Semarak Kemilau Nusantara di Semarang Night Carnival 2021

Rasanya Senang sekali waktu ada informasi kalau salah satu event tahunan Kota Semarang yang sangat spektakuler  yaitu Semarang Night Carnival yang sempat tertunda karena pandemi covid-19 akhirnya kembali digelar lagi. Semarang Night Carnival 2021 kali ini digelar dengan  konsep yang berbeda dari biasanya, meskipun tema yang diangkat masih melanjutkan Semarang Night Carnival 2020 yang sempat tertunda yaitu Kemilau Nusantara.

Konsep Semarang Night Carnival 2021 ini cukup unik karena digelar secara hybrid di Gor Jatidiri Kota Semarang pada hari Rabu, 17 November 2021, jadi yang hanya bisa menyaksikan secara langsung hanya tamu undangan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dan disiarkan secara live streaming di youtube Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

Hal ini tentunya untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan massa yang bisa menimbulkan melonjaknya lagi kasus covid-19 di Kota Semarang. Karena memang animo masyarakat Kota Semarang untuk menyaksikan Semarang Night Carnival sangatlah tinggi, terbukti pada tahun-tahun sebelumnya pasti sangat banyak sekali masyarakat yang hadir bahkan dari luar Kota Semarang seperti Kendal, Demak, Grobogan, Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Tema Kemilau Nusantara ini sangat unik sekali karena menghadirkan kostum-kostum unik dari 5 Destinasi Super Prioritas yang ada di Indonesia, diantaranya : Danau Toba Sumatera Utara, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Mandalika Nusa Tenggara Barat, Likupang Sulawesi Utara dan Candi Borobudur Jawa Tengah. Jadi Semarang Night Carnival 2021 ini tak hanya sebagai media promosi Kota Semarang saja, namun juga sebagai media promosi pariwisata Indonesia. Dan inilah kostum-kostum unik dan cantik dari 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia :

Pesona Danau Toba

Defile yang pertama yaitu Danau Toba, yang mana Danau Toba merupakan dan danau vulkanik terbesar di dunia yang terletak di Sumatera Utara. Keindahan Danau Toba sudah tak pelu diragukan lagi. Kawasan Danau Toba tak hanya alamnya saja yang indah, namun seni budaya masyarakat Batak juga sangat istimewa. Suku Batak merupakan suku asli Danau Toba, dan kostum tema Danau Toba ini lebih banyak terinspirasi dai indahnya kain khas suku Batak yaitu kain tenun ulos.

Warna merah mendominasi kostum Danau Toba kali ini, karena warna merah merupakan salah satu warna khas pada  kain tenun ulos. Kain ini pun termasuk kain yang sangat sakral karena sering digunakan di acara upacara adat suku Batak. Ornamen-ornamen bangunan suku batak pun turut menghiasi kostum Danau Toba. Iringan lagu Sinangga Tullo membuat nuansa Batak Danau Toba sangat terasa sekali di Semarang Night Carnival kali ini sehingga membuat para penonton serasa berada di Danau Toba. 

Wondeful Labuan Bajo

Defile yang kedua yaitu Labuan Bajo, yang mana Labuan Bajo merupakan destinasi wisata yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo tak hanya terkenal akan keindahan alamnya, tetapi di Labuan Bajo terdapat salah satu pulau yang dihuni oleh banyak Komodo, yaitu Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Komodo sendiri merupakan salah satu hewan purba langka yang keberadaannya saat ini sudah sangat sedikit sekali dan hanya ada di Indonesia. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik destinasi wisata Labuan Bajo.

Kostum Labuan Bajo kali ini lebih didominasi oleh ornamen hewan komodo karena hewan komodo menjadi icon Labuan Bajo. Warna coklat lebih dominan di kostum Labuan Bajo ini, namun tetap terlihat estetik karena kostum komodo ini lebih terlihat sangar bahkan ada yang hampir menyerupai hewan komodo yang asli. Pastinya ini kaena kreativitas para peserta dalam membuat kostum ini sangat tinggi hingga detail sekali dengan membutuhkan waktu sekita dua bulan untuk satu kostum ini.

Eksotika Mandalika


Defile yang ketiga yaitu Mandalika, yang mana kawasan Mandalika ini salah satu destinasi super prioritas yang ada di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Kawasan Mandalika ini sangat memesona karena keindahan alamnya yang luar biasa serta seni budaya yang istimewa. Apalagi saat ini di Mandalika sudah dibangun sirkuit kelas Internasional terbaik di Indonesia yang siap dijadikan tempat balapan tingkat internasional World Super Bike.

Kostum Mandalika kali ini lebih didominasi oleh seni budaya khas Pulau Lombok serta kearifan lokal suku Sasak yang mana suku Sasak merupakan suku asli Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Salah satu kostum Mandalika ini pun turut mengusung tema Putri Mandalika yang menjadi sejarah Bau Nyale. Selain itu kostum Mandalika juga didominasi oleh penggunaan warna kuning emas dan kain tenun khas Sasak, kaena suku Sasak juga mempunyai kain tradisional. Tak hanya itu saja, kostum Mandalika ini juga dihiasi oleh motif bangunan rumah adat suku Sasak sehingga kesan tradisional suku Sasak sangat kental sekali.

