Menengok Keindahan Alam dan Budaya Toraja Utara


Foto by : @Abun_pasanggan

Lahir dan besar di Indonesia membuatku sangat bangga menjadi warga negara Indonesia, karena Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya, namun Indonesia juga kaya akan seni budaya yang agung. Dari Sabang sampai Merauke terdapat ribuan seni budaya, ratusan suku dan bahasa. Ribuan pulau, pantai, ratusan gunung dan keindahan alam yang lainnya merupakan sebuah anugerah yang sangat luar biasa. Keberagaman inilah yang menjadi anugerah yang sangat besar bagi Indonesia sehingga sebagai generasi penerus bangsa, kita wajib menjaga dan melestarikan alam dan seni budaya Indonesia.

Sebagai seorang yang suka akan hal-hal baru, aku sangat ingin banyak belajar tentang keanekaragaman budaya yang ada di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Pasti sangat menyenangkan jika bisa menjelajahi seluruh pelosok negeri ini yang sangat kaya akan pesona alamnya dan keluhuran budayanya. Dengan mengerti tradisi dan  budaya daerah lain pastinya akan lebih menumbuhkan rasa cinta kita terhadap negeri ini,  dan kita  juga bisa saling menghormati dan menghargai budaya-budaya lain yang sudah ada sejak dahulu kala dan pastinya harus kita dilestarikan.

Toraja Utara, Destinasi Wisata Impianku

Foto by : @Abun_pasanggan


Salah satu daerah di Indonesia yang sangat ingin aku kunjungi saat ini yaitu Kabupaten Toraja Utara, karena Toraja Utara kaya akan pesona alamnya yang sangat indah, tak hanya itu saja, Toraja Utara juga kaya akan tradisi dan budaya yang unik serta luhur yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Kabupaten Toraja Utara merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Toraja Utara dahulu masih tergabung dalam Kabupaten Tana Toraja, namun pada tahun 2008 Toraja Utara resmi menjadi kabupaten sendiri dan ibukotanya di Rantepao. Alasan terkuatku ingin berkunjung ke Toraja Utara yaitu aku ingin melihat langsung tentang tradisi dan seni budaya Toraja Utara yang sangat unik dan luhur karena aku sangat suka dengan seni budaya asli Indonesia.

Ada Apa Saja di Toraja Utara?

1.    To’ Tombi

Foto by : @Quita_david


Berada di daerah dataran tinggi membuat Toraja Utara dianugerahi pemandangan alam yang sangat luar biasa, salah satu destinasi wisata alam di Toraja Utara yang ingin aku kunjungi yaitu “Negeri di Atas Awan To’ Tombi”. Keindahan negeri di atas awan To’ Tombi seakan menghipnotisku untuk segera berkunjung kesana.  To’Tombi merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Toraja Utara yang mana letaknya berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl (meter di atas permukaan laut). Letaknya berada di Kampung Lolai, Desa Lembang Benteng Mamullu Kecamatan Kapalapitu Kabupaten Toraja Utara Sulawesi Selatan.

Salah satu keunikan destinasi wisata To’ Tombi yaitu kita bisa melihat hamparan awan putih di depan mata yang sangat indah, selain itu kita juga bisa melihat panorama alam dari ketinggian. Tak hanya itu saja, di To’ Tombi kita juga bisa melihat indahnya matahari sunrise di pagi hari. Udara sejuk akan membuat kita semakin betah berada di destinasi wisata ini. Selain itu di To’ Tombi kita juga bisa melakukan kegiatan camping.

2.    Desa Wisata Ke’te’ Kesu’

Foto by : VisitTorajaUtara


Pesona Toraja Utara memang sangat luar biasa, salah satu destinasi wisata unggulan di Toraja Utara yaitu Desa Wisata Ke’te’ Kesu’. Desa wisata yang satu ini memang sangat unik sekali yang mana di Desa Wisata Ke’te’ Kesu’ terdapat semua unsur pada pemukiman suku Toraja, diantaranya : Tongkonan (rumah adat suku Toraja), Alang (lumbung), lapangan upacara adat, area pemakaman, hingga sawah. Desa Wisata Kete’ Kesu’ ini terletak di Desa Paepalean Kecamatan Sanggalangi Kabupaten Toraja Utara Sulawesi Selatan.

