7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal

7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal, tanah kelahiranku yang selalu aku rindukan, karena banyak kenangan manis yang tak bisa dilupakan. Meskipun masih banyak orang yang belum tahu tentang Kabupaten Kendal, mungkin hanya orang - orang yang biasa mudik melewati jalur Pantura Jawa Tengah yang tahu. Namun Kabupaten Kendal ini memiliki banyak destinasi wisata alam ataupun buatan yang sangat indah dan menawan. 

Kabupaten Kendal ini letaknya di sebelah barat Kota Semarang, terletak di pinggir pantai utara Jawa dan sebelah selatan berbatasan langsung dengan Gunung Ungaran dan Gunung Prahu, membuat Kabupaten yang satu ini mempunyai banyak tempat wisata yang sangat memesona. Jika kalian lebaran tahun ini mudik lewat Kendal Jawa Tengah, kalian harus coba mampir untuk menjelajahi Kabupaten Kendal. Dan inilah 7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal Jawa Tengah:

1. CURUG SEWU
Curug Sewu @Siklimis

Destinasi wisata yang pertama yaitu Air Terjun Curug Sewu, sebenarnya di Kabupaten Kendal masih banyak sekali air terjun yang masih alami dan indah, tetapi yang paling terkenal akan keindahannya dan ramai dikunjungi wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara yaitu Air Terjun Curug Sewu. Air Terjun ini letaknya di Desa Curug Sewu Kecamatan Patean Kabupaten Kendal, atau 45 menit perjalanan dari Exit Tol Weleri. Untuk menuju kesini sangat mudah karena Air Terjun Curug Sewu ini dekat dengan jalan raya menuju Kabupaten Temanggung.

Pesona Curug Sewu @Pesona_Kendal

Air Terjun Curug Sewu ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kendal dan Perhutani. Destinasi wisata Curug Sewu ini tak hanya menyajikan pemandangan alam air terjun yang sangat indah tetapi kita juga bisa melihat indahnya hutan belantara dari atas gardu pandang, selain itu juga ada mini zoo, arena taman bermain, panggung hiburan dan kolam renang. Dan yang paling unik di Curug Sewu ini ada replika motor vespa raksasa yang bisa dijadikan spot berfoto-foto.

Tiket masuknya juga murah yaitu Rp. 7000 untuk tiket masuk ke area taman dan Rp. 3000 untuk masuk ke area air terjun. Keindahan air terjun Curug Sewu pasti akan membuat kalian terpesona karena derasnya debit air sungai dan tingginya tebing,  sehingga sering kali terlihat pelangi di air terjun tersebut. Dan untuk informasi lebih jelas bisa cek di instagram @newcurugsewu.

 2. Pasar Karetan
Menikmati Kuliner Tradisional @Siklimis

Destinasi yang kedua yaitu Pasar Karetan. Sebuah destinasi wisata yang menyajikan berbagai macam kuliner tradisional, pertunjukan kesenian tradisional dan suasana hutan karet yang sejuk. Pasar Karetan ini berada di Dusun Segrumung Desa Meteseh Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Atau 45 menit perjalanan dari pusat Kota Kendal.

Suasana di Pasar Karetan @siklimis

Pasar Karetan ini sangat unik sekali karena letaknya di pinggir hutan karet sehingga suasananya sangat sejuk dan asri. Selain itu alat transaksi yang digunakan juga sangat unik yaitu menggunakan girik, jadi buat para pengunjung yang ingin berbelanja harus menukarkan uang rupiahnya dengan girik.

Dan di Pasar Karetan ini terdapat puluhan lapak yang menjual berbagai macam kuliner tradisional yang sudah jarang bisa kita jumpai seperti, gendar pecel, gemblong bakar, sego jagung, pecel keong, cengkelek, dan masih banyak lagi. Pasar Karetan ini hanya buka setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 WIB sampai 12.00 WIB. Dan di Pasar Karetan selalu ada pertunjukan kesenian tradisional seperti jaran kepang, tari-tarian tradisional, musik angklung dan musik keroncong.

Pertunjukan Musik Keroncong @Siklimis
Tak hanya itu saja,  Di Pasar Karetan ini pengunjung juga bisa berolahraga panahan, belajar membatik dan berfoto-foto dengan menggunakan pakaian tradisional Jawa yang sudah disediakan. Dan untuk informasi lebih jelas bisa cek di instagram @pasarkaretan.

3. PANTAI CAHAYA
Pantai Cahaya @Siklimis

Destinasi yang ketiga yaitu Pantai Cahaya, sebuah pantai di Kabupaten Kendal yang sangat memesona. Pantai laut utara Jawa ini ombaknya tidak besar sehingga sangat aman untuk bermain bersama keluarga. Pantai Cahaya ini terletak di Desa Sendang Sekucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal. Hanya 15 menit dari Exit Tol Weleri.

