Indahnya Sunset di Pantai Pulau Merah Banyuwangi



Banyuwangi sangat terkenal akan keindahan alamnya, Kabupaten dengan julukan ‘’The Sunrise Of Java” ini sangat kaya akan wisata alamnya, mulai dari gunung, pantai, laut, hutan, air terjun,  semuanya ada di Banyuwangi. Tak heran jika saat ini Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang banyak diburu oleh para wisatawan. Hal ini karena Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sangat fokus untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Banyuwangi sehingga semua destinasi wisata di Banyuwangi sangat diperhatikan.

Sebagian orang mungkin mengenal wisata di Banyuwangi hanya Kawah ijen saja, namun itu salah besar. Karena Banyuwangi yang secara letak geografis berada di ujung timur dan selatan Pulau Jawa sehingga Banyuwangi dikaruniai aneka pantai yang cantik dan menawan. Mulai dari pantai berpasir hitam hingga pantai berpasir putih semuanya ada di Banyuwangi.

PESONA PANTAI PULAU MERAH

Salah satu pantai di Banyuwangi yang cukup terkenal karena keindahannya yaitu Pantai Pulau Merah. Keelokan Pantai Pulau Merah memang tidak perlu diragukan lagi, garis pantainya yang panjang, pasirnya yang putih, dan air lautnya yang biru dan ada sebuah bukit hijau kecil dengan tanah berwarna merah yang terletak di dekat bibir pantai membuat pantai yang satu ini sangat istimewa, sehingga Pantai Pulau Merah ini banyak dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara.

Ternyata Pantai Pulau Merah ini sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara karena ombaknya yang cukup besar sehingga sangat cocok digunakan untuk olahraga surfing, namun pantai ini kurang cocok untuk digunakan untuk bermain air bagi anak-anak. Pertama kali datang ke Pantai Pulau Merah aku pun langsung jatuh hati dengan pantai ini, karena Pantai Pulau Merah tak hanya indah di foto-foto instagram saja, bahkan aslinya lebih indah dan menawan. Untuk masuk ke Pantai Pulau Merah ini tiketnya sangat terjangkau yaitu Rp. 8.000/orang.

SUNSET DI PANTAI PULAU MERAH

Pantai Pulau Merah memang sangat istimewa, karena di saat sore hari, kita bisa menyaksikan matahari terbenam di Kawasan Pantai Pulau Merah ini, Pemandangan saunset di Pantai Pulau Merah sangat menakjubkan. Karena suasananya yang sangat damai dipadu cahaya senja yang menyinari dari ufuk barat membuat langit menjadi kuning keemasan. Buat pecinta senja, Pantai Pulau Merah ini sangat direkomendasikan, karena kita bisa melihat matahari terbenam sambil bersantai atau pun sambil melihat ombak laut yang seru menderu.

RUTE MENUJU PANTAI PULAU MERAH

Lokasi Pantai Pulau Merah ini cukup jauh dari pusat Kota Banyuwangi, jaraknya sekitar 75 km dari pusat kota atau bisa ditempuh sekitar 2 jam perjalanan. Pantai Pulau Merah berada di Dusun Pancer Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggrahan Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Untuk menuju kesini kalian harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang bisa sampai ke Pantai Pulau Merah.

Untuk rute menuju Pantai Pulau Merah cukup lumayan mudah, dari Taman Blambangan Bnayuwangi kalian bisa mencari rute arah Jember, melewati Kecamatan Kabat, Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Srono lalu Kecamatan Cluring, setelah melewati Kecamatan Cluring ambil arah Jajag, setelah sampai perempatan Jajag ambil arah belok kiri lalu ikuti terus papan petunjuk sampai Kecamatan Pesanggaran, jangan khawatir karena di setiap persimpangan banyak sekali papan petunjuk menuju Pantai Pulau Merah

FASILITAS DI PANTAI PULAU MERAH


Fasilitas di kawasan Pantai Pulau Merah Banyuwangi sudah sangat lengkap, mulai dari warung-warung penjual makanan, minuman dan oleh-oleh, toilet, kamar mandi, tempat parkir luas, mushola, gazebo, dan penginapan , semuanya ada disini. Jadi para pengunjung tak perlu khawatir lagi ketika berwisata di Pantai Pulau Merah Banyuwangi.

