Asyiknya Menginap di Riche Heritage Hotel Malang


Nuansa sejuk menjadi ciri khas Kota Malang, memang nuansa seperti inilah yang sering aku cari karena di tempat tinggal ku suasana nya panas khas dataran rendah. Sepertinya aku tak pernah bosan mengunjungi Kota Apel ini, karena kota yang satu ini memang sangat nyaman dan terlebih juga dekat dengan berbagai destinasi wisata yang sangat indah seperti Gunung Bromo, Kota Wisata Batu hingga pantai-pantai indah yang ada di Malang Selatan.

Dan ternyata aku baru tahu kalau di Kota Malang ini banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda, meskipun bangunan-bangunan heritage di Kota Malang tak terkenal seperti Kota Tua di Jakarta dan Kota Lama di Semarang, tetapi bangunan-bangunan heritage di Kota Malang sangat terawat dan tertata rapi.


Perjalananku di Malang kali ini selain ingin menjelajahi beberapa destinasi wisata yang indah, aku juga sangat penasaran untuk menginap di salah satu hotel yang bangunannya masih termasuk bangunan Heritage. Mungkin bagi sebagian orang sudah tak asing lagi dengan hotel yang satu ini yaitu Riche Heritage Hotel Malang.  Namun buat kalian yang belum tahu tentang hotel dengan nuansa heritage ini kalian harus mencobanya karena banyak sekali keunikan yang ada di Riche Heritage Hotel Malang.

Terletak di Pusat Kota Malang

Riche Heritage Hotel Malang ini lokasinya sangat strategis sekali yaitu di tengah Kota Malang, hanya beberapa langkah dari alun-alun Kota Malang atau lebih tepatnya di Jl. Basuki Rahmat No.1 Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen Kota Malang. Lokasinya juga dekat dengan toko es krim legendaris di Malang yaitu Toko Es Krim Oen yang bangunan toko ini juga peninggalan Belanda.

Hotel Tertua di Kota Malang



Salah satu keunikan Riche Heritage Hotel Malang yaitu hotel ini merupakan hotel pertama yang ada di Kota Malang, hotel ini dibangun pada masa Kolonial Belanda yaiyu pada tahun 1933, dahulu tempat ini merupakan asrama Tentara Koninklijke Nederlands(ch)-Indische Leger (KNIL) atau Tentara Kerajaan Hindia Belanda, meskipun hotel ini hotel tertua di Kota Malang tetapi keasliannya masih terjaga dengan baik hanya sedikit renovasi yang tidak meninggalkan bentuk aslinya.

Hotel ini dahulu pemiliknya adalah seorang berkewarganegaraan Belanda namun akhirnya hotel dengan tema heritage ini kemudian dibeli oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa bernama Oey Pek Hong pada 1975. Oey yang mempunyai nama Prof Dr Juwana Hardjawijaja saat itu adalah jaksa tinggi di Kota Malang.

Bangunan Heritage yang Klasik



Nuansa heritage sangat terasa ketika aku baru saja melangkahkan kaki di depan Riche Heritage Hotel Malang ini, dan setelah masuk ke lobi hotel mata ini melihat benda-benda antik yang masih tertata rapi sehingga membuat lobi hotel ini semakin  cantik, bahkan setiap sudut lobi hotel ini sangat instagramable dan sangat cocok buat foto-foto dengan nuansa heritage.

Di ruangan lobi juga terdapat kursi seperti di ruang tamu untuk tempat duduk waktu menunggu ataupun hanya untuk sekedar bersantai, dan disebelah meja resepsionis ada juga lorong yang menurutku sangat unik karena memang nuansa heritage nya sangat kuat, dan di lorong-lorong ini terdapat kamar-kamar yang paling istimewa yaitu kamar dengan tipe deluxe room.

Deluxe Room

Kamar dengan tipe Deluxe ini sangat klasik sekali, apalagi dipadu dengan selimut motif batik membuat serasa kembali ke jaman dahulu lagi.Untuk harga kamar tipe deluxe ini weekdays Rp. 500.000 dan untuk weekend Rp 560.000 sudah termasuk breakfast. Desain interior kamar ini sudah direnovasi namun masih tetap menjaga keaslian bangunan seperti dahulu.


