5 Tips Ala Generasi Milenial Agar Terhindar dari Narkotika

Narkotika sampai saat ini masih menjadi masalah besar di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia, karena obat terlarang ini bisa mengancam masa depan generasi Indonesia. Penyalahgunaan narkoba  saat ini paling banyak pada kalangan remaja yang mana para remaja ini adalah generasi penerus bangsa, jika saat ini banyak remaja yang rusak akibat narkotika maka masa depan bangsa sangat terancam.

Maka dari itu kita semua juga harus terlibat dalam mengawasi para remaja agar tidak terjerumus ke dunia narkotika, karena sebenarnya ini tak hanya tugas pemerintah saja tetapi juga tugas keluarga masing-masing untuk memberikan edukasi dan juga menjaga & mengawasi putra-putrinya. Apalagi di era digital seperti saat ini, semua informasi bisa mudah diakses sehingga sangat perlu perhatian yang sangat ekstra.

Bahaya Narkotika Bagi Kesehatan

Narkotika memang sangat berbahaya sekali bagi kesehatan manusia, tak peduli usia muda atau tua jika sudah mengkonsumsi narkotika maka tubuhnya pasti akan mudah terkena berbagai macam penyakit, sehingga membuat narkotika ini sangat dilarang oleh pemerintah karena banyak memberikan efek negatif yang mengancam nyawa manusia .

Inilah beberapa efek yang disebabkan narkotika yang sangat berbahaya bagi kesehatan diantaranya ;

·         Dehidrasi

Yang mana jika badan kita terus menerus dehidrasi/kekurangan cairan bisa berakibat tubuh akan kejang-kejang, perilaku agresif, sesak pada bagian dada dan jika dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada otak.

·         Halusinasi

Halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja. Tidak hanya itu saja, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan. Apabila pemakaian berlangsung lama, bisa mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus.

·         Menurunnya Tingkat Kesadaran

Pemakai yang menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang berlebih, efeknya justru membuat tubuh terlalu rileks sehingga kesadaran berkurang drastis. Beberapa kasus si pemakai tidur terus dan tidak bangun-bangun. Hilangnya kesadaran tersebut membuat koordinasi tubuh terganggu, sering bingung, dan terjadi perubahan perilaku. Dampak narkoba yang cukup berisiko tinggi adalah hilangnya ingatan sehingga sulit mengenali lingkungan sekitar.

·         Kematian

Dampak narkoba yang paling buruk terjadi jika si pemakai menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi atau yang dikenal dengan over dosis. Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan dapat menimbulkan kematian. Dan itulah akibat fatal yang harus dihadapi jika sampai kecanduan narkotika, nyawa menjadi taruhan nya.

Hari Anti Narkotika Internasional


Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional dilakukan setiap tanggal 26 Juni, yang mana peringatan Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI merupakan sebuah bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional atau HANI juga sebagai sebuah gerakan perlawanan terhadap bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, serta keamanan dan kedamaian dunia.

5 Tips Generasi Milenial Agar Terhindar dari Narkotika

    1. Perbanyak Kegiatan yang Positif


Cara yang pertama agar kalian terhindar dari narkoba yaitu dengan perbanyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif seperti membaca buku, olahraga, melukis, membuat kerajinan dan masih banyak lagi. Karena dengan memperbanyak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, waktu dan pikiran yang kita punya akan terfokus terhadap hal-hal tersebut yang mana lebih banyak manfaatnya, sehingga kita tidak akan membuang waktu kita untuk melakukan hal-hal negatif yang tidak berguna dan kita akan bisa terhindar dari penggunaan narkoba.