Desa Wisata Kete' Kesu' ini sudah ada sejak lama dan salah satu daya tarik di Desa Wisata Kete’ Kesu’ ini terdapat tongkonan (rumah adat suku Toraja) yang sangat unik dan megah, yang mana Tongkonan di Desa Wisata Kete’ Kesu’ ini termasuk salah satu Tongkonan yang paling tua. Di Desa Kete’ Kesu’ kita taka hanya bisa melihat kemegahan Tongkonan saja, namun kita juga bisa melihat tradisi dan budaya masyarakat setempat. Suasana khas pedesaan akan membuat betah siapapun yang datang ke Desa Wisata Kete’ Kesu’ ini.

3.    Upacara Rambu Solo

Foto by : Abun_pasanggan 


Toraja Utara memang masih sangat menjunjung tinggi tradisi dan budaya warisan nenek moyang, dan salah satu tradisi yang masih dipertahankan hingga saat ini yaitu “Upacara Rambu Solo”. Tradisi Rambu Solo ini merupakan merupakan upacara yang dilakukan ketika ada salah satu keluarga yang meninggal dunia, yang mana upacara Rambu Solo ini bertujuan untuk memberikan penghormatan terakhir dan  ucapan selamat tinggal kepada orang yang meninggal dunia. Upacara Rambu Solo ini termasuk salah satu upacara kematian termegah di dunia, biasanya dilakukan dalam waktu 1 sampai 7 hari tergantung ekonomi masing-masing.

Dalam upacara Rambu Solo biasanya terdapat Tari Ma’badong, yang mana tari ini hanya dilakukan ketika ada orang yang meninggal dunia. Tarian ini cukup unik karena dilakukan banyak orang dengan bergandengan tangan dan menyanyikan lagu kematian dengan tujuan untuk menghibur keluarga yang ditinggalkan.

4.    Tradisi Ma’nene’

Foto by : @Abun_pasanggan

Toraja Utara memang sangat kaya akan tradisi dan budaya, dan salah satu tradisi masyarakat Toraja Utara yang masih dilestarikan yaitu Tradisi Ma’nene’. Yang mana tradisi Ma’nene’ ini berupa ritual membersihkan dan mengganti pakaian mayat salah satu keluarga yang sudah meninggal dunia, tradisi ini juga bertujuan sebagai bentuk penghormatan dan juga untuk mengobati rasa rindu antara keluarga yang masih hidup dengan anggota keluarga yang sudah meninggal.

4.    Kuburan Batu

Foto by : @Abun_pasanggan


Warisan nenek moyang suku Toraja Utara ini memang sangat unik dan luar biasa. Dan ada satu hal yang cukup unik di Toraja Utara ini, karena masyarakat Toraja Utara masih melestarikan tradisi nenek moyang yaitu dengan mengubur mayat di dinding tebing batu, tradisi mengubur mayat di dinding tebing batu ini sudah ada sejak ratusan tahun silam. Mayat-mayat ini disimpan di peti dan di letakkan di lorong-lorong dinding tebing batu dan ada juga peti yang digantung di tebing batu. Salah satu alasan mayat masyarakat suku Toraja dimakamkan di tebing batu yaitu supaya bukit dan lembah bisa digunakan generasi yang akan datang untuk bercocok tanam.

6.    Kopi Toraja

Foto by : @Abun_pasanggan

Toraja Utara tak hanya kaya akan keindahan alam dan budayanya, tetapi juga kaya akan sumber daya alamnya. Berada di daerah dataran tinggi membuat Toraja Utara membuat Toraja Utara terdapat banyak  tumbuhan kopi. Dan varian kopi Toraja ini sangat terkenal karena mempunyai cita rasa yang khas, kopi Toraja juga banyak diekspor ke luar negeri karena bakarena mempunyai cita rasa yang khas, kopi Toraja juga banyak diekspor ke luar negeri karena banyak sekali peminatnya. Kopi Toraja ini tumbuh di daerah pegunungan dengan ketinggian 1400 sampai 2100 mdpl. Kopi Toraja jenis Arabica juga dikenal dengan julukan “Queen Of Coffe” karena  mempunyai aroma yang khas seperti aroma tanah.

