Pantai Indah Kemangi, Pantai Eksotik di Kabupaten Kendal


Kabupaten Kendal merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang dianugerahi pantai karena letaknya bersebelahan dengan laut utara Jawa. Sebenarnya ada beberapa pantai yang indah di Kabupaten Kendal baik yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Kendal ataupun swasta. Namun kali ini aku ingin mengajak kalian untuk mengunjungi salah satu pantai terbaik di Kabupaten Kendal yang masih tergolong baru dijadikan sebagai destinasi wisata, namanya yaitu Pantai Indah Kemangi.

Pantai Indah Kemangi mulai dibuka untuk umum sejak pertengahan tahun 2020 dan dikelola oleh Pokdarwis setempat. Pantai ini dahulu sangat jarang sekali yang datang kesini, biasanya hanya warga setempat saja yang kesini karena letaknya yang dekat dengan salah satu tempat paling mistis di Kabupaten Kendal yaitu Makam Kemangi yang terletak di Dusun Srandu Desa Jungsemi. Namun setelah pantai ini dijadikan sebagai destinasi wisata, perlahan kesan mistis tersebut mulai hilang namun kita harus tetap berhati-hati.

Sejarah & Kisah Mistis Makam Kemangi

Desa Jungsemi ini berasal dari dua suku kata (Bahasa Jawa) yaitu : Ujung yang berarti pangkal dan Semi yang berarti tambah atau selalu bersemi, jadi Jungsemi berarti suatu desa yang terletak di pangkal ujung utara atau dekat pantai dan laut yang selalu bertambah luas.

Pada masa Kerajaan Mataram yang pimpin oleh Sultan Agung, saat itu itu masih  dalam masa penjajahan Belanda, Raja Mataram memutuskan untuk mengadakan perlawanan terhadap penjajah Belanda yang pada waktu itu berpusat di Batavia. Untuk persiapan perlawanan menghadapi Belanda, maka Raja Sultan Agung memanggil semua Adipati dan pembesar kerajaan untuk mengadakan pertemuan besar yang dipimpin oleh Sultan Agung sendiri yang tempatnya dirahasiakan.

Ternyata tempatnya di pesisir utara dan berada di tengah hutan tepatnya dibawah pohon yang sangat rindang, dan pohon itu sekarang dikenal dengan nama pohon Kemangi yang terletak di Desa Jungsemi (sekarang Makam Kemangi) dan dikelilingi pagar yang tidak kasat mata yang dipimpin oleh Tumenggung Rajegwesi yang bergelar Ki Ageng Kemangi, yang mana penduduk setempat menyebutnya dengan Oyot Miman, agar pertemuan tidak bocor oleh telik mata-mata penjajah Belanda.

Setelah melalui musyawarah serta saran-saran dari para Adipati dan para pembesar Kerajaan, maka akhirnya diputuskan bahwa Mataram menyatakan perang terhadap Belanda. Namun tempat musyawarah (sekarang Makam kemangi) dikelilingi oleh benteng yang tidak kasat mata atau Oyot Miman belum dihilangkan sampai dengan saat ini, sehingga jika ada orang yang masuk ke dalam benteng tersebut maka tidak bisa kembali pulang.

Namun menurut beberapa orang yang pernah tersesat di Kemangi, bahwa di sana layaknya kampung biasa yang mana terdapat banyak orang dan kehidupan, tapi ternyata itu adalah alam gaib, jika ada seseorang yang tersesat di Kemangi kemudian makan makanan yang ada di sana maka orang tersebut tidak akan bisa kembali pulang, namun jika tidak makan makanan yang ada di sana kemungkinan akan bisa pulang. Beberapa kali juga terjadi kejadian aneh diantaranya ada truck besar yang tersesat di dekat Makam Kemangi, padahal kalau di pikir secara logis truck tersebut tidak bisa masuk ke Desa Jungsemi karena jalannya yang sempit.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Indah Kemangi

Kabupaten Kendal yang dilewati jalan raya nasional pantura membuat kabupaten ini sangat mudah untuk dijangkau, apalagi sekarang juga sudah ada jalan tol yang melewati Kabupaten Kendal. Sehingga memudahkan para wisatawan dari luar kota untuk berkunjung ke Pantai Indah Kemangi.

Pantai Indah Kemangi ini terletak di Dusun Srandu Desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih km dari Alun-alun Kendal atau menit perjalanan. Akses untuk menuju kesini cukup mudah dan ada beberapa jalan yang bisa dilewati yaitu yang pertama jika kita dari arah timur (Semarang & Kendal Kota) kita bisa lewat jalan pantura dan belok ke kanan (utara) di pertigaan SMP N 1 Cepiring, kemudian ikuti petunjuk menuju Pasar Laban Kecamatan Kangkung, setelah sampai Pasar Laban belok ke kanan (utara) dan terus ikuti papan petunjuk jalan.

Sedangkan yang kedua jika kita dari barat (Jakarta dan Weleri) kita bisa lewat jalan pantura dan belok ke kiri (utara) di perempatan Tlahab, kemudian ikuti petunjuk menuju Pasar Laban Kecamatan Kangkung, setelah sampai Pasar Laban, lurus terus ikuti papan petunjuk jalan. Setelah melewati Pasar Laban ada dua jalan yang bisa dilewati yaitu lewat Desa Jungsemi dan Desa Karangmalang.

Pantai Indah Kemangi yang Memesona

Sebenarnya aku sudah sering sekali berkunjung ke Pantai Indah Kemangi ini, karena memang lokasinya yang sangat dekat dengan rumahku sekitar 15 menit perjalanan. Rasanya tak pernah bosan jika berkunjung ke Pantai Indah Kemangi ini, karena pemandangannya yang elok dan ombaknya yang tidak besar sehingga sangat damai dan menyenangkan jika untuk sekedar bersantai menghilangkan penat. Untuk tiket masuknya juga sangat murah yaitu Rp. 3000.

