Mie Ongklok Longkrang, Kuliner Khas Wonosobo yang Paling Lezat


Mie Ongklok Longkrang

Kabupaten Wonosobo tak hanya terkenal akan wisata alamnya yang sangat indah seperti Dataran Tinggi Dieng, Telaga Warna dan Bukit Sikunir, tetapi Kabupaten Wonosobo juga kaya akan kuliner nya yang siap memanjakan lidah. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner milenial semua ada di Kabupaten Wonosobo. Hal ini menjadikan Kabupaten Wonosobo sebagai  salah satu destinasi wisata yang harus kalian kunjungi.

Warung Mie Ongklok Longkrang Tampak dari Depan

Salah satu kuliner tradisional yang paling terkenal di Kabupaten Wonosobo yaitu Mie Ongklok. Kuliner tradisional yang satu ini hampir ada di semua sudut Kabupaten Wonosobo. Tak heran jika Mie Ongklok ini menjadi kuliner khas Wonosobo yang selalu diburu para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wonosobo. Tak lengkap rasanya jika kalian berkunjung ke Kabupaten Wonosobo tetapi tidak mencoba menikmati Mie Ongklok yang lezat ini.

Sate dan Tempe Kemul Sebagai Pelengkap

Apalagi  di Kabupaten Wonosobo udaranya sejuk nan dingin, jadi sangat cocok untuk menikmati kuliner yang satu ini, Mie yang diracik dengan potongan kol dan daun kucai, lalu disiram dengan kuah kental yang panas dan berwarna kecokelatan membuat Mie Ongklok ini menjadi primadona nya kuliner di Kabupaten Wonosobo. Dan yang menambah istimewa dari  Mie Ongklok ini yaitu disajikan dengan dilengkapi sate sapi dan tempe kemul khas Wonosobo sehingga semakin menggoda lidah.

Sebenarnya di Kabupaten Wonosobo ada banyak warung Mie Ongklok yang bisa kalian coba, tetapi ada satu warung Mie Ongklok yang sangat legendaris dan selalu ramai pengunjung. Namanya “Mie Ongklok Longkrang” Letaknya tak jauh dari Alun-Alun Kabupaten Wonosobo, sekitar 1 km atau 10 menit jika ditempuh jalan kaki. Tepatnya di Jalan Pasukan Ronggolawe No. 14 Kampung Longkrang, Kelurahan Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.

Lezatnya Mie Ongklok Longkrang

Nama Mie Ongklok ini sebenarnya berasal dari kata Ongklok yang artinya alat untuk meniriskan yang terbuat dari anyaman bambu yang digunakan untuk merebus mie, kol dan daun kucai. Dan proses merbus mie, kol dan daun kucai yang dilakukan dengan cara di celup-celup ke dalam panci yang berisi air panas ini disebut diongklok. Akhirnya masyarakat menyebutnya dengan nama Mie Ongklok. Dan untuk nama Longkrang ini diambil dari nama kampung dimana warung ini berada.


Warung Mie Ongklok Longkrang ini sangat istimewa karena sudah ada sejak tahun 1975, dan pendiri Warung Mie Ongklok Longkrang yaitu Pak Waluyo masih tetap mempertahankan citarasa Mie Ongklok Longkrang dari dahulu hingga saat ini. Dan inilah yang menjadi daya tarik Mie Ongklok Longkrang karena citarasanya yang khas dan lezat. Mie Ongklok Longkrang ini sebenarnya menggunakan mie kuning biasa yang dipakai bakmie pada umumnya, tetapi yang membedakan Mie Ongklok Longkrang dengan bakmie biasa yaitu terletak pada tekstur kuah nya yang sangat kental, karena terbuat dari campuran tepung kanji.


Meskipun warung Mie Ongklok Longkrang ini tidak terlalu besar, tetapi antusias masyarakat untuk menikmati Mie Ongklok Longkrang ini sangat luar biasa, sampai-sampai para pengunjung harus antri mengambil nomor antrian agar bisa menikmati Mie Ongklok Longkrang ini. Dan warung Mie Ongklok Longkrang ini buka mulai pukul 08.00 wib hingga habis, tetapi biasanya pukul 17.00 wib sudah habis. Dan kalian tidak perlu khawatir karena harga untuk satu porsi Mie Ongklok Longkrang ini sangat murah sekali yaitu Rp. 9000.



5 Komentar

  1. Sudah ada sejak tahun 1975, wuah sudah melalui berbagai badai ujian kehidupan. Patut memang direkomendasikan Mie Ongklok Longkrang ini. Harganya murah pula ya.

    BalasHapus
  2. Tempe kemul nya besar ya kak, daku pikir tadi itu rempeyek. Daun kucai di tumis sambal aja enak, apalagi bersatu dengan Mie Ongklok, makin sedap kelihatannya. Semoga ada cabang juga di dekatku tinggal

    BalasHapus
  3. Wah ada daun kucainya makin mengugah selera ini ya next semoga bisa nyobain deh Mie Ongklok ini kak

    BalasHapus
  4. Lihat foto masakan enak pas lagi di rumah aja menyiksa banget. Andai ada yang jualan onlen mie ongklok di jakarta, mau pesen buat makan siang hehe.. laperrrr

    BalasHapus
  5. Mie Ongklok Longkrang juga melayani pesanan online?
    Yummii banget siih...aku rasa makan mie di siang hari, anget-anget...huumm~
    Etapi mie ini makanan sepanjang masa yaa...mau pagi, siang, sore, hayuukk ajaa..

    BalasHapus