7.    Tenun Toraja

Foto by : @Abun_pasanggan 


Toraja Utara memang sangat luar biasa, karena Toraja Utara juga mempunyai kain tradisional warisan nenek moyang yaitu Tenun Toraja. Salah satu daerah penghasil tenun Toraja yaitu daerah Sa’dan. Pembuatan tenun Toraja pun masih menggunakan alat tradisional dan biasanya dibuat di Tongkonan. Salah satu keunikan tenun Toraja yaitu untuk pewarnaan masih menggunakan pewarna alam, seperti warna merah terbuat dari Mengkudu dicampur Pinang, sedangkan warna biru dari daun Tarun dan warna hitam dari kulit pohon Bilente.

Mungkin hanya beberapa saja yang aku tahu dari media sosial tentang keindahan Toraja Utara, namun aku sangat yakin bahwa Toraja Utara masih banyak menyimpan keindahan alam dan keunikan tradisi dan budaya yang sangat luar biasa yang belum terexpose oleh media.

Misi Ke Toraja Utara


Foto by : @Abun_pasanggan

Jika aku terpilih menjadi salah satu blogger yang lolos ke Toraja Utara, aku akan menggunakan kesempatan ini dengan baik ini akan menjadi pengalaman pertamaku berkunjung ke Toraja Utara. Karena ketika di Toraja Utara aku ingin belajar tentang banyak hal seputar Toraja Utara, terutama tentang adat istiadat, seni budaya dan kearifan lokal Toraja Utara, karena belajar tidak harus selalu di sekolah. Selain itu aku juga ingin melihat secara langsung keindahan alam Toraja Utara, yang mana pesona alam Toraja Utara sangat beraneka ragam dan sangat luar biasa.

Setelah aku melihat keindahan alam dan banyak mengerti tentang adat istiadat, seni budaya dan kearifan lokal Toraja, kemudian aku akan mengabadikannya lewat tulisan di blog www.siklimis.com. Aku juga akan mengabadikan lewat foto dan video kemudian akan aku sebar luaskan di semua media sosial yang aku miliki seperti facebook, twitter, instagram, youtube hingga tik tok, karena aku yakin dengan menyebarkan informasi positif tentang keindahan alam dan keagungan seni budaya Toraja Utara lewat media sosial, pastinya akan banyak orang yang tahu karena jangkauan media sosial itu sangat luas, bahkan tak hanya masyarakat yang ada di Indonesia saja yang akan tahu tetapi juga agar seluruh warga yang ada di bumi ini juga bisa tahu tentang pesona alam dan budaya Toraja Utara .

Aku juga akan memberitahukan kepada siapa saja bahwa Toraja Utara itu indah, Toraja Utara itu istimewa, sehingga semakin banyak orang yang tahu tentang keindahan alam dan keistimewaan seni budaya Toraja  Utara, maka akan semakin banyak orang yang akan berwisata ke Toraja Utara. Dengan banyaknya wisatawan yang datang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Toraja Utara. Dan pastinya akan banyak orang yang akan bisa lebih menghargai kebudayaan daerah lain, karena sejatinya kita semua adalah saudara satu negara, satu bangsa yang harus saling berdampingan hidup aman, damai, dan tenteram.

Toraja Highland Festival

Meskipun di tengah pandemi, namun sebuah tradisi harus tetap dilestarikan, dan di bulan Juli ini di Toraja Utara akan ada acara yang sangat luar biasa yaitu “Toraja Highland Festival”. Untuk acara akbar ini akan dilaksanakan pada tanggal 12-18 Juli 2021 dengan mengangkat tema “Sinergitas Antarlini Membangun Pariwisata  Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional”. Acara ini tentunya bertujuan untuk melestarian seni budaya Toraja utara dan juga sebagai media promosi pariwisata Toraja Utara.