The Beauty of Likupang

Defile yang keempat yaitu Likupang. Yang mana Likupang merupakan salah satu dari 5 destinasi super prioritas Indonesia yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Likupang sangat kaya akan pesona alamnya, dan banyak sekali pantai yang sangat cantik di Likupang. Salah satu keunikan Likupang yaitu kaya akan flora dan fauna bawah lautnya yang sangat indah.

Dan kostum Likupang ini lebih didominasi oleh flora dan fauna bawah laut yang berwarna-warni. Hal ini sangat berbeda degan kostum-kostum peserta yang lain sepeti Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika dan Borobudur yang mana semuanya lebih didominasi oleh satu warna. Sedangkan kostum Likupang ini sangat beraneka ragam warnanya sehingga sangat terlihat berbeda sendiri. Apalagi kostum Likupang ini dihiasi oleh flora dan fauna bawah laut sehingga terlhat semakin cantik menawan.

Kemegahan Candi Borobudur


Defile yang terakhir yaitu Candi Borobudur, yang mana Candi Borobudur ini juga termasuk Destinasi Super Prioritas yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kemegahan Candi Borobudur tak pelu diragukan lagi kaena Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia yang mana dahulu juga pernah masuk 7 keajaiban dunia. Meskipun sudah ratusan tahun namun bangunan Candi Borobudur masih kokoh bertahan dan tetap menawan.

Kostum Borobudur ini lebih didominasi warna abu-abu dan silver karena supaya menunjukkan warna batu-batu candi, dan konsep yang diusung yaitu berbagai ornamen yang ada di Candi Borobudur seperti stupa, dan candi. Jumlah peserta kostum borobudur ini paling banyak dibanding yang lainnya. Sehingga defile Borobudur ini menjadi juara best defile.

Kemeriahan Semarang Night Carnival 2021

Meskipun Semarang Night Carnival 2021 dilaksanakan secara hybrid, tetapi tak kalah meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Karena tak hanya menampilkan parade kostum dari 5 Destinasi Super Prioritas saja, tetapi masih banyak pengisi acara yang lainnya, seperti paduan suara dari PSM Unnes, Tari kolosal gatra budaya nusantara dari tiang community, atraksi sepatu roda dari komunitas inline freestyle Kota Semarang, marching band dari Unimar AMNI Semarang, penyanyi cilik Ara, penyanyi lagu ambyar Dimas Kebo dan dipandu oleh MC ternama Kota Semarang yaitu Nessa Ghozal dan Adi Siswowidjono sehingga Semarang Night Carnival 2021 ini sangat meriah sekali.

9 Komentar

  1. Dari semua kostum, berhubung aku Batak Toba, pastinya kostum danau Toba jadi favoritkuuuuuu 😄😄😄😍. Tadi ya pas liat di Ig, aku suka tuh yg komodo punya. Tp itu sebelum liat kostum danau Toba 😄.

    Ini cakeeeep semua sih sebenernya... Krn biar gimana nunjukin ciri khas dr masing2 daerah2 yg dijagoin pariwisatanya ;).

    BalasHapus
  2. Lama sekali tidak melihat carnival dan festival. Begitu melihat kemeriahan pakaian warna warni dengan desain yang unik langsung auto happy banget sih ya.
    Suh kalau deket udah pasti disamperin sih

    BalasHapus
  3. Aku pikir acarea langsung ditempat ternyata di Semarang ya kak, menarik sih kalau pagelaran budaya seperti itu dan pasti unik ya, menarik ulasannya thx ya.

    BalasHapus
  4. Jadi kangen Semarang, padahal baru 2 pekan lalu mudik dan ga berjodoh bsa nonton lgsg SMG night carnival
    Lumayan bsa liat foto2nya disini

    BalasHapus
  5. akhirnya event yang sempat ditunda, bisa dilaksanakan juga, yaaa..
    apakah acara ini seperti costum show? kalau tidak pandemi apakah ada pawai keliling kota gitu, kak?

    BalasHapus
  6. Semarang Night Carnival ini memang ditunggu masyarakat Semarang ya sayangnya dilakukan tertutup tapi setidaknya sudah bisa dilaksanakan. Semoga nanti acaranya bisa terbuka untuk umum seperti biasa jika keadaan sudah aman

    BalasHapus
  7. Bagus semua tampilannya. Kostumnya unik dan meriah. Senang bisa melihat carnival seperti ini. Semoga tahun depan bisa melihat secara offline dan tentunya dengan protokol kesehatan yang sesuai

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah,
    Kini perlahan pariwisata Indonesia sudah mulai menggeliat ya...
    Dengan adanya Semarang Night Carnival tentu akan menaikkan minat masyarakat di bidang pariwisata budaya Indonesia yang kaya.

    BalasHapus
  9. Kebayang meriahnya acara Semarang Night Carnival ini. Kangen banget bisa liat acara seperti ini secara langsung. Kostum-kostumnya menarik banget ya, dan merepresentasikan pariwisata prioritas Nusantara. Btw foto-fotonya bagus

    BalasHapus