Bukit Panguk Kediwung, Wisata Alam di Bantul yang Memesona

Bukit Panguk Kediwung

Jogja tak hanya terkenal akan seni budayanya yang luhur, namun juga terkenal akan keindahan alamnya. Salah satu daerah di Provinsi Yogyakarta yang mempunyai wisata alam yang memesona yaitu Kabupaten Bantul. Karena Kabupaten Bantul berada di dataran tinggi dan pesisir selatan, sehingga dikaruniai bukit & bukit hijau yang menawan dan pantai-pantai yang eksotik.

Perjalanan kali ini aku dan  rombongan Tour De Java Promo 2022 kami akan mengunjungi sebuah bukit yang menawarkan keindahan alam yang istimewa yaitu Bukit Panguk Kediwung. 

Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Pagi itu setelah bermalam di Gunungkidul, rombongan Tour De Java Promo 2022 menuju ke Bukit Panguk yang berlokasi di Dusun Kediwung Desa Mangunan Kecamatan  Dlingo Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya sekitar 26 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari Malioboro.

Akses menuju ke Bukit Panguk ini lumayan naik turun sehingga direkomendasikan menggunakan kendaraan yang prima, dan untuk kendaraan besar seperti bus kurang cocok, karena jalur masuk dari jalan raya cukup sempit sehingga sangat disarankan menggunakan kendaraan roda 4 berukuran kecil atau mobil travel.

Selama perjalanan menuju ke Bukit Panguk mata kita akan disuguhi pemandangan alam yang sangat cantik, mulai dari hutan, perbukitan hingga sawah-sawah yang indah. Sehingga sangat disayangkan jika kita tertidur selama perjalanan.

Bukit Panguk Kediwung yang Memesona

Meskipun sudah sering ke Jogja, namun ini pertama kalinya aku berkunjung ke Bukit Panguk. Setelah sampai di Bukit Panguk rasanya hati ini sangat damai dan tentram, karena memang suasananya masih asri sekali.

Destinasi wisata alam Bukit Panguk ini tiket masuknya sangat murah yaitu Rp. 10.000 dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk family time ataupun self healing, karena dikelilingi pohon-pohon yang rimbun, serta udara yang sangat sejuk. Sehingga bisa menghilangkan rasa penat dari hiruk pikuk perkotaan ataupun urusan pekerjaan.

Tak hanya cocok untuk bersantai dan self healing, tetapi Bukit Panguk ini juga cocok digunakan sebagai tempat untuk berfoto-foto hingga pre wedding karena panoramanya yang sangat indah. Hamparan hutan yang masih alami, dan Sungai Oyo yang mengalir panjang membuat Bukit Panguk ini seperti lukisan hidup yang ada di bumi. Dan uniknya lagi, pemandangan alam yang ada di seberang Sungai Oyo ini merupakan kawasan  Kabupaten Gunungkidul.

Tak hanya itu saja, di Bukit Panguk ini kita juga bisa melihat cantiknya sunrise dan sunset tanpa harus capek-capek mendaki, bahkan kalau pas beruntung kita akan melihat sekumpulan awan putih dan pastinya akan membuat kita serasa berada di negeri atas awan. Biasanya kalau malamnya hujan, dipastikan pagi harinya akan ada sekumpulan awan yang menyelimuti kawasan Bukit Panguk Kediwung. 

Fasilitas di Bukit Panguk Kediwung

Liburan di Bukit Panguk Kediwung ini kita tak hanya bisa berfoto-foto sambil menikmati panorama alam saja, tetapi kita juga bisa menikmati kuliner yang ada di kawasan Bukit Panguk, jadi di sini sudah ada beberapa warung yang menjual aneka kuliner dan minuman. Selain itu fasilitas di Bukit Panguk ini juga sudah lengkap karena ada toilet, mushola, gazebo dan parkir luas. Kita juga bisa melakukan aktivitas camping di Bukit Panguk ini.

Bagaimana? Tertarik untuk berlibur ke Bukit Panguk Kediwung? Untuk informasi lebih lengkap kalian bisa kunjungi instagram :  @BukitPanguk_Jogja atau whatsapp : 081932666676.

Ayo berwisata ke Kabupaten Bantul Yogyakarta.


13 Komentar

  1. Joga enggak pernah gagal memang dalam menyajikan keindahan dan kenyamanan. Selalu ingin kembali dan kembali.

    BalasHapus
  2. Jogja memang tidak ada habisnya menawarkan kenyamanan, selalu ada alasan untuk kembali.

    BalasHapus
  3. Asik juga memandang luasnya dataran hijau dari atas seperti ini. Pemandangannya bikin adem dan kece buat foto foto. Buat naik keatas susah ngga mas? maklum udah jompo hahahah

    BalasHapus
  4. aku belum pernah kesaNa ... impianku banget nie buat kesnaa ... semoga bisa segera hiling kesana yaaa ... amiin

    BalasHapus
  5. wah saya belum cobain ke sini kak, baru dengar dari teman katanya bagus ya dan tempatnya juga asik banget, wajib ke sini kalau nanti ke Jogja lagi

    BalasHapus
  6. Menggoda sekali!
    Aku teracuni.
    Sungguh!

    Paling demen dengan destinasi seperti Bukit Panguk Kediwung, wisata alam di bantul yang memesona ini.

    Hijau selalu sukses buatku terpukau!

    Latar belakang view perahu terapung itu, amazing!
    Bisa dipastikan healing disana, akan bikin susah move ON!


    BalasHapus
  7. Bantul makin banyak spot wisata yang cantik dan Instagramable. Jadi menarik buat milenials bebikinan konten.

    BalasHapus
  8. Masya Allah ... Bukit Panguk ini di ketinggian berapa meter di atas permukaan laut ya? Kebayang udaranya yang sejuk dan pemandangan alam yang eksotis. Saya suka menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

    BalasHapus
  9. Benar-benar hidden gem ya di daerah Bantul. Wajib dikunjungi nanti kalau ke daerah sana. Insyaallah... Jadi bahan referensi.

    BalasHapus
  10. Catet dulu 😁.. Jogja mah ga akan pernah boseeeeen didatangin. Selalu adaaaa aja yg bisa dinikmati tiap kali ke sana. Salut loh, Krn bisa dibilang selama pandemi ini rasa2 nya pariwisata Jogja tetep hidup dan survive. Agak beda Ama Bali yg berasa bangetttt sepinya pas pandemi. Tapi Jogja tiap aku kesana tetep aja rame 😄

    BalasHapus
  11. Belum pernah ke Bantul...to klo liat viewnya mupeng ksana euy walaupun di Putwokerto jg banyak wosata sejenis auto bikin betah, btw duduknya ko minggir bgt itu kak ga takut jatoh neh...inget yg dirumah ya hahaha!

    BalasHapus
  12. Dengan tiket cuma ceban, udah bisa menikmati alamnya serta bisa foto-foto di tempat yg Instagramable ya

    BalasHapus
  13. Stress release banget yaa...berlibur ke alam, ke Bukit Panguk Kediwung.
    Bisa kuliner juga...
    Asik dan menyegarkan karena melihat yang hijau-hijau.

    BalasHapus