Indonesia Pasti Sembuh dari COVID-19

Tak terasa sudah 2 bulan lebih seluruh masyarakat Indonesia dijajah oleh pandemi COVID-19. Rasanya sangat sedih sekali karena di Bulan Ramadan ini seluruh masyarakat Indonesia harus menghadapi musibah yang sangat luar biasa ini. Banyak sekali dampak negatif dari pandemi COVID-19 yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia, mulai dari segi kesehatan hingga segi perekonomian. 

Keadaan Indonesia sangat ini sangat memperihatinkan, namun kita semua tetap harus optimistis Indonesia bisa bangkit lagi, untuk melawan COVID-19 tak hanya tugas pemerintah saja, tetapi juga dibutuhkan kesadaran dan gotong royong seluruh masyarakat Indonesia dan bersinergi bersama pemerintah agar COVID-19 ini bisa hilang dari tanah air kita. Dan inilah tindakan yang harus dilakukan oleh semua masyarakat agar pandemi COVID-19 bisa berakhir dan Indonesia bisa sembuh dari COVID-19 :

1. Cuci Tangan 

Langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk mencegah agar tidak terinfeksi COVID-19 yaitu dengan cara rajin mencuci tangan, karena tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit. Dan cara mencuci tangan yang baik dan benar yaitu mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir dengan durasi waktu minimal 20 detik supaya bisa membunuh virus dan kuman. 

Selain mencuci tangan dengan sabun kita juga bisa membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer karena cara ini juga cukup ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan. Saat ini aku juga selalu membawa hand sanitizer karena lebih mudah dan praktis. 

2. Tetap Berada di Rumah

Sudah 2 bulan lebih ini aku selalu berada di rumah, karena ini adalah anjuran dari pemerintah yang mana dengan cara selalu berada di rumah bisa mengurangi penyebaran COVID-19. Karena virus yang satu ini tidak terlihat dan mudah sekali bisa menular. 

Cara ini sebenarnya cukup efektif untuk mengurangi penyebaran COVID-19, namun sayangnya kesadaran masyarakat Indonesia masih sangat minim untuk tetap berada di rumah. Sebenarnya boleh keluar rumah tetapi untuk hal yang sangat penting dan pastinya juga harus mengikuti protokol kesehatan. 

3. Memakai Masker 

Buat kalian yang hendak keluar rumah jangan lupa selalu memakai masker, karena dengan memakai masker bisa mengurangi potensi tertular virus Corona. Meskipun diantara kita ada yang tidak terbiasa dan tidak nyaman ketika memakai masker, tetapi untuk saat ini kita harus meningkatkan kesadaran mulai dari diri kita sendiri untuk selalu memakai masker karena untuk kepentingan bersama yaitu mengurangi penyebaran COVID-19. 

4. Sosial Distancing 

Social distancing merupakan salah satu langkah pencegahan dan pengendalian infeksi virus Corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Kini, istilah social distancing sudah diganti dengan physical distancing oleh pemerintah.

Ketika menerapkan social distancing, seseorang tidak diperkenankan untuk berjabat tangan serta menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang sakit atau berisiko tinggi menderita COVID-19.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Tubuh yang mempunyai daya tahan yang lemah sangat mudah terkena berbagai penyakit, maka dari itu kita harus selalu menjaga daya tahan tubuh agar selalu kuat sehingga tubuh selalu sehat. Agar daya tahan tubuh kuat banyak cara yang bisa kita lakukan seperti memperbanyak makan buah dan sayuran. Karena buah dan sayuran banyak mengandung vitamin, protein, mineral yang sangat baik untuk tubuh kita. 

6. Jangan Mudik

Mudik merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, karena dengan mudik bisa menyambung tali silaturahim keluarga. Namun lebaran tahun ini sepertinya momen tersebut harus ditunda dulu, karena saat ini hampir di seluruh kota-kota besar banyak sekali pasien yang positif COVID-19. 

Hal ini dapat membahayakan jika teman-teman yang berada di kota mudik ke kampung halaman, pasalnya dengan mudik ini dikhawatirkan akan menyebabkan tertularnya keluarga yang ada di kampung, karena tidak ada yang tahu jika selama di kota ternyata sudah tertular oleh orang lain. Dan dengan dilarangnya mudik ini diharapkan bisa memutuskan rantai penyebaran COVID-19. 

Itulah beberapa cara untuk mengurangi penyebaran COVID-19, dan cara-cara tersebut harus kita lakukan mulai dari diri kita sendiri agar Indonesia bisa sembuh dari COVID-19

1 Komentar

  1. Kak saya gagal fokus sama foto terakhir yang jangan mudik kak.

    itu brand ambasador baru Honda Brio kak? hahaa

    Dunia lagi begini ya kak kondisinya. Kamu jaga kesehatan.

    BalasHapus