Fasilitas di kamar ini sangat lengkap mulai dari TV, AC, Wifi, handuk, pasta gigi, sabun, shampo, sandal, wastafel dan tak lupa juga ada hot water nya. Kamar mandinya pun lumayan terawat dan bersih sehingga sangat nyaman. Liburan di Malang dan menginap di Riche Heritage Hotel pastinya sangat mengasyikkan karena semua fasilitas sudah lumayan lengkap.


Di sisi samping hingga menuju ke belakang kita kan melihat lorong dan kamar yang masih asli seperti dahulu, karena sangat terlihat dari pintu, jendela, tiang dan lantai yang masih bergaya arsitektur Eropa. Ini membuat kita serasa kembali bernostalgia di era jaman Belanda. Pastinya pengalaman menginap dengan nuansa heritage hanya bisa didapatkan di Riche Heritage Hotel ini..

Family Room

Di Riche Heritage Hotel ini tak hanya memiliki  tipe Deluxe Room saja, tetapi juga ada tipe Family Room yang tentunya tak kalah keren dan bisa untuk menginap bersama keluarga kesayangan kalian karena kamar yang satu ini sangat luas bisa muat 4 orang bahkan bisa tambah extra bed sehingga bisa muat 6 - 8 orang. Fasilitas tipe Family Room ini juga sangat lengkap ada AC, Televisi, Wifi, Kamar mandi dengan shower dan hot water. 

Selain itu ada tipe kamar yang sangat terjangkau harganya namun fasilitas juga istimewa, meskipun letaknya agak dibelakang namun kamar dengan tipe ini juga sangat nyaman digunakan. 

Menikmati Kuliner di Oey Cafe


Riche Heritage Hotel ini tak hanya menyajikan tempat menginap yang nyaman saja, tetapi juga menyuguhkan aneka kuliner lezat di Oey Cafe. Jadi para pengunjung bisa menikmati malam yang romantis di Kota Malang sambil menyantap aneka kuliner lezat ala Riche Heritage Hotel. Ada berbagai menu yang ditawarkan mulai menu minuman tradisional yang bisa menghangatkan tubuh seperti Wedang Rempah, Kopi Tubruk Heritage, Wedang Ronde Kayutangan, Wedang Jahe Bandulan dan masih banyak lagi 



Untuk menu makanan di sini juga terdiri dari kuliner tradisional seperti : Nasi Goreng Rempah, Mie Rempah, Nasi Goreng Riche, Nasi Goreng Jawa, Mie Karangbesuki, Ayam Penyet Bandulan, Rawon Klojen, Soto Ayam Kebonsari dan tentunya masih banyak lagi. Adapun untuk menu Western seperti Spagetti, Sirloin Steak, Beef Black Pepper, Chicken Steak, dan masih banyak lagi. Spesial setiap malam Minggu di Cafe Oey ini selalu ada penampilan musik akustik yang semakin menambah suasana malam di Kota Malang semakin romantis. 

Riche Heritage Hotel ini juga dilengkapi dengan Meeting Room dan Gayatri Spa sehingga semakin lengkap, jadi tak perlu berpikir panjang lagi untuk menginap di Riche Heritage Hotel ketika berlibur di Kota Malang, karena banyak keunggulan dari hotel dengan konsep heritage ini dibandingkan dengan hotel yang lain dan saat ini kalian juga bisa memesan kamar di Riche Heritage Hotel melalui berbagai aplikasi pemesanan hotel yang tentunya bisa menjadikan semakin mudah. Untuk info lebih lengkap kalian bisa hubungi :
website : www.Richehotel.com
Instagram : @Richehotel
Twitter : @Richehotel
Facebook : Riche Heritage Hotel
Email : Richeheritagemalang@gmail.com

2 Komentar

  1. bisa jadi referensi nih kalau main ke malang lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, soalnya harganya lumayan terjangkau

      Hapus