Lezatnya Sego Tempong Mbok Wah Banyuwangi

Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu daerah yang saat ini cukup terkenal karena keindahan pesona wisatanya. Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini tak hanya kaya akan pesona alamnya, tetapi juga kaya akan seni budaya dan kulinernya. Dan salah satu kuliner khas Banyuwangi yang sudah sangat terkenal yaitu Sego Tempong, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Banyuwangi tak mencoba menikmati lezatnya Sego Tempong. 

Apa itu Sego Tempong?

Mungkin masih banyak yang belum tahu dan masih penasaran dengan Sego Tempong, seperti apa sih bentuknya dan seperti apa rasanya? Jadi Sego Tempong ini merupakan kuliner khas Kabupaten Banyuwangi yang sudah ada sejak dahulu. Nama Sego Tempong berasal dari Bahasa Osing yang mana Suku Osing merupakan suku asli Banyuwangi. Sego mempunyai arti nasi dan Tempong mempunyai arti tempeleng atau tampar karena Sego Tempong terdapat sambal yang pedas sehingga ketika makan Sego Tempong rasanya seperti ditampar karena saking pedasnya.


Sego Tempong sendiri terdiri dari nasi, lalapan sayur yang sudah direbus mulai dari sayur bayam, kacang panjang, kubis, daun singkong. Ditambah sambal yang sangat khas yang terbuat dari cabai, tomat ranti atau sejenis tomat yang permukaannya bergelombang, bawang merah, bawang putih, gula pasir, garam, jeruk limau dan terasi. Dan untuk lauk Sego Tempong ini biasanya terdiri dari tahu goring, tempe goreng, ayam goreng kadang ada juga yang memakai ikan goreng. 

Untuk mencari penjual Sego Tempong di Banyuwangi rasanya tak begitu sulit karena di sepanjang pinggir jalan dan di semua sudut Kabupaten Banyuwangi terdapat banyak warung Sego Tempong. Namun ada beberapa warung  Sego Tempong yang sudah sangat terkenal dan cukup legendaris di Banyuwangi, yaitu : Sego Tempong Mbok Wah, Sego Tempong  Mbok Nah, Sego Tempong  Bu Endang, Sego Tempong Mbok Tien, Sego Tempong Mak Ndut, Sego Tempong Sukowidi dan Sego Tempong Mbok Tik.

Sego Tempong Mbok Wah


Selama beberapa hari liburan di Banyuwangi aku sudah tiga kali menikmati Sego Tempong di tiga lokasi yang berbeda, yang pertama dan kedua di warung pinggir jalan dan yang ketiga di warung Sego Tempong Mbok Wah. Dan ternyata memang Sego Tempong Mbok Wah menurutku sangat lezat rasanya. Meskipun sama-sama Sego Tempong namun biasanya setiap warung memiliki resep tersendiri dan biasanya yang membedakan terletak pada sambalnya.


Warung Sego Tempong Mbok Wah ini pantas saja selalu ramai, ternyata warung yang satu ini sudah berdiri sejak lama, kurang lebih sudah puluhan tahun. Dan saat ini Mbok Wah juga masih hidup dengan dibantu karyawannya. Warung Sego Tempong Mbok Wah ini juga cukup sederhana, ada tempat duduk lesehan dan ada juga yang meja kursi, kira-kira bisa menampung 50 orang lebih. Warungnya juga cukup bersih dan ada fasilitas mushola dan toiletnya.

Lezatnya Sego Tempong Mbok Wah


Pertama kali masuk ke Warung Sego Tempong Mbok Wah, kalian akan disambut beraneka ragam lauk pauk yang diletakkan di etalase kaca, mulai dari tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, sate udang goreng, cumi-cumi, aneka ikan laut goreng, paru sapi, telur dadar, sate telur puyuh, ati rempela dan masih banyak lagi.


Sego Tempong Mbok Wah memang sangat menggoda, karena sambalnya sangat lezat dan beda dari sambal Sego Tempong yang lainnya. Rasa pedas dan sedap sambal disini membuat nafsu makan kita meningkat sehingga jadi ingin nambah nasi lagi, apalagi pilih lauk juga sangat banyak. Benar-benar serasa ditempong atau ditampar  saat makan Sego Tempong Mbok Wah ini, karena perpaduan cabai dan bumbu-bumbu pada sambalnya sangat menyatu dan pastinya bikin ketagihan.

