Rawa Pening Performing Art 2021, Harmoni Alam dan Budaya yang Memesona


Kabupaten Semarang selalu memberikan candu kepada siapa saja yang pernah mengunjunginya, karena keindahan alam Kabupaten Semarang memang sangat memesona. Senang sekali rasanya ketika di akhir bulan Oktober lalu aku mendapatkan undangan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang untuk mengikuti FIELD TRIP AYO DOLAN NANG KABUPATEN SEMARANG  bersama para blogger, youtuber, jurnalis dan para biro perjalanan wisata.

Meskipun tahun lalu sudah pernah ikut field trip yang sama dari Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, namun kali ini ada yang spesial, karena pada field trip ini rombongan kami akan menyaksikan langsung event “Rawa Pening Performing Art  2021” yang dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Oktober 2021 di destinasi wisata Bukit Cinta Rawa Pening.

Event ini pun dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat, serta tamu undangan yang terbatas karena disiarkan secara langsung di youtube Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Jadi bahagia banget bisa menyaksikan pertunjukan yang keren ini secara langsung.

Pesona Bukit Cinta Rawa Pening

Bukit Cinta Rawa Pening merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Semarang, yang mana Kabupaten Semarang ini sangat terkenal dengan rawa peningnya yang sangat indah. Bukit Cinta Rawa Pening ini terletak di Desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Panorama alam yang sangat indah bisa kita lihat di sini, karena di sini merupakan kawasan perbukitan yang menyuguhkan pemandangan alam Rawa Pening yang luasnya sekitar 2.670 hektar dan Bukit Brawijaya. Pohon-pohon pinus yang masih alami membuat suasana di sini sangat sejuk sekali.

Apalagi destinasi wisata Bukit Cinta ini baru saja selesai direnovasi sehingga semakin cantik dan tertata rapi. Dan juga banyak spot foto yang menarik di sini. Untuk tiket masuk ke Bukit Cinta Rawa Pening ini kita cukup membayar tiket seharga Rp.15.000 setiap weekdays dan Rp.20.000 setiap weekend dan tanggal merah. Selain itu di sini kita juga bisa naik perahu mengelilingi Rawa Pening, untuk tiket naik perahu yaitu Rp. 100.000 untuk satu perahu dan maksimal 4 orang.

Rawa Pening Performing Art 2021 yang Menawan

Acara Rawa Pening Performing Art 2021 ini sangat istimewa karena mempadukan kesenian dengan pemandangan alam yang sangat indah, sehingga para penonton bisa menyaksikan keelokan gerak tari dengan berlatar belakang Rawa Pening dan perbukitan yang menawan. Event ini dibuka langsung oleh Bupati Semarang yaitu Bapak H. Ngesti Nugraha S.H., M.H., selain itu juga dimeriahkan oleh 3 kelompok seni asli dari Kabupaten Semarang yaitu :

Amung Manunggal Budaya dari Ambarawa

Penampilan tari yang pertama yaitu dari kelompok seni Amung Manunggal Budaya yang berasal dari Ambarawa yang mana kelompok seni ini membawakan tarian yang berjudul “Babad Suroloyo” yang mana tarian ini diperankan oleh para laki-laki, dan yang unik yaitu salah satu penarinya masih umur 7 tahun. Penari cilik ini pun langsung menyita perhatian para penonton termasuk juga Bapak Bupati Semarang yang sangat kagum dengan penari cilik yang sangat lincah ini.

2  Genta Timur Mahardika dari Ambarawa

Kemudian penampilan tari yang  kedua yaitu dari kelompok seni Genta Timur Mahardika yang berasal dari Ambarawa yang mana kelompok seni ini membawakan tarian yang berjudul “Baru Klinthing Maneges” yang mana tarian ini menceritakan tentang asal mula terbentuknya Rawa Pening. Tari ini dibawakan oleh laki-laki dan perempuan dengan gerak tari yang indah namun mengandung cerita tentang asal mula terbentuknya Rawa Pening.

3.     Selo Songo dari Bandungan


Adapun penampilan tari yang ketiga yaitu dari kelompok seni Selo Songo yang berasal dari Bandungan yang mana kelompok seni ini membawakan tarian yang berjudul “Hasto Broto” yang mana tarian ini dibawakan oleh laki-laki dan perempuan yang sangat kompak dan rapi dengan alunan gamelan yang menyentuh hati.

Bangkitkan Industri Pariwisata Melalui Seni Budaya

Seni budaya dan industri pariwisata adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan, maka dari itu salah satu strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pasca pandemi yang turun drastis yaitu dengan diadakannya pertunjukan seni budaya, dan Rawa Pening Performing Art 2021 inilah yang menjadi awal kebangkitan pariwisata di Kabupaten Semarang, karena nantinya juga akan ada pentas kesenian lainnya di beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Semarang.

Hal ini tidak hanya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan saja namun juga sebagai apresiasi kepada para pelaku seni yang ada di Kabupaten Semarang yang hampir 2 tahun ini juga tidak bisa pentas, dan tentunya juga supaya seni budaya di Kabupaten Semarang ini bisa tetap lestari.

2 Komentar

  1. Sangat menarik ya mas. Tulisannya informatif dan mengunggah aku untuk berkunjung kesana lagi.

    BalasHapus