Bermain Bersama Lumba-lumba @Siklimis

Di Pantai Cahaya ini tak hanya menyuguhkan keindahan pantai saja tetapi juga ada mini zoo, waterboom, taman bermain dan yang paling spesial yaitu ada pertunjukan lumba-lumba. Hanya dengan membayar tiket masuk Rp. 40.000 para pengunjung bisa masuk dan bebas menggunakan semua wahana permainan yang ada di Pantai cahaya. Dan untuk informasi lebih jelas bisa cek di instagram @pantaicahaya.

4. AGROWISATA TIRTO ARUM 
Taman di Tirto Arum Baru @Siklimis

Destinasi yang keempat yaitu Agrowisata Tirto Arum Baru. Sebuah destinasi wisata yang berada di tengah Kota Kendal, yang menyajikan pemandangan yang indah, taman bermain, waterboom, hotel dan aneka outbond. Letaknya yang sangat strategis yaitu di pinggir jalan pantura membuat destinasi wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tiket untuk masuk kesini hanya Rp. 10.000 tetapi untuk bermain aneka wahana permainan kalian harus bayar tiket lagi.

Kolam Renang di Tirto Arum Baru @Pesona_Kendal

Di Agrowisata Tirto Arum Baru ini kita bisa berwisata bersama keluarga, ataupun sahabat, karena tempatnya sangat nyaman dan ada restoran yang menyajikan kuliner yang lezat. Dan yang paling menarik di sini ada 10 lebih wahana bermain dan outbond seperti ATV,  perahu dayung, sepeda air, berkuda, panahan, trampoline, hoverboard, flying fox dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih jelas bisa cek di instagram @tirtoarumbaru.

5. KEBUN TEH MEDINI 
Kebun Teh Medini @Siklimis

Destinasi yang kelima yaitu Kebun Teh Medini. Berada di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut membuat tempat ini mempunyai udara yang sangat sejuk. Hamparan pohon teh yang luasnya kurang lebih 386 hektar dan tertata rapi, menjadikan Kebun Teh Medini ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berwisata, merefresh pikiran dan hunting foto.

Keindahan Kebun Teh Medini @pesona_medini

Kebun Teh Medini ini terletak di Desa Ngresep Balong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, atau sekitar 50 km dari pusat Kota Kendal. Jalan untuk menuju kesini dari pusat Kota Kendal sampai Desa Ngresep Balong sudah lumayan bagus, tetapi mulai dari Desa Ngresep Balong sampai kawasan Kebun Teh Medini jalannya lumayan untuk memacu adrenalin, karena jalan menanjak dan berupa batu-batu yang disusun. Tetapi itulah yang membuat berkesan dengan sensasi adrenalin yang luar biasa. Dan di dekat Kebun Teh Medini ada juga Destinasi Wisata Goa Jepang dan Curug Lawe Secepit jadi kalian bisa mampir kesana juga. Untuk tiket masuk ke Kebun Teh Medini cuma Rp. 5000 / orang dan untuk informasi lebih jelas bisa cek di instagram @pesonamedini.

6. Desa Wisata Gondang
 Curug Panglebur Gongso @Siklimis

Destinasi Wisata yang keenam yaitu Desa Wisata Gondang, desa ini terletak di Kecamatan Limbangan, Kab. Kendal, Jawa Tengah. Berada pada ketinggian 800 Mdpl dan merupakan bagian dari kaki Gunung Ungaran membuat desa wisata ini mempunyai udara yang sangat sejuk. Untuk mencapai kesini dibutuhkan waktu 75 menit dari pusat Kota Kendal.

Desa Gondang memiliki luas wilayah sebesar 340,332 Hektar dan terbagi menjadi jadi 4 dusun yaitu Krajan Gondang, Penggik, Nambangan, dan Beku. Serta memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.905 orang. Mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah sebagai petani serta mengurusi ternak seperti kambing dan sapi.

Ayunan Terbang di Taman Sayur @Siklimis

Desa Gondang memiliki berbagai potensi alam yang sangat istimewa, sehingga tidak salah jika Desa Gondang dicanangkan sebagai desa wisata. Potensi wisata yang ada di Desa Wisata Gondang diantaranya:
- Air Terjun Pangleburgongso
- Goa Panglebur Gongso
- Bumi Perkemahan
- Wisata pertanian (Taman Sayur)
- Kampung Alpukat
- Wisata budaya

Desa Wisata yang satu ini pokoknya sangat komplit sekali karena ada wisata alam,  wisata edukasi dan wisata budaya dalam satu kawasan.

