Menjelajah Banyuwangi The Sunrise Of Java Bersama Teman Hidup Traveloka


Curug Jagir/Pict : Dokumen Pribadi

Lahir dan besar di desa dan jauh dari perkembangan teknologi membuatku menjadi lebih dekat dengan alam, karena sejak kecil aku sering bermain di alam, baik di sungai mencari ikan, di sawah bermain layang-layang hingga menjelajah ke perbukitan. Rasanya memang sangat membahagiakan karena bisa hidup berdampingan dengan alam.

Semakin tumbuh dewasa, jiwa berpetualang  ini semakin kuat untuk menjelajahi berbagai tempat di seluruh Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang besar dan juga kaya akan sumber daya alamnya. Hutan yang luas, laut yang lepas hingga alam bawah laut yang tak terbatas semua ada di Indonesia. Selain itu Indonesia juga kaya akan seni budaya yang masih terjaga, rasanya sangat bangga sekali bisa hidup di negeri bak serpihan surga yang ada di bumi yaitu Indonesia.

Arti Sebuah Perjalanan Hidup

Pict : Dokumen Pribadi

Bagiku traveling bukan hanya sekedar jalan-jalan menikmati keindahan alam lalu posting di media sosial saja, namun arti traveling bagiku lebih dari itu, Karena dalam sebuah perjalanan aku akan mendapatkan banyak pelajaran hidup seperti bertemu dengan orang-orang baru, mengenal seni budaya baru, menikmati kuliner tradisional yang belum pernah dicoba dan pastinya masih banyak lagi. Dari banyaknya pelajaran yang kita dapatkan itu kita jadi bisa lebih mensyukuri hidup ini.

Jadi traveling itu bukan seberapa jauh kita melakukan perjalanan tetapi seberapa banyak kita bisa mendapatkan pelajaran dari perjalanan itu. Lalu ada yang mengatakan “Jika kita ingin mengetahui sifat asli seorang atau #TemanHidup, maka ajaklah traveling beberapa hari ke suatu tempat, karena dengan traveling kita bisa tahu seberapa besar kesabaran, ketulusan dan kesetia kawanan sesorang dalam berteman.

Banyuwangi, Surga Tersembunyi di Ujung Timur Pulau Jawa

Pantai Pulau Merah/Pict : Dokumen Pribadi

Salah satu destinasi impianku di negeri ini yaitu Banyuwangi. Sebuah kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, yang mana pesona alam Banyuwangi memang sangat luar biasa, mulai dari gunung, hutan, pantai, sungai, hingga alam bawah lautnya, semuanya ada di Banyuwangi. Apalagi di Banyuwangi juga masih banyak tempat yang masih alami, tersembunyi dan belum begitu terexpose di media atau yang biasa disebut dengan istilah Hidden Gems jadi memang sangat pantas jika Banyuwangi diberi julukan Surga Tersembunyi di Ujung Timur Pulau Jawa.

Banyuwangi tak hanya pesona alamnya saja yang menakjubkan, tetapi seni budaya di Banyuwangi juga sangat unik dan masih dilestarikan, dan tak lupa juga di banyuwangi juga ada beraneka ragam kuliner khas Banyuwangi yang menggoda lidah dan membuat siapa saja yang berkunjung ke Banyuwangi pasti akan betah.

                                                       Pantai Pulau Merah/Pict : Dokumen Pribadi

Meskipun Banyuwangi dahulu memang terkenal agak mistis, namun kabupaten dengan julukan The Sunrise Of Java ini sekarang bersolek lebih eksotis. Karena masyarakatnya sudah sadar akan pentingnya pariwisata bagi pertumbuhan ekonomi setempat, sehingga semakin banyak destinasi wisata yang dikelola dan dijaga dengan baik.

Pada tahun 2021 lalu aku berhasil mewujudkan salah satu mimpiku yaitu berkunjung ke Banyuwangi, namun sayangnya kunjungan ke Banyuwangi saat itu hanya sebentar dan hanya ke beberapa destinasi wisata saja dan belum bisa menjelajahi semua destinasi wisata. Pastinya aku akan kembali lagi ke Banyuwangi untuk menjelajahi keindahan destinasi impianku.

