IndiHome Siap Cetak Atlet eSport Profesional Lewat Program LEAD


Covid-19 yang masuk di Indonesia pada awal tahun 2020 kemarin membuat ada yang berubah dalam hidupku, yang mana dulu biasanya kalau hari libur suka banget menjelajah ke suatu tempat, namun semenjak ada Covid-19 kegiatan itu berhenti total dan waktu pun lebih banyak aku habiskan di rumah. 

Seperti pada orang umumnya, berada di rumah terus menerus pastinya mempunyai rasa bosan, dan untuk menghilangkan rasa bosan itu harus dialihkan dengan kesibukan atau kegiatan baru yang bisa dilakukan di rumah. 

Beberapa temanku waktu itu sibuk dengan hal-hal baru mereka, ada yang sibuk berkebun dan merawat tanaman, ada yang sibuk memelihara hewan peliharaan dan ada juga yang sibuk belajar memasak. Tapi sayangnya aku tidak menyukai kegiatan-kegiatan itu. 

Dan akhirnya untuk menghilangkan rasa bosan itu, aku memilih untuk main game. Sebenarnya dari sejak kecil aku lebih suka permainan tradisional yang bisa langsung berinteraksi dengan teman dan alam sekitar. Jadi dulu jarang banget bermain seperti permainan PlayStation, Nintendo dan sejenisnya. 

Namun karena rasa penasaran dan biar tidak bosan, aku pun mulai iseng-iseng nyobain eSport, ternyata jenis-jenis eSport saat ini sangat banyak dan beragam sekali. 

Nah rasa penasaranku semakin meningkat ketika tahu ternyata para atlet eSport yang sudah profesional ini bisa mempunyai penghasilan yang sangat banyak, bahkan bisa melebihi gaji PNS sebulan. Wah rasanya pengen banget jadi atlet eSport profesional, soalnya kerjanya asyik dan gajinya gede. Tapi untuk menjadi atlet eSport yang profesional pastinya harus berlatih tanpa batas. 

Apa itu E-Sport ? 

Sebelum membahas eSport lebih jauh, pastinya kita harus tahu dulu apa itu eSport? 

Jadi eSport merupakan olahraga elektronik adalah bidang olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif. Pemain Esport sendiri terdiri dari tim yang bermain game untuk melawan satu sama lain pada tingkat profesional untuk memenangkan sebuah hadiah berupa uang dan trofi. Beberapa jenis eSport yang sering ditandingkan di Indonesia diantaranya PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legend, Call On Duty, AOV, DOTA 2, Counter Strike dan masih banyak lagi. 

Perkembangan Ekosistem eSport di Indonesia

Perkembangan eSport di Indonesia sangat signifikan sekali karena saat ini eSport bukan lagi sebuah perlombaan atau sekadar kegiatan pelepas penat, tetapi juga termasuk cabang olahraga prestasi yang sudah diakui baik dalam skala nasional hingga internasional. 

Di Indonesia sendiri eSport sudah masuk di dalam kategori perlombaan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dan pada ajang ASIAN GAMES 2018 di Indonesia. Jadi saat ini eSport sudah menjadi olahraga yang tidak boleh dipandang sebelah mata dan saat ini juga sudah banyak sekali tim eSport Indonesia yang sering berprestasi di tingkat Internasional, seperti : EVOS Esports, ONIC Esport, Rex Regum Qeon (RRQ), Bigetron Esport, BOOM Esport.

Saking berkembangnya dunia eSport bahkan di Universitas Dian Nuswantoro Kota Semarang saja saat ini sudah mempunyai ektrakurikuler eSport dan nantinya akan dijadikan sebagai mata kuliah. 

IndiHome Siap Cetak Atlet eSport Profesional Lewat Program LEAD by IndiHome


Melihat perkembangan dunia eSport di Indonesia yang sangat signifikan, membuat IndiHome sebagai BUMN Indonesia yang bergerak di bidang penyedia 

juga ikut berpartisipasi meramaikan industri eSport dengan menghadirkan beberapa produk supaya para atlet eSport semakin lancar dalam berlatih dan bertanding. 

