Menyambut IKN untuk Masa Depan Indonesia yang Lebih Keren

Lahir dan besar di Indonesia membuatku sangat bangga menjadi warga negara Indonesia. Karena Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam, seni budaya dan anek kulinernya. 

Beribukota di Jakarta saat ini Indonesia sudah termasuk salah satu negara berkembang di Asia dan sangat perhitungkan. 

Namun sayangnya saat ini ibukota Indonesia yang berada di Jakarta sudah kurang layak karena saking padatnya sehingga diperlukan ibukota baru supaya ibukota Indonesia semakin berkembang. 

Apa itu IKN? 



IKN atau Ibu Kota Nusantara merupakan calon ibukota negara Indonesia yang sedang dibangun dan terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur. 

Pembangunan IKN ini juga untuk meratakan pembangunan dan perekonomian di Indonesia supaya tidak Java Sentris atau hanya berpusat di Pulau Jawa. 

IKN ini dibangun sebagai bagian dari upaya untuk mencapai target visi Indonesia 2045 yaitu Indonesia sebagai negara maju dan sekaligus untuk mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesiasentris untuk pemerataan pembangunan sekaligus untuk mempercepat transformasi ekonomi Indonesia. 

Temu Influencer Kota Semarang 

Jumat, 30 November 2023 aku beruntung sekali bisa mendapatkan kesempatan untuk datang ke acara Temu Influencer yang diselenggarakan oleh DJIKP, dalam acara ini juga dihadiri oleh Ibu Septriana selaku perwakilan dari Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dan Pak Kepala Bappeda Kota Semarang Budi Prakoso S.T., M.T. Selain itu juga hadir secara online Sekretaris Otorita IKN Dr. Achmad Jaka Santos Adiwijaya S.H., LLM

Dalam kegiatan ini banyak banget ilmu dan pengetahuan yang didapatkan mulai dari perkembangan pembangunan IKN hingga tentang Smart City. 

Sejauh Mana Pembangunan IKN ? 

Menurut data hingga tanggal 19 Oktober 2023 menunjukkan, progres fisik pembangunan batch 1, yang dimulai sejak 2020 dengan total 40 paket pekerjaan, sudah mencapai 55,89%.

Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah secara serius dalam pembangunan ini karena targetnya mulai 2024 IKN sudah ditempati oleh beberapa kementerian dan akan digunakan sebagai tempat upacara 17 Agustus 2024.

Harapannya dengan adanya IKN Indonesia bisa semakin maju dalam segi pembangunan dan perekonomian dan sumberdaya manusia sehingga bisa bersaing dengan negara lain. 

0 Komentar