5 Tips Agar Jantung Sehat Ala Traveller


Mempunyai hobi travelling membuatku harus selalu menyiapkan energi yang banyak dan yang pasti harus sehat jasmani. Menempuh jarak yang jauh, melewati darat, laut hingga udara pasti menguras tenaga yang tidak sedikit, jadi kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting sekali. Nah biasanya kalau kelelahan sering kali menjadi awal mulanya jatuh sakit. Maka dari itu agar tetap bisa mempunyai fisik yang kuat dan bugar, aku selalu menerapkan pola hidup sehat.

Alhamdulillah selama tiga tahun terakhir ini aku berusaha untuk menerapkan hidup sehat, dan hasilnya memang terasa sekali, sekarang lebih bugar dan tidak khawatir kalau mau pergi jauh. Pastinya tidak akan asyik ketika traveling tiba-tiba jatuh sakit. Dan sakit memang tidak bisa direncanakan, tetapi setidaknya kita bisa mencegahnya agar tidak sakit. Dan salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat, untungnya aku belum pernah mengalami kejadian tiba-tiba sakit ketika travelling. 

Nah kali ini aku punya 5 Tips Agar Jantung Sehat Ala Traveler. Dan ini yang sudah aku lakukan selama 3 tahun belakangan, yuk mulai hidup sehat dengan melakukan lima tips ini biar ketika traveling tetap sehat dan bugar.

1. Jangan Makan Sembarangan
Jangan makan sembarangan

Tips agar jantung sehat yang pertama yaitu jangan suka makan sembarangan, karena sa
lah satu penyebab utama terjangkitnya berbagai macam penyakit, seperti sakit jantung, kanker, paru-paru, diabetes adalah makan sembarangan. Meskipun aneka menu makanan itu sangat menggiurkan, tetapi sejatinya itu sangat berbahaya, seperti opor dan rendang. Memang rasanya enak, tetapi makanan tersebut banyak mengandung lemak. Jadi mulai saat ini kalian harus selektif dalam makan agar tetap sehat. 

2. Tidur yang Cukup
Tidur yang cukup agar tetap bugar

Dan tips yang kedua 
yaitu istirahat yang cukup, nah ketika traveling pasti capek apalagi seperti naik ke puncak bukit ataupun puncak gunung. Pasti capek banget, biasanya aku istirahat kalau sudah capek atau pas jalan-jalan di kota kalau malam biasanya aku tidur lebih awal, biar besok pagi bisa fresh kembali. Tidur yang cukup sangat penting karena kalau capek dan daya tahan tubuh lemah itu mudah jatuh sakit. 

3. Olahraga Secara Rutin

Dan tips yang ketiga agar jantung sehat ala traveler yaitu olahraga yang cukup, nah olahraga yang sering aku lakukan yaitu jogging atau lari-lari. Kenapa aku pilih olahraga lari, karena olahraga lari adalah olahraga yang paling sederhana karena bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun, selain itu juga tidak membutuhkan alat olahraga yang banyak dan ribet, cukup pakai sepatu running aja.

Biasanya aku lari minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit setiap kali lari. Sebenarnya lari-lari sebentar asalkan konsisten dan sudah mengeluarkan keringat itu sudah cukup. Karena lari banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, makanya aku suka banget sama olahraga yang satu ini.

Salah satu manfaat olahraga lari yaitu memperkuat kaki, tulang dan sendi, ini cocok banget buat para traveler karena ketika piknik kita sering kali berjalan kaki jauh. Apalagi yang suka naik gunung, mempunyai kaki, tulang dan sendi yang kuat itu sangat dibutuhkan agar kuat ketika naik gunung. Selain itu manfaat olahraga lari yaitu mengurangi resiko kanker, membantu otak tetap bekerja optimal. 

4. Jauhi Rokok

Dan tips yang keempat yaitu jauhi rokok. Meskipun aku sendiri dari dulu tidak merokok tetapi aku selalu menjauhi orang-orang yang merokok. Dan buat kalian yang masih merokok sebisa mungkin berhenti merokok, karena penyakit jantung koroner merupakan bentuk penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan, diperkirakan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan non-perokok. Selain itu, menurut Institut Kanker Nasional, orang yang merokok 6 kali lebih rentan terhadap serangan jantung.

5. Perbanyak Makan Buah

Dan tips yang terakhir agar jantung sehat yaitu perbanyak mengkonsumsi buah - buahan. Karena manfaat buah - buahan itu banyak sekali, seperti : memiliki kadar gula dan lemak yang rendah, serta menjadi sumber serat yang baik. Mengkonsumsi buah - buahan setiap hari adalah langkah yang tepat dalam menunjang gaya hidup sehat. 

Aneka buah-buahan ini selain rasanya segar dan enak. Tentunya juga mempunyai kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti : vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam folat, magnesium, zinc dan kalium. Selain itu buah-buahan juga berguna bagi tubuh karena kandungan fitonutrein dan antioksidan di dalamnya.

Aneka buah - buahan

Dan berikut ini adalah beberapa manfaat buah - buahan bagi kesehatan diantaranya :

1. Menurunkan tekanan darah
2. Menurunkan kadar kolesterol
3. Membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan
4. Menjaga berat badan agar tetap ideal
5. Menjaga kesehatan mata 
6. Menurunkan resiko berbagai penyakit seperti: stroke, diabetes, hipertensi, kanker dan penyakit jantung. 

Dan itulah tips-tips agar jantung kita sehat, karena penyakit jantung bisa mengincar siapa saja, tanpa pandang usia. Jadi mari kita biasakan hidup sehat.



1 Komentar

  1. Info kesehatan yang bermanfaat. Memang kalau sudah kena penyakit jantung pun tidak semua olahraga diperbolehkan, apalagi yang memompa jantung secara cepat seperti futsal dihindarkan. Amannya sih jalan kaki, berenang, dan sebagainya.

    BalasHapus