14 Komentar

  1. Demi apa Aku baru publish youtube video Pantai Pulau Meerah, lalu baca Zain kesini juga. Aku suka banget kesini tuh. Apalagi pas sunset indah banget ngeliatnya dari sini

    BalasHapus
  2. Abis baca tulisannya mas Zain jadi pengen mantai dan liburan ke Banyuwangi nih. Apalagi fasilitas umumnya juga lengkap. Btw, aku penasaran kenapa dinamai Pantai Merah ya mas?

    BalasHapus
  3. Pas ngeliat bukit hijau di tengah pantainya aku lgs tertarik :D. Dmitu kliatan rendah, tapi aku yakin kalo mau coba2 mendaki , bagi yg ga pernah naik gunung pasti keteteran juga yaa :D.

    Blm pernah sih mas ke Banyuwangi. Sekali cuma ngelewatin pas mau ke Bali. Tapi itu juga pas aku SD. JD jujur ga Inget samasekali, apalagi muterin kota.

    Pas mama msh ada, beliau pernah tuh ngajakin rame2 ke Banyuwangi. Mama mah iming2in aku, pake bilang kulinernya enak :D. Kalo yg disebut pantai mama tahu aku kurang tertarik Krn LBH suka gunung daripada pantai :D.

    Tapi kalo pantainya ada kelebihan sunset bagus, aku suka sih. Setidaknya bisa DTG sore hari pas ga panas, sambil capture momen matahari terbenam :D

    BalasHapus
  4. Mas Zain reviewnya sll berhasil mendeskirpsikan suasanan secara nyata sehhingga membuatku terpana berasa sedang berada disana :)

    BalasHapus
  5. Wah, paling suka pantai dengan keunggulan sunset atau sunrise. Bikin suasna lebih dramatik gitu, jadi pikiran terasa lebih asyik di banding liburan yang biasa-biasa aja.

    BalasHapus
  6. Tiap mudik ke Jawa aku selalu lewat Banyuwangi, someday pas mudik & lewat Banyuwangi lagi Pantai Pulau Merah bisa jadi alternatif refreshing sejenak untuk diampiri :D

    BalasHapus
  7. Pas ke pulau merah sayang udah gelap banget dan cuaca lagi jelek, nggak dapet sunsetnya, tapi pantai ini emang salah satu yang kece banget sih di Banyuwangi , pengen kesana lagi

    BalasHapus
  8. sunset memang indah dan aku selalu terjebak dalam kesyahduannya. Menyenangkan sekali bisa melihatnya di pantai ya

    BalasHapus
  9. Asik banget yaa...
    Aku punya sahabat yang dulu rumahnya di Banyuwangi. Ia bahkan kini punya semacam villa yang bisa disewakan untuk wisatawan.

    Ternyata ini yaa...salah satu eksotika Banyuwangi, Pantai Pulau Merah Banyuwangi.
    Indah banget pemandangan pantainya...
    Jadi need a vitamin Sea niih..

    BalasHapus
  10. Baru tahu kalau Banyuwangi tuh punya pantai yang sangat indah. Pantai Pulau Merah.
    Padahal sebelum pandemi datang menyerang Indonesia,saya punya niat jalan atau berkeliling pulau Jawa terutama ke daerah-daerah yang jarang terekspos, termasuk ke Banyuwangi ini.

    Ternyata daerah wisatanya sudah terkenal sampai mancanegara, termasuk pantainya ini.

    Duh, kemana saja saya selama ini.

    BalasHapus
  11. masyaallah lihat sunsentany jadi kangen banget jalan-jalan pengen segera jalan lagi, semoga pandemi segera pergi dan pengen coba ke Banyuwangi

    BalasHapus
  12. Lihat ini, aku jadi rindu main ke pantau euym itu pulaunya menclok di tengah kek bungkusan nasi padang, nah lho kan Laper

    BalasHapus
  13. Cakepnyaa, baru tahu mengenai Pantai Merah ini dan viewnya sangat memanjakan mata. Fix masukin wishlist ini mah, apalagi pas senja ke pantai ini ya. Fasilitas juga oke banyak penjual makanan kalau misalpun lapar, ke sini kayanya nggak cukup sekali nih

    BalasHapus
  14. Baruuu mau jalan ke banyuwangi eh pandemi, jadi ketunda deh sampe hari ini...
    Semoga bisa segera jalan-jalan lagi ya, mau ke banyuwangi juga cobain hotel yang ada di sana...
    Barangkali pulau merah juga masuk list destinasi wisata banyuwangi, karena banyak hidden gem yang bagus-bagus...

    BalasHapus