Inilah Manfaat Buah Pir yang Harus Kamu Ketahui


Lahir dan hidup di Indonesia adalah sebuah anugerah yang sangat luar biasa, karena Indonesia memiliki tanah yang sangat subur sehingga beraneka macam tumbuhan bisa hidup di Indonesia. Berbagai jenis sayuran, buah-buahan bisa kita dapatkan dengan mudah dan murah, mulai dari menanam sendiri hingga membeli di pasar tradisional atau pun pasar modern.

Mungkin masih banyak orang yang belum bersyukur akan hal tersebut, padahal jika kita melihat ke negara-negara yang memiliki tanah tandus disana hanya ada sedikit buah dan sayur yang bisa hidup karena tanahnya yang tandus. Otomatis untuk bisa menikmati buah dan sayur harus membeli dengan harga yang cukup tinggi.

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin, protein yang sangat mudah dicari di Indonesia, sehingga sebagai warga negara Indonesia seharusnya kita harus rajin mengkonsumsi buah dan sayur agar selalu sehat dan kuat.

Hari Buah Pir Sedunia


Hari Pir Sedunia dirayakan pada puncak musim buah pir selama awal Desember. Setiap tahun, perayaan ini dimulai selama akhir pekan pertama bulan Desember. Tujuannya adalah untuk mempromosikan semua jenis buah yang lezat ini ke seluruh dunia. 

Pir adalah buah yang berair dan manis yang telah ada sejak 5.000 SM. Karena keserbagunaan dan umur simpannya yang lama, pir menjadi komoditas yang sangat diinginkan di antara rute perdagangan dunia kuno. Amerika Serikat menjadi salah satu penghasil buah pir terbesar di dunia. Pir tersebar lebih di 24 negara termasuk Selandia Baru, Indonesia, India, Uni Emirat Arab, Meksiko, dll.  

Kandungan Vitamin Pada Buah Pir


Mengonsumsi buah pir pastinya bagus untuk kesehatan. Di dalam setiap buahnya, terkandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh. Buah pir sangat kaya dengan vitamin B, C, E, dan K.

Di samping itu, kamu juga akan mendapatkan asupan karbohidrat, protein, dan serat, zat besi, fosfor, seng, dan kalsium. Semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya organ-organ di dalamnya.

Disarankan untuk menyantap buah pir segar atau organik yang tidak banyak terkenal semprotan pestisida. Sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman olahan buah pir, seperti jus atau makanan kalengan. Banyak dari makanan tersebut sudah ditambah gula yang akan menimbulkan pengaruh buruk bagi tubuh.


Bila ingin memakannya langsung, potong saja kecil-kecil buah pir tersebut. Namun, jangan mengupas kulitnya karena di situlah banyak terkandung vitamin dan antioksidan. Untuk itu, cuci bersih dulu buah pir sebelum dikonsumsi.

Bila kamu membeli buah pir yang belum matang, ada caranya untuk membuatnya siap untuk disantap. Buah pir bisa matang sendiri saat berada di dalam suhu kamar. Kamu tinggal menaruh buah pir dalam satu mangkuk dengan pisang karena buah pisang bisa mempercepat buah lain matang.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh


Simak deretan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memakan buah pir. Mungkin setelah membacanya, kamu jadi semakin yakin untuk mengonsumsi buah pir secara rutin.

1. Bagus untuk pencernaan

Buah pir mengandung serat dan air yang bisa membantu menjaga organ-organ pencernaan di dalam tubuh. Mengonsumsi buah pir juga mampu melembutkan kotoran dalam tubuh sehingga mudah dikeluarkan.

Kamu yang mengonsumsinya secara rutin akan jauh dari penyakit sembelit. Buah yang satu ini mampu membantu melancarkan gerakan usus dan mengurangi rasa kembung di dalam perut.

2. Mencegah kanker


Antioksidan yang ada di dalam buah pir juga sangat kaya dan bagus untuk menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan. Memakan buah pir dengan kulitnya pun akan menambah asupan antioksidan ke dalam tubuh.

Antioksidan inilah yang bagus untuk menurunkan risiko kanker dan mencegah peradangan. Selain itu, buah pir juga mampu menjaga keseimbangan pH tubuh. Cocok untuk kamu yang doyan minum teh dan kopi untuk menekan keasaman dalam tubuh.

3. Mencegah diabetes

Sebuah studi mendukung bahwa buah pir bagus untuk mereka yang memiliki risiko atau orang yang mengidap diabetes. Orang-orang yang menyantap buah pir setiap harinya dinilai mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga pembentukan diabetes dalam tubuh berkurang.

Buah yang satu ini juga punya indeks glikemik yang rendah. Jadi, tidak masalah mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain itu, rasa manis alaminya juga mampu menahan rasa ingin menyantap makanan penutup yang manis.

4. Baik untuk kulit

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa buah pir punya kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Hal ini yang membuat buah pir sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Mengonsumsi buah pir pastinya bisa menjaga kekebalan kulit dari infeksi yang disebabkan lingkungan.

Antioksidan yang tinggi juga menjaga efek radikal bebas yang tubuh kamu terima setiap hari. Dengan begitu, kulit juga akan cepat mengganti sel mati dengan sel baru. Kamu pun akan terlihat awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

5. Menjaga kesehatan tulang

Tak banyak buah yang mengandung vitamin K dan zat boron yang bagus untuk kesehatan tulang. Selain itu, buah pir juga kaya akan kalsium, magnesium, dan fosfor yang bekerja untuk mencegah kerusakan tulang. Mengonsumsi buah pir rutin juga akan menurunkan risiko osteoporosis.

Kandungan di dalam buah pir juga dapat mengobati radang sendi dan memperkuat massa otot. Banyak ahli menyarankan makan buah pir di kala muda untuk mencegah gangguan tulang akibat bertambahnya usia.

5 Komentar

  1. Aku dari dulu kurang suka makan buah. Paling banter buah pepaya.
    Itu juga jaraaaaaaang banget.

    Tapi kalo es buah suka hehe.

    BalasHapus
  2. Saya sering banget makan buah Pier soalnya berair, menghilangkan dahaga.

    Saya baru tau kalo ada Hari Pier Sedunia, bahkan baru tau juga kalo Pier bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

    Makasih infonya ya, Mas Zain.

    BalasHapus
  3. Baru tau ada Hari Pir Sedunia.
    Di rumah juga lumayan sering beli buah Pir dan baru tau manfaatnya kalau buat kesehatan tulang juga. Bakal makin sering beli Pir deh ini

    BalasHapus
  4. Baru tau ada Hari Pelir sedunia. Suka sih buah Pir segar dan manis. Ternyata manfaatnya banyak yaah

    BalasHapus
  5. Ternyata manfaat buah pir banyak ya. Boleh juga untuk di konsumsi yang sudah berumur karena mampu menjaga kesehatan tulang.
    btw baru tahu juga ada hari buah pir sedunia ya. mantab..

    BalasHapus