Kalamasa House, Tempat Nongkrong Asyik di Kabupaten Kendal



Di Kabupaten Kendal memang tidak banyak tempat nongkrong yang keren dan asyik seperti di Kota Semarang, namun baru-baru ini ada salah satu tempat nongkrong yang sangat unik karena konsepnya hommy banget, bisa dibilang ini adalah Hidden Gemsnya di Kabupaten Kendal karena letaknya yang agak masuk ke dalam melewati perkampungan dan berada di pinggir sawah.

Namanya yaitu Kalamasa House, yang mana tempat ini menyajikan kuliner yang lezat dengan konsep bangunan  unik seperti di luar negeri serta mempunyai pemandangan alam berupa hamparan sawah yang sangat indah.

Sejarah Kalamasa House

Kalamasa House ini awalnya sebuah rumah pribadi milik Pak Arief Budiman yang biasanya dijadikan untuk self healing karena sepi dan damai, namun karena sepertinya asyik untuk dijadikan tempat nongkrong, akhirnya Faisal Ghifari Habibullah (anak Bungsu Pak Arief Budiman) mempunyai ide untuk menjadikan sebuah tempat nongkrong namun dengan konsep seperti rumah agar tetap terkesan hommy dan nyaman.

Kalamasa House ini dibuka sejak 17 Agustus 2021. Nama Kalamasa House ini berasal dari dua kata yaitu Kalamasa yang mempunyai arti waktu yang mana sedangkan House berarti rumah supaya para pengunjung bisa merasakan kenyamanan seperti di rumah sendiri. Saat ini Kalamasa House buka mulai pukul 15.00 hingga 22.00 wib, namun rencananya akan buka sejak pagi pukul 10.00 hingga 22.00 wib.

Lokasi Kalamasa House

Lokasi Kalamasa House ini berada di Desa Caruban Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal, oh ya lokasi Kalamasa House ini tidak di pinggir jalan raya, jadi lokasinya agak masuk ke dalam gang kampung, namun tenang saja karena aksesnya mudah dilalui oleh sepeda motor bahkan mobil. Jika kalian dai arah timur atau  Kendal Kota dan Semarang, patokannya yaitu di jalan pantura cari saja lampu merah Terminal Bahurekso Jenarsari atau rumah makan Sari Rasa, kemudian belok kiri atau kearah selatan.

Nah kemudian lurus terus sekitar 1,5 km sebelum sampai di pertigaan Caruban kalian bisa cari gang Caruban 1. Untuk gang masuk ke Kalamasa House ini memang sengaja tidak dikasih papan petunjuk karena biar terkesan sepeti rumah bukan café. Jika kalian dai arah barat atau Weleri dan Jakarta, kalian bisa lewat jalan raya RSI Kendal, kemudian kalau sudah sampai di pertigaan Balai Desa Caruban bisa belok kiri dan cari gang Caruban 1 atau bisa ikuti google maps.

Desain Bangunan yang Unik

Salah satu keunikan dan yang menjadi ciri khas Kalamasa House ini adalah bentuk desain bangunannya yang unik kaena mengusung konsep bangunan rumah di . Tak hanya desain eksteriornya yang keren namun desain interiornya juga tak kalah estetik dengan nuansa putih dan cream sehingga di setiap sudutnya  sangat cocok untuk berfoto-foto.

Kalamasa House ini terdiri dari dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Untuk area indoor ini bisa menampung sekitar 30 oang dan pastinya kawasan tanpa rokok. Sedangkan area outdoor ini pengunjung bisa merokok dan bisa menampung sekitar 50 orang karena ada  area yang menyediakan tempat duduk lesehan. Saat senja dan malam hari adalah waktu paling tepat untuk bersantai di Kalamasa House ini, nuansa damai dan asri sangat terasa sehingga bisa membuat pikiran kita semakin fresh.

Lokasi Kalamasa House ini cukup luas dan fasilitasnya juga lengkap, mulai dari toilet, mushola dan parkir luas. Semua sudut tertata rapi sehingga sangat cocok digunakan untuk berfoto-foto. 

Aneka Menu di Kalamasa House

Untuk aneka menu di Kalamasa House sangat beraneka ragam, mulai dari minuman kopi, tea based, manual brew, kalamasa kopi susu, coffe mocktail, mocktail, choco based, white based, and milk based. Hingga cemilannya ada sekitar 12 ribuan seperti singkong keju, tape royal, bola ubi ungu, tahu petis, tahu cabe garam, wedges, mini pao, onion ring, hingga roti bakar. Dan ada juga makan besar berupa rice bowl dengan 5 varian yaitu nasi ayam sambal matah, nadi oseng sapi, nasi ayam rendang, nasi ayam pom pom, nasi ayam teriyaki hingga mie tek tek dan mie aceh. Jangan khawatir soal harga, karena di sini harganya cukup terjangkau mulai dari Rp. 15.000. 

Salah satu menu yang minuman yang sangat rekommended yaitu flamingo karena warnanya yang lucu serta rasanya yang segar manis bisa membuat tenggorokan semakin segar.     Untuk cemilan yang rekommended yaitu tahu cabe garam karena rasanya yang gurih dan lezat sangat cocok dijadikan teman saat nongkrong.

Bagaimana teman-teman? Apakah kalian berminat untuk mengunjungi hidden gems yang ada di Kabupaten Kendal ini? Pastinya jika kalian datang kesini akan mendapatkan nuansa yang sangat nyaman dan berbeda dengan tempat nongkrong yang lain. Jadi ayo buruan datang ke Kalamasa House. Untuk informasi ataupun  reservasi kalian bisa ikuti instagram @Kalamasa_house.

7 Komentar

  1. Baca ini, seketika pengen terbang ke Kendal ... nyaman sekali kelihatan suasana Kalamasa House dari gambaran di tulisan dan foto2 itu.

    BalasHapus
  2. Memangnya cantik sekali Kalamasa house ini. Sayang kalau tidak dimanfaatkan atau ditinggalkan begitu saja. Nah dijadikan tempat nongkrong dengan ruangan secantik ini plus kopi dan aneka makanan yang enak, beneran deh jadi tempat nongkrong yang asik banget. Akhir pekan atau sore bisa ajak teman atau orang tercinta ke sini

    BalasHapus
  3. Wah, nginap di Kalamasa House ini sepertinya bikin hati tenang. Soalnya pemandangannya sangat mengademkan hati. Tenang dan nyaman. Semoga suatu saat nanti bisa merasakan kenyamanan dan keindahan Kalamasa House ini.

    BalasHapus
  4. Baru tau di kendal ada tempat makan sekeren ini..klo pas mudik Semarang kudu mampir nih kyaknya

    BalasHapus
  5. Asik banget nongki di Kalamasa House.
    Selain tempatnya yang syahdu, kalau di outdoor berasa menyatu dengan alam sambil menikmati hidangan istimewa yang tersaji.

    BalasHapus
  6. Seru nih nongkrong asik di Kalamasa House. Aku belum pernah ke Kalamasa House. Jadi pengen ke Kalamasa House setelah baca postingan ini. Menu minumannya seger-seger banget itu.

    BalasHapus