Kawah Ijen yang Memesona

Kawah Ijen/Pict : @denadventurer

Berbicara tentang Banyuwangi pasti yang akan kita ingat yaitu Kawah Ijen. Karena Kawah Ijen ini merupakan destinasi wisata unggulan di Kabupaten Banyuwangi. Keindahan Kawah Ijen memang tidak bisa terbantahkan lagi dan bahkan sudah diakui oleh wisatawan mancanegara. Apalagi di Kawah Ijen juga terdapat Blue Fire atau Api Biru yang sangat langka sekali inikarena hanya ada dua di seluruh dunia, fenomena alam yang diakibatkan oleh sublimasi gas belerang yang emncapai suhu 200 derajat ini hanya bisa kita jumpai saat menjelang subuh.

Selain itu dari atas Kawah Ijen kita juga bisa melihat cantiknya sunrise yang muncul dari ufuk timur di saat pagi hari, beranjak agak siang kita juga bisa melihat indahnya Kawah Ijen yang berwarna biru yang sangat menakjubkan.

Eksotiknya Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan/Pict : @on_zhail16

Salah satu Hidden Gems di Banyuwangi yaitu  Pulau Tabuhan, meskipun lokasinya berada di Selat Bali namun secara geografis Pulau Tabuhan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi. Pulau tak berpenghuni ini masih sangat alami, hamparan pasir putih dan air laut yang jernih akan memanjakan mata kita saat berada di Pulau Tabuhan. Selain itu di Pulau Tabuhan kita jugabisa melakukan snorkeling melihat indahnya alambawah laut.

Pulau Tabuhan ini juga dijuluki sebagai “Mutiara”baru di Banyuwangi karena keelokannya yang tiada tara, Pulau Tabuhan ini juga menjadi surga bagi  para pecinta kiteborading.

Sego Tempong yang Menggoda Lidah

Sego Tempong/Pict : Dokumen Pribadi

Berkunjung ke sebuah daerah lain tak lengkap rasanya jika kita tidak mencoba menikmati kuliner tradisionalnya, karena setiap daerah pasti mempunyai kuliner tradisional yang sangat khas, sepertinya halnya di Banyuwangi. Tak lengkap rasanya jika kita tidak mencoba Sego Tempong. Salah satu kuliner tradisional Banyuwangi yang sudah ada sejak dahulu kala.

Nama Sego Tempong ini berasal dari bahasa Suku Osing, yang mana Suku Osing ini merupakan suku asli Banyuwangi. Sego mempunyai arti nasi dan Tempong mempunyai arti tempeleng atau tampar, karena Sego Tempong ini terdapat sambal yang pedas sehingga ketika makan Sego Tempong rasanya seperti ditampar atau ditempeleng karena saking pedasnya.

Pertama kali mencoba Sego Tempong memang benar-benar rasanya seperti tertampar karena saking pedasnya. Yang mana Sego Tempong ini terdiri dari nasi, lalapan sayur yang direbus seperti sayur bayam, kacang panjang, daun singkong, kubis dan ditambah sambal yang sangat khas yang terdiri dari cabai, bawang merah bawang putih, tomat ranti atau tomat yang mempunyai permukaan yang bergelombang, gula pasir, garam, terasi dan jeruk limau. Selain itu juga ada lauk pada Sego Tempong ini seperti tahu goreng, tempe goreng hingga ayam goreng.

Majestik Tari Gandrung Sewu

Tari Gandrung/Pict : @acbart_photography

Seni budaya Banyuwangi juga tak kalah istimewa, salah satu seni budaya yang menjadi icon Kabupaten Banyuwangi yaitu Tari Gandrung, yang mana Tari Gandrung ini merupakan tarian tradisional Suku Osing Banyuwangi. Tari Gandrung ini dahulu dilakukan saat panen raya tiba sebagai salah satu rasa wujud syukur masyarakat Suku Osing.

