Snorkeling Anti Mainstream di Umbul Ponggok Klaten


Snorkeling di Umbul Ponggok

Pagi itu aku bergegas berangkat menuju ke Kabupaten Klaten untuk menghadiri acara explore UMKM Unggulan Kabupaten Klaten. Sebenarnya aku sudah beberapa kali lewat Klaten bahkan juga sudah pernah berkunjung ke salah satu tempat wisata religi di daerah Bayat Klaten. 

Tetapi kali ini agak berbeda dari sebelumnya, karena aku berangkat sendiri dari rumah, sebenarnya ada sahabatku yang juga ikut acara ini dan mau berangkat bareng, tetapi karena dia masih gak enak badan, akhirnya dia berangkat agak siang. Awalnya aku ingin lewat Jogja karena sepertinya lebih dekat, ternyata Mas Ipunk merekomendasikan untuk lewat Boyolali karena lebih dekat dan gak macet.

Ternyata benar kata Mas Ipunk, lewat Boyolali lebih cepat dan gak macet, bermodalkan nekat dan sesekali buka GPS, akhirnya aku sampai Klaten, dan di tengah perjalanan aku melihat petunjuk arah menuju ke "UMBUL PONGGOK". Dalam hati kecilku berkata (setelah selesai acara aku harus mampir kesana).

Akhirnya aku sampai di lokasi kegiatan yaitu di Jomboran, Klaten. Setelah itu acara explore UMKM Klaten dimulai pada hari Senin 29 Oktober 2018, ada 3 lokasi yang harus dikunjungi rombongan kami yaitu Desa Wisata Melikan (Sentra Gerabah), Desa Jarum (Sentra Batik Bayat) dan yang terakhir Desa Wisata Tlingsing (Sentra Lurik Klaten). Dan pada hari Selasa 30 Oktober 2018, acara explore UMKM yang diadakan Pemerintah Kabupaten Klaten telah usai, rombongan kamipun harus pulang ke kota masing-masing, dan Mas Ipunk pun pulang duluan karena ada acara.

Seperti kata hati kecilku tadi aku harus mampir ke Umbul Ponggok, ya karena waktu juga masih siang, kebetulan aku juga belum pernah ke Umbul yang lagi hits ini. Akhirnya aku menuju ke Umbul Ponggok dengan optimis meskipun beberapa kali harus menggunakan GPS, dan GPS kali ini manual yaitu GPS (Gunakan Penduduk Sekitar).

LOKASI UMBUL PONGGOK

Umbul Ponggok Tampak dari Jalan Raya

Akhirnya sampai juga di Umbul Ponggok, Umbul (kolam renabg alami) yang berada di Dusun Jeblogan Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Umbul ini ternyata letaknya di pinggir jalan raya Delanggu-Polanharjo, sehingga sangat mudah sekali untuk dicari dan dijangkau. Siapa sangka Umbul yang dulunya hanya cuma dipakai warga sekitar untuk mandi dan kebutuhan air minum, saat ini sudah menjelma menjadi sebuah destinasi wisata yang terkenal sampai ke pelosok negeri, bahkan banyak juga wisatawan mancanegara yang datang kesini.

SEJARAH UMBUL PONGGOK


Umbul Ponggok ini ternyata sudah ada sejak zaman nenek moyang dulu, bahkan di saat Belanda menjajah Indonesia, Umbul Ponggok ini sudah ada. Menurut warga sekitar, awal mula Umbul Ponggok ini konon, Jaman nenek moyang kita sumber air Umbul Ponggok muncul dengan sendirinya, air yang keluar digunakan untuk mandi kebutuhan sehari-hari & buat kesuburan lahan pertanian.

Namun, Semakin lama sumber air yang muncul semakin melimpah, kekhawatiran penduduk pun terjadi. Karena jika di biarkan kolam itu akan penuh dan menjadi telaga besar dan bisa menenggelamkan pemukiman warga. Akhirnya, para penduduk sepakat untuk melakukan doa bersama meminta kepada yang Kuasa agar tidak terjadi hal buruk sambil mengadakan pagelaran Ledhek diiringi alat musik gamelan.

Sesaat pagelaran Ledhek akan di mulai, keanehan terjadi hingga membuat semua warga yang berkumpul heran. Keanehan itu adalah seluruh alat gamelan yang akan dimainkan secara tiba-tiba lenyap seolah-olah di telan bumi. Tiba-tiba ada se-ekor burung, pada zaman dahulu bernama burung Pungguk menghampiri warga. Burung itu sangat besar dan hinggap disebuah pohon gayam (Plogrok) yang letaknya berdekatan dengan Umbul. Seolah memberi isyarat kepada warga, burung itu seolah ingin menunjukkan sesuatu.

Ternyata benar, burung itu menunjukkan keberadaan salah satu alat gamelan GONG yang hilang berada di dasar Umbul dan menyumbat sebagian sumber mata air yang keluar. Sedangkan untuk alat gamelan lainnya hilang tanpa diketahui. Akhirnya pagelaran batal di laksanakan, namun meski demikian do'a dari nenek moyang kita terkabul, agar sumber air yang muncul cukup dan tidak berlebih untuk kebutuhan anak cucu mereka. Untuk mengingat peristiwa, akhirnya desa itu dinamakanlah Desa Ponggok, diambil dari nama burung besar yang disebut Pungguk tadi. 