Selain itu IndiHome juga berkomitmen untuk mencetak atlet eSport profesional dari anak-anak muda di seluruh Indonesia dengan mengadakan event Limitless Esport Academy by IndiHome (LEAD by IndiHome) yang merupakan pusat pengembangan atlet eSport untuk komunitas dan antusias eSport Indonesia. LEAD by IndiHome mengusung konsep Athlete Enablement yang berfokus pada proses pendidikan player dari yang bermain sebagai hobi ke player yang bermain dengan mental olahragawan.

Akademi eSport LEAD by IndiHome ini dimulai sejak September 2021, dan saat ini sudah memasuki fase puncak inagurasi. Setelah melewati rangkaian fase kualifikasi dan pembinaan dari para mentor profesional, secara resmi IndiHome mengumumkan 14 akademia yang lulus sebagai atlet eSport Indonesia di Inagurasi LEAD by IndiHome.

Sebelumnya, para akademia dibina dengan penuh disiplin dari aspek fisik dan mentalnya. Diuji dengan mengikuti berbagai turnamen eSport tingkat Asia Tenggara, salah satunya adalah Wild Rift Champion SEA (WCS). Di kompetisi bergengsi tersebut, perwakilan akademia LEAD by IndiHome berhasil masuk di enam besar di Indonesia.

Para akademia yang lolos sebagai atlet eSport binaan LEAD by IndiHome yaitu Henry Nathaniel Reynard, Harry Nathanael Rainier,  Muhammad Sholeh Salamudin Putra Pratama, Dewa Fabian, Michael Daniel Tabaraka, Tedy Prihanto, Steven Verdianta, Andrew Kusuma, Justin Welly Panvito, Farid Andika, M Bevi Arianda Anwar, Sultan Yudha Patra, Hizkia Noel Songgigilan dan Muhamad Tabina Widyatna.

Para akademia lulusan dari LEAD by IndiHome ini, sangat diharapkan bisa me jadi atlet-atlet eSport terbaik yang siap bersaing ditingkat nasional dan internasional. Kelulusan akademia LEAD by IndiHome ini adalah bagian dari aksi nyata Telkom melalui IndiHome dalam mendukung perkembangan industri eSport dengan melahirkan talenta-talenta terbaiknya.

9 Komentar

  1. Terobosan IndiHome ini juarak ya .... berani menggandeng para pemain esports. Tapi memang sih kecepatannya bisa diandalkan buat para gamers.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren banget sih IndiHome ini, peduli banget sama yg hobi game online

      Hapus
  2. udah masanya digital ya. bahkan urusan sport pun ada elektroniknya. Aku suka tu main game mobile legends kak. Yah, meski sering kalahnya sih.

    Indihome malah menyediakan academy untuk esport. Keren betlah.

    BalasHapus
  3. Keren banget indihome punya program kayak gini, semoga bisa berkelanjutan yah

    BalasHapus
  4. perlombaan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dan pada ajang ASIAN GAMES 2018 di Indonesia, WOW baru tahu soal ini dan sepertinya dikemudian hari E-Sport ini semakin menjadi alternatif olah raga yang diminati banyak orang, dan cerdas Indihome mengambil peluang ini. BRAVO

    BalasHapus
  5. keren nih Indihome mendukung atlet e-Sport profesional, semoga dengan program LEAD banyak calon atlet profesional yang ditemukan dan dididik dengan baik

    BalasHapus
  6. Aku pake Indihome sejak pertama punya baby 16 th lalu diandalkan banget gasii dirumah nih hihi nah apalagi support atlet begini makin kerenlah fixed

    BalasHapus
  7. Aku sempet bingung e-sport ini opo sebenernya, tapi setelah baca ini jadi agak tercerahkan mas 😅..

    Jadi ada beberapa games tertentu yg masuk ke kategori e-sport Yaa. Naah para atlet itu cukup menguasai 1 games spesifik ,atau bisa beberapa bahan semua games mas?

    BalasHapus
  8. Program LEAD by IndiHome sangat membantu anak muda zaman sekarang yang menekuni hobi bermain games online.
    Wah...keren yah..
    Semoga semakin banyak terbentuk atlet esport juara dari Indonesia.

    BalasHapus