Langsung ke konten utama

Kunci sukses menjadi blogger dan entrepreneur

From Blogger To Entrepreneur



Halo sahabat klimis .......
Hari selasa tanggal 6 Maret 2018 saya dapat undangan acara gathering para blogger semarang dan sekitarnya,kebetulan acaranya di adakan di hotel Allstay Jalan Veteran NO.51-53 Lempongsari,Gajah Mungkur,Semarang.Dan tema acara kali ini sangat unik dan keren yaitu ''FROM BLOGGER TO ENTREPRENEUR''.


Acara ini dihadiri 50 blogger dari Semarang,Ungaran,Kendal,Demak.Para blogger ini terdiri dari travel blogger, food blogger, blogger lifestyle dan blogger gado gado atau blogger yang isi blognya campuran.



MC "Nina" yang cerewet tapi bikin gak ngantuk

Event kali ini juga sangat ramai dan menyenangkan karena dipandu oleh MC yang sangat lucu yaitu mbak Nina,MC ini sering membuat tertawa para blogger dengan banyolan banyolannya,saya pun dari awal sampai akhir acara tak pernah berhenti tertawa,karena selalu ada yang lucu setiap kali MC ini berbicara.Malam itu sebenarnya saya sudah agak ngantuk karena dari siang sudah banyak acara,tetapi berkat keceriwisan mbak Nina akhirnya saya gak jadi ngantuk,bahkan jadi lebih semangat.


ngobrolin tentang pasar karetan

Nah setelah acara dibuka oleh MC Nina , kini saatnya para narasumber berbagi ilmu.Narasumber yang pertama yaitu Agustina dwi wijayanti atau yang lebih akrab di panggil tina.
Dia adalah blogger dan penulis dari Semarang yang sudah lama menggeluti dunia blog.

Menurut Tina untuk menjadi seorang blogger itu tidak mudah,karena seorang blogger harus rajin menulis.Dan tentu saja kita sering merasakan rasa malas ketika ingin menulis.Nah agar tidak malas menulis kak Tina memberi tips biar semangat menulis, diantaranya dengan minum kopi.Karena dengan minum kopi ,fikiran kita bisa menjadi fresh.


Para blogger sedang serius menyimak materi dari kak Tina


Selain seorang blogger Kak Tina ini juga mempunyai bisnis di bidang kuliner yaitu jualan risoles dengan nama brand "Frozen Kuro".
Selain itu Kak Tina ini juga termasuk penggagas pasar karetan yang akhir-akhir ini lagi booming banget di media sosial.


Buat kalian yang belum tau pasar karetan ,langsung saja cek instagram @pasarkaretan.Jadi pasar karetan itu sebuah destinasi wisata digital yang di bentuk oleh anak anak Genpi Jateng ( Generasi Pesona Indonesia).Pasar Karetan ini sangat unik dan beda dengan pasar pasar yang lainnya.Karena pasar karetan ini terletak di pinggiran hutan karet,jadi kalian pasti bisa bayangin kan bagaimana sejuknya di pasar karetan.


Tepatnya terletak di dusun Segrumung,Desa Meteseh Kecamatan Boja Kabupaten Kendal,Dekat Kecamatan Mijen Kota Semarang.Pasar karetan tersebut hanya buka pada hari Minggu dan menyediakan berbagai macam kuliner tradisional dan menyediakan juga permainan permainan tradisional,tak hanya itu saja di pasar karetan juga ada pertunjukan kesenian tradisional.





Pak Juliari sedang memberikan tips untuk menjadi pengusaha sukses
Dan Narasumber yang kedua yaitu Bapak Juliari P. Batubara atau sering di panggil pak Ari.Beliau adalah seorang pengusaha sukses & seoarang anggota komisi VI DPR RI.Menurut Pak Ari,para blogger itu juga harus menjadi seorang Entrepreneur,karena di Indonesia ini hanya 1% entrepreneur dari jumlah total penduduk Indonesia.


Untuk menjadi seorang pengusaha sukses tidaklah mudah,menurut pak Ari semuanya butuh perjuangan dan pengorbanan.Pak Juliari pun memberikan tips buat para blogger agar bisa menjadi pengusaha sukses,dan kunci kesuksesan diantaranya kita harus berani,dalam artian berani terjun ke dalam dunia bisnis dan berani mengambil resiko.
Selalu belajar & berinovasi agar bisnis kita bisa terus berkembang dan maju


kemeriahan event "From Blogger To Entrepreneur"

Di sesi tanya jawab kebetulan saya dapat kesempatan untuk bertanya kepada Pak Juliari tentang bagaimana cara meyakinkan investor agar mau bekerjasama dengan kita.....???
Karena kebetulan kendala yang saya hadapi di usaha @zozatenun saat ini yaitu permodalan, nah,,,,,, karena saya tidak ingin berurusan dengan riba jadi saya urungkan niat saya untuk meminjam modal di Bank.

Untuk memperbesar bisnis kain tenun ini saya sangat membutuhkan suntikan tambahan modal,dan solusi agar tidak berurusan dengan riba yaitu harus menjalin kerjasama dengan inveator.Akan tetapi tidak mudah dalam mencari investor. Dan jawaban dari Pak Juliari atas pertanyaan saya tentang bagaimana cara meyakinkan investor agar mau bekerja sama dengan kita yaitu ;
1. Investor adalah orang yang kita kenal
2. Investor adalah orang yang punya duit
3. Investor adalah orang yang punya bisnis
4. Kita harus mempunyai track record yang baik

Begitu sangat jelas jawaban dari Pak Juliari,sehingga membuat saya semakin yakin bisa mengembangkan bisnis saya supaya lebih maju.