7. Kampung Ragam Warna
Kampung Ragam Warna @Siklimis

Destinasi wisata yang ketujuh yaitu Kampung Ragam Warna, kampung ini terletak di Kampung Mranggen Desa Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu. Disini Kampungnya unik, kreatif dan instagramable sekali, setiap sudut rumah bisa buat spot selfie, selain itu di Kampung Ragam Warna juga ada kesenian drumblek dan kalian juga bisa belajar smock (melukis dengan kain perca) dan melukis dengan ampas kopi.

Untuk menuju Kampung Ragam Warna ini sangat mudah, karena tak jauh dari pusat Kota Kendal,  sekitar 10 menit perjalanan,  atau 5 menit dari Exit Tol Kaliwungu. Dan jangan khawatir,  untuk masuk ke Kampung Ragam Warna ini para pengunjung tidak dipungut tiket sama sekali, tetapi hanya cukup mengisi kotak amal guna perawatan Kampung Ragam Warna.

Gapura Kampung Ragam Warna @Siklimis

Buat kalian yang dari luar kota, kalian tak perlu khawatir karena di Kampung Ragam Warna ada homestay juga, jadi kalian bisa menginap sambil belajar tentang budaya disini, dan yang pasti warga disini sangat ramah-ramah. Untuk informasi lebih jelas bisa cek di instagram @kampungragamwarna.

Nah itulah 7 Top Destinasi Wisata di Kabupaten Kendal yang pernah aku kunjungi dan bisa kalian jadikan referensi sebagai tempat wisata bersama keluarga ataupun sahabat pada saat libur mudik tahun ini. Ayo jelajahi destinasi wisata di Kabupaten Kendal.



14 Komentar

  1. Keren kak . Destinasi kendal bagus bagus semoga ke depan semakin baik pengelolaannya.

    BalasHapus
  2. Amiin,,,semoga pemkab Kendal lebih serius mengelolanya. Sebagai warga asli Kendal mari kita promosikan destinasi wisata di Kendal kak @gaweanedolan.com

    BalasHapus
  3. Dari 7 destinasi wisata itu, cuma 4 destinasi yang udah pernah aku kunjungi. Duh, jadi pengen ke kebun teh Medini lagi terus mampir ke Curug Lawe Secepit Kendal gitu sekalian.

    BalasHapus
  4. Wisata alamnya asri banget deh. Apalagi pasar yang di samping kebun karet. Semoga nanti bisa berkunjung kesana, dan semoga aja ngga hilang pas aku udah bisa berkunjung kesana

    BalasHapus
  5. Waah,banyak tempat wisatanyaa. Jadi pengin main ke kendal. Kapan yaa
    Penasaran ama air terjunnya.

    BalasHapus
  6. Yuuuk guys...nikmati keindahan green carpet tea di Kebun Teh Medini dan percikan air Curug Lawe nya yg menyegarkan..., Ato Napak tilas Goa peninggalan Jepang di lereng Ungaran ...trims kak zain @jejaksiklimis

    BalasHapus
  7. Sipp...mumpung masih muda jelajahi dunia, Kisanak. Jangan lupa kabarkan pada semua bahwa negeri kita kaya dan luar biasa indahnya.

    BalasHapus
  8. Seger seger semua.
    kalau selo arjuno dan selo bligo masuk gak nih?

    BalasHapus
  9. Kendal ternyata menyimpan potensi wisata yang asyik yo bang, padahal aku yo punya simbah di daerah Gemuh. Tapi datang kesana tiap tahun 2 kali. Well, jadi gak bisa eksplore deh :D

    BalasHapus
  10. destinasi wisata nya bagus-bagus ya kak.. aku pengen deh ke curug sewu sama kebun teh nya. seru kayaknya. :)

    BalasHapus
  11. mantap dan indah banget, bisa jadi referensi nich jika jalan-jalan ke kendal nanti

    BalasHapus
  12. noted nih, kalau ke kendal bisa jdiin wishlist.. pengen ke curug sewuuuunya

    BalasHapus
  13. Ga nyangka Kendal banyak jg wisatanya yaaa.. Curug Sewu Ama pasar dan perkebunan tehnya aku pengen datangin tuh, Krn pasti sejuk. Kalo pantai dari dulu ga suka mas, Krn ga kuat panas :p. Kayaknya ga bisa cuma sekedar lewat kalo kesini :D. Aku mau ajakin pak suami utk stay beberapa hari di Kendal kalo ntr mudik ke solo

    BalasHapus