Garis pantai yang panjangnya sekitar 2,5 km membuat pantai ini sangat indah, ditambah pohon-pohon pinus yang mulai tumbuh besar menjadikan Pantai Indah Kemangi semakin teduh dan sejuk. Selain itu di Pantai Indah Kemangi juga banyak warung-warung yang menjual makanan dan minuman sehingga kita tak perlu repot-repot membawa dari rumah.

Menikmati Sunset di Pantai Indah Kemangi

Pantai Indah Kemangi pesonanya tak pernah hilang, apalagi di saat sore hari, Pantai Indah Kemangi semakin cantik menawan karena di sini  kita bisa melihat sunset yang istimewa. Waktu senja menjadi salah satu waktu terbaik berkunjung di Pantai Indah Kemangi karena selain tidak panas, suasananya juga sangat santai dan damai, apalagi ditemani secangkir kopi akan menambah nikmatnya bersantai sambil melihat matahari terbenam di ufuk barat. 

Aneka Wahana Permainan di Pantai Indah Kemangi

Destinasi wisata Pantai Indah Kemangi saat ini terus berkembang dan berbenah menjadi lebih baik, mulai dari akases jalan yang diperlebar hingga sarana dan prasarana juga dilengkapi seperti dibangun landmark bertuliskan Pantai Indah Kemangi, mushola, gazebo, pusat informasi, gardu pandang keamanan, kamar mandi dan toilet.

Selain itu di Pantai Indah Kemangi saat ini juga sudah tersedia berbagai macam wahana permainan seperti ATV, banana boat, delman, area bermain, spot selfi, perahu kano dan masih banyak lagi. Hal ini diharapkan bisa semakin banyak mengundang wisatawan karena wisatawan bisa banyak melakukan kegiatan di Pantai Indah Kemangi ini.  Namun biasanya aneka wahana permainan ini beroperasi pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur Nasional.

Pantai Indah Kemangi ini sangat cocok sekali dijadikan tempat berwisata bersama keluarga ataupun teman, karena tempatnya yang nyaman dan ekonomis. Dan waktu paling cocok untuk berwisata di Pantai Indah Kemangi yaitu pagi dan sore hari. Yuk berwisata ke Pantai Indah Kemangi Kabupaten Kendal dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan.

·         Refrensi sejarah : www.Jungsemi.Kendalkab.go.id

 

15 Komentar

  1. Kok serem yaaaa cerita mistisnya :o. Ga kebayang kalo beneran kesasar di desa ghaib itu .. hrs banyak2 doa kalo ke desa ini kayaknya :).

    Pantainya pasir hitam ya mas... Aku blm pernah ke Kendal. Jadi kepengin ih, apalagi sbnrnya ga jauh2 amat kalo road trip. Kebetulan aku dan suami hobi road trip begitu . Ntr kalo pas suami cuti, pengen ajakin road trip ke Kendal deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ceritanya cukup seram, tapi sekarang sudah agak aman, yang penting sering berdo'a

      Hapus
  2. Wih seruu juga, baru tau soal pantai ini mas. Cerita sejarah di balik pantai ini juga ternyata agak horor yaa. Pengen kapan2 eksplore pantai ini dan sekitarnya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gas lah kesini, cuma satu jam dari Kota Semarang

      Hapus
  3. Kapan ya PPKM enggak diperpanjang lagi. Pengen banget bisa liburan kayak ke pantai gitu. Ngomong-ngomong, pantai indah kemangi ini ada sejarah mistisnya juga ya. Sepertinya beberapa pantai memang begitu ya.

    BalasHapus
  4. duh kalau lihat yang tulisannya traveling, bikin mupeng belum bisa pergi traveling lagi soalnya, semoga bisa pergi traveling secepatnya, dna bisa nyobain ke pantai kemangi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini aku juga travellingnya udah lama, baru sempat tak tulis sekarang.

      Hapus
  5. Udah lama banget nggak ke pantai sejak pandemi. Kapan ya bisa ke pantai lagi, mau ke pantai indah ini tapi jauh banget dari Lampung, hehe

    BalasHapus
  6. Syukurlah, nuansa mistiknya sudah berganti dengan aura travelling ya.

    Btw,
    Saat pandemi begini apakah pantai Kemangi yang eksotik ini sudah dibuka untuk umum?

    Kalau di Balikpapan, PPKM masih berlanjut dan destinasi wisata masih belum dibuka.
    PPKM di Balikpapan biasanya direview setiap seminggu sekali.

    BalasHapus
  7. Mogga kapan-kapan bisa dolan rene
    belum kesampaian melulu meh ke sini
    Bien nggak seapik iki

    BalasHapus
  8. Zaman sekarang yang namanya tempat wisata itu paket lengkap banget yaa..
    Bikin happy jalan-jalan ke Pantai indah Kemangi bersama keluarga.

    BalasHapus
  9. Liat postingan ini jadi pengen ke pantai. Udah lama gak ke pantai dan menikmati senja di sana.

    Btw saya salfok dengan pemandangan senja di Pantai Kemangi ini. View di fotonya indah banget

    BalasHapus
  10. Wow, pantainya indah dan banyak wahananya. Cocok nih buat yang punya anak kecil, anak-anak pasti suka.
    Oh yah, saya belum pernah ke Kendal nih,semoga suatu waktu bisa berkunjung ke sini.

    BalasHapus
  11. Rada serem juga ya baca cerita mistisnya, tapi biasanya sih emang cerita mistis kayak gini jadi bikin penasaran untuk kunjungi obyek wisatanya

    BalasHapus