Lokasi Warung Sego Tempong Mbok Wah


Meskipun lokasi warung Sego Tempong Mbok Wah berada di tengah pemukiman warga, namun untuk menuju ke warung Sego Tempong Mbok Wah ini tidak begitu sulit karena warungnya dekat dengan pusat kota atau dekat dengan Stasiun Karangasem yang sekarang berganti nama menjadi stasiun Banyuwangi Kota, jaraknya sekitar 1,6 km dari Stasiun Banyuwangi Kota atau lebih tepatnya berada di Jalan Gembrung No.220 Desa Bakungan Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Buat kalian yang ingin menikmati Sego Tempong di Warung Mbok Wah sangat direkomendasikan untuk datang pada pagi, sore atau malam hari karena jika datang pada siang hari, warung Mbok Wah sangat ramai pengunjung untuk makan siang dan bias-bisa kalian tidak kebagian tempat duduk karena saking ramainya pengunjung. Warung Sego Tempong Mbok Wah ini buka mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 21.00 malam. Selamat mencoba.

                                                                                                                    

15 Komentar

  1. Awalnya ku pikir sambal segi tempong itu mirip sambel pecel, tapi ternyata beda ya. Sambelnya sego tempong pakai tomat ternyata.

    BalasHapus
  2. Namanya lucu ya baru dengar malah emang unik kuliner daerah gakda matinya sepintas mirip nasi pecel ya cm bukan sambal kacang aja

    BalasHapus
  3. Mas, pas denger sambelnya kayak ditampar, aku lgs bertekad, iniiii wajiib aku cobaaa hahahahah. Kuliner favoritku banget ini sih. Lauk boleh macem2, tapi sambel hrs yg terpedas :D.

    Kayaknya kalo ke Banyuwangi nanti, aku hrs lamaan nih :D. Kulinernya unik2 banget dari yg kubaca. Termasuk nasi tempong ini

    BalasHapus
  4. Memang kuliner khasnya Banyuwangi ya, karena banyak yang jual, unik banget karena pelengkapnya menggiurkan pisan mulai dari cumi hingga udang duh duh ngiler tenan..

    BalasHapus
  5. selalu menggoda selera mah sambel sego tempongnya... aku langsung auto ngiler. makanannya sedap dan bikin aku pengen ikutan pesen juga

    BalasHapus
  6. Wuidih ratjun ini Sego Tempong Mba Wah!
    Dari cerita di atas bisa membayangkan kedahsyatannya.
    Bisa dijamin aku bakal kalap ne!

    Btw,
    Banyuwangi juga, masuk dalam bucket list aku termasuk batu-batu keren di Belitung itu.

    Semoga suatu hari bisa kesampaian!
    Aamiin...


    BalasHapus
  7. Kebayang antrinya untuk makan Sego Tempong Mbok Wah.
    Berapa kilo nasi yang dibikin untuk melayani para tamu yaa..?
    Pelanggannya pada setia niih...terbukti rasanya yang bikin nagih. Berasa ada yang kurang kalau belum makan di Sego Tempong Mbok Wah.

    BalasHapus
  8. Eah pedes banget kynyaa tuh. Bapakku almarhum orang Banyuwangi tp gak pernah cerita ada sego tempong ini. Hehe. Makasih sharingnya kak

    BalasHapus
  9. Aku pas ke Banyuwangi belom sempet ke Sego Tempong ini loh, setelah ngebaca blog Zain, jadi ngiler banget hahaha... kayaknya wajib banget dicoba ya pas kesana

    BalasHapus
  10. Aku juga suka sego tempong ini, rasanya pedesnya itu emang benar-benar menggugah selera buat makan dan tambah nasi mulu. Awal nyoba tuh penasaran sepedes apa sih, apalagi klo dijawa tuh pedesnya masih belum berasa buat kita yang tinggal di Sulawesi ini. Eh pas dicoba ternyata mantul banget.

    BalasHapus
  11. Oh, pantas adik iparku yang orang Banyuwangi suka sekali dengan makanan pedas, ternyata karena makanan khasnya ini memang pedas yah... Jadi ngiler deh ah.

    BalasHapus
  12. baru dengar makanan ini..tampilannya macam nasi pecel yaa cuma beda..serupa tapi tak sama,hehe

    BalasHapus
  13. Sambelnya menggoda sekali nih. Kesalahan saya baca artikelnya malem. Jadi kepengen tapi di rumah adanya mie instan, hehe.

    BalasHapus
  14. Baru tahu ada makanan yang nama sego tempong. Nama yang cukup unik dan ternyata mewakili makanannya ya yang bisa berasa ditampar saking pedesnya eh tapi karena saya gak kuat makan makananya yang pedes jadi kayaknya gak berani deh pesanan makanan khas Banyuwangi yang satu ini

    BalasHapus
  15. hua makanan khas suatu daerah memang selalu jadi dayatarik ya, apalagi sego niy yang terkenal banget, pernah nyobain, memang rasanya wow banget deh

    BalasHapus