus
  2. Eh pas famtrip kemarin km gak ikut di Dusun Semilir ya, kuy lah ke Kabupaten Semarang lagi, nnti tak anterin 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  3. Jadi kepengin main prosotan, soalnya waktu kesana sebelum Covid-19 prosotannya belum jadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah harus banget cobain prosotan ini, soalnya seru banget,

      Hapus
  4. Kota Atlas ini emang bikin kangen. Karena saya pernah tinggal setahun di sini sewaktu kecil dan setelah dewasa bolak-balik ke sana untuk berwista. Dan baru tahu kalau di sana sekarang ada Dusun Semilir, dari namanya saja sudah bikin pengen datang. Membayangkan hawa sejuk, melihat banyak wahana permainan, dan terutama bentuk bangunan seperti candi borobudur itu lho. Cakep pasti untuk background foto-foto :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau Dsun Semilir ini ikut yang Kabupaten mbak bukan yang Kota, jadi udah beda daerah meskipun namanya sama. Pokoknya di Kabupaten Semarang wisatanya lebih banyak dan indah-indah bgt

      Hapus
  5. Bagus ya Dusun Semilir. Menarik tempatnya. Banyak tempat buat foto-foto cakep. Jadi kepengen kesana deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Destinasi wisata yang lagi viral nih kang Aip, banyak spot yang instagramable, kuy ke Dusun Semilir kalo Covid dah hilang.

      Hapus
  6. Udah sering bolak balik semarang sejak 2005 tapi belum sebanyak ini jalan2nya. Masih di kota2 aja. Musti dicoba untuk menjelajah lagi nih.. after pandemi .. karena sekarang ortu strict banget larangan keluarnya 😗

    Dusun semilir ternyata bagus banget dan Instagramable. Musti bawa beberapa outfit nih buat foto seru hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo covid dah ilang pokoknya harus nyobain jelajah yang Kabupeten Semarang mbak, dijamin gak bakal nyesel karena wisatanya banyak banget dan keren-keren

      Hapus
  7. Ternyata ada Kota Semarang, ada juga Kab. semarang ya? Hihih... Baru tau saya.

    Bagus banget ternyata ya, banyak destinasi wisata juga di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak, sayangnya masih banyak yang ngira Semarang itu cuma Kota aja, padahal yang Kabupaten Semarang ini wisata alamnya lebih banyak dan lebih keren.

      Hapus
  8. Waaaah mas, itu perosotannya lgs aku jadiin inceran :D. Yg seru2 dan tinggi begitu aku selalu seneeeeng. Makin tinggi, makin tertantang utk nyobain. Tp itu dilapisin apa ya seluncuran ya? Kayak bulu2 ato kain ato benang? Apa ga malah memperlambat luncuran yaa?

    Semarang mah aku slalu lewat sbnrnya tiap kali mudik ke solo. Tapi ga prnh nginep. Paling cuma brenti beli lumpia hahahahah.

    Tapi sjk makin banyak wisata baru di sana , aku udh bilang Ama suami kapan2 ke solo, kita brenti bbrp malam gitu ke Semarang .biar puas kuliner dan lainnya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah harus banget nyobain wisata di Kabupaten Semarang mbak, kalo ke Solo lewat tol dekat banget sama exit tol bawen

      Hapus
  9. Waaah, Ujame ada rencana ke Semarang nih akhir tahun, in syaa Allah kondisi sudah aman yaaa :")

    Dan selama ini explore Semarang baru kotanya aja, ternyata di Kabupaten bun gak kalah cakepnya yaa...
    Banyak spot instagramable pula!
    Dan itu tuh, perosotan pelangi belum lama hitz di tiktok ya, penasaran di mana. Eh sekarang udah ketemu jawabannya di sini hehe

    Makasih mas, reviewnya keren!

    BalasHapus
  10. dulu sering banget bolak balik semarang dari 2012-2016 urusan kerjaan, tapi sayangnya jarang banget bisa jalan-jalan kecuali kulineran aja sekitar hotel, ternyata banyak juga ya destinasi wisatanya, dan wow colorful banget semua lokasi wisatanya ya, jaid bikin segar mata, duh pengen segera jalan-jalan, pengen nyobain ke Jembatan Senggol sama Perosotan pelangi bawa keponakan seru banget niy kayaknya

    BalasHapus
  11. Emang berwisata di Kabupaten Semarang itu paket lengkap, wisata apapun ada. Tp aku blm sempat ke Dusun Semilir nih, paling sering di Umbul Sidomukti yg udaranya sejuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bun Ajak Rara, Aufa main ke Dusun Semilir

      Hapus
  12. Wah bagus ya protokol kesehatannya Dusun Semilir Mas Klimis..jadi pengunjung merasa lebih aman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun, ketat banget protokol kesehatan di Dusun Semilir ini, jadi gak was was lagi

      Hapus
  13. Menariik sekaliii...
    Terpukau dengan wisata kabupaten Semarang yang sudah memenuhi protokoler kesehatan dengan baik. Semoga pengunjungnya pun mulai bertambah tetapi tetap rapi yaa..

    Itu prosotan pelangi sungguh bisa dipakai, kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosotan pelangi bisa dipakai untuk berat badan di bawah 90 kg.

      Hapus
  14. Astagaaaa. Indahnya Indonesia. Makin lama kota2 di Indonesia makin kreatif bikin berbagai tmpt wisata. Aku udh lama banget ga ke Semarang, rasanya rinduuu juga.

    Duh, semoga Corona segera musnah dr muka bumi spy kt bisa jalan2 lg menjelajah Indonesia. Amen.

    BalasHapus
  15. uwuwu aku belum ke sinihiks.Pengne perosotan pelangi tapi medeni oopo ora, aku takut ketinggian. Lumayan murah ya.

    BalasHapus