Tari Gandrung dipentaskan dengan iringan alunan musik khas perpaduan Jawa dan Bali, dan Tari Gandrung ini biasanya dipentaskan, penari perempuan disebut gandrung dan penari laki-laki disebut pemaju atau paju. Penari Gandrung perempuan biasanya identik menggunakan selendang berwarna merah. Semakin berkembangnya jaman agar seni budaya ini tidak hilang, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pun menggelar festival Tari Gandrung dengan sekala besar, yang biasanya disebut Festival Gandrung Sewu. Festival ini sangat unik dan meriah karena menghadirkan pribuan penari gandrung.

3 Alasan Harus Traveling ke Banyuwangi

1. Alam dan Seni Budayanya Sangat Memesona

De Djawatan/Pict : Dokumen Pribadi

Banyuwangi merupakan daerah yang menyimpan sejuta keindahan, mulai dari keindahan alamnya seperti : Kawah Ijen, Curug Jagir, Pantai Pulau Merah, Teluk Ijo, Grand Watu Dodol, Pulau Tabuhan, Pantai Sukamade, Hutan De Djawatan, Pantai Marina Boom, Bangsring Underwate, Pantai Plengkung, Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Meru Betiri dan masih banyak lagi. Pastinya membutuhkan waktu yang banyak jikaingin menjelajahi semua destinasi di Banyuwangi.

Tak hanya alamnya saja yang memesona, Banyuwangi juga mempunyai banyak seni budaya yang sangat istimewa, seperti Tari Gandrung Sewu, Barong Ider Bumi, Puter Kayun, Tari Seblang Olehsari dan masih banyak lagi. Banyuwangi memang daerah yang menyuguhkan paket komplit untuk berwisata.

2. Aksesbilitas yang Sangat Mudah

Pict : Dokumen Pribadi

Saat ini aksesbilitas menuju  ke Banyuwangi semakin mudah karena semakin banyak moda transportasi yang bisa kita gunakan untuk menuju ke Banyuwangi, mulai dari kereta api, pesawat, bus hingga kendaraan pribadi. Kemudahan aksesbilitas inilah yang menjadikan Banyuwangi sangat layak dikunjungi ,karena kita bisa menggunakan berbagai macam pilihan transportasi sesuai kebutuhan dan budget.

Untuk moda transportasi udara di Banyuwangi sudah ada Bandar Udara Internasional Banyuwangi atau biasa disebut Bandara Blimbingsari, sedangkan untuk moda transportasi darat berupa kereta api, di Banyuwangi sendiri setidaknya terdapat 10 stasiun kereta api, namun stasiun yang biasanya paling ramai yaitu Stasiun Karangasem (Stasiun Banyuwangi Kota) dan Stasiun Ketapang (Stasiun Banyuwangi Baru).

Sedangkan untuk moda transportasi darat berupa bus atau kendaraan pribadi juga tak kalah mudah karena sebentar lagi akan ada jalan tol Probolinggo -Banyuwangi yang masih dalam proses pembangunan sehingga akan semakin mempersingkat waktu perjalanan.

Di era digital seperti saat ini membeli tiket pesawat, kereta api dan bus semakin mudah karena hanya dalam satu genggaman, dan biasanya aku memakai Traveloka untuk memenuhi semua kebutuhan perjalananku, karena Traveloka selalu memberikan kemudahan dalam setiap transaksi.

3. Banyak Hotel yang Nyaman

Dialoog Hotel/Pict : Dokumen Pribadi

Menjelajahi keindahan destinasi wisata dan seni budaya Banyuwangi yang sangat banyak sekali jumlahnya pastinya tidak akan cukup satu hari saja, maka dari itu kita harus mempersiapkan banyak waktu. Dan pastinya di Banyuwangi juga banyak hotel yang sangat nyaman. Salah satu hotel impian ketika berlibur ke Banyuwangi yaitu Dialoog Hotel Banyuwangi, karena hotel yang satu ini merupakan hotel terbaik di Banyuwangi. Dan akhirnya impian itu sudah tercapai karena ketika traveling ke Banyuwangi tahun lalu aku berkesempatan untuk menginap di Dialoog Hotel Banyuwangi selama 3 hari 2 malam.