Toraja Highland Festival 2021 ini juga akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yaitu Drs. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A.,M.B.A. Adapun rangkaian acara Toraja Highland Festival 2021 ini diantaranya ; Pekan Raya Toraja, Pentas Seni Budaya Toraja, Pameran UMKM, Seminar  Nasional, Lomba band, Lomba tari tradisional, Pameran dan klinik fotografi, Lomba fotografi, Lomba blog, Lomba DJ, Torajazz dan masih banyak lagi. Jadi jangan sampai terlewatkan acara yang sangat keren dan  meriah ini.


Refrensi :

1. NativeIndoneisa.com

2. Visit Toraja Utara

3. Jurnal Indonesia Kaya Edisi Toraja



18 Komentar

  1. Toraja ini juga menjadi destinasi impianku, sepertinya banyak hal eksotik yang akan sangat menyenangkan untuk di eksplore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke Toraja Utara ya kak, pastinya bakal banyak hal yang unik di Toraja Utara, apalagi tradisi dan budayanya sangat istimewa

      Hapus
  2. Tana Toraja memanglah menarik. Masih banyak hal magis di sana. Salah satu yang paling mengerikan adalah upacara membersihkan kelurga yang sudah lama meninggal.

    Aku berpikir, apa mereka nggak takut ya pas pegang jenazahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini yg di Toraja Utara mbak, tapi tradisi ini masih terus dilestarikan. Mereka gak takut sih malah bahagia karena bisa bertemu dengan keluarga yg sudah meninggal

      Hapus
  3. aku penasaran banget ama tradisi ma'nene itu. selain unik juga pasti menegangkan. Mengikuti prosesi ini pasti deg deg an. menonton videonya aja berdebar, apalagi melihat langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga agak takut, tapi penasaran banget pengen lihat langsung.

      Hapus
  4. Aghhhhhh pengeen banget mas kesanaaaa :D. Toraja itu impianku juga. Udh lama sih sbnrnya planningin mau kesana Ama suami. Tp ga jadi2 malah pandemi. PGN liat upacara adatnya, budaya nya, kuliner dan aku JD tahu kalo di sana ada daerah tingginya :D. Secara aku suka banget Ama tempat sejuk.

    Hopefully abis pandemic deh :D. Mau book tiket lgs kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga pandemi segera berakhir ya kak biar kamu bisa kesana, Toraja Utara juga impianku banget nih.

      Hapus
  5. Toraja tuh menarik dan terkesan, magis budayanya, pemandangannya pun indah semoga bisa berkunjung ke sana ya Zain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin... Iya eksotik banget Toraja Utara ini....

      Hapus
  6. Toraja sangat eksotis banget sih, apalagi yang prosesi pemakaman yang ada ditebing batu itu wuihhhh keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tradisi di Toraja Utara memang eksotik banget. Gak sabar pengen ke Toraja Utara.

      Hapus
  7. Dulu sebelum hamil Tazka, aku udah sempat booking trip ke Toraja, eh tau2 hamil dan pas itu mabok berat, akhirnya yg berangkat cuma temenku doang, dan untungnya ga ikut, krn lumayan menguras energi katanya... Tapi aku tetep pengin ke sana suatu saat nanti. Banyak hal eksotis yg bikin penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke Toraja Utara bareng aku ya bund, biar bisa explore bareng

      Hapus
  8. Dulu pernah ke Toraja pas study tour tapi belum sebagus sekarang, terus rencana pengen kesana tapi keburu PPKM padahal pas banget ya minggu ini acara Toraja Highland Festival. Semoga acaranya diadakan lagi Tahun depan biar bisa ikut ngumpul dengan yang lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wab sudah pernah ke Toraja Utara ya kak, sayang banget ini acara Toraja Highland Festival ditunda.

      Hapus
  9. Ini salah satu tempat yang pengen aku kunjungi juga! Udah jadi destinasi kelas dunia yaa, terkenal sampai ke mancanegara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih ini destinasi kelas dunia, soalnya sudah diakui UNESCO juga

      Hapus