Nasabah Bijak Harus Peduli Keamanan Siber

 


Mempunyai masa depan yang cemerlang adalah impian semua orang. Namun impian cemerlang tersebut tidak bisa terwujud dengan cara yang instan. Apalagi bagi masyarakat menengah kebawah, pastinya butuh perjuangan untuk meraih impian tersebut. Salah satu cara agar impian tersebut tercapai yaitu dengan menabung. Karena menabung banyak sekali manfaatnya.

Untuk urusan menabung tentunya kita juga harus pandai dalam memilih tempat yang mudah, aman dan terpercaya. Dan dari dahulu aku selalu percayakan kepada Bank BRI. Karena menabung di Bank BRI banyak sekali keuntungannya bagi para nasabah. Diantaranya Bank BRI mempunyai cabanghingga pelosok negeri, dan juga keamanannya sangat terjaga.

Ayo Lindungi Diri Dari Kejahatan Siber

Di dunia digital, kejahatan siber merupakan sebuah ancaman serius terutama di Indonesia. Angka serangan siber di Indonesia mencapat 290 juta pada 2019 dan di tahun 2022 ini pastinya semakin banyak lagi. Tidak menutup kemungkinan juga kita bisa menjadi korban dari kejahatan siber ini apabila kita tidak hati-hati. Kita harus mengenali terlebih dahulu jenis serangan siber yang umumnya dilakukan. Diantaranya ada phishing, spam, malware.

Dengan demikian, untuk menghindari serangan siber kita harus paham mengenai aspek dalam keamanan digital, yaitu kata sandi, autentikasi multi-faktor, enkripsi, investigasi dan mengenali tautan berbahaya. Ketika kita sudah tahu, maka kita juga harus memberikan edukasi kepada saudara dan orang terdekat kita supaya tidak terkena kejahatan siber, karena kita juga bisa menjadi penyuluh digital.

Untuk menjaga diri dari kejahatan siber pastinya kita harus mempunyai keamanan password atau kata sandi pada akun kita. Nah biasanya agar aman kata sandi harus dibuat sesulit mungkin dengan menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol, serta panjang kata sandi minimal 8 karakter. Dan kata sandi terebut harus kita jagadengan hati-hati jangan sampai ada seorangpun yang tahu, jadi hanya diri kita sendiri yang boleh tahu. Dengan begitu kita bisa meminimalisir terjadinya kejahatan siber.

Kemudian, aspek keamanan autentikasi multi faktor, yakni menggunakan lebih dari satu metode autentikasi, seperti OTP. Biasanya kita harus menggunakan alamat email dan nomor HP agar lebih aman. Proses autentikasi ini sebagai proses identifikasi yang menyatakan seorang pengguna sebagai pemilik akun yang sah pada suatu platform atau media sosial. Ketika akun kita ingin dibobol, maka akan masuk notifikasi login pada perangkat lain.

Aspek keamanan lain yakni enkripsi sebagai metode untuk mengkonversi informasi data menjadi kode rahasia untuk menyembunyikan isi. Lalu, invesitasi dan kenali tautan, selalu melihat apakah tautan yang kita akses itu aman atau tidak.

Kiat kita dalam melindungi diri dari serangan siber yaitu mengenali jenis serangan siber, tidak menggunakan kata sandi yang mudah ditebak, selalu menggunakan perangkat lunak resmi, melalukan upgrade software secara berkala, dan waspada ketika memposting data pribadi di ruang publik.

Langkah-Langkah Lindungi Diri dari Kejahatan Siber

Semakin canggih tekhnologi yang ada, maka juga akan semakin besar juga bahaya yang akan mengancam kita, nah maka dari itu, sebagai Nasabah Bijak kita bisa melakukan beberapa langkah-langkah supaya terlindungi dari kejahatan siber :

1.      Perbarui Perangkat Lunak Keamanan

Langkah yang pertama yang bisa kita lakukan yaitu dengan selalu memperbarui perangkat lunak keamanan. Karena dengan hal ini juga bisa meminimalisir terjadinya kejahatan siber pada diri kita.

2.      Kunci HP dengan Sandi atau Sidik Jari

Langkah yang kedua yaitu kunci HP dengan sandiatau sidik jari, karena dengan hal ini orang lain tidak bisa mengakses HP kita, jadi hanya diri kita sendiri yang bisa sehingga semakin membuat aman.

3.      Jangan Kirimkan Informasi Pribadi Melalui WiFi

Langkah yang ketiga yaitu jangan pernah mengirimkan informasi penting tentang pribadi kita melalui WiFi, karena bisa saja orang lain membobolnya, hal ini tentunya sangat membahayakan data diri kita. Jadi sebisa mungkin gunakan jaringan sellular pribadi ketika mengirim data pribadi.

4.      Matikan Penyambungan Otomatis Bluetooth

Langkah yang keempat yaitu selalu matikan sambungan otomatis Bluetooth, jadi hanya dihidupkan saat ada keperluan saja. Hal ini juga sangat penting supaya meminimalisir terjadinya kejahatan siber.

5.      Unduh Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Langkah yang kelima yaitu unduh aplikasi resmi dan terpercaya. Karena ketika kita mengunduh aplikasi yang tidak terpercaya itu sangat bernahaya sekali dan mengancam kemananan diri kita.

Itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga diri dari kejahatan siber.

 

 

 

0 Komentar