5 Pantai Terindah di Malang yang Harus Kalian Jelajahi



Kabupaten Malang seakan tak pernah ada habisnya untuk dijelajahi. Karena Kabupaten Malang kaya akan destinasi wisata yang sangat indah, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata kuliner hingga wisata buatan. Berada di Provinsi Jawa Timur bagian selatan membuat Kabupaten yang terkenal akan buah apel nya ini mempunyai banyak pantai yang sangat banyak, dan tentunya pantai-pantai di Kabupaten Malang sangat eksotis dan indah.

Bayangkan di sepanjang garis pantai selatan Kabupaten Malang ini ada puluhan pantai yang pesona nya luar biasa bahkan ada beberapa yang masih belum dikelola sehingga masih sangat sepi dan alami. Sayangnya aku hanya mempunyai waktu satu hari untuk menjelajahi pantai-pantai indah ini. Sebenarnya waktu satu hari tidak cukup untuk menjelajahi semua pantai yang ada di Kabupaten Malang ini, tetapi akhirnya aku bisa menjelajahi 5 pantai terindah di Kabupaten Malang dalam waktu satu hari.

Akses Menuju ke Pantai 

Untuk menuju ke pantai-pantai indah ini kita harus menempuh jarak yang cukup jauh, kurang lebih 2 jam perjalanan dari pusat Kota Malang. Akan tetapi selama perjalanan kita juga akan dimanjakan aneka   pemandangan yang sangat indah sehingga perjalanan yang lumayan lama tak akan terasa. Dan untuk menuju pantai-pantai cantik ini ada dua jalur yang bisa kita gunakan yang pertama jalur timur yaitu Malang – Turen – Sumbermanjing Wetan dan jalur barat yaitu Malang – Gondanglegi – Bantur. 
Dan setelah sampai Jalur Lintas Selatan (JLS) kita akan menjumpai puluhan pantai yang sangat memesona.

5 pantai terindah di Kabupaten Malang yang harus kalian jelajahi diantaranya :

1. Pantai Teluk Asmara

Pantai Bukit Teluk Asmara ini telaknya di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Dan untuk menuju kesini lebih dekat menggunakan jalur Malang- Turen – Sumbermanjing Wetan. Pantai Bukit Teluk Asmara ini sangat indah sekali karena pasirnya putih dan bersih, airnya jernih dan banyak bukit-bukit batu karang yang besar sehingga membuat pantai ini seperti Raja Ampat.


Ombak di Pantai Bukit Teluk Asmara ini tidak terlalu besar karena terhalang batu-batu karang besar sehingga aman untuk digunakan bermain-main dan mandi di pantai. Tiket masuknya juga sangat murah yaitu satu orang Rp.10.000. Fasilitas disini pun sudah komplit, mulai tempat parkir yang luas, toilet, warung-warung, mushola dan kamar mandi.

2. Pantai Batu Bekung

Pantai Batu Bengkung ini letaknya di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Dan untuk menuju ke Pantai Batu Bengkung ini lebih baik lewat jalur barat yaitu Malang - Gondanglegi - Bantur. Untuk tiket masuknya yaitu Rp.10.000/ORANG. Dan yang paling istimewa di dekat Pantai Batu Bengkung ini ada 3 pantai yang sangat indah yaitu ; Pantai Gopit, Pantai Weden Klopo dan Pantai Watu Lepek. Jadi kita bisa langsung menjelajahi 4 pantai dalam satu kawasan dan hanya cukup membayar Rp. 10.000/orang untuk 4 pantai  yang indah ini.


Pantai Batu Bengkung ini termasuk salah satu pantai yang mempunyai batuan karang yang membentang  membentuk barisan barikade. Sehingga batuan karang ini bisa memecah ombak besar di tepi pantai. Batu-batuan ini membentuk lengkungan yang ketika dilihat seperti mirip seorang wanita yang sedang bengkung. Yang dimaksud dibengkung yaitu seorang wanita yang memakai stagem yang merupakan salah satu tradisi masyarakat jawa setelah melahirkan. Sehingga pantai ini dinamakan Pantai Batu Bengkung.

3. Pantai Weden Klopo

Pantai Weden Klopo atau biasa juga disebut Pantai Wedi Klopo, pantai ini juga masih dalam satu kawasan Pantai Batu Bengkung. Nama Pantai Weden Klopo berasal dari bahasa jawa yaitu Weden atau Wedi yang berarti pasir sedangkan Klopo berarti kelapa, jadi di Pantai Weden Klopo ini dulunya  banyak pasir dan pohon kelapa sehingga dinamakan Pantai Weden Klopo. Saat ini pohon kelapa di pantai ini juga masih lumayan banyak. Pantai yang satu ini tergolong kecil namaun keelokannya sangat luar biasa. Dan pengunjung di Pantai Weden Klopo ini juga masih sangat sedikit sehingga kita bisa mengexplore pantai ini dengan nyaman.

4. Pantai Gopit

Pantai Gopit ini masih dalam satu kawasan dengan Pantai Batu Bengkung, jadi setelah dari Pantai Batu Bengkung kita bisa mampir ke Pantai Gopit yang cantik ini. Hamparan pasir yang luas membuat pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi, akan tetapi ombaknya yang cukup besar membuat Pantai Gopit ini tidak direkomendasikan untuk mandi dan cukup bermain-main di pantai saja.

5. Pantai Watu Lepek

Pantai Watu Lepek ini  juga berada di kawasan Pantai Batu Bengkung. Pantai Watu Lepek ini juga sangat cantik karena terdapat batu-batuan karang yang panjangnya kurang lebih 20 meter dan lebarnya kurang lebih 6 meter. Dan nama Watu Lepek ini berasal dari kata Watu yang berarti batu dan Lepek yang berarti piring kecil alas gelas. Jadi batu karang di pantai ini dari kejauhan terlihat seperti lepek dan akhirnya dinamakan Pantai Watu Lepek.

Dan itulah 5 pantai di Kabupaten Malang yang sangat indah dan eksotis yang bisa kalian jelajahi ketika berkunjung ke Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Dan jangan lupa tetap jaga kebersihan pantai agar tetap indah dan lestari.

2 Komentar