     2. Selektif dalam Bergaul


Yang kedua yaitu dengan cara lebih selektif dalam bergaul, selektif disini bukan membedakan teman yang kaya atau pun yang miskin tetapi lebih memilih bergaul dengan orang-orang yang mempunyai perilaku dan kebiasaan yang baik, karena bergaul dengan orang-orang yang baik kita juga pasti akan ikut menjadi baik, karena pergaulan inilah yang akan mempengaruhi kebiasaan kita. Boleh saja berteman dengan orang yang tidak baik tetapi kita harus membatasi agar kita tidak terbawa oleh pergaulan bebas.

    3. Liburan Agar Tidak Stress


Yang ketiga yaitu dengan cara liburan, karena dengan liburan pikiran seseorang akan menjadi lebih fresh. Tak perlu liburan jauh-jauh jika memang kondisi keuangan tidak memungkinkan, yang penting disempatkan semisal seminggu atau dua minggu sekali untuk mengunjungi tempat wisata yang terdekat yang bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan hati menjadi lebih senang seperti pantai, hutan atau pun yang lain nya. Karena salah satu faktor yang membuat seseorang bisa terjun ke dunia narkotika yaitu karena stress baik karena ada masalah pekerjaan, keluarga atau pun masalah kehidupan yang lain nya, sehingga mereka mencari cara untuk menghilangkan stress, akhirnya mereka menggunakan narkotika yang mana cara tersebut sangat keliru dan salah.

     4. Perkuat Iman dan Taqwa


Yang keempat yaitu memperkuat iman dan taqwa dengan mengikuti pengajian atau pun banyak membaca kitab atau buku tentang agama, karena jika kita mempunyai landasan iman dan taqwa yang kuat niscaya kita tidak akan mudah terbujuk oleh rayuan setan dan terjerumus ke dalam jurang narkotika. Karena di dalam agama juga sudah dilarang menggunakan narkotika karena bisa merusak diri sendiri atau membinasakan diri sendiri.

     5. Fokus Terhadap Tujuan Hidup

Yang kelima yaitu fokus terhadap tujuan hidup, karena dengan cara ini kita bisa membawa diri kita kepada tujuan kita, sebenarnya apa tujuan hidup kita? Nah ini perlu kita renungkan kembali agar tujuan hidup itu menjadi lebih jelas dan kita lebih mudah untuk meraih impian dan tujuan hidup kita bisa terwujud. Jika kita tidak mempunyai tujuan hidup maka hidup kita seakan sia-sia, jadi jauhilah narkotika karena itu bisa merusak tujuan hidup kita untuk hidup yang lebih bahagia dunia dan akhirat.

Itulah beberapa cara agar para generasi milenial tidak terjerumus ke dunia narkotika yang bisa membuat masa depan generasi milenial menjadi gelap gulita. Ayo mulai hidup sehat dengan perbanyak minum air putih, makan buah dan sayur, serta jangan lupa olahraga dan jauhi narkotika agar masa depan menjadi semakin gemilang.

 

 


8 Komentar

  1. Biasanya aku main game biar terhindar dari kegiatan yang tidak positif, selain menyenangkan main game juga mengasah otak dan kreativitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren dong, ternyata main game juga ada sisi positifnya.

      Hapus
  2. NAk milenials panutan warga KEndal memberikan tips hidup bersih bebas narkoba serta sehat dan bugar sering jalan-jalan uwuwuww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwuwuuu kamu juga harus piknik kak biar gak stress, Jgn kerja terus 🤣🤣

      Hapus
  3. Nahhh dengan memanfaatkan waktu-waktu dengan kegiatan yang produktif bisa meningkatkan semngat yang tinggi serta terhindar dari hal-hal yang tidak baik seperti narkoba ini...

    BalasHapus
  4. Konsumsi narkoba sangat dosa besar.
    Tips tips seperti ini sangatlah perlu untuk menghindari hal hal yang berbau narkotika.
    Yang biasa saya lakukan liburan supaya fikiran fresh dan tidak stress dan tentu wajib untuk meningkatkan ketakwaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget narkoba dosa besar dan banyak lagi masalah yang ditimbulkan dari narkoba.

      Hapus