Pemberian dukungan kepada komunitas blogger 
Di akhir acara Pak Juliari tidak lupa memberikan dana dukungan buat para blogger yang ikut acara Gathering Blogger & Talkshow Agar para blogger lebih semangat dalam menulis.Dan dari komunitas blogger yang mewakili yaitu Mas Shofyan.
Semoga dengan adanya event seperti ini dapat menambah ilmu ,pengalaman & relasi.



Si klimis foto bersama Pak Juliari .P. Batubara


Di sesi akhir acara,saya tak lupa menyempatkan untuk foto bersama Pak Juliari .Ternyata beliau orangnya ramah dan asyik,dan mau melayani foto bersama para blogger yang jumlahnya banyak.
Sosok seperti beliau ini sangat menginspirasi buat para pemuda & blogger karena beliau seorang pemimpin sekaligus pengusaha yang sangat ramah,berwibawa & merakyat.
Dan akhirnya acara selesai pukul 22.00 wib,tanpa terasa waktu begitu cepat berlalu.Karena asyik mendengarkan pembicaran tentang bisnis sehingga lupa waktu.


Semoga acara seperti ini sering diadakan agar menambah ilmu, baik itu ilmu tentang blogger ataupun ilmu tentang wirausaha.Terima kasih @JuaraCommunity

#Juaracommunity
#Gatheringblogger&talkshow
#Fromnbloggertoentrepeneur






Postingan populer dari blog ini

Kemeriahan Acara Kadeso Di Desa Wisata Lerep Ungaran

Indonesia tak hanya kaya akan keindahan alamnya saja, tetapi Indonesia juga kaya akan tradisi, seni dan budayanya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tradisi Kadeso (Sedekah Deso) atau Sedekah Desa, tepatnya di Desa Wisata Lerep Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah ini, masyarakatnya masih tetap memegang teguh tradisi Kadeso yang sudah ada sejak dahulu kala.



Sejarah Kadeso

Tradisi Kadeso ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan menurut Kepala Desa Lerep yaitu Bapak Sumaryadi dahulu waktu beliau masih kecil sekitar tahun 1973 acara Kadeso ini sudah ada. Acara Kadeso ini diadakan setiap hari Rabu kliwon setelah panen, akan tetapi semakin berkembangnya jaman, masyarakat Desa Wisata Lerep banyak yang berpindah profesi yang dulunya mayoritas berprofesi senagse petani, sekarang banyak yang berpindah profesi menjadi karyawan, pegawai dan wirausaha.


Jadi hari Rabu kliwon setelah panen tidak bisa menjadi patokan lagi, sehing…

Cerita Seru Dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halo sahabat Si klimis.......

      Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan salah satu gunung terindah di Provinsi Jawa Timur ini, nah ini dia Gunung Bromo yang sangat mempesona dan saat ini masuk 10 destinasi wisata unggulan di Indonesia, sehingga banyak sekali wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong ingin melihat kecantikan Gunung Bromo ini. Dan kebetulan dari dulu saya sangat ingin berlibur ke Gunung Bromo, Alhamdulillah bulan Juni kemarin saya bisa berkunjung ke Gunung Bromo.


      Buat kalian yang mungkin belum tahu tentang Gunung Bromo ini sedikit penjelasan tentang Gunung Bromo, jadi Gunung Bromo ini terletak di kawasan TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU atau sering disingkat TNBTS. Dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini secara geografis masuk di 4 wilayah kabupaten diantaranya : 1. Kabupaten Pasuruan 2. Kabupaten Probolinggo 3. Kabupaten Malang 4. Kabupaten Lumajang. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sangat luas sekali, luasnya kurang le…

Festival Karimun Jawa 2018 : Semarak Indah Alam Dan Budaya

Sepertinya diri ini belum bisa move on dari kemeriahan FESTIVAL KARIMUNJAWA 2018. Ya gimana lagi, ini pertama kalinya aku hadir di acara yang super keren ini, Banyak sekali kenangan manis di pulau terindah se Jawa Tengah ini. Ternyata Karimunjawa tak hanya mempunyai keindahan alam dan bawah lautnya saja, tetapi juga memepunyai keseinan dan budaya yang sangat memesona. Jadi memang pantas jika Karimunjawa mendapat predikat ''THE PARADISE OF CENTRAL JAVA'' atau surganya Jawa Tengah.

Pagi itu Jumat 28 September, suasana di pelabuhan Kartini Jepara tak seperti biasanya, kali ini lebih ramai dan penuh sesak. Dalam hatiku berkata ''mungkin mereka ingin menyaksikan Festival Karimunjawa 2018''.Seperti biasa aku selalu naik kapal Express Bahari karena lebih cepat sehingga bisa menghemat waktu. Dan pukul 08.49 wib, aku dan para penumpang lainnya meninggalkan pelabuhan Kartini Jepara, setelah hampir 2 jam perjalanan mengarungi laut yang biru dengan ombak yang cukup …