Kunci sukses menjadi blogger dan entrepreneur

From Blogger To Entrepreneur



Halo sahabat klimis .......
Hari selasa tanggal 6 Maret 2018 saya dapat undangan acara gathering para blogger semarang dan sekitarnya,kebetulan acaranya di adakan di hotel Allstay Jalan Veteran NO.51-53 Lempongsari,Gajah Mungkur,Semarang.Dan tema acara kali ini sangat unik dan keren yaitu ''FROM BLOGGER TO ENTREPRENEUR''.


Acara ini dihadiri 50 blogger dari Semarang,Ungaran,Kendal,Demak.Para blogger ini terdiri dari travel blogger, food blogger, blogger lifestyle dan blogger gado gado atau blogger yang isi blognya campuran.



MC "Nina" yang cerewet tapi bikin gak ngantuk

Event kali ini juga sangat ramai dan menyenangkan karena dipandu oleh MC yang sangat lucu yaitu mbak Nina,MC ini sering membuat tertawa para blogger dengan banyolan banyolannya,saya pun dari awal sampai akhir acara tak pernah berhenti tertawa,karena selalu ada yang lucu setiap kali MC ini berbicara.Malam itu sebenarnya saya sudah agak ngantuk karena dari siang sudah banyak acara,tetapi berkat keceriwisan mbak Nina akhirnya saya gak jadi ngantuk,bahkan jadi lebih semangat.


ngobrolin tentang pasar karetan

Nah setelah acara dibuka oleh MC Nina , kini saatnya para narasumber berbagi ilmu.Narasumber yang pertama yaitu Agustina dwi wijayanti atau yang lebih akrab di panggil tina.
Dia adalah blogger dan penulis dari Semarang yang sudah lama menggeluti dunia blog.

Menurut Tina untuk menjadi seorang blogger itu tidak mudah,karena seorang blogger harus rajin menulis.Dan tentu saja kita sering merasakan rasa malas ketika ingin menulis.Nah agar tidak malas menulis kak Tina memberi tips biar semangat menulis, diantaranya dengan minum kopi.Karena dengan minum kopi ,fikiran kita bisa menjadi fresh.


Para blogger sedang serius menyimak materi dari kak Tina


Selain seorang blogger Kak Tina ini juga mempunyai bisnis di bidang kuliner yaitu jualan risoles dengan nama brand "Frozen Kuro".
Selain itu Kak Tina ini juga termasuk penggagas pasar karetan yang akhir-akhir ini lagi booming banget di media sosial.


Buat kalian yang belum tau pasar karetan ,langsung saja cek instagram @pasarkaretan.Jadi pasar karetan itu sebuah destinasi wisata digital yang di bentuk oleh anak anak Genpi Jateng ( Generasi Pesona Indonesia).Pasar Karetan ini sangat unik dan beda dengan pasar pasar yang lainnya.Karena pasar karetan ini terletak di pinggiran hutan karet,jadi kalian pasti bisa bayangin kan bagaimana sejuknya di pasar karetan.


Tepatnya terletak di dusun Segrumung,Desa Meteseh Kecamatan Boja Kabupaten Kendal,Dekat Kecamatan Mijen Kota Semarang.Pasar karetan tersebut hanya buka pada hari Minggu dan menyediakan berbagai macam kuliner tradisional dan menyediakan juga permainan permainan tradisional,tak hanya itu saja di pasar karetan juga ada pertunjukan kesenian tradisional.





Pak Juliari sedang memberikan tips untuk menjadi pengusaha sukses
Dan Narasumber yang kedua yaitu Bapak Juliari P. Batubara atau sering di panggil pak Ari.Beliau adalah seorang pengusaha sukses & seoarang anggota komisi VI DPR RI.Menurut Pak Ari,para blogger itu juga harus menjadi seorang Entrepreneur,karena di Indonesia ini hanya 1% entrepreneur dari jumlah total penduduk Indonesia.


Untuk menjadi seorang pengusaha sukses tidaklah mudah,menurut pak Ari semuanya butuh perjuangan dan pengorbanan.Pak Juliari pun memberikan tips buat para blogger agar bisa menjadi pengusaha sukses,dan kunci kesuksesan diantaranya kita harus berani,dalam artian berani terjun ke dalam dunia bisnis dan berani mengambil resiko.
Selalu belajar & berinovasi agar bisnis kita bisa terus berkembang dan maju


kemeriahan event "From Blogger To Entrepreneur"

Di sesi tanya jawab kebetulan saya dapat kesempatan untuk bertanya kepada Pak Juliari tentang bagaimana cara meyakinkan investor agar mau bekerjasama dengan kita.....???
Karena kebetulan kendala yang saya hadapi di usaha @zozatenun saat ini yaitu permodalan, nah,,,,,, karena saya tidak ingin berurusan dengan riba jadi saya urungkan niat saya untuk meminjam modal di Bank.

Untuk memperbesar bisnis kain tenun ini saya sangat membutuhkan suntikan tambahan modal,dan solusi agar tidak berurusan dengan riba yaitu harus menjalin kerjasama dengan inveator.Akan tetapi tidak mudah dalam mencari investor. Dan jawaban dari Pak Juliari atas pertanyaan saya tentang bagaimana cara meyakinkan investor agar mau bekerja sama dengan kita yaitu ;
1. Investor adalah orang yang kita kenal
2. Investor adalah orang yang punya duit
3. Investor adalah orang yang punya bisnis
4. Kita harus mempunyai track record yang baik

Begitu sangat jelas jawaban dari Pak Juliari,sehingga membuat saya semakin yakin bisa mengembangkan bisnis saya supaya lebih maju.


Pemberian dukungan kepada komunitas blogger 
Di akhir acara Pak Juliari tidak lupa memberikan dana dukungan buat para blogger yang ikut acara Gathering Blogger & Talkshow Agar para blogger lebih semangat dalam menulis.Dan dari komunitas blogger yang mewakili yaitu Mas Shofyan.
Semoga dengan adanya event seperti ini dapat menambah ilmu ,pengalaman & relasi.



Si klimis foto bersama Pak Juliari .P. Batubara


Di sesi akhir acara,saya tak lupa menyempatkan untuk foto bersama Pak Juliari .Ternyata beliau orangnya ramah dan asyik,dan mau melayani foto bersama para blogger yang jumlahnya banyak.
Sosok seperti beliau ini sangat menginspirasi buat para pemuda & blogger karena beliau seorang pemimpin sekaligus pengusaha yang sangat ramah,berwibawa & merakyat.
Dan akhirnya acara selesai pukul 22.00 wib,tanpa terasa waktu begitu cepat berlalu.Karena asyik mendengarkan pembicaran tentang bisnis sehingga lupa waktu.


Semoga acara seperti ini sering diadakan agar menambah ilmu, baik itu ilmu tentang blogger ataupun ilmu tentang wirausaha.Terima kasih @JuaraCommunity

#Juaracommunity
#Gatheringblogger&talkshow
#Fromnbloggertoentrepeneur






0 Komentar