3 Rekomendasi Hotel & Resort di Banyuwangi

Menjelajahi Banyuwangi tak cukup hanya sehari saja, yuk liburan lagi bareng Traveloka karena di Banyuwnagi banyak sekali hotel yang keren dan nyaman yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Traveloka Hotel dan inilah 3 rekomendasi hotel &  resort di Banyuwangi :

Dialoog Hotel Banyuwangi

Dialoog Hotel/Pict : Dokumen Pribadi

Dialoog Hotel Banyuwangi menjadi impian banyak orang, karena hotel yang satu ini sangat unik. Terletak di ujung Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Slat Bali membuat hotel bintang 4 ini mempunyai pemandangan yang sangat cantik. Selain itu desain ekterior dan interior Dialoog Hotel Banyuwangi ini sangat aestetik karena mengusung konsep Eco-Living dengan nuansa tradisional yang sangat kental. Ketika kita masuk kita langsung akan disambut dengan bangunan tradisional yaitu rumah adat Suku Osing.

Dialoog Hotel/Pict : Dokumen Pribadi

Salah satu sudut terbaik di tempat ini yaitu infinity swimming pool yang instagrambale dengan pemandangan indah menghadap Pulau Bali. Cocok menjadi lokasi bersantai sembari minum kopi menikmati matahari terbit. Di Dialoog Hotel Banyuwangi ini terdapat sebanyak 116 unit kamar tipe Deluxe serta Suite berkonsep open layout. Restoran Casabanyu menawarkan ragam kuliner tradisional dan western.

Kokoon Hotel Banyuwangi

Kokoon Hotel/Pict : @Traveloka

Selanjutanya rekomendasi hotel di Banyuwangi yaitu Kokoon Hotel Banyuwangi. Hotel ini berada di pinggir jalan raya Banyuwangi-Jember atau lebih tepatnya di Jalan Jember Km 07 Dusun Krajan Desa Dadapan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Pastinya liburan ke Banyuwangi akan lebih berkesan jika menginap di hotel ini.  Karena Hotel Kokoon Banyuwangi ini memadukan antara unsur modern dan unsur tradisional sehingga semakin terlihat elegant dan glamour.

Fasilitas yang ditawarkan hotel bintang 4 ini pun sangat lengkap, mulai dari Ballrom, Ruang Meeting, Restoran, Kolam Renang, Spa, Tempat Gym, Rooftop Launge dan masih banyak lagi, sehingga kalian akan sangat nyaman jika menginap di Kokoon Hotel Banyuwangi ini. Selain itu di hotel ini juga ada beberapa tipe kamar yang sangat istimewamulai dari suite,suite junior, deluxe, deluxe balkon hingga family.

Jiwa Jawa Resort Ijen Banyuwangi

Jiwa Jawa Ijen/Pict : @Traveloka

Jika kalian mencari hotel dengan nuansa pedesaan, Jiwa Jawa Resort Ijen ini solusinya, karena Jiwa Jawa Resort ini termasuk salah satu penginapan terbaik di Banyuwangi yang menyuguhkan pemandangan alam yang istimewa berupa pegunungan dan pedesaan. Berlokasi di Dusun Blimbingsari Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi sehingga sangat dekat jika kita ingin berwisata ke Kawah Ijen. Mengusung tema nature membuat kita seakan-akan kembali lagi ke alam dan pedesaan jika menginap di Jiwa Jawa Resort Ijen ini 

Hotel berbintang 4 ini mempunyai suasana yangdamai dan tenangserta udara yang sejuk membuat kita pasti akan betah berlama-lama menginap di sini. Dan penginapan ini sangat cocok digunakan untuk honeymoon ataupun sekedar refreshing menghilangkan penat pekerjaan dan hiruk pikuk perkotaan,

5 Keuntungan Traveling Pakai Traveloka

Pict : Dokumen Pribadi

Banyak Pilihan Hotel

Salah satu keuntungan pesan hotel melalui Traveloka yaitu karena Traveloka mempunyai jaringan hotel yang sangat luas, sehingga kita bisa memilih hotel yang sesuai dengan keinginan kita, baik hotel domestik ataupun internasional dan juga mulai hotel yang biasa saja hingga hotel yang berbintang lima. Pastinya dengan banyaknya pilihan hotel akan membuat traveling kita semakin mudah dan nyaman.