TIKET MASUK

   

Untuk masuk ke Wisata air Umbul Ponggok ini kalian hanya cukup membayar Rp.15.000 untuk satu orang, lalu mendapatkan satu tiket masuk dan snack pangsit nila (hasil UKM warga Ponggok). Dan setelah masuk kalian bebas renang sepuasnya. Umbul Ponggok ini panjangnya 100 meter dan lebarnya 50 meter. Menurutku kolam ini sangat istimewa sekali karena airnya jernih banget dan segar alami. Sebelum berenang aku keliling dulu di sekitar kolam karena masih penasaran ada apa saja sih di Umbul Ponggok ini sehingga bisa viral dan sering masuk TV.

FASILITAS

  

Setelah puas keliling, aku siap-siap ganti baju untuk renang, meskipun aslinya gak bawa baju renang karena dari rumah gak ada niatan untuk kesini. Kedalaman Umbul Ponggok ini antara 1,5 meter hingga 2,6 meter, lumayan dalam sih. Tapi tenang saja jangan khawatir karena ada persewaan pelampung, cukup Rp.7000 kalian bisa sewa pelampung sehingga tak khawatir tenggelam.

Dan untuk anak-anak juga sudah disediakan kolam khusus anak-anak supaya aman saat bermain. Kolam anak-anak ini berada di sebelah utara kolam besar, panjangnya sekitar 6 meter dan lebarnya 3 meter. Nah ternyata air di Umbul Ponggok ini segar banget dan lumayan dingin, maklumlah ini kan air dari sumberan asli jadi ya seger banget. Dan didalam area Umbul Ponggok ini ada pedagang makanan, minuman, celana dan pelampung untuk anak-anak juga, jadi tak perlu khawatir lagi.

Piknik ke Umbul Ponggok tak lengkap rasanya jika tidak berfoto-foto underwater, karena memang yang menjadi daya tarik disini yaitu foto underwater bersama ikan-ikan nila yang besar dan memakai properti seperti sepeda, sepeda motor, meja, tv, laptop dan ayunan. Tapi untuk berfoto-foto underwater kalian harus menyewa camera underwater & sekaligus fotografernya seharga Rp.60.000 per 30 menit dan maksimal bisa digunakan untuk 4 orang. Selain itu untuk foto memakai properti kalian juga harus menyewanya, untuk sepeda, laptop & meja kursi Rp.20.000. Untuk ayunan, love case dan motor biasa Rp.50.000. Dan untuk properti motor Mio ,Xride dan Nmax cukup Rp.100.000. Dan untuk jetski Rp.150.000.

SNORKELING 

Snorkeling di Air Tawar 

Keistimewaan Umbul Ponggok ini yaitu kita bisa snorkeling dengan tenang, karena disini gak ada ombaknya, tak seperti snorkeling di laut yang selalu ada ombak kecil hingga besar. Jadi snorkeling disini tuh enak banget, selain airnya tenang, disini airnya juga seger dan jernih banget. Karena Umbul Ponggok ini adalah kolam yang  airnya dari sumber mata air alami dan kolam ini disuplai dari 40 titik sumber yang berada di sekitar Umbul Ponggok.


Akhirnya setelah puas snorkeling dan dapat foto keren, aku bergegas untuk ganti baju lalu pulang. Wah pengalaman snorkeling di Umbul Ponggok ini memang istimewa sekali dan tak akan terlupakan. Oh iya destinasi wisata Umbul Ponggok ini dikelola oleh BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Tirta Mandiri Desa Ponggok. Dan pada tahun 2017 BUMDES Tirta Mandiri mendapatkan pemasukan sebesar 14 milyar dalam satu tahun, tak hanya itu BUMDES Tirta Mandiri juga mendapatkan prestasi juara 1 lomba BUMDES tingkat Jawa Tengah tahun 2017. Wah pantesan banyak yang study banding tentang BUMDES ke Desa Ponggok ini.

8 Komentar

  1. HTMnya murah ya .. dapat snack pula.
    Terus fotonya anti mainstream, kereeen.
    Btw di kampung bapak saya ada juga kolam renang yang sebenarnya mata air alami. Di situ sering ada yang meninggal, entah kesedot apa dari bawah.

    BalasHapus
  2. Lumayan dalam ya kak, itu kalau enggak pakai pelampung saya auto klelep, hehe. Tapi tempatnya lucu, airnya juga jernih banget. Cocok banget buat foto ala-ala kelihatan estetik.

    BalasHapus
  3. Indah sekali pemandangannya, tapi kalau saya disuruh foto di dalam air kayak gitu, angkat tangan deh. Nyerah.
    Salut deh sama mba bisa snorkeling dan berfoto seperti itu.

    BalasHapus
  4. Pengen bgt nyobain snorkelingnya deh mas enaak yaa seruuu

    BalasHapus
  5. seru banget nih tempat wisata nya ya kak. ada banyak sekali spot foto didalam air yang sayang untuk dilewatkan.... kudu diabadikan nih

    BalasHapus
  6. Aku pengeeen banget kesini dari dulu. Liat kolamnya jernih begituuu, ya ampuuun pasti seger. Ini anak2ku juga bakal girang sih mas, kalo diajak liburan ke sini.

    Ternyata sejarahnya unik juga yaa. Jadi penasaran pengen liat gamelan yg menyumbat sebagian sumber airnya :D

    BalasHapus
  7. Foto terakhirnya memang beneran effort banget yaa..
    Hasilnya keren banget.
    Harus dicoba bagi yang senang travelling dan adventure untuk wisata ke Umbul Ponggok.

    BalasHapus
  8. Aku juga sering lewat Klaten tapi blm ada kesempatan buat mampir Umbul Ponggok ini. Kayaknya asik ya foto2 di dalam air

    BalasHapus