Anak muda harus tahu 4 pilar kebangsaan




ANAK MUDA HARUS TAU 4 PILAR KEBANGSAAN



Saat ini banyak anak muda INDONESIA yang tidak tahu bahwa mereka itu INDONESIA, Dan kemarin Sabtu 16 September 2017 di Hotel Grand Dhika Semarang,MPR RI mengajak ngobrol para Netizen Semarang tentang 4 pilar kebangsaan.Dan saat itu diikuti 50 netizen dari kota Semarang dan sekitarnya, yang mana dengan ngobrol tentang 4 pilar  kebangsaan tersebut MPR RI berharap agar para netizen tersebut mensosialisasikannya lewat dunia digital.Karena saat ini banyak anak muda yang belum tau tentang 4 pilar kebangsaan,maka dari itu sosialisasi tentang 4 pilar kebangsaan lewat dunia digital sangatlah efektif,karena kebanyakan anak muda sekarang hidup di dunia digital.



Apa itu 4 pilar kebangsaan......?????
4 pilar kebangsaan yaitu ;

1.Pancasila sebagai dasar negara.
2.Undang Undang Dasar tahun 1945 sebagai konstitusi negara.
3.Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai visi dan misi untuk menyatukan seluruh bangsa Indonesia.
4.Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan pemersatu bangsa.


Sebagai warga Indonesia yang baik kita jangan cuma mengetahui tentang isi 4 pilar kebangsaan tersebut,tetapi kita juga harus mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari.Dan bagaimana cara mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari....???Nah kita mulai dari hal hal yang kecil.
Diantaranya ;

1.KETUHANAN YANG MAHA ESA
Dalam hal ini kita harus beribadah sesuai ajaran agama masing-masing,karena kita tahu di Indonesia ini ada 6 agama yang hidup berdampingan dalam kerukunan.Selain itu kita juga harus jujur dan berbuat baik.Karena setiap agama mengjarkan tentang kejujuran dan kebaikan.

2.KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
Dalam hal ini kita sebagai manusia harus mempunyai sifat adil terhadap sesama,jangan membeda-bedakan satu sama lain.Dan sebagai manusia kita juga harus mempunyai adab atau sopan santun seperti contoh kita harus menghormati yang lebih tua dan mengasihi yang lemah.

3.PERSATUAN INDONESIA
Dalam hal ini kita harus menjaga persatuan seperti contoh kita harus menggunakan sosial media dengan baik dan benar ,karena saat ini perpecahan kerap kali terjadi karena banyaknya berita HOAX dan fitnah bertebaran di sosial media.

4.KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN
Dalam hal ini kita sebagai rakyat harus memetuhi kebijakan kebijakan yang telah dimusyawarahkan oleh Para pemimpin.

5.KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA
Dalam hal ini kita berlatih untuk berperilaku adil kepada siapaun tanpa memandang status sosial.


Itulah salah satu contoh kecil yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Dan pada acara Netizen ngobrol bareng MPR kemarin juga dihadiri oleh SEKJEN MPR RI Bapak Ma'ruf Cahyono SH.MH beliau berpesan agar para netizen menggunakan media sosial dengan baik dan benar agar Indonesia tetap terjaga persatuannya.Selain itu juga dihadiri oleh Kepala Biro Humas MPR RI yaitu Ibu Siti Fauziyah SE.MM dan Bapak Baambang Sadono SH yang menjabat sebagai Ketua Badan Pengkajian MPR,


2 Komentar

  1. Gunakan sosial media dengan baik dan perangi hoax ya! Efeknya menjaga persatuan bangsa ini.. Luar biasa sekali mas Zain.. (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh,,,,,aku mah cuma remukan tahu gimbal.....masih butuh banyak belajar,,,,,

      Hapus