Harga yang Terjangkau 

Bagi para traveler ketika memilih hotel biasanya salah satu hal yang dipertimbangkan yaitu pada harganya. Tenang saja di Traveloka kita akan mendapatkan harga yang terjangkau dan pastinya dengan kualitas kamar yang baik. Karena Traveloka sudah bekerjasama dengan banyak operator hotel sehingga pastinya harga yang ditawarkan merupakan harga yang terjangkau.

Banyak Promo dan Diskon

Selain harganya yang terjangkau, Traveloka juga sering mengadakan promo dan diskon sehingga para traveler akan semakin bahagia karena hotel yang diinginkan harganya menjadi lebih murah. Traveloka sering memberikan diskon dan promo tak hanya kepada pelanggan atau anggotanya saja, tetapi kepada semua pengguna Traveloka.

Pembayaran yang Mudah

Metode pembayaran di setiap transaksi melalui Traveloka saat ini juga sangat fleksibel, sehingga semakin memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Karena saat ini Traveloka sudah mengakomodir berbagai macam metode pembayaran, seperti  melalui ATM, Kartu Kredit, Mobile Banking, hingga melalui minimarket seperti Indomaret, Alfamart dan Alfamidi.

 Jaminan Menginap

Berbeda dengan aplikasi yang lain, Traveloka memberikan jaminan hotel bagi kita jika terjadi masalah,seprti halnya ketika kitasudah pesan via online tetapi ketika sampai hotel ternyata kamar yang kita pesan tidak tersedia. Nah jangan khawatir kalau kita pesan melalui Traveloka karena pihak Traveloka akan memberikan rekomendasi hotel yang serupa tanpa adanya biaya tambahan sepersenpun.

Dan itulah beberapa kemuntungan jika memesan hotel menggunakan Traveloka, jadi kapan kalian akan menjelajahi negeri ini bersama #TemanHidup dan bersama Traveloka?

Yuk “#LihatDuniaLagi dan bikin #StaycationJadi’dengan Traveloka! Langsung meluncurke Traveloka lewat link ini: https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan


Refrensi :

https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/Repositorys/tari_gandrung/

https://banyuwangitourism.com/destination/pulau-tabuhan

https://banyuwangitourism.com/destination/kawah-ijen

 https://travelinfo.id/6-keuntungan-pesan-di-traveloka-hotel-dijamin-puas/

7 Komentar

  1. Duh ya selama ini hanya dengar aja nama kawah ijen. Jadi mupeng euy...semoga bisa sampai sana apalagi destinasi lainnya di Banyuwangi

    BalasHapus
  2. Seumur umur belum pernah ke Banyuwangi, padahal saya sdh ke Probolinggo, Jember, Situbondo,
    Smoga next time, bisa ke Banyuwangi bareng Traveloka 😇

    BalasHapus
  3. Saya suka makanan pedas tapi tidak berani yang pedasnya sampai menampar (menempeleng), ada kali ya sego tempong yang level pedasnya tidak sampai nampar :D

    BalasHapus
  4. Wow keren banget ternyata ya Objek Wisata di Banyuwangi, tadinya aku kira cuma ada kawah Ijen aja tapi ternyata masih banyak keindahan lain yang bisa di eksplore bersama Teman Hidup Traveloka

    BalasHapus
  5. sejak lama sudah menggunakan aplikasi traveloka setiap kali bepergian ke luar kota. baik pesan tiket pesawat, hotel bahkan kendaraan.

    BalasHapus
  6. Banyuwangi memang cocok jadi destinasi wisata impian.
    Apalagi daku belum pernah ke sana. Noted dulu nih rekomennya

    BalasHapus
  7. Ga eak banget ya kalau sudah booking ternyata malah di sana sudah penuh. Kalau ada jaminan gini kan enak. Tapi memang Traveloka paling update sih, untuk info ketersediaan